Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

loading...
 

Sarangberita.com > Hukum Kriminal
 
Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
 
23-11-2021 07:08:29 - Dibaca 568 Kali
 
 
Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
BUPATI Kuantan Singingi, Andi Putra (Foto via Kumparan.com)
 
 
Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, Andi Putra menggugat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Ia mempermasalahkan proses penyidikan kasus dugaan suap perpanjangan izin Hak Guna Usaha (HGU) sawit yang menjadikannya tersangka.

Dikutip dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jakarta Selatan, Andi mendaftarkan permohonan Praperadilan pada Rabu, 10 November 2021. Permohonan tersebut telah terdaftar dengan nomor perkara: 114/Pid.Pra/2021/PN JKT.SEL.

Dalam petitum permohonan, Andi meminta PN Jakarta Selatan memerintahkan KPK menghentikan penyidikan kasus dugaan suap perpanjangan izin HGU sawit. Sebab, ia menilai penyidikan yang dilakukan KPK tidak berdasarkan hukum.

"Memerintahkan kepada termohon [KPK] untuk menghentikan penyidikan terhadap pemohon yang didasarkan pada Laporan Kejadian Tindak Pidana Korupsi Nomor LKTPK 32/Lid.02.00/22/10/2021 tertanggal 19 Oktober 2021 dan Surat Perintah Penyidikan dengan Nomor Sprin.Dik 77/DIK.00/01/10/2021 tanggal 19 Oktober 2021," demikian bunyi petitum poin ke-4.

Dalam permohonannya, Andi juga mempermasalahkan upaya paksa penyitaan yang dilakukan oleh penyidik lembaga antirasuah. Ia meminta barang-barang yang telah disita segera dikembalikan. Ia juga mempermasalahkan upaya paksa penahanan dirinya.

"Memerintahkan termohon membebaskan pemohon dari tahanan termohon segera setelah putusan ini dibacakan; Menyatakan tidak sah segala keputusan atau penetapan yang dikeluarkan lebih lanjut oleh termohon yang berkaitan dengan penetapan tersangka terhadap diri pemohon oleh termohon," bunyi petitum permohonan.

"Memerintahkan termohon untuk merehabilitasi harkat dan martabat pemohon; Menghukum termohon untuk membayar biaya perkara yang timbul dalam perkara a quo," sambungnya.


Sementara itu, KPK menegaskan akan menghadapi gugatan tersebut. KPK meyakini proses hukum terhadap Andi sudah dilakukan dengan mekanisme hukum yang berlaku.

"KPK tentu siap menghadapinya," ucap Plt. Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, Senin (22/11).

Dalam perkara ini, KPK menduga ada kesepakatan Rp2 miliar untuk mengurus perpanjangan izin HGU PT Adimulia Agrolestari. General Manager PT Adimulia Agrolestari, Sudarso, telah memberikan uang kepada Andi sejumlah Rp700 juta di periode September dan Oktober 2021 sebagai tanda kesepakatan.

Andi sebagai penerima suap disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor).

Sedangkan Sudarso sebagai pemberi suap disangkakan melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau Pasal 5 ayat 1 huruf b atau Pasal 13 UU Tipikor.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Jadi Tersangka KPK, Bupati Kuansing Riau Gugat Firli Bahuri Cs
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- HUKUM KRIMINAL -
Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!

(29-11-2021 09:43:09 - Dibaca 814 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
MA Sunat Vonis Rizieq Jadi 2 Tahun Bui, Mengapa?

(16-11-2021 07:03:41 - Dibaca 934 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
Polisi Tangkap Pencuri Besi Kereta Cepat, Salah Satunya Cleaning Service?

(16-11-2021 06:36:16 - Dibaca 633 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
Kawanan Perampok Gasak Rp400 Juta Uang Nasabah di PIK Jakut!

(11-11-2021 10:56:26 - Dibaca 712 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
Kapolda Lampung: Polisi yang Rampok Mobil Bakal Dipidanakan, Terancam 12 Tahun Bui!

(21-10-2021 11:30:14 - Dibaca 824 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
Viral Video Geledah HP Warga, Aipda Ambarita Dimutasi?

(19-10-2021 13:21:55 - Dibaca 1.966 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
Sadis! Suami di Probolinggo Bakar Istri Setelah 7 Bulan Nikah Siri

(30-09-2021 12:44:05 - Dibaca 1.061 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
Irjen Napoleon Jadi Tersangka Penganiayaan Kece!

(29-09-2021 08:41:48 - Dibaca 890 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
JK Bicara Kriminalisasi Ulama, Mahfud Md Bilang Salah Istilah!

(27-09-2021 08:58:43 - Dibaca 1.271 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
Hari Ini KPK Panggil Anies Terkait Kasus Korupsi Tanah Munjul...!

(21-09-2021 06:18:35 - Dibaca 881 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
Koruptor Rp120 Miliar Bank Mandiri Ditangkap di Bandung Setelah Buron 15 Tahun!

(17-09-2021 06:57:11 - Dibaca 1.181 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
Bejat! Gadis di Bawah Umur Ini Diperkosa Ayah dan Kakak Kandung

(16-09-2021 17:27:47 - Dibaca 930 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!

(29-11-2021 09:43:09 - Dibaca 814 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19

(29-11-2021 09:33:39 - Dibaca 893 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

(28-11-2021 15:17:03 - Dibaca 913 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'

(28-11-2021 06:54:40 - Dibaca 724 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan

(25-11-2021 07:18:39 - Dibaca 884 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

(25-11-2021 07:07:06 - Dibaca 751 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
Protes Kenaikan UMP, 2 Juta Buruh Disebut Bakal Demo?

(23-11-2021 07:28:17 - Dibaca 680 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
Hanya Sisa Satu Wakil RI di Indonesia Masters 2021, Ini Kata PBSI!

(20-11-2021 06:19:54 - Dibaca 707 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
Lawan Buzzer Penyerang Ulama dan Anies, MUI DKI Mau Bentuk Cyber Army?

(20-11-2021 06:06:22 - Dibaca 1.069 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
12 Negara Ini Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2022!

(17-11-2021 06:56:28 - Dibaca 868 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
MA Sunat Vonis Rizieq Jadi 2 Tahun Bui, Mengapa?

(16-11-2021 07:03:41 - Dibaca 934 Kali)

Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?
Polisi Tangkap Pencuri Besi Kereta Cepat, Salah Satunya Cleaning Service?

(16-11-2021 06:36:16 - Dibaca 633 Kali)

Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

TERPOPULER