Polisi Ciduk 4 Remaja yang Coba Tipu Kaesang di Medsos!
Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
China Larang Produk Laut Indonesia Karena Ada Patogen Corona?

 
loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
 
21-08-2018 07:51:49 - Dibaca 13.490 Kali
 
 
Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Sumber Foto : merdeka.com
 
loading...
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali menanggapi tudingan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan soal utang pemerintah. Menurut Sri Mulyani, pembayaran pokok utang tahun 2018 sebesar Rp 396 triliun dihitung berdasarkan posisi utang per akhir Desember 2017.

Dari jumlah tersebut, 44 persen adalah utang yang dibuat pada periode sebelum era Presiden Jokowi. "Ketua MPR saat ini adalah bagian dari kabinet saat itu," ujar Sri Mulyani, seperti dikutip dari status akun Facebook resminya, Senin, 20 Agustus 2018.

Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional seperti diketahui pernah menjabat Menteri kehutanan pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ia mengemban jabatan itu selama sekitar lima tahun dari 22 Oktober 2009 – 1 Oktober 2014.
 
 


Unggahan Sri mulyani di media sosial itu adalah jawaban atas kritik yang dilontarkan Zulkifli dalam pidato sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat, Kamis pekan lalu, 16 Agustus 2018. Waktu itu, ia menyampaikan bahwa besar pembayaran pokok utang Pemerintah yang jatuh tempo tahun 2018 sebesar Rp 400 triliun. Pada sore harinya, Sri Mulyani menanggapi bahwa pemerintah selama ini sangat hati-hati dalam mengelola utang.

Zulkifli menyebut angka itu tidak wajar. Pasalnya, menurut dia, angka tersebut tujuh kali lebih besar dari dana desa dan enam kali lebih besar dari anggaran kesehatan. Sementara, Sri Mulyani menilai pernyataan Zulkifli bermuatan politis dan menyesatkan.

Sri Mulyani lantas menjelaskan bahwa 31,5 persen pembayaran pokok utang adalah untuk instrumen Surat Perbendaharaan Negara atau Surat Perbendaharaan Negara Syariah yang bertenor di bawah satu tahun dan merupakan instrumen untuk mengelola arus kas. "Pembayaran utang saat ini adalah kewajiban yang harus dipenuhi dari utang masa lalu, mengapa baru sekarang diributkan," ujarnya.

Setelah Zulkifli melontarkan kritik dengan perbandingan, Sri Mulyani berusaha menjawab tudingan itu dengan perbandingan jumlah pembayaran pokok utang dengan anggaran kesehatan dan anggaran Dana Desa.

Sri Mulyani menjelaskan, jumlah pembayaran pokok utang Indonesia tahun 2009 adalah Rp 117,1 triliun, sedangkan anggaran kesehatan adalah Rp 25,6 triliun. Jadi perbandingan pembayaran pokok utang dan anggaran kesehatan adalah 4,57 kali lipat.

Pada tahun 2018, pembayaran pokok utang adalah Rp 396 triliun sedangkan anggaran kesehatan adalah Rp 107,4 triliun, atau perbandingannya turun 3,68 kali. Artinya, ujar bekas Direktur Bank Dunia itu, rasio yang baru tersebut sudah menurun dalam sembilan tahun sebesar 19,4 persen.

Bahkan, di tahun 2019, Sri Mulyani berujar anggaran kesehatan meningkat menjadi Rp 122 triliun atau sebesar 4,77 kali anggaran tahun 2009, dan rasionya mengalami penurunan jauh lebih besar lagi, yakni 26,7 persen. Pada periode tahun depan, anggaran kesehatan tidak hanya untuk dana yang dialokasikan ke Kementerian Kesehatan, tapi juga untuk program peningkatan kesehatan masyarakat lainnya, termasuk dana alokasi khusus Kesehatan dan Keluarga Berencana.

"Mengapa pada saat Ketua MPR ada di kabinet dulu tidak pernah menyampaikan kekhawatiran kewajaran perbandingan pembayaran pokok utang dengan anggaran kesehatan, padahal rasionya lebih tinggi dari sekarang?" ujar Sri Mulyani. "Jadi ukuran kewajaran yang disebut Ketua MPR sebenarnya apa?"

Hingga berita ini ditulis, status Sri Mulyani itu sudah ditanggapi oleh 1.500 komenter oleh netizen dan di-share sebanyak 7.700 kali. Sejak lima jam yang lalu diunggah hingga kini sudah ada 10 ribu orang yang membubuhkan tanda emoji terhadap status tersebut.
 
Artikel ini telah tayang di tempo.co dengan judul: Sri Mulyani: Utang 396 T Dibuat Saat Zulkifli Hasan jadi Menteri
 
Sumber : tempo.co
 
 
 
 
- NASIONAL -
Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Satgas Covid-19 Minta Warga Berusia 45 Tahun Keatas Tak Keluar Rumah?

(18-09-2020 13:17:01 - Dibaca 265 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Jokowi Keluarkan Instruksi Untuk Beri Bantuan Tenaga Honorer!

(14-09-2020 14:23:20 - Dibaca 498 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Diikuti 8.200 Dai, Menag Sebut Program Penceramah Bersertifikat Libatkan BNPT!

(08-09-2020 14:32:00 - Dibaca 401 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Jokowi Sebut Vaksin Merah Putih Siap Produksi Pertengahan 2021!

(01-09-2020 11:01:40 - Dibaca 398 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Kasus Corona RI Per 29 Agustus: 169.195 Positif, 122.802 Sembuh

(29-08-2020 16:05:34 - Dibaca 224 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Soal Vaksin Corona, BPOM Prediksi Bisa Diedar Februari 2021!

(05-08-2020 16:29:40 - Dibaca 270 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Kasus Corona RI Per 1 Agustus: 109.936 Positif, 67.919 Sembuh!

(01-08-2020 16:12:29 - Dibaca 206 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Ratusan Perwira Tinggi Dimutasi Panglima TNI, Ini Daftarnya!

(29-07-2020 09:16:38 - Dibaca 709 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Ini Daftar 53 Zona Merah Corona di Indonesia!

(27-07-2020 19:35:55 - Dibaca 1.235 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Kasus Corona RI Per 26 Juli: 98.778 Positif, 4.781 Meninggal!

(26-07-2020 17:32:40 - Dibaca 203 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Bagaimana Nasib Para Pegawai di 18 Lembaga yang Dibubarkan Jokowi?

(22-07-2020 09:34:40 - Dibaca 1.372 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Erick Thohir Sebut Uji Vaksin Covid-19 RI Hampir Final!

(21-07-2020 20:33:38 - Dibaca 888 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Polisi Ciduk 4 Remaja yang Coba Tipu Kaesang di Medsos!

(18-09-2020 19:39:46 - Dibaca 118 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!

(18-09-2020 19:32:38 - Dibaca 52 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
China Larang Produk Laut Indonesia Karena Ada Patogen Corona?

(18-09-2020 19:22:40 - Dibaca 92 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Ketua KPU Arief Budiman Positif Terinfeksi Covid-19!

(18-09-2020 19:12:19 - Dibaca 83 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Soal Gelora Dukung Anak dan Mantu Jokowi, Ini Kata Fahri!

(18-09-2020 15:09:21 - Dibaca 409 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!

(18-09-2020 14:58:57 - Dibaca 119 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Satgas Covid-19 Minta Warga Berusia 45 Tahun Keatas Tak Keluar Rumah?

(18-09-2020 13:17:01 - Dibaca 265 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Ada Pertemuan Erick Thohir dengan Ahok, Ini Kata Stafsus BUMN!

(18-09-2020 13:03:38 - Dibaca 205 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Masker Scuba Dilarang Karena Bahan Tipis dan Rawan Longgar!

(18-09-2020 12:04:29 - Dibaca 138 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Uang dari Djoko Tjandra Dipakai Pinangki Buat Beli BMW dan Perawatan Kecantikan di AS?

(17-09-2020 20:34:36 - Dibaca 171 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Mahfud MD Diminta Demokrat Mundur Jika Tak Bisa Benahi Hukum?

(17-09-2020 19:37:01 - Dibaca 219 Kali)

Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!
Tuai Protes, Ini Pergub Anies yang Bikin Pemobil Tak Pakai Masker Didenda!

(17-09-2020 17:47:06 - Dibaca 198 Kali)

Ketua KPU Arief Budiman Positif Terinfeksi Covid-19!
Soal Gelora Dukung Anak dan Mantu Jokowi, Ini Kata Fahri!
Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!

TERPOPULER

1. Golkar Sebut Kedok Neno Terbuka, Gerakan 2019gantipresiden Kampanye Prabowo!

2. Kubu Prabowo-Sandi Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris! Buat apa?

3. Diusung Demokrat Tapi Gubermur Banten Jadi Tim Kampanye Jokowi, Kok bisa?

4. Ternyata Ketum PAN yang Rancang Strategi Turunkan Ahok!

5. Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

6. Buni Yani Sebut Dirinya Korban Ketidakadilan Jokowi! Apa maksudnya?