Presiden Jokowi Bagikan Sembako Rp 600.000 Untuk Keluarga Miskin di Jabodetabek!
Malam Ini Supermoon Terbesar di 2020 Bakal Terjadi!
Update Corona 7 April: 2.738 Kasus, 204 Sembuh, 221 Meninggal!



loading...

Sarangberita.com > Hukum & Kriminal
 
Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
 
18-02-2020 09:39:03 - Dibaca 638 Kali
 
 
Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Kebakaran yang melanda kantor Desa Neglasari, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya ternyata bukan kecelakaan biasa. Kantor desa tersebut ternyata dibakar oleh Kepala Desanya sendiri Wowon Gunawan bersama kakak kandungnya Budiman.

Mereka berdua nekat membakar karena Wowon Gunawan yang sempat didemo warga sebanyak dua kali itu tidak siap menghadapi audit laporan pertanggungjawaban dana desa tahun 2019 dari Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya. Dia akan menghadapi pemeriksaan itu pada Senin 20 Januari 2020 atau dua hari setelah kejadian kebakaran.

Berdasarkan keterangan dari pihak kepolisian Wowon memang tidak secara langsung membakar kantor tempanya bekerja. Namun dia ikut memfasilitasi aksi pembakaran yang dilakukan kakaknya Budiman sebagai pelaku utama dengan menyediakan sepeda motor hingga akses masuk ke dalam kantor desa.


"Jadi WG ini Kades aktif di Desa Negalsari, desa yang kantornya dibakar. Dia berperan walau tidak membakar kantor desa secara langsung. Pelaku Utamanya BD kakak kandung WG yang juga ASN sebagai guru olah raga sekolah dasar," ucap Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra, Senin (17/2/2020).

Polisi mengungkap motif aksi pembakaran kantor desa karena WG selaku kepala desa tidak siap menghadapi audit Laporan Pertanggungjawaban Dana Desa Tahun 2019 dari Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya.

"Tersangka BD dan WG telah merencanakan untuk melakukan pembakaran kantor desa karena diduga kuat bahwa tersangka W selaku Kepala Desa tidak siap menghadapi kedatangan, pemeriksaan dari inspektorat yang dijadwalkan pada hari Senin 20 Januari 2020 untuk dilakukan audit ke Desa Neglasari terkait dengan LPJ (laporan pertanggungjawaban) dana desa tahun 2019," katanya.

loading...

Sementara itu, Wawan mengaku tidak pernah meminta kakak kandungnya itu membakar kantor desa. Dirinya bahkan sempat melarang, namun sang kakak tetap menjalankan aksi pembakaran itu. Alasannya, untuk menghentikan aksi demo warga.

"Saya gak nyuruh pak, malah saya larang tapi dia keuekuh ajah. Alasanya untuk hentikan yang demo," kata Wawan di Kantor polisi senin (17/2/2020).

Menyusul ditetapkanya BD dan WG sebagai tersangka pembakaran kantor Desa Neglasari Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya, warga Desa Neglasari serempak mengucapkan syukur dan ucapan terimakasih kepada pihak kepolisian.

Selain berterimakasih kepada Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra SIK MH dan kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Siswo Tarigan SIK, masyarakat juga apresiasi tindakan polisi yang dengan cepat mengungkap kasus memalukan ini.

"Saat ini kami warga Neglasari sangat bersyukur setelah mendapat informasi dari pihak kepolisian bahwa kasus pembakaran Desa Neglasari telah terungkap bahkan pelakunya ditangkap," kata Ketua Forum Masyarakat Neglasari (FMN), Sani Junan Hudaya, saat mendatangi Mapolres Tasikmalaya, Selasa (18/2/2020).

Ia dan sejumlah perwakilan warga Neglasari mengaku kaget saat mengetahui pelaku pembakaran yang kini diamankan polisi itu, adalah kakak beradik yang masing-masing merupakan pejabat negara dan abdi pemerintah.

"Jujur kami kaget jika pelakunya adalah seorang guru dan kadesnya sendiri. Kami memang sebelumnya ada kecurigaan bahwa kebakaran kantor desa itu karena ada yang membakar. Tetapi tidak mencurigai jika pelakunya orang dalam," ujar Sani.

Lebih lanjut, sejak akhir tahun 2016 lalu, warga sudah meminta pihak desa transparan menyampaikan laporan pengalokasian dana desa, namun tidak pernah diindahkan. "Hasil investigasi kami sejak tahun 2016 hingga 2019, dalam proses pelaksanaan proyek-proyek pembangungan di Desa Neglasari, ada sekitar Rp 2,1 milyar dana desa menguap tidak jelas ini yang kami demokan kami minta kejelasan dari kKdes," kata Sani.

Akibat perbuatannya ,pelaku diancam Pasal 187 KUHPidana Jo Pasal 56 KUHPidana dengan ancaman kurungan empat hingga paling lama dua belas tahun penjara.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Tak Siap Hadapi Audit, Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- HUKUM & KRIMINAL -
Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Vanessa Angel Terancam Bui Karena Miliki Pil Xanax!

(27-03-2020 15:59:50 - Dibaca 472 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Kompolnas Desak Bareskrim Turun Tangan Soal Perwira Aniaya Bintara di Sumbar!

(27-03-2020 12:31:05 - Dibaca 997 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!

(24-03-2020 20:47:09 - Dibaca 434 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Kasek yang Cabuli 6 Siswa Ini Hanya Divonis 10 Bulan Penjara?

(24-03-2020 20:02:31 - Dibaca 442 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Anak Kiai Jombang yang Diduga Cabuli Santri Diperiksa di Rumahnya?

(23-03-2020 15:20:09 - Dibaca 407 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!

(23-03-2020 14:00:31 - Dibaca 421 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
2 Anggota DPRD Gorontalo Ditangkap di Diskotek DKI, Diduga Pesta Narkoba?

(22-03-2020 11:22:28 - Dibaca 546 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Polisi Tangkap Vanessa Angel Bersama Suami!

(17-03-2020 14:49:52 - Dibaca 825 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Polisi Periksa 10 Netizen Soal Hoaks Pasien Isolasi di Madiun Meninggal!

(16-03-2020 14:04:28 - Dibaca 260 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Penyebar Hoax 'Istana Lockdown' Gegara Corona Ditangkap Polisi!

(16-03-2020 12:59:52 - Dibaca 1.318 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Sopir TransJ Penabrak Pajero Istri Jenderal Jadi Tersangka Karena Dinilai Lalai?

(11-03-2020 09:02:11 - Dibaca 811 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Terkait Pembelian Lahan Rumah DP 0 Rupiah, Polri Usut Dugaan Korupsi!

(10-03-2020 20:48:48 - Dibaca 1.487 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Presiden Jokowi Bagikan Sembako Rp 600.000 Untuk Keluarga Miskin di Jabodetabek!

(07-04-2020 16:38:41 - Dibaca 1.316 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Malam Ini Supermoon Terbesar di 2020 Bakal Terjadi!

(07-04-2020 16:26:47 - Dibaca 1.042 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Update Corona 7 April: 2.738 Kasus, 204 Sembuh, 221 Meninggal!

(07-04-2020 16:22:27 - Dibaca 308 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Kabar Gembira! 8 Pasien Positif Corona Sembuh di RSUP Adam Malik Medan

(07-04-2020 16:20:14 - Dibaca 330 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Cegah Corona, Jakarta Resmi Berlakukan PSBB!

(07-04-2020 15:08:45 - Dibaca 369 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Imbas Corona, 150 Ribu Pekerja Hotel Telah Dirumahkan!

(07-04-2020 14:09:15 - Dibaca 86 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Imbas Corona, Tiga Ribu Pekerja di Sulsel Dirumahkan!

(07-04-2020 13:49:09 - Dibaca 194 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Update Corona 6 April: 2.491 Kasus, 192 Sembuh, 209 Meninggal!

(06-04-2020 16:30:57 - Dibaca 604 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Singapura Karantina 20 Ribu Pekerja Migran Utuk Cegah Corona!

(06-04-2020 11:50:50 - Dibaca 124 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Meski DKI Belum Berstatus PSBB, Polisi Sebut Bisa Tindak Warga!

(06-04-2020 11:44:23 - Dibaca 164 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Jaga Jarak Bukan Lagi Imbauan Tapi Sudah Perintah!

(06-04-2020 11:14:46 - Dibaca 207 Kali)

Kades di Tasik dan Kakaknya Bakar Kantor Desa Karena Tak Siap Hadapi Audit?
Kewalahan Hadapi Virus Corona, China Kirim Bantuan 1.000 Ventilator ke New York!

(06-04-2020 11:08:41 - Dibaca 481 Kali)

Kabar Gembira! 8 Pasien Positif Corona Sembuh di RSUP Adam Malik Medan
Cegah Corona, Jakarta Resmi Berlakukan PSBB!
Imbas Corona, 150 Ribu Pekerja Hotel Telah Dirumahkan!

TERPOPULER

1. Sandiaga Cium Tangan Penjual Ayam Saat Kunjungi Pasar Agung Depok, Buat apa?

2. Sandiaga Sebut Mayoritas Masyarakat Indonesia Ingin Pemimpin Baru, Masyarakat yang mana?

3. Kejutan Di TPS Amien Rais, Jokowi Unggul Telak Dari Prabowo!