Presiden Jokowi Bagikan Sembako Rp 600.000 Untuk Keluarga Miskin di Jabodetabek!
Malam Ini Supermoon Terbesar di 2020 Bakal Terjadi!
Update Corona 7 April: 2.738 Kasus, 204 Sembuh, 221 Meninggal!



loading...

Sarangberita.com > Hukum & Kriminal
 
Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
 
25-02-2020 19:06:29 - Dibaca 518 Kali
 
 
Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Tiga emak-emak, pelaku penyebaran berita hoax penculikan di Banyuwangi meminta maaf atas tindakannya yang membuat resah warga Banyuwangi. Mereka menyesal dengan apa yang sudah dilakukan. Apa yang dilakukannya karena kekhawatiran semata.

Hal tersebut diungkapkan oleh AR, salah satu emak-emak yang mengabarkan hoax di media sosial Facebook.

"Saya mohon maaf telah membuat masyarakat resah. Maksud saya biar waspada," ujarnya kepada detikcom, Selasa (25/2/2020).

Menurut AR, penyebaran video dan memberikan kalimat jika terjadi di Banyuwangi itu tidak memiliki unsur apapun. Dirinya mendapatkan tulisan dan video itu, kemudian menyebarkan langsung begitu saja. Selain itu, adanya surat edaran dari Dinas Pendidikan Banyuwangi terkait kewaspadaan penculikan anak.


"Tidak ada unsur lain. Yang saya dapat memang ada tulisannya. Juga karena surat edaran. Jadi saya panik karena saya punya cucu yang masih sekolah. Makanya saya tidak berpikir panjang. Saya menerima seperti itu baru ini. Biasanya saya telaah dulu. Bukannya saya ada unsur lain," tambahnya.

"Saya hanya ingin waspada untuk ibu-ibu yang lain. Saya menyesal," pungkas pemilik akun Anie Anie ini.

Tak sampai 24 jam, polisi mengamankan 3 orang emak-emak penyebar berita dan video hoax penculikan anak yang viral sejak kemarin. Akibat dari perbuatan ketiganya tersebut menyebabkan keresahan warga di Banyuwangi.

Tiga orang emak-emak tersebut adalah RF, TF, dan AR. Ketiganya merupakan ibu rumah tangga.

loading...

Akhir-akhir ini Kabupaten Banyuwangi diterpa isu penculikan anak sekolah. Isu tersebut tersebar dengan dibumbui dengan penyebaran video seorang anak yang diintrogasi oleh beberapa guru, setelah lolos dari dugaan penculikan.

Video tersebut viral dari aplikasi Whattsapp yang dikirim berantai. Video berdurasi 2 menit 11 detik, tersebar dengan bumbu lokasi terjadinya penculikan tersebut. Beberapa menyebutkan sekolah dasar yang ada di Kecamatan kota Banyuwangi. Diantaranya SDN 1 Kebalenan, SDN 1 Lateng dan SDI Al Irsyad Singotrunan.

Kontan saja hal ini membuat resah wali murid dan masyarakat. Ditambah lagi, isu ini kemudian viralkan kembali di medsos.

Video itu sendiri sebenarnya berlokasi di Kota Kediri. Anak yang ada di video tersebut merupakan siswa kelas 5 SD Mrican, Kota Kediri. Apa yang disebut anak itu sebagai penculikan terjadi pada Kamis (20/2).

Polisi sendiri membantah bahwa anak tersebut mengalami percobaan penculikan. Satu keluarga di dalam mobil yang dikatakan sebagai penculik merupakan satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan dua anak. Saat itu mereka sedang bepergian.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Emak-emak Penyebar Hoax di Banyuwangi Minta Maaf
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- HUKUM & KRIMINAL -
Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Vanessa Angel Terancam Bui Karena Miliki Pil Xanax!

(27-03-2020 15:59:50 - Dibaca 471 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Kompolnas Desak Bareskrim Turun Tangan Soal Perwira Aniaya Bintara di Sumbar!

(27-03-2020 12:31:05 - Dibaca 996 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!

(24-03-2020 20:47:09 - Dibaca 433 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Kasek yang Cabuli 6 Siswa Ini Hanya Divonis 10 Bulan Penjara?

(24-03-2020 20:02:31 - Dibaca 440 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Anak Kiai Jombang yang Diduga Cabuli Santri Diperiksa di Rumahnya?

(23-03-2020 15:20:09 - Dibaca 406 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!

(23-03-2020 14:00:31 - Dibaca 419 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
2 Anggota DPRD Gorontalo Ditangkap di Diskotek DKI, Diduga Pesta Narkoba?

(22-03-2020 11:22:28 - Dibaca 545 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Polisi Tangkap Vanessa Angel Bersama Suami!

(17-03-2020 14:49:52 - Dibaca 824 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Polisi Periksa 10 Netizen Soal Hoaks Pasien Isolasi di Madiun Meninggal!

(16-03-2020 14:04:28 - Dibaca 259 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Penyebar Hoax 'Istana Lockdown' Gegara Corona Ditangkap Polisi!

(16-03-2020 12:59:52 - Dibaca 1.317 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Sopir TransJ Penabrak Pajero Istri Jenderal Jadi Tersangka Karena Dinilai Lalai?

(11-03-2020 09:02:11 - Dibaca 810 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Terkait Pembelian Lahan Rumah DP 0 Rupiah, Polri Usut Dugaan Korupsi!

(10-03-2020 20:48:48 - Dibaca 1.486 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Presiden Jokowi Bagikan Sembako Rp 600.000 Untuk Keluarga Miskin di Jabodetabek!

(07-04-2020 16:38:41 - Dibaca 1.213 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Malam Ini Supermoon Terbesar di 2020 Bakal Terjadi!

(07-04-2020 16:26:47 - Dibaca 975 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Update Corona 7 April: 2.738 Kasus, 204 Sembuh, 221 Meninggal!

(07-04-2020 16:22:27 - Dibaca 278 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Kabar Gembira! 8 Pasien Positif Corona Sembuh di RSUP Adam Malik Medan

(07-04-2020 16:20:14 - Dibaca 303 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Cegah Corona, Jakarta Resmi Berlakukan PSBB!

(07-04-2020 15:08:45 - Dibaca 357 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Imbas Corona, 150 Ribu Pekerja Hotel Telah Dirumahkan!

(07-04-2020 14:09:15 - Dibaca 76 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Imbas Corona, Tiga Ribu Pekerja di Sulsel Dirumahkan!

(07-04-2020 13:49:09 - Dibaca 185 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Update Corona 6 April: 2.491 Kasus, 192 Sembuh, 209 Meninggal!

(06-04-2020 16:30:57 - Dibaca 600 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Singapura Karantina 20 Ribu Pekerja Migran Utuk Cegah Corona!

(06-04-2020 11:50:50 - Dibaca 122 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Meski DKI Belum Berstatus PSBB, Polisi Sebut Bisa Tindak Warga!

(06-04-2020 11:44:23 - Dibaca 162 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Jaga Jarak Bukan Lagi Imbauan Tapi Sudah Perintah!

(06-04-2020 11:14:46 - Dibaca 203 Kali)

Sebar Hoax, Emak-emak di Banyuwangi Ini Minta Maaf?
Kewalahan Hadapi Virus Corona, China Kirim Bantuan 1.000 Ventilator ke New York!

(06-04-2020 11:08:41 - Dibaca 476 Kali)

Kabar Gembira! 8 Pasien Positif Corona Sembuh di RSUP Adam Malik Medan
Cegah Corona, Jakarta Resmi Berlakukan PSBB!
Imbas Corona, 150 Ribu Pekerja Hotel Telah Dirumahkan!

TERPOPULER

1. Sandiaga Cium Tangan Penjual Ayam Saat Kunjungi Pasar Agung Depok, Buat apa?

2. Sandiaga Sebut Mayoritas Masyarakat Indonesia Ingin Pemimpin Baru, Masyarakat yang mana?

3. Kejutan Di TPS Amien Rais, Jokowi Unggul Telak Dari Prabowo!