Dinilai Berbahaya, WHO Desak Indonesia Tunda Penggunaan Hydroxychloroquine?
Farid Gaban Disomasi Politikus PSI Karena Dianggap Sebar Hoaks!
Usai Salat Id di Masjid Bekasi, Satu Keluarga Terpapar Virus Corona?



loading...

Sarangberita.com > Hukum & Kriminal
 
Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
 
23-03-2020 14:00:31 - Dibaca 548 Kali
 
 
Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Aparat kepolisian akan dikerahkan untuk membubarkan kerumunan massa sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Kepala Divisi Humas Polri Inspektue Jenderal M Iqbal mengatakan tindakan tegas itu bisa dilakukan sesuai dengan Maklumat Kapolri Jenderal Idham Azis tentang Penanganan Covid-19 yang terbit 19 Maret 2020.

"Kami akan melakukan pembubaran kalau perlu dengan sangat tegas. Namun, persuasif tetap kami kedepankan dahulu," kata Iqbal dalam konferensi pers yang disiarkan di akun instagram @divisihumaspolri, Senin (23/3).


Pembubaran massa, menurut Iqbal, adalah upaya kepolisian memberikan pengayoman dan perlindungan kepada masyarakat di tengah penyebaran virus corona saat ini.

"Kepolisian Negara Republik Indonesia senantiasa mengacu pada asas keselamatan rakyat, saya ulangi asas keselamatan rakyat yang menjadi hukum tertingginya," ujarnya.

Iqbal menuturkan bagi masyarakat yang tidak mengikuti perintah pembubaran massa bakal dikenakan sanksi pidana.

"Kami menindak secara hukum sesuai Pasal 212, 216, dan 218 KUHP," ucap Iqbal.

loading...

Masing-masing beleid pasal tersebut berbunyi.

Pasal 212: Barang siapa dengan kekerasan atau ancaman kekerasan melawan seorang pejabat yang sedang menjalankan tugas yang sah, atau orang yang menurut kewajiban undang-undang atau atas permintaan pejabat memberi pertolongan kepadanya, diancam karena melawan pejabat, dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

Pasal 216 ayat (1): Barang siapa dengan sengaja tidak menuruti perintah atau permintaan yang dilakukan menurut undang-undang oleh pejabat yang tugasnya mengawasi sesuatu, atau oleh pejabat berdasarkan tugasnya, demikian pula yang diberi kuasa untuk mengusut atau memeriksa tindak pidana; demikian pula barang siapa dengan sengaja mencegah, menghalang-halangi atau menggagalkan tindakan guna menjalankan ketentuan undang-undang yang dilakukan oleh salah seorang pejabat tersebut, diancam dengan pidana penjara paling lama empat bulan dua minggu atau pidana denda paling banyak sembilan ribu rupiah.

Pasal 218: Barang siapa pada waktu rakyat datang berkerumun dengan sengaja tidak segera pergi setelah diperintah tiga kali oleh atau atas nama penguasa yang berwenang, diancam karena ikut serta perkelompokan dengan pidana penjara paling lama empat bulan dua minggu atau pidana denda paling banyak sembilan ribu rupiah.

Iqbal mengungkapkan sebanyak 460 ribu personel Polri di seluruh Indonesia telah bergerak untuk mulai memberikan imbauan kepada masyarakat soal larangan berkumpul.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis menyatakan personel kepolisian bakal menindak tegas pihak yang masih membuat acara dan melibatkan banyak orang di tengah wabah virus corona (Covid-19).

"Bahwa apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Idham melalui Maklumat yang dikeluarkan 19 Maret 2020.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Cegah Corona, Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- HUKUM & KRIMINAL -
Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Farid Gaban Disomasi Politikus PSI Karena Dianggap Sebar Hoaks!

(26-05-2020 12:10:57 - Dibaca 225 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Polisi Sebut Insiden Baku Pukul Habib Umar Assegaf Sudah Damai?

(22-05-2020 13:37:32 - Dibaca 430 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Terima Suap Proyek di Yogya, Hakim Vonis 2 Jaksa Masing-masing 4 Tahun dan 1,5 Tahun Bui?

(20-05-2020 18:15:58 - Dibaca 169 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Ini Protes Pengacara Soal Pemindahan Bahar Smith ke Nusa Kambangan!

(20-05-2020 15:02:26 - Dibaca 707 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Bahar bin Smith Dijebloskan ke Sel Teroris di Lapas Gunung Sindur dan Tak Bisa Dijenguk!

(19-05-2020 15:31:14 - Dibaca 15.563 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Andre Taulany dan Rina Nose Dipanggil Polisi, Ada apa?

(19-05-2020 15:12:04 - Dibaca 1.432 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Perdebatan Terjadi Saat Petugas Hendak Jemput Bahar bin Smith Balik ke Lapas!

(19-05-2020 12:33:21 - Dibaca 1.566 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Ceramah Provokatif dan Langgar PSBB, Bahar bin Smith Kembali Dipenjara!

(19-05-2020 11:49:02 - Dibaca 5.555 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
BNN Gerebek Pabrik Narkoba di Semarang yang Libatkan Pemain Sepak Bola!

(18-05-2020 12:53:30 - Dibaca 466 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Anggota TNI AD Ditahan 14 Hari Gegara Istri Unggah 'Rezim Tumbang'!

(18-05-2020 09:41:49 - Dibaca 2.344 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Ini Kata Psikolog Soal ABG 'Slenderman' Bunuh Bocah Karena Alami Kekerasan Seksual!

(15-05-2020 10:00:50 - Dibaca 374 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Soal Novel Disiram Air Keras, Ini Cerita Saksi Mata!

(14-05-2020 17:58:24 - Dibaca 607 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Dinilai Berbahaya, WHO Desak Indonesia Tunda Penggunaan Hydroxychloroquine?

(27-05-2020 09:44:46 - Dibaca 1.013 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Farid Gaban Disomasi Politikus PSI Karena Dianggap Sebar Hoaks!

(26-05-2020 12:10:57 - Dibaca 225 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Usai Salat Id di Masjid Bekasi, Satu Keluarga Terpapar Virus Corona?

(26-05-2020 11:21:54 - Dibaca 1.861 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Aplikasi Zoom Dijegal China Lewat Alibaba dan Tencent!

(26-05-2020 10:27:10 - Dibaca 174 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Disiplinkan Warga, Jokowi Kerahkan Aparat Secara Masif!

(26-05-2020 10:02:42 - Dibaca 283 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Cek Pendisiplinan di MRT, Ini Momen Anies Hampiri Jokowi dan Berbincang!

(26-05-2020 09:58:22 - Dibaca 317 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Usai Lebaran, Harga Emas Antam Naik Jadi Rp917 Ribu per Gram!

(26-05-2020 09:53:57 - Dibaca 146 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Saling Berlomba Temukan Vaksin Corona, China Paling Depan!

(25-05-2020 20:09:14 - Dibaca 439 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Vaksin Dari China Ini Sukses Hasilkan Antibodi Covid-19!

(25-05-2020 10:08:36 - Dibaca 683 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Kini Instagram Bisa Video Call 50 Orang, Ini Caranya!

(25-05-2020 09:08:50 - Dibaca 155 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Ini Panduan Bekerja di Era New Normal Saat PSBB Dari Kemenkes!

(24-05-2020 22:13:25 - Dibaca 587 Kali)

Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!
Benda Misterius Dari Langit Jatuh di Sragen...

(24-05-2020 21:42:43 - Dibaca 849 Kali)

Aplikasi Zoom Dijegal China Lewat Alibaba dan Tencent!
Disiplinkan Warga, Jokowi Kerahkan Aparat Secara Masif!
Cek Pendisiplinan di MRT, Ini Momen Anies Hampiri Jokowi dan Berbincang!

TERPOPULER

1. Bahar bin Smith Dijebloskan ke Sel Teroris di Lapas Gunung Sindur dan Tak Bisa Dijenguk!

2. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

3. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

4. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

5. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

6. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

7. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

8. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?

9. Ceramah Provokatif dan Langgar PSBB, Bahar bin Smith Kembali Dipenjara!

10. Pengendara Camry yang Langgar PSBB Ini Melawan dan Pukul Petugas di Surabaya!




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.