Jokowi Tegaskan Darurat Sipil Disiapkan Bila Keadaan Abnormal!
Soal Lockdown, Jokowi: Kita Tak Meniru Negara Lain Begitu Saja!
Kabar Gembira! 4 Pasien Corona di Rumah Sakit Semarang Sembuh!



loading...

Sarangberita.com > Hukum & Kriminal
 
Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
 
24-03-2020 20:47:09 - Dibaca 403 Kali
 
 
Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Polisi akan membubarkan kerumunan masyarakat untuk mengantisipasi penularan virus corona atau Covid-19. Jika masyarakat tak mau bubar, polisi mengancam akan memidanakan orang-orang tersebut.

"Bila diperlukan Polda Jatim akan melakukan tindakan seperti diatur dalam UU dan bisa dipidanakan," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Selasa (24/3/2020).

Selain itu, Truno menambahkan pihaknya juga telah menyiapkan unit besar. Di mana ada tim yang menyemprot disinfektan hingga tim yang menindak masyarakat.


"Polda Jatim sesuai instruksi Kapolda juga akan melakukan tindakan tegas, dengan unit besar lengkap. Ada tim penyemprot, tim penindak," imbuhnya.

Truno menjelaskan ancaman pidana yang diterapkan merujuk KUHP pasal 212 yakni ancaman kekerasan dan menghalangi petugas dan pasal 218 terkait kerumunan yang menghalangi dan dapat membuat musibah. Para pelanggar terancam akan dipenjara selama setahun.

"Ancaman hukumannya setahun. Kita bisa melakukan penangkapan dan pemeriksaan jika sudah mengancam," ungkap Truno.

Sedangkan untuk contoh kerumuman yang yang dibubarkan misalnya kerumunan di tempat nongkrong seperti kafe dan warung kopi, kerumunan di tempat hiburan seperti klub malam, tempat karaoke, hingga kerumunan di mal, pinggir jalan, fasilitas umum seperti taman, warnet dan tempat ngegame online.

Kendati demikian, Truno menyebut langkah persuasif masih diutamakan. Hal itu, berlaku selama masa tanggap bencana Covid 19. Selain itu, upaya pembubaran massa dilakukan sebagai tindaklanjut dikeluarkannya Maklumat Kapolri tanggal 19 Maret 2020.

loading...

"Kami melakukan kegiatan yang bersifat kepedulian kepada masyarakat terkait isi maklumat. Sejak malam minggu hingga saat ini kami melakukan pembubaran tindakan tegas dan terukur juga humanis untuk kerumunan orang-orang yang telah menjadi imbauan pemerintah terkait Covid 19," paparnya.

Sedangkan untuk kebijakan belajar di rumah, Truno mengaku jika aparat dari Polda Jatim dan jajaran telah berupaya melakukan penindakan pada anak-anak yang masih bermain di tempat game dan warnet atau warung kopi.

"Beberapa remaja sudah kita lakukan juga penindakan persuasif," pungkas Truno.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Awas! Polisi Akan Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- HUKUM & KRIMINAL -
Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Vanessa Angel Terancam Bui Karena Miliki Pil Xanax!

(27-03-2020 15:59:50 - Dibaca 435 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Kompolnas Desak Bareskrim Turun Tangan Soal Perwira Aniaya Bintara di Sumbar!

(27-03-2020 12:31:05 - Dibaca 948 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Kasek yang Cabuli 6 Siswa Ini Hanya Divonis 10 Bulan Penjara?

(24-03-2020 20:02:31 - Dibaca 396 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Anak Kiai Jombang yang Diduga Cabuli Santri Diperiksa di Rumahnya?

(23-03-2020 15:20:09 - Dibaca 390 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Polri Ancam Bubarkan Paksa Kerumunan Massa Untuk Cegah Corona!

(23-03-2020 14:00:31 - Dibaca 387 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
2 Anggota DPRD Gorontalo Ditangkap di Diskotek DKI, Diduga Pesta Narkoba?

(22-03-2020 11:22:28 - Dibaca 518 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Polisi Tangkap Vanessa Angel Bersama Suami!

(17-03-2020 14:49:52 - Dibaca 816 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Polisi Periksa 10 Netizen Soal Hoaks Pasien Isolasi di Madiun Meninggal!

(16-03-2020 14:04:28 - Dibaca 248 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Penyebar Hoax 'Istana Lockdown' Gegara Corona Ditangkap Polisi!

(16-03-2020 12:59:52 - Dibaca 1.297 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Sopir TransJ Penabrak Pajero Istri Jenderal Jadi Tersangka Karena Dinilai Lalai?

(11-03-2020 09:02:11 - Dibaca 801 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Terkait Pembelian Lahan Rumah DP 0 Rupiah, Polri Usut Dugaan Korupsi!

(10-03-2020 20:48:48 - Dibaca 1.470 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Mahkamah Agung Batalkan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan!

(10-03-2020 07:45:07 - Dibaca 775 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Jokowi Tegaskan Darurat Sipil Disiapkan Bila Keadaan Abnormal!

(31-03-2020 16:49:57 - Dibaca 190 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Soal Lockdown, Jokowi: Kita Tak Meniru Negara Lain Begitu Saja!

(31-03-2020 16:46:09 - Dibaca 245 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Kabar Gembira! 4 Pasien Corona di Rumah Sakit Semarang Sembuh!

(31-03-2020 16:32:01 - Dibaca 140 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Update Corona 31 Maret: 1.528 Kasus, 81 Sembuh, 136 Meninggal!

(31-03-2020 16:17:13 - Dibaca 195 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!

(31-03-2020 09:49:25 - Dibaca 195 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Cegah Corona, Forum Putera Lamongan Minta Perantau Tak Mudik!

(31-03-2020 09:40:30 - Dibaca 63 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Istana Tolak Permintaan Anies Soal Karantina Wilayah Jakarta!

(31-03-2020 09:31:19 - Dibaca 1.353 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Update Corona 29 Maret: 1.285 Kasus, 64 Sembuh, 114 Meninggal!

(29-03-2020 15:48:25 - Dibaca 2.161 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Tutup Jalan Keluar-Masuk Jakarta, Polda Metro Siapkan Simulasi!

(29-03-2020 15:44:09 - Dibaca 503 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Kebijakan Lockdown India Berujung Kacau!

(29-03-2020 15:38:28 - Dibaca 5.877 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Jokowi Diminta MUI Segera Lockdown Total Indonesia?

(29-03-2020 13:33:25 - Dibaca 967 Kali)

Polisi Bakal Pidanakan Kerumunan Massa yang Tidak Mau Bubar!
Jalani Swab Test, SBY Negatif Corona!

(29-03-2020 13:26:07 - Dibaca 194 Kali)

Update Corona 31 Maret: 1.528 Kasus, 81 Sembuh, 136 Meninggal!
PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Cegah Corona, Forum Putera Lamongan Minta Perantau Tak Mudik!

TERPOPULER

1. Sandiaga Sebut Ditangannya dan Anies Jakarta Jauh Lebih Baik, Benarkah?

2. Ibunda Presiden Jokowi Meninggal Dunia

3. Mendagri Tegaskan Pesan Jokowi ke Anies: Lockdown Jakarta Kewenangan Pusat!

4. PAN Sebut Amien Rais Kemungkinan akan Temui Jokowi, Mau apa?

5. Eko Patrio Sebut Komedian Tak Pernah Diperhatikan Sebelum Era Anies-Sandi, Benarkah?

6. Ingin Gabung ke Jokowi, PDIP Minta PAN Tertibkan Dulu Amien Rais!

7. Rizieq Dorong 4 Parpol Berkoalisi Tumbangkan Jokowi di Pilpres 2019, Sanggupkah?

8. Kebijakan Lockdown India Berujung Kacau!

9. Terancam Dibebastugaskan Ombudsman, Ini Reaksi Anies!

10. Anies Tetap Ngotot Tidak Akan Membuka Jalan Jatibaru, Mengapa?




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.