PA 212 Sebut Prabowo Tak Akan Maju Lagi di Pilpres Jika Paham Etika Politik?
NasDem Persilakan Rizieq dan UAS Ikut Konvensi Capres?
PA 212 Sebut Tak Bakal Dukung Prabowo Lagi?

 
loading...

Sarangberita.com > Hukum & Kriminal
 
Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
 
16-07-2020 15:04:36 - Dibaca 188 Kali
 
 
Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Indonesia Police Watch (IPW) menduga ada dua lembaga di internal kepolisian yang membantu pelarian buronan kasus cessie Bank Bali Djoko Tjandra. Dua lembaga itu adalah Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) dan National Central Bureau (NCB) Interpol Indonesia yang dibawahi Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri.

"Kedua lembaga itu nyata-nyata melindungi Joko Tjandra. Apa mungkin ada gerakan gerakan individu dari masing-masing jenderal yang berinisiatif melindungi Joko Tjandra," kata Ketua Presidium IPW Neta S. Pane lewat siaran pers, Kamis (16/7).

Saat ini Brigjen Prasetijo Utomo sudah dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri. Dia terbukti menandatangani surat jalan untuk Djoko Tjandra.
 
 


Terbaru, beredar surat penghapusan nama Djoko Tjandra dari red notice NCB Interpol Indonesia. Surat tersebut ditandatangani Brigjen Nugroho Wibowo selaku Sekretaris NCB Interpol Indonesia.

"Melalui surat No: B/186/V/2020/NCB.Div.HI tertanggal 5 Mei 2020, Brigjen Nugroho mengeluarkan surat penyampaian penghapusan Interpol Red Notice Joko Tjandra kepada Dirjen Imigrasi," kata Neta.

Neta mengatakan bahwa dasar pencabutan red notice dalam surat itu adalah surat permintaan dari Anna Boentaran tertanggal 15 April 2020. Surat ditujukan kepada NCB Interpol Indonesia.

Surat itu dikirim Anna saat Nugroho baru menjabat 12 hari sebagai Sekretaris NCB Interpol Indonesia. Oleh sebab itu, kata dia, ada dua pihak di internal kepolisian yang membantu Djoko Tjandra.


Neta lantas mempertanyakan Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM yang tidak bersuara meskipun sudah mengetahui penghapusan red notice tersebut. Menurutnya, perlu pula diselidiki.

"Aksi diam para pejabat tinggi ini tentu menjadi misteri," lanjutnya.

Terkait tudingan itu, CNNIndonesia.com sudah menghubungi Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Irjen Napoleon Bonaparte dan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Awi Setiyono. Namun, yang bersangkutan belum merespons.

Djoko Tjandra adalah buronan kasus cessie Bank Bali. Pencegahan bepergian ke luar negeri pertama kali dilakukan terhadap Djoko atas permintaan KPK yang berlaku mulai 24 April 2008 hingga 6 bulan ke depan.

Kemudian, red notice dari Interpol atas nama Joko Soegiarto Tjandra terbit pada 10 Juli 2009. Pada 29 Maret 2012 terdapat permintaan pencegahan ke luar negeri dari Kejaksaan Agung RI berlaku selama 6 bulan.

Pada pada 12 Februari 2015 terdapat permintaan DPO dari Sekretaris National Central Bureau (NCB) Interpol Indonesia terhadap Joko Soegiarto Tjandra.

Ditjen Imigrasi lalu menerbitkan surat perihal DPO kepada seluruh kantor imigrasi ditembuskan kepada Sekretaris NCB Interpol dan Kementerian Luar Negeri.

Pada 5 Mei 2020, terdapat pemberitahuan dari Sekretaris NCB Interpol bahwa 'red notice' atas nama Joko Soegiarto Tjandra telah terhapus dari sistem basis data terhitung sejak tahun 2014, karena tidak ada permintaan lagi dari Kejaksaan Agung RI.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: IPW Duga Dua Lembaga di Bawah Polri Bantu Djoko Tjandra
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- HUKUM & KRIMINAL -
Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
Polisi Sudah Kantongi Pelaku 7 Penembakan Misterius di Tangsel!

(10-08-2020 13:13:58 - Dibaca 89 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
Soal Video Obat Corona, Polisi Periksa Anji Hari Ini!

(10-08-2020 10:13:32 - Dibaca 103 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
Polisi Naikkan Kasus Anji dan Hadi Pranoto ke Penyidikan!

(06-08-2020 20:17:10 - Dibaca 215 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
Jeratan Pidana Menunggu Jaksa Pinangki yang Foto dengan Djoko Tjandra!

(05-08-2020 11:32:00 - Dibaca 359 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
BNN Ungkap Penyeludupan Ratusan Gram Sabu dalam Permen Wafer Cokelat!

(05-08-2020 07:08:12 - Dibaca 127 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
Hadi Pranoto Tak Terima Dipolisikan dan Ancam Tuntut Muannas Alaidid Rp 145 T?

(04-08-2020 09:22:12 - Dibaca 314 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
Polri Mutasi Suami Jaksa Pinangki yang Terseret Kasus Djoko Tjandra!

(04-08-2020 08:47:51 - Dibaca 360 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
YouTuber Prank Daging Kurban Isi Sampah Jadi Tersangka dan Ditahan!

(03-08-2020 12:31:31 - Dibaca 572 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
Pengacara Otto Hasibuan Sebut Penahanan Djoko Tjandra Tak Sah?

(03-08-2020 09:39:43 - Dibaca 2.132 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
Komnas Perempuan Sebut Seleb dalam Prostitusi Artis Adalah Korban?

(02-08-2020 12:41:50 - Dibaca 776 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
Soal 2 Tersangka Penghinaan, Ini Respons Ahok!

(01-08-2020 20:23:45 - Dibaca 320 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
Keluarga Djoko Tjandra Minta Otto Hasibuan Jadi Pengacara

(01-08-2020 20:16:59 - Dibaca 306 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
PA 212 Sebut Prabowo Tak Akan Maju Lagi di Pilpres Jika Paham Etika Politik?

(10-08-2020 15:06:14 - Dibaca 98 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
NasDem Persilakan Rizieq dan UAS Ikut Konvensi Capres?

(10-08-2020 15:01:10 - Dibaca 363 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
PA 212 Sebut Tak Bakal Dukung Prabowo Lagi?

(10-08-2020 14:57:39 - Dibaca 155 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!

(10-08-2020 14:51:05 - Dibaca 169 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
Jokowi Bakal Beri Fadli dan Fahri Bintang Penghargaan?

(10-08-2020 14:28:19 - Dibaca 444 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
Polisi Sudah Kantongi Pelaku 7 Penembakan Misterius di Tangsel!

(10-08-2020 13:13:58 - Dibaca 89 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
PKS Sebut Habib Rizieq dan UAS Punya Peluang Maju Pilpres 2024?

(10-08-2020 12:39:40 - Dibaca 442 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
Soal Video Obat Corona, Polisi Periksa Anji Hari Ini!

(10-08-2020 10:13:32 - Dibaca 103 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
Walikota Banjarbaru Meninggal Dunia Setelah Terinfeksi Virus Corona

(10-08-2020 08:57:09 - Dibaca 216 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
Hari Ini Sanksi Tilang Ganjil Genap di Jakarta Mulai Diberlakukan!

(10-08-2020 08:35:48 - Dibaca 56 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
Ditetapkan Jadi Ketum Gerindra Lagi, Apakah Prabowo Siap Nyapres di 2024?

(09-08-2020 08:07:47 - Dibaca 275 Kali)

Dua Lembaga Internal Polri ini Diduga Bantu Djoko Tjandra!
Kasus Corona di Jakarta Pecah Rekor 2 Hari Berturut?

(09-08-2020 07:56:37 - Dibaca 204 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Jokowi Bakal Beri Fadli dan Fahri Bintang Penghargaan?
Polisi Sudah Kantongi Pelaku 7 Penembakan Misterius di Tangsel!

TERPOPULER

1. Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!

2. GNR Balik Arah Dukung Jokowi, Ini Kata PAN!

3. Gerindra Tuding Aksi Jokowi di Pembukaan Asian Games Pencitraan, Apa maksudnya?

4. Ratna Sarumpaet Serang Kiai Ma'ruf Amin, Ini Respon Tegas GP Ansor!

5. Roy Suryo Bicara Soal Asian Games 2018 Sebagai Ajang Pencitraan Politik?

6. Neno Ditolak, Fadli Zon Minta Kapolda Riau Dicopot, Apa maksudnya?

7. Ketum PPP Ungkap Cawapres Jokowi Mengarah ke Mahfud Md!

8. Fadli Zon Langsung Hapus Pollingnya Sendiri Karena Jokowi Menang!

9. Ini Deretan Kepala Daerah yang Balik Arah Dukung Jokowi!

10. Ini Kriteria Pekerja yang Dapat Bantuan Rp 600 Ribu!




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.