Soal Cairan yang Diduga Bakar Kejagung, Ini Kata Peneliti LIPI!
Sejumlah Perumahan di Bekasi Terendam Banjir 1,5 Meter?
Polda Riau Tembak Oknum Polisi yang Jadi Kurir Sabu-sabu 16 Kg!

 
loading...

Sarangberita.com > Hukum & Kriminal
 
ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
 
17-09-2020 17:24:45 - Dibaca 210 Kali
 
 
ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Sumber Foto : liputan6.com
 
loading...
 
Indonesia Corruption Watch (ICW) mempertanyakan langkah Kejaksaan Agung yang melakukan pelimpahan tahap II kasus dugaan korupsi Jaksa Pinangki Sirna Malasari. ICW mempersoalkan kelengkapan berkas penyidikan Jaksa Pinangki oleh Kejagung.

"ICW mempertanyakan pelimpahan berkas Kejaksaan Agung terhadap perkara yang melibatkan Jaksa Pinangki Sirna Malasari ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, terutama terkait kelengkapan proses penyidikan," ujar Peneliti ICW Kurnia Ramadhana, Kamis (17/9/2020).

Menurut Kurnia, ada beberapa kejanggalan dalam proses penyidikan Jaksa Pinangki. Yang paling dipersoalkan ICW adalah soal dugaan keterlibatan orang lain yang jauh lebih berperan dalam kasus yang melibatkan Djoko Soegiarto Tjandra ini.

"Apakah Kejaksaan Agung sudah mendalami ihwal kemungkinan akan adanya ‘orang besar’ di balik Pinangki Sirna Malasari. Sebab, mustahil seorang Djoko Tjandra, buronan kelas kakap, langsung begitu saja percaya kepada Pinangki," kata Kurnia.
 
 


Persoalan kedua, menurut Kurnia, yakni apakah Kejaksaan Agung telah mendalami pihak Mahkamah Agung yang turut membantu Jaksa Pinangki mengurus fatwa demi kebebasan Djoko Tjandra yang saat itu masih menjadi buronan.

"Apakah Kejaksaan Agung sudah mendeteksi bahwa ada dugaan oknum internal MA yang bekerja sama dengan Pinangki untuk membantu urusan tersebut," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) melakukan pelimpahan tahap II berkas kasus tindak pidana korupsi dan pencucian uang jaksa Pinangki Sirna Malasari (PSM) ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat.

"Sore hari ini dilakukan serah terima tanggung jawab tersangka dan barang bukti dari Jaksa Penyidik kepada Jaksa Penuntut Umum," tutur Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono dalam keterangannya, Selasa (15/9/2020).


Hari menyampaikan, berkas perkara jaksa Pinangki diajukan dengan dipersangkakan Pasal 5 ayat (2) huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Undang Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang Undang Nomor 19 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Dan kemudian karena terdapat bukti yang cukup tentang adanya penerimaan pemberian atau janji berupa uang dalam perkara tindak pidana korupsi tersebut, maka kemudian tersangka ditetapkan pula sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang dengan sangkaan melanggar Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang," jelas dia.

Menurut Hari, setelah serah terima dan pemeriksaan tersangka berikut barang bukti ke JPU selesai dilaksanakan, selanjutnya dilakukan penahanan terhadap jaksa Pinangki di Rumah Tahanan (Rutan) untuk masa waktu selama 20 hari terhitung sejak Selasa tanggal 15 September 2020 sampai dengan 04 Oktober 2020 di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Agung.

"JPU segera membuat surat dakwaan berdasarkan berkas perkara tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang atas nama tersangka PSM tersebut dan akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat," Hari menandaskan.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di liputan6.com dengan judul: ICW Persoalkan Kelengkapan Penyidikan Jaksa Pinangki
 
Sumber : liputan6.com
 
 
 
 
- HUKUM & KRIMINAL -
ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Polda Riau Tembak Oknum Polisi yang Jadi Kurir Sabu-sabu 16 Kg!

(24-10-2020 20:33:37 - Dibaca 187 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Soal Kompol IZ yang Jadi Kurir Sabu, Ini Respons Tegas Kapolda Riau!

(24-10-2020 20:23:58 - Dibaca 117 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Keluarga Gus Nur Minta Keadilan Bisa Ditegakkan?

(24-10-2020 19:14:32 - Dibaca 338 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Polisi Tangkap Gus Nur Tengah Malam di Kediamannya!

(24-10-2020 09:54:03 - Dibaca 222 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Gus Nur Ditangkap Karena Diduga Sebarkan Ujaran Kebencian SARA!

(24-10-2020 09:48:43 - Dibaca 569 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Eep Saefulloh PolMark Dipolisikan Terkait Survei!

(23-10-2020 19:00:11 - Dibaca 210 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Kasus Kebakaran Kejagung, Bareskrim Tetapkan 8 Tersangka!

(23-10-2020 17:36:18 - Dibaca 126 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Kivlan Zen Minta Kasus Senpi yang Menjeratnya Disetop?

(23-10-2020 15:55:07 - Dibaca 163 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Tiga Kurir Edarkan Narkoba di Tengah Demo Omnibus Law di Jakarta?

(23-10-2020 12:22:37 - Dibaca 148 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Korban Perempuan Terbakar di Sukoharjo Masih Kerabat Jokowi?

(23-10-2020 00:06:03 - Dibaca 204 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Terduga Pelaku Pembunuhan Perempuan di Sukoharjo Ditangkap Polisi!

(22-10-2020 23:50:54 - Dibaca 248 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Pentolan KAMI Ahmad Yani Bakal Dipanggil Bareskrim Polri Jumat!

(22-10-2020 23:48:10 - Dibaca 287 Kali)

 
- BERITA LAIN -
ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Soal Cairan yang Diduga Bakar Kejagung, Ini Kata Peneliti LIPI!

(25-10-2020 08:01:27 - Dibaca 69 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Sejumlah Perumahan di Bekasi Terendam Banjir 1,5 Meter?

(25-10-2020 07:54:06 - Dibaca 74 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Polda Riau Tembak Oknum Polisi yang Jadi Kurir Sabu-sabu 16 Kg!

(24-10-2020 20:33:37 - Dibaca 187 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Soal Kompol IZ yang Jadi Kurir Sabu, Ini Respons Tegas Kapolda Riau!

(24-10-2020 20:23:58 - Dibaca 117 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Keluarga Gus Nur Minta Keadilan Bisa Ditegakkan?

(24-10-2020 19:14:32 - Dibaca 338 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Amankan Libur Panjang, Polda Metro Jaya Terjunkan 749 Personel!

(24-10-2020 19:06:13 - Dibaca 77 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Putra Kedua Raja Brunei Darussalam Meninggal Dunia!

(24-10-2020 18:34:38 - Dibaca 351 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Unik! Nama Perempuan di Kota Probolinggo Ini Patah Hati?

(24-10-2020 18:25:19 - Dibaca 106 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Minum Air Putih Hangat Setiap Pagi Saat Perut Masih Kosong dan Rasakan 5 Manfaat Ini pada Tubuh Anda!

(24-10-2020 17:47:26 - Dibaca 413 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Palestina Kecam Kesepakatan Normalisasi Hubungan Sudan-Israel

(24-10-2020 10:05:22 - Dibaca 70 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Sudan dan Israel Sepakat Normalisasi Hubungan?

(24-10-2020 09:58:48 - Dibaca 69 Kali)

ICW Sebut Ada Kejanggalan Dalam Proses Penyidikan Jaksa Pinangki?
Polisi Tangkap Gus Nur Tengah Malam di Kediamannya!

(24-10-2020 09:54:03 - Dibaca 222 Kali)

Soal Kompol IZ yang Jadi Kurir Sabu, Ini Respons Tegas Kapolda Riau!
Keluarga Gus Nur Minta Keadilan Bisa Ditegakkan?
Amankan Libur Panjang, Polda Metro Jaya Terjunkan 749 Personel!

TERPOPULER

1. Jika Tak Bisa Buktikan, Kompolnas Minta Penuding Tito Diproses!

2. Polri Tegaskan Kepada Tim Prabowo: Penyidik Tak Bisa Diatur!

3. Amien Rais Sebut Ratna Sarumpaet Adalah Pembohong dan Sampah Politik

4. Soal Dana Sampah, Wawalkot Bekasi Sebut Ahok Lebih Baik!

5. Mahfud Md Minta 3 Nama Ini Tanggung Jawab Soal Berita Ratna Sarumpaet!

6. Jokowi Terbitkan PP Tentang Pelapor Kasus Korupsi Bisa Dapat Rp 200 Juta!

7. Ahmad Dhani Resmi Jadi Tersangka!

8. Tweet Elite PD yang Tuding Jokowi Pelihara Preman Buat Hajar Ratna Disoalkan Nasdem!

9. PAN Sebut Amien Rais Hanya Korban Kebohongan Ratna, Benarkah?

10. Prabowo Didesak Mundur dari Capres Karena Sebar Hoax Ratna, Ini Kata Fadli!




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.