Ini 5 Buah yang Bisa atasi Asam Lambung dengan Cepat!
Begini Cara Tentukan Waktu Berjemur yang Baik!
Raja Salman bakal Hukum Warganya yang Nekat Pergi ke Indonesia?

loading...
 

Sarangberita.com > Hukum Kriminal
 
Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
 
13-06-2021 07:52:01 - Dibaca 411 Kali
 
 
Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Ilustrasi Pelabuhan. (Foto: Pixabay)
 
loading...
 
Polda Metro Jaya tengah gencar menangkap tersangka pelaku pungutan liar dari para sopir truk di wilayah Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara dalam dua hari terakhir.

Hal itu dilakukan pasca Presiden Joko Widodo memberikan instruksi kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit prabowo untuk menyelesaikan masalah premanisme di wilayah itu.

Tercatat, sudah ada 49 orang preman yang ditangkap oleh kepolisian. Termasuk koordinator pungli di area JICT, Ahmad Zainul Arifin, yang ditangkap pada Jumat (11/6) malam.

"Atasan yang tujuh orang kemarin ditangkap," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis saat dikonfirmasi, Sabtu (12/6).

Menurut Putu, tersangka merupakan seorang karyawan outsourcing yang memiliki wewenang untuk memberi perintah para operator crane dalam pemilihan truk yang akan dilayani terlebih dahulu dalam proses bongkar muat.

Para pelaku pungli di JICT pun mematok uang pungli dari korban dengan besaran Rp2 ribu hingga Rp20 ribu. Kemudian, Zainul sebagai koordinator menerima sebesar Rp100 ribu hingga Rp150 ribu setiap harinya.


"Yang bersangkutan mengetahui aktivitas para operator di bawah pengawasannya yang melakukan pungli dengan modus meletakkan kantong plastik atau botol air mineral," ucap Putu.

Terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan bahwa tersangka juga mengerahkan pelaku lain untuk dapat kabur dari kejaran aparat. Pengumuman itu dibagikan melalui grup WhatsApp kelompok ini.

Yusri menjelaskan, Zainul meminta agar pelaku-pelaku lain yang belum tertangkap tak buka suara ihwal praktik pungli di area JICT.

"Supaya enggak ketahuan, tersangka meminta yang lain jangan 'buka-buka kartu', jangan kasih tahu kalau melibatkan dia," kata Yusri.






Menurut Yusri, 49 orang yang telah diringkus baru merupakan segelintir pelaku aksi pungli di wilayah tersebut. Kepolisian ia sebut tengah mendalami jaringan yang terlibat di belakang para tersangka.

Oleh sebab itu, kata dia, pihaknya membentuk tim khusus untuk mengusut tuntas aksi premanisme di ibu kota negara saat ini.

"Kapolda Metro Jaya menyampaikan tidak ada dan tidak boleh satu rupiah pun uang yang keluar oleh sopir ke para pelaku ini, kami akan tindak tegas. Kami akan kejar sampai ke mana pun," ucap dia.

Mayoritas dari pelaku yang telah ditangkap itu diketahui merupakan karyawan yang bekerja di perusahaan. Mereka mencoba bermain-main dengan proses bongkar muat yang dilakukan di sana.

PT Jakarta International Container Terminal (JICT) selaku operator mengaku kecewa akan praktik pungli di wilayah Tanjung Priok.






Raditya Arrya, Senior Manager Corporate Secretary JICT, menyebut pihaknya mendukung tindakan tegas pemerintah dan aparat kepolisian dalam membasmi praktik pungli di kawasan pelabuhan Tanjung Priok, termasuk di terminal JICT.

"Kami prihatin dengan praktik pungutan liar yang terjadi, termasuk penangkapan terhadap oknum pekerja outsourcing di terminal JICT yang tidak bertanggung jawab," kata Raditya lewat keterangan resmi dikutip Sabtu (12/6).

Dia menambahkan bahwa pihaknya sedang berkoordinasi dengan perusahaan alih daya atau outsource tersebut untuk memastikan peristiwa ini menjadi yang terakhir di lingkungan JICT.

Ia menyebut perusahaan akan memperketat dan tetap menerapkan sistem whistle blowing yang telah berjalan di JICT untuk mencegah terjadinya pelanggaran atau kecurangan yang terjadi di dunia kerja.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok Ditangkap Polisi
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- HUKUM KRIMINAL -
Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
KPK Usut Uang Proyek Bansos Covid ke Bupati Bandung Barat

(27-07-2021 09:59:33 - Dibaca 217 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
9 Orang Kena Tipu Oknum Perekrutan Anggota Satpol PP DKI!

(27-07-2021 09:11:39 - Dibaca 229 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Pelaku Pencurian Tiang Monorel di Jaksel Diciduk Polisi!

(19-07-2021 07:47:09 - Dibaca 187 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Terbukti Jadi Makelar Kasus dan Cuci Uang, Rohadi Cuma Dihukum 3,5 Tahun Penjara?

(15-07-2021 13:39:48 - Dibaca 283 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Bejat! Ustaz di Kobar Tega Cabuli Santrinya Sendiri

(14-07-2021 07:14:01 - Dibaca 362 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Pria di Bekasi Tewas Dibunuh Pasangan Sejenis Gegara Ketahuan Kena Covid?

(13-07-2021 18:54:58 - Dibaca 356 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
dr Lois Owien Minta Maaf Soal Pernyataaanya yang Bikin Resah?

(13-07-2021 13:33:27 - Dibaca 367 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Tuntut Rizieq Bebas, Massa Rusak 3 Mobil Polisi di Kantor Kejaksaan Tasikmalaya

(12-07-2021 17:06:13 - Dibaca 543 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Baku Tembak dengan Prajurit TNI, 2 Teroris Kelompok Ali Kalora Tewas!

(11-07-2021 19:51:45 - Dibaca 798 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Polisi Sebut Nia Ramadhani, Ardi Bakrie dan Sopirnya Positif Sabu!

(08-07-2021 14:29:27 - Dibaca 547 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Sabu Jadi Barang Bukti Saat Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Ditangkap!

(08-07-2021 09:50:17 - Dibaca 1.321 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Nia Ramadhani dan Suami Diperiksa di Polres Jakpus Gegara Narkoba!

(08-07-2021 08:49:30 - Dibaca 631 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Ini 5 Buah yang Bisa atasi Asam Lambung dengan Cepat!

(30-07-2021 10:37:48 - Dibaca 200 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Begini Cara Tentukan Waktu Berjemur yang Baik!

(30-07-2021 08:59:40 - Dibaca 104 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Raja Salman bakal Hukum Warganya yang Nekat Pergi ke Indonesia?

(30-07-2021 07:37:05 - Dibaca 247 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Waduh! Jonatan Christie Tersingkir dari Olimpiade Tokyo 2020

(29-07-2021 18:27:41 - Dibaca 309 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Indonesia! Anthony Ginting Lolos ke Perempat Final Olimpiade Tokyo

(29-07-2021 18:06:42 - Dibaca 306 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Badminton Olimpiade Tokyo: Ini Jadwal Wakil Indonesia Hari Ini!

(29-07-2021 06:44:25 - Dibaca 230 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Anggota DPR Dapat Hotel Buat Isoman, Politikus PKS Tak Persoalkan?

(29-07-2021 06:32:59 - Dibaca 153 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Tekuk Singapore, Jonatan Christie Mantap ke Fase Gugur!

(28-07-2021 20:07:12 - Dibaca 254 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Kemarahan Panglima atas Tindakan Anggota TNI AU yang Injak Kepala Warga Disabilitas!

(28-07-2021 15:45:41 - Dibaca 307 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Wow! Filipina Beri Bonus Rp9,5 Miliar ke Peraih Emas Olimpiade

(28-07-2021 14:32:39 - Dibaca 182 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Sedih! Praveen/Melati Tersingkir dari Olimpiade Tokyo 2020

(28-07-2021 09:22:06 - Dibaca 294 Kali)

Polisi Tangkap Preman hingga Bos Pungli Tanjung Priok!
Pemerintah Saudi Ancam Cekal 3 Tahun Warganya yang ke Indonesia?

(28-07-2021 08:47:39 - Dibaca 235 Kali)

Waduh! Jonatan Christie Tersingkir dari Olimpiade Tokyo 2020
Indonesia! Anthony Ginting Lolos ke Perempat Final Olimpiade Tokyo
Badminton Olimpiade Tokyo: Ini Jadwal Wakil Indonesia Hari Ini!

TERPOPULER

1. Anies Tantang Balik yang Kritik Untuk Atasi Masalah Kali Item!

2. Prabowo Sebut Rakyat Sudah Lelah dengan Pemerintahan yang Kotor?

3. Proyek 6 Ruas Tol DKI Diambil Alih Pemerintah Pusat Karena Anies Menolak Lanjutkan?

4. Anies Tolak Laporkan Hadiah dari Ulama Ghana, Ini Reaksi Tegas KPK!

5. Setelah Singapura, Sandiaga akan Kunker ke Rusia, Mau apa?

6. Ini Alasan Sandiaga Pemprov DKI Impor Bawang Putih dari China!

7. Dinilai Mampu Putus Rezim yang Zalim, Antasari Deklarasi Dukung Jokowi!

8. Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!

9. 18 Lembaga Negara Bakal Dibubarkan Jokowi!

10. Anies Bentuk Tim Baru Untuk Atasi Masalah Dalam Perumusan, Perumusan apa?



DAERAH SEPAKBOLA UNIK BADMINTON MOTOGP FOOD HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL
LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.