Anies Sebut Bakal Geser Rumah Warga di Jati Padang, Geser sama Gusur apa bedanya?
Lihat Rumah di Kali Pulo Jatipadang, Anies Geleng-geleng, Warganya Tertawa!
Sandiaga Perbolehkan PKL di Tanah Abang, Ada apa?



Sarangberita.com > Lifestyle
 
Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
 
26-11-2017 10:35:01 - Dibaca 143 Kali
 
 
Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Sumber Foto : hellosehat.com
 
Saat kurang tidur, selain merasa badan tak enak, nafsu makan ternyata makin meningkat.

Peningkatan gairah makan ini perlu diwaspadai, karena berisiko membuat obesitas, apalagi jika tak diimbangi pola hidup sehat.

Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor, Profesor Hardinsyah, mengatakan, bila tidak cukup tidur, muncul sistem hormonal yang tidak seimbang.

“Di mana salah satu hormon namanya ghrelin jadi meningkat,” kata Hardinsyah kepada Kompas Lifestyle saat perayaan 95 Tahun Frisian Flag, di Jakarta, Jumat (24/11/2017).


Ghrelin adalah hormon yang digunakan tubuh untuk mengirim sinyal ke otak untuk meningkatkan nafsu makan, pada saat tubuh lapar dan membutuhkan makanan.

Kadar hormon tersebut akan menurun secara berkala setelah tubuh mulai menyerap nutrisi dari makanan.

Hardinsyah mengatakan, saat ghrelin meningkat, maka timbul rasa ingin makan lebih banyak karbohidrat.

“Kalau makanan ada dan tidak bisa kendalikan emosi, bawaannya lapar terus, ya akan gemuk,” kata Hardinsyah.

Kendati demikian, saat hormon ghrelin meningkat, individu bisa mengontrol dengan meniatkan diri untuk tidak rakus, sehingga bisa berhenti makan.

Dia mengatakan, waktu tidur manusia berbeda-beda tergantung kategori usia: bayi dan balita sekitat 11-12 jam, anak-anak usia sekolah dasar sekitar sembilan jam.

Lalu, saat dewasa maka waktu tidur sekitar delapan jam, usia sekitar 40-50 sekitar tujuh jam, dan usia di atas 80 tahun sekitar enam jam.
 
Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul: Awas, Nafsu Makan Meningkat Saat Kurang Tidur
 
Sumber : kompas.com
 
 
 
- LIFESTYLE -
Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Waspadai 5 Jenis investasi bodong ini!

(20-11-2017 10:18:49 - Dibaca 133 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Ternyata ada Manfaat Baik dari Makanan yang Dibekukan

(30-10-2017 06:24:31 - Dibaca 277 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Tidak Anda Sadari Ternyata Ada 8 Penipuan Lewat Media Sosial

(29-10-2017 14:05:49 - Dibaca 232 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Bibir Hitam? Ini Beberapa Cara Menghilangkannya Secara Alami

(26-10-2017 09:26:31 - Dibaca 274 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Ini Dia Cara Membuat Salad Buah yang Enak, Mudah, dan Sederhana

(24-10-2017 13:03:34 - Dibaca 416 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Orang Pelit dan Perhitungan Tidak Hidup Bahagia, Benarkah?

(23-10-2017 21:06:27 - Dibaca 167 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Anies Sebut Bakal Geser Rumah Warga di Jati Padang, Geser sama Gusur apa bedanya?

(13-12-2017 18:17:19 - Dibaca 1.074 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Lihat Rumah di Kali Pulo Jatipadang, Anies Geleng-geleng, Warganya Tertawa!

(13-12-2017 09:51:15 - Dibaca 3.657 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Sandiaga Perbolehkan PKL di Tanah Abang, Ada apa?

(13-12-2017 09:14:12 - Dibaca 73 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Tutup Celah Korupsi, Jokowi Siapkan Perpres e-Budgeting, e-Planning, dan e-Government

(13-12-2017 07:50:35 - Dibaca 561 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Sandiaga Sebut Banyak Pohon Tumbang Karena Kesalahan Komunitas Pencinta Pohon, Kok Bisa?

(12-12-2017 20:37:26 - Dibaca 1.041 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Selalu Dibandingkan dengan Ahok, Ini Komentar Sandi!

(12-12-2017 20:08:39 - Dibaca 714 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Banjir Kepung Jakarta, Anies Salahkan Proyek Pembangunan Jakarta!

(12-12-2017 13:32:00 - Dibaca 1.930 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Sandiaga Sebut Unggah Video Rapat ke Youtube Tidak Ada Manfaatnya, Benarkah?

(11-12-2017 23:14:49 - Dibaca 506 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Era Ahok KJP Lancar, Era Anies Sandi KJP Banyak Keluhan! Ada apa?

(10-12-2017 20:01:01 - Dibaca 2.794 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Beda Dengan Ahok, Pemprov DKI Kini Tak Lagi Unggah Video ke YouTube, Mengapa?

(09-12-2017 12:46:27 - Dibaca 1.281 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Ketua RT/RW Diminta Anies Harus Paham Programnya Agar...

(09-12-2017 09:28:59 - Dibaca 79 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Wow! Novanto Diduga Terima Duit Rp 2000 per e-KTP, Benarkah?

(08-12-2017 19:13:52 - Dibaca 103 Kali)

Tutup Celah Korupsi, Jokowi Siapkan Perpres e-Budgeting, e-Planning, dan e-Government
Sandiaga Sebut Banyak Pohon Tumbang Karena Kesalahan Komunitas Pencinta Pohon, Kok Bisa?