SBY Sebut Ada Oknum BIN, Polri, TNI Tidak Netral di Pilkada, Benarkah?
Pilkada Jabar Jadi Sasaran Aksi Terduga Teroris di Depok!
Dua Terduga Teroris di Depok Ditembak Mati Polisi



Sarangberita.com > Lifestyle
 
Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
 
26-11-2017 10:35:01 - Dibaca 404 Kali
 
 
Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Sumber Foto : hellosehat.com
 
Saat kurang tidur, selain merasa badan tak enak, nafsu makan ternyata makin meningkat.

Peningkatan gairah makan ini perlu diwaspadai, karena berisiko membuat obesitas, apalagi jika tak diimbangi pola hidup sehat.

Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor, Profesor Hardinsyah, mengatakan, bila tidak cukup tidur, muncul sistem hormonal yang tidak seimbang.

??Di mana salah satu hormon namanya ghrelin jadi meningkat,?? kata Hardinsyah kepada Kompas Lifestyle saat perayaan 95 Tahun Frisian Flag, di Jakarta, Jumat (24/11/2017).


Ghrelin adalah hormon yang digunakan tubuh untuk mengirim sinyal ke otak untuk meningkatkan nafsu makan, pada saat tubuh lapar dan membutuhkan makanan.

Kadar hormon tersebut akan menurun secara berkala setelah tubuh mulai menyerap nutrisi dari makanan.

Hardinsyah mengatakan, saat ghrelin meningkat, maka timbul rasa ingin makan lebih banyak karbohidrat.

??Kalau makanan ada dan tidak bisa kendalikan emosi, bawaannya lapar terus, ya akan gemuk,?? kata Hardinsyah.

Kendati demikian, saat hormon ghrelin meningkat, individu bisa mengontrol dengan meniatkan diri untuk tidak rakus, sehingga bisa berhenti makan.

Dia mengatakan, waktu tidur manusia berbeda-beda tergantung kategori usia: bayi dan balita sekitat 11-12 jam, anak-anak usia sekolah dasar sekitar sembilan jam.

Lalu, saat dewasa maka waktu tidur sekitar delapan jam, usia sekitar 40-50 sekitar tujuh jam, dan usia di atas 80 tahun sekitar enam jam.
 
Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul: Awas, Nafsu Makan Meningkat Saat Kurang Tidur
 
Sumber : kompas.com
 
 
 
 
- LIFESTYLE -
Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Bank Ganesha Luncurkan Layanan Mobile Banking 'BANGGA'

(20-04-2018 08:46:32 - Dibaca 134 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Masalah Narkoba 3 Anaknya Belum Kelar, Kini Elvy Sukaesih Dapat Masalah Baru!

(01-04-2018 15:54:41 - Dibaca 379 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?

(18-01-2018 06:35:18 - Dibaca 286 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Wow! Ini Dia Besaran Gaji dan Tunjangan Pilot di Indonesia

(17-01-2018 07:34:16 - Dibaca 503 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
5 Kebiasaan Ini Bisa Habiskan Uangmu!

(20-12-2017 07:35:25 - Dibaca 295 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Waspadai 5 Jenis investasi bodong ini!

(20-11-2017 10:18:49 - Dibaca 307 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Ternyata ada Manfaat Baik dari Makanan yang Dibekukan

(30-10-2017 06:24:31 - Dibaca 432 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Tidak Anda Sadari Ternyata Ada 8 Penipuan Lewat Media Sosial

(29-10-2017 14:05:49 - Dibaca 332 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Bibir Hitam? Ini Beberapa Cara Menghilangkannya Secara Alami

(26-10-2017 09:26:31 - Dibaca 403 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Ini Dia Cara Membuat Salad Buah yang Enak, Mudah, dan Sederhana

(24-10-2017 13:03:34 - Dibaca 524 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Orang Pelit dan Perhitungan Tidak Hidup Bahagia, Benarkah?

(23-10-2017 21:06:27 - Dibaca 242 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
SBY Sebut Ada Oknum BIN, Polri, TNI Tidak Netral di Pilkada, Benarkah?

(23-06-2018 18:07:39 - Dibaca 127 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Pilkada Jabar Jadi Sasaran Aksi Terduga Teroris di Depok!

(23-06-2018 16:39:13 - Dibaca 69 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Dua Terduga Teroris di Depok Ditembak Mati Polisi

(23-06-2018 16:31:55 - Dibaca 162 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Disebut Gerakan Galang Dana Prabowo Pencitraan, Ini Pembelaan Gerindra!

(23-06-2018 12:27:08 - Dibaca 99 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019

(23-06-2018 12:14:45 - Dibaca 157 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Mahasiswa Pelapor Habiburokhman Datangi Polda Metro Bawa Bukti Baru!

(23-06-2018 11:54:23 - Dibaca 218 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Siap Gulirkan Angket Iriawan, Gerindra Sebut Kami Perjuangkan Kebenaran?

(23-06-2018 11:08:34 - Dibaca 212 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
PAN Dorong Hak Angket Iriawan Agar Masyarakat Tercerahkan?

(23-06-2018 09:27:03 - Dibaca 124 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Gerindra Sebut Prabowo Tak Perlu Lapor KPK Soal 'Markup Proyek LRT', Mengapa?

(23-06-2018 09:20:27 - Dibaca 318 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Ini Jawaban Tegas Istana Soal Tudingan Markup Proyek LRT Oleh Prabowo!

(23-06-2018 08:56:15 - Dibaca 500 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Herman Hery Diduga Lakukan Pengeroyokan, Ini Kata Polisi!

(23-06-2018 08:51:22 - Dibaca 114 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Anggota DPR Apresiasi Kinerja Polri dan Kemenhub Tangani Mudik Lebaran!

(23-06-2018 08:37:00 - Dibaca 96 Kali)

Disebut Gerakan Galang Dana Prabowo Pencitraan, Ini Pembelaan Gerindra!
Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Mahasiswa Pelapor Habiburokhman Datangi Polda Metro Bawa Bukti Baru!

TERPOPULER

1. Tepat 8 Bulan Menjabat, Sandi Sebut Keberhasilan yang Diraih Pemprov DKI...

2. Prabowo-Amien Mau Ketemu Rizieq, Gerindra Sebut Koalisi Jokowi Panik?

3. Bagi yang Ingin Ganti Presiden, Rustam Ibrahim Minta Bandingkan Dulu Pemerintahan Anies-Sandi dengan Ahok-Djarot!

4. Fahri Hamzah Protes Polisi Bersenjata Masuk UNRI Geledah Teroris, Apa maksudnya?

5. Anies Disoraki Warga di Istana Bogor, PKS Sebut Pendukung Ahok...

6. Demokrat Sebut Pendukung Ahok yang Soraki Anies Butuh Direvolusi Mentalnya?

7. Jika Jadi Presiden Rizal Ramli Akan Ubah Indonesia Dalam 3 Hari? Jadi apa?

8. Lewat Tulisan Tangan, Ahok Ucapkan Selamat Idul Fitri

9. Saat Ditanya Kapan Bertemu Amien Rais, Ini Jawaban Jokowi!

10. Fahri Kritik Penggeledahan di UNRI, Ini Jawaban Tegas Polri!



JAKARTA       KESEHATAN       NASIONAL       LIFESTYLE       POLITIK       TRAVEL       INTERNASIONAL       OTOMOTIF       TEKNOLOGI       VIDEO       SEKOLAH       SPORT       INSPIRATION       PROPERTI       PERISTIWA      

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.