Ulang Tahun PKS Fahri Hamzah Tidak Diundang? Mengapa?
Gerindra Sebut Elektabilitas Jokowi Mengkhawatirkan, Benarkah?
Rizal Ramli akan Tangkap 100 Orang Paling Berengsek Jika Jadi Presiden, Siapa yang brengsek?



Sarangberita.com > Lifestyle
 
Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
 
26-11-2017 10:35:01 - Dibaca 333 Kali
 
 
Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Sumber Foto : hellosehat.com
 
Saat kurang tidur, selain merasa badan tak enak, nafsu makan ternyata makin meningkat.

Peningkatan gairah makan ini perlu diwaspadai, karena berisiko membuat obesitas, apalagi jika tak diimbangi pola hidup sehat.

Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor, Profesor Hardinsyah, mengatakan, bila tidak cukup tidur, muncul sistem hormonal yang tidak seimbang.

??Di mana salah satu hormon namanya ghrelin jadi meningkat,?? kata Hardinsyah kepada Kompas Lifestyle saat perayaan 95 Tahun Frisian Flag, di Jakarta, Jumat (24/11/2017).


Ghrelin adalah hormon yang digunakan tubuh untuk mengirim sinyal ke otak untuk meningkatkan nafsu makan, pada saat tubuh lapar dan membutuhkan makanan.

Kadar hormon tersebut akan menurun secara berkala setelah tubuh mulai menyerap nutrisi dari makanan.

Hardinsyah mengatakan, saat ghrelin meningkat, maka timbul rasa ingin makan lebih banyak karbohidrat.

??Kalau makanan ada dan tidak bisa kendalikan emosi, bawaannya lapar terus, ya akan gemuk,?? kata Hardinsyah.

Kendati demikian, saat hormon ghrelin meningkat, individu bisa mengontrol dengan meniatkan diri untuk tidak rakus, sehingga bisa berhenti makan.

Dia mengatakan, waktu tidur manusia berbeda-beda tergantung kategori usia: bayi dan balita sekitat 11-12 jam, anak-anak usia sekolah dasar sekitar sembilan jam.

Lalu, saat dewasa maka waktu tidur sekitar delapan jam, usia sekitar 40-50 sekitar tujuh jam, dan usia di atas 80 tahun sekitar enam jam.
 
Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul: Awas, Nafsu Makan Meningkat Saat Kurang Tidur
 
Sumber : kompas.com
 
 
 
- LIFESTYLE -
Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Bank Ganesha Luncurkan Layanan Mobile Banking 'BANGGA'

(20-04-2018 08:46:32 - Dibaca 69 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Masalah Narkoba 3 Anaknya Belum Kelar, Kini Elvy Sukaesih Dapat Masalah Baru!

(01-04-2018 15:54:41 - Dibaca 310 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?

(18-01-2018 06:35:18 - Dibaca 216 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Wow! Ini Dia Besaran Gaji dan Tunjangan Pilot di Indonesia

(17-01-2018 07:34:16 - Dibaca 422 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
5 Kebiasaan Ini Bisa Habiskan Uangmu!

(20-12-2017 07:35:25 - Dibaca 239 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Waspadai 5 Jenis investasi bodong ini!

(20-11-2017 10:18:49 - Dibaca 286 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Ternyata ada Manfaat Baik dari Makanan yang Dibekukan

(30-10-2017 06:24:31 - Dibaca 413 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Tidak Anda Sadari Ternyata Ada 8 Penipuan Lewat Media Sosial

(29-10-2017 14:05:49 - Dibaca 315 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Bibir Hitam? Ini Beberapa Cara Menghilangkannya Secara Alami

(26-10-2017 09:26:31 - Dibaca 383 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Ini Dia Cara Membuat Salad Buah yang Enak, Mudah, dan Sederhana

(24-10-2017 13:03:34 - Dibaca 495 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Orang Pelit dan Perhitungan Tidak Hidup Bahagia, Benarkah?

(23-10-2017 21:06:27 - Dibaca 227 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Ulang Tahun PKS Fahri Hamzah Tidak Diundang? Mengapa?

(21-04-2018 16:07:42 - Dibaca 246 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Gerindra Sebut Elektabilitas Jokowi Mengkhawatirkan, Benarkah?

(21-04-2018 15:55:21 - Dibaca 320 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Rizal Ramli akan Tangkap 100 Orang Paling Berengsek Jika Jadi Presiden, Siapa yang brengsek?

(21-04-2018 09:09:33 - Dibaca 329 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Ternyata Angka 0 dan +62 Saat Menelpon Punya Perbedaan, Ini Penjelasannya!

(21-04-2018 08:44:07 - Dibaca 134 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Rizal Ramli Sebut Jakarta Sekarang Lebih Tenang dan Sejuk daripada Sebelumnya, Apa maksudnya?

(20-04-2018 19:29:55 - Dibaca 321 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Mahasiswa Maroko ini Sebut Anies Super Gubernur? Benarkah?

(20-04-2018 12:01:36 - Dibaca 200 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Bank Ganesha Luncurkan Layanan Mobile Banking 'BANGGA'

(20-04-2018 08:46:32 - Dibaca 69 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
9 Nama Cawapresnya Diganti Anies Baswedan, Ini Penolakan PKS!

(20-04-2018 08:32:28 - Dibaca 817 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Tidak Disarankan Tidur Menghadap Sisi Kanan, Ini Alasan Ilmiahnya!

(20-04-2018 07:39:36 - Dibaca 299 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Mahfud MD Nilai Pilkada Saat ini Seperti Peternakan Koruptor! Benarkah?

(19-04-2018 13:15:30 - Dibaca 204 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Seniman Yogya Bawa Balsem dan Telur Buat Amien Rais, Mau apa?

(19-04-2018 08:48:36 - Dibaca 425 Kali)

Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?
Pemerintah Minta Gerindra Baca Perpres TKA Dulu Sebelum Komentar!

(18-04-2018 21:38:24 - Dibaca 506 Kali)

Ternyata Angka 0 dan +62 Saat Menelpon Punya Perbedaan, Ini Penjelasannya!
Rizal Ramli Sebut Jakarta Sekarang Lebih Tenang dan Sejuk daripada Sebelumnya, Apa maksudnya?
Mahasiswa Maroko ini Sebut Anies Super Gubernur? Benarkah?

TERPOPULER

1. Sandiaga Cium Tangan Penjual Ayam Saat Kunjungi Pasar Agung Depok, Buat apa?

2. Fadli Zon Luncurkan Buku Berjudul 'Berpihak Pada Rakyat', Ada yang minat?

3. Anies Sebut Gaji Ketua KPK DKI Rp 41 juta Sudah Sesuai Aturan, Aturan dari mana?

4. Anies-Sandi Dapat Gelar dari Serikat Buruh Sebagai 'Gubernur Tercepat Ingkar Janji'

5. Sandiaga Sebut Ditangannya dan Anies Jakarta Jauh Lebih Baik, Benarkah?

6. Soal Remisi Ahok, Ini Tanggapan Menarik Warga Jabodetabek!

7. 'Teman Ahok' Jenguk Ahok di Mako Brimob, Ini Ceritanya!

8. Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017

9. Amien Rais Sebut Selama Tiga Tahun Memimpin Jokowi Gagal! Apa maksudnya?

10. Dulu Sering Kritik Ahok, Sekarang Mereka Sering Membela, Mengapa?



JAKARTA       KESEHATAN       NASIONAL       LIFESTYLE       POLITIK       TRAVEL       INTERNASIONAL       OTOMOTIF       TEKNOLOGI       VIDEO       SEKOLAH       SPORT       INSPIRATION      

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.