Sejumlah Titik di Jaksel Sempat Tergenang Karena Hujan Deras!
La Nyalla Minta Maaf Sudah Fitnah Jokowi, Ini Respon Positif PDIP!
Rommy: Pengakuan La Nyalla Bukti Hoaks yang Dibuat Demi Kepentingan Pilpres!



loading...

Sarangberita.com > Lifestyle
 
Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
 
16-07-2018 08:21:13 - Dibaca 243 Kali
 
 
Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Ide bisnis bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Bisa saja muncul ketika kita sedang memikirkan sesuatu tentang kondisi sosial dan lingkungan.

David Christian misalnya. Pria yang memiliki jiwa sosial tinggi ini mendapatkan ide bisnis saat memikirkan kondisi lingkungan di Jakarta yang penuh dengan sampah.

Setelah 4 tahun mengenyam pendidikan tinggi di Kanada, pada 2015 dia pulang ke ibu kota. Saat itu pikirannya terusik ketika melihat banyak sampah di Jakarta.

"Terutama sampah plastik, itu menimbulkan kontaminasi. Aku bikin riset dan terpikir membuat produk yang bisa kasih solusi dan bisa mengedukasi, tapi dengan cara menyenangkan," tuturnya kepada detikFinance belum lama ini.


Akhirnya dia mencoba untuk membuat packaging plastik alami yang terbuat dari rumput laut. Produknya itu bukan hanya ramah lingkungan tapi juga bisa dimakan. Sehingga tidak meninggalkan sampah setelah produk dikonsumsi.

Rumput laut dipilih lantaran bahan bakunya berlimpah di Indonesia. Menurut David, hal itu juga bisa membantu para petani rumput laut.

"Kita produsen rumput laut terbesar. Tapi kebanyakan diekspor. Lagi pula banyak tengkulak yang biasanya beli Rp 14-16 ribu per kg. Kalau kami bisa bayar Rp 100 ribu per kg," tambahnya.

David berani membayar tinggi untuk bahan baku rumput laut lantaran misi utama bisnisnya memang tujuannya sosial. Dia juga meminta para petani untuk membersihkan rumput lautnya sebelum dikirim dari Makassar.

Bisnisnya resmi berdiri pada pada April 2016 dengan nama Evoware. Modal yang dia keluarkan bertahap, David sampai lupa berapa pundi-pundi uang yang sudah dikeluarkan.

"Modal awal enggak dihitung karena keluar gitu saja. Ya puluhan mungkin puluhan juta, karena untuk riset dan beli barang saja," tuturnya.

Kala itu Evoware hadir dengan produk andalannya gelas rumput laut. Produknya itu juga dijamin bebas bahan kimia sehingga aman untuk dikonsumsi.

Dia memasarkan produknya secara online melalui webtsite ataupun media sosial seperti Instagram. Pelanggannya tidak hanya individu tapi juga restoran.

"Untuk restoran kita jual powder dan cetakannya. Jadi mereka bisa bikin sendiri. Tergantung orderan masuk," ujarnya.

Pada Oktober 2017, David meluncurkan produk baru, yakni plastik kemasan sachet yang juga terbuat dari rumput laut. Target pasar dari produk barunya itu adalah perusahaan produsen makanan yang biasanya menggunakan plastik untuk kemasannya.

Produknya itu bisa digunakan untuk berbagai macam jenis produk, seperti sachet untuk kopi atau minuman instan lainnya, atau bahwa pembungkus burger yang tentunya juga bisa dimakan beserta isinya.

Bukan hanya perusahaan di Indonesia, David juga menawarkan perusahaan di luar negeri dengan mengirimkan sampel. Bahkan sekitar 87% dari produk plastik siap makan yang diproduksinya saat ini dikirim ke luar negeri.

"Orang luar negeri lebih sadar untuk menjaga lingkungan. Mereka bersedia membayar lebih mahal. Meskipun masih membeli sampel, tapi mereka sudah minat, belum deal saja," tuturnya.

Memang jika dihitung-hitung packaging rumput laut lebih mahal dibanding plastik. David mematok harga sekitar Rp 11 per cm. Namun dia bersedia memberikan diskon untuk pembelian partai besar.

Sementara untuk gelas rumput laut dia mematok harga di kisaran Rp 9 ribu sampai dengan Rp 20 ribu per cup. Sedangkan untuk pembelian dalam bentuk bubuk sekitar Rp 5.800 untuk 1 cup-nya.

Untuk rata-rata orderan yang masuk saat ini sekitar 2 ribu hingga 3 ribu cup per hari. Sedangkan untuk packaging dia memproduksi sekitar 440 meter per harinya.

Bisnisnya memang saat ini masih dalam level industri rumah. David memiliki karyawan sekitar 17 orang dan 10 orang pekerja paruh waktu untuk bagian produksi.

Namun sayang dia masih merahasiakan pendapatan dan laba Evoware. Sebab sejak awal tujuan bisnisnya memang untuk kegiatan sosial.

"Kami belum bisa ngomong. Ya kalau kita lakukan bisnis dengan cara benar profit pasti mengikuti," akunya.

Ke depan David berencana memperluas target pasarnya di Indonesia. Selain itu dia juga hendak untuk menambah kapasitas produksi untuk produk packaging-nya, sebab dia melihat ada prospek cerah untuk produknya itu.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Kurangi Sampah, Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- LIFESTYLE -
Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Wow! Film Bali 'Beats of Paradise' Resmi Tayang di Walt Disney

(12-12-2018 16:06:23 - Dibaca 38 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Mantap! Bintang Film 'A Man Called Ahok' dan 'Hanum & Rangga' Saling Dukung

(18-11-2018 11:31:40 - Dibaca 189 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Konser Guns N'Roses, Jokowi Rencananya Bakal Datang Mendadak?

(08-11-2018 13:38:44 - Dibaca 234 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Dua Makanan Asli Indonesia ini Terinspirasi dari Perselingkuhan

(11-10-2018 20:38:09 - Dibaca 281 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Tak Seperti OKB! Orang-orang Super Kaya Ini Justru Lebih Suka Kesederhanaan!

(15-08-2018 21:07:57 - Dibaca 249 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Bank Ganesha Luncurkan Layanan Mobile Banking 'BANGGA'

(20-04-2018 08:46:32 - Dibaca 330 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Masalah Narkoba 3 Anaknya Belum Kelar, Kini Elvy Sukaesih Dapat Masalah Baru!

(01-04-2018 15:54:41 - Dibaca 528 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?

(18-01-2018 06:35:18 - Dibaca 430 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Wow! Ini Dia Besaran Gaji dan Tunjangan Pilot di Indonesia

(17-01-2018 07:34:16 - Dibaca 683 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
5 Kebiasaan Ini Bisa Habiskan Uangmu!

(20-12-2017 07:35:25 - Dibaca 448 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?

(26-11-2017 10:35:01 - Dibaca 611 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Waspadai 5 Jenis investasi bodong ini!

(20-11-2017 10:18:49 - Dibaca 345 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Sejumlah Titik di Jaksel Sempat Tergenang Karena Hujan Deras!

(13-12-2018 20:31:51 - Dibaca 13 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
La Nyalla Minta Maaf Sudah Fitnah Jokowi, Ini Respon Positif PDIP!

(13-12-2018 16:20:25 - Dibaca 52 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Rommy: Pengakuan La Nyalla Bukti Hoaks yang Dibuat Demi Kepentingan Pilpres!

(13-12-2018 16:13:08 - Dibaca 72 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Teroris Sleman Diduga Berniat Lakukan Teror Saat Natal dan Tahun Baru!

(13-12-2018 16:05:03 - Dibaca 43 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Terduga Teroris di Sleman Diciduk Densus 88!

(13-12-2018 16:01:00 - Dibaca 71 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Timses Jokowi Sebut Sandi Bermain Playing Victim Tiru Ratna Sarumpaet!

(13-12-2018 15:55:10 - Dibaca 198 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Gejolak dan Ancaman Koalisi Prabowo yang Masih Kusut!

(13-12-2018 14:46:32 - Dibaca 78 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Tim Prabowo Duga Ada Operasi Politik Soal Kader PAN Sumsel Dukung Jokowi, Apa maksudnya?

(13-12-2018 09:03:52 - Dibaca 107 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Kisruh Soal e-KTP, Mendagri Tegaskan Tak Ada Hubungan dengan DPT Pemilu!

(13-12-2018 08:55:49 - Dibaca 36 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Sudirman Said Sindir Kelompok Besar dan Korupsi di Jateng, Siapa?

(13-12-2018 08:51:22 - Dibaca 80 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
PAN Masih Cari Solusi Agar Taufik Kurniawan Mundur dari Pimpinan DPR?

(13-12-2018 07:58:39 - Dibaca 82 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
La Nyalla Ungkap Cara Dirinya Sebar Hoaks Jokowi di Pilpres 2014!

(13-12-2018 07:50:48 - Dibaca 200 Kali)

Teroris Sleman Diduga Berniat Lakukan Teror Saat Natal dan Tahun Baru!
Terduga Teroris di Sleman Diciduk Densus 88!
Timses Jokowi Sebut Sandi Bermain Playing Victim Tiru Ratna Sarumpaet!

TERPOPULER

1. Soal Remisi Ahok, Ini Tanggapan Menarik Warga Jabodetabek!

2. Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017

3. Soal Gaji Fantastis TGUPP, Anies Sebut Ada Rumusnya, Rumus dari mana?

4. Anies Sebut Bakal Geser Rumah Warga di Jati Padang, Geser sama Gusur apa bedanya?

5. Mengapa Anies Ngotot TGUPP Tak Mau Pakai Dana Operasional Gubernur?

6. Lihat Rumah di Kali Pulo Jatipadang, Anies Geleng-geleng, Warganya Tertawa!

7. Sandi Akan Bangun Infrastruktur Tanpa Utang, Ini Sindiran Brilian Erick Thohir!

8. Akrabnya Sandi dan Lulung, Cukur Bareng hingga Tinjau PKL, Ada apa?

9. Era Ahok KJP Lancar, Era Anies Sandi KJP Banyak Keluhan! Ada apa?

10. Fadli Zon Sebut Ahok Belum Pantas Dapat Remisi, Apa Maksudnya?




HUKUM PILPRES REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.