Sandiaga Prihatin dengan Nasib Ahmad Dhani, Mengapa?
Ini Reaksi Tegas Jokowi Soal Berita 'Ahok Gantikan Ma'ruf!
Ini Pesan Bijak Gibran Soal Belajar Memaafkan Bukalapak!



loading...

Sarangberita.com > Lifestyle
 
Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
 
16-07-2018 08:21:13 - Dibaca 266 Kali
 
 
Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Ide bisnis bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Bisa saja muncul ketika kita sedang memikirkan sesuatu tentang kondisi sosial dan lingkungan.

David Christian misalnya. Pria yang memiliki jiwa sosial tinggi ini mendapatkan ide bisnis saat memikirkan kondisi lingkungan di Jakarta yang penuh dengan sampah.

Setelah 4 tahun mengenyam pendidikan tinggi di Kanada, pada 2015 dia pulang ke ibu kota. Saat itu pikirannya terusik ketika melihat banyak sampah di Jakarta.

"Terutama sampah plastik, itu menimbulkan kontaminasi. Aku bikin riset dan terpikir membuat produk yang bisa kasih solusi dan bisa mengedukasi, tapi dengan cara menyenangkan," tuturnya kepada detikFinance belum lama ini.


Akhirnya dia mencoba untuk membuat packaging plastik alami yang terbuat dari rumput laut. Produknya itu bukan hanya ramah lingkungan tapi juga bisa dimakan. Sehingga tidak meninggalkan sampah setelah produk dikonsumsi.

Rumput laut dipilih lantaran bahan bakunya berlimpah di Indonesia. Menurut David, hal itu juga bisa membantu para petani rumput laut.

"Kita produsen rumput laut terbesar. Tapi kebanyakan diekspor. Lagi pula banyak tengkulak yang biasanya beli Rp 14-16 ribu per kg. Kalau kami bisa bayar Rp 100 ribu per kg," tambahnya.

David berani membayar tinggi untuk bahan baku rumput laut lantaran misi utama bisnisnya memang tujuannya sosial. Dia juga meminta para petani untuk membersihkan rumput lautnya sebelum dikirim dari Makassar.

Bisnisnya resmi berdiri pada pada April 2016 dengan nama Evoware. Modal yang dia keluarkan bertahap, David sampai lupa berapa pundi-pundi uang yang sudah dikeluarkan.

"Modal awal enggak dihitung karena keluar gitu saja. Ya puluhan mungkin puluhan juta, karena untuk riset dan beli barang saja," tuturnya.

Kala itu Evoware hadir dengan produk andalannya gelas rumput laut. Produknya itu juga dijamin bebas bahan kimia sehingga aman untuk dikonsumsi.

Dia memasarkan produknya secara online melalui webtsite ataupun media sosial seperti Instagram. Pelanggannya tidak hanya individu tapi juga restoran.

"Untuk restoran kita jual powder dan cetakannya. Jadi mereka bisa bikin sendiri. Tergantung orderan masuk," ujarnya.

Pada Oktober 2017, David meluncurkan produk baru, yakni plastik kemasan sachet yang juga terbuat dari rumput laut. Target pasar dari produk barunya itu adalah perusahaan produsen makanan yang biasanya menggunakan plastik untuk kemasannya.

Produknya itu bisa digunakan untuk berbagai macam jenis produk, seperti sachet untuk kopi atau minuman instan lainnya, atau bahwa pembungkus burger yang tentunya juga bisa dimakan beserta isinya.

Bukan hanya perusahaan di Indonesia, David juga menawarkan perusahaan di luar negeri dengan mengirimkan sampel. Bahkan sekitar 87% dari produk plastik siap makan yang diproduksinya saat ini dikirim ke luar negeri.

"Orang luar negeri lebih sadar untuk menjaga lingkungan. Mereka bersedia membayar lebih mahal. Meskipun masih membeli sampel, tapi mereka sudah minat, belum deal saja," tuturnya.

Memang jika dihitung-hitung packaging rumput laut lebih mahal dibanding plastik. David mematok harga sekitar Rp 11 per cm. Namun dia bersedia memberikan diskon untuk pembelian partai besar.

Sementara untuk gelas rumput laut dia mematok harga di kisaran Rp 9 ribu sampai dengan Rp 20 ribu per cup. Sedangkan untuk pembelian dalam bentuk bubuk sekitar Rp 5.800 untuk 1 cup-nya.

Untuk rata-rata orderan yang masuk saat ini sekitar 2 ribu hingga 3 ribu cup per hari. Sedangkan untuk packaging dia memproduksi sekitar 440 meter per harinya.

Bisnisnya memang saat ini masih dalam level industri rumah. David memiliki karyawan sekitar 17 orang dan 10 orang pekerja paruh waktu untuk bagian produksi.

Namun sayang dia masih merahasiakan pendapatan dan laba Evoware. Sebab sejak awal tujuan bisnisnya memang untuk kegiatan sosial.

"Kami belum bisa ngomong. Ya kalau kita lakukan bisnis dengan cara benar profit pasti mengikuti," akunya.

Ke depan David berencana memperluas target pasarnya di Indonesia. Selain itu dia juga hendak untuk menambah kapasitas produksi untuk produk packaging-nya, sebab dia melihat ada prospek cerah untuk produknya itu.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Kurangi Sampah, Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- LIFESTYLE -
Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Wow! Film Bali 'Beats of Paradise' Resmi Tayang di Walt Disney

(12-12-2018 16:06:23 - Dibaca 89 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Mantap! Bintang Film 'A Man Called Ahok' dan 'Hanum & Rangga' Saling Dukung

(18-11-2018 11:31:40 - Dibaca 215 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Konser Guns N'Roses, Jokowi Rencananya Bakal Datang Mendadak?

(08-11-2018 13:38:44 - Dibaca 263 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Dua Makanan Asli Indonesia ini Terinspirasi dari Perselingkuhan

(11-10-2018 20:38:09 - Dibaca 321 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Tak Seperti OKB! Orang-orang Super Kaya Ini Justru Lebih Suka Kesederhanaan!

(15-08-2018 21:07:57 - Dibaca 282 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Bank Ganesha Luncurkan Layanan Mobile Banking 'BANGGA'

(20-04-2018 08:46:32 - Dibaca 387 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Masalah Narkoba 3 Anaknya Belum Kelar, Kini Elvy Sukaesih Dapat Masalah Baru!

(01-04-2018 15:54:41 - Dibaca 560 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?

(18-01-2018 06:35:18 - Dibaca 459 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Wow! Ini Dia Besaran Gaji dan Tunjangan Pilot di Indonesia

(17-01-2018 07:34:16 - Dibaca 711 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
5 Kebiasaan Ini Bisa Habiskan Uangmu!

(20-12-2017 07:35:25 - Dibaca 468 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?

(26-11-2017 10:35:01 - Dibaca 646 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Waspadai 5 Jenis investasi bodong ini!

(20-11-2017 10:18:49 - Dibaca 360 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Sandiaga Prihatin dengan Nasib Ahmad Dhani, Mengapa?

(16-02-2019 17:46:20 - Dibaca 34 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Ini Reaksi Tegas Jokowi Soal Berita 'Ahok Gantikan Ma'ruf!

(16-02-2019 14:28:31 - Dibaca 702 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Ini Pesan Bijak Gibran Soal Belajar Memaafkan Bukalapak!

(16-02-2019 14:01:30 - Dibaca 186 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Temui Jokowi di Istana, Bos Bukalapak Sampaikan Maaf!

(16-02-2019 11:59:23 - Dibaca 492 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Telah Menghina NU, Said Aqil Tegaskan Ahmad Dhani Bukan Warga NU Lagi!

(16-02-2019 11:53:01 - Dibaca 330 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
PA 212 Sebut Berlebihan, Ini Respon Tegas Takmir Masjid Agung Semarang!

(16-02-2019 10:07:07 - Dibaca 454 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
TKN Jokowi Sebut Pidato Prabowo Klise, Ini Pembelaan BPN!

(16-02-2019 09:19:47 - Dibaca 29 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Rencana Anies Kucurkan APBD Lewat Ormas Didukung Gerindra, Mengapa?

(16-02-2019 09:13:11 - Dibaca 352 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Sandiaga Klaim OK OCE Ciptakan 65.000 UMKM, PDIP: Fakta di Lapangan Tidak Ada!

(15-02-2019 10:48:47 - Dibaca 232 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Green Peace Sebut Tingkat Polusi di DKI Tinggi, Ini Kata Anies!

(15-02-2019 10:26:02 - Dibaca 64 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
Ada Kalajengking Berkeliaran di Kabin Pesawat Lion Air! Kok bisa?

(15-02-2019 10:16:48 - Dibaca 135 Kali)

Pemuda Ini Jualan Gelas yang Bisa Dimakan Untuk Kurangi Sampah!
PA 212 Ragukan Kekuatan Politik Ahok, Ini Komentar Tegas PDIP!

(15-02-2019 08:54:25 - Dibaca 206 Kali)

Temui Jokowi di Istana, Bos Bukalapak Sampaikan Maaf!
Telah Menghina NU, Said Aqil Tegaskan Ahmad Dhani Bukan Warga NU Lagi!
PA 212 Sebut Berlebihan, Ini Respon Tegas Takmir Masjid Agung Semarang!

TERPOPULER

1. Fadli Zon Luncurkan Buku Berjudul 'Berpihak Pada Rakyat', Ada yang minat?

2. Amien Rais Sebut Selama Tiga Tahun Memimpin Jokowi Gagal! Apa maksudnya?

3. Akhirnya Anies Lanjutkan Program Ahok Untuk Normalisasi Sungai bukan Naturalisasi...

4. Ini Jawaban Fadli Zon atas Pertanyan Mentri Susi Tentang Keberhasilannya!

5. Akhirnya Taufik Minta Sandiaga Lanjutkan Program Normalisasi Ahok!

6. Petani Bawang yang Nangis ke Sandi Ternyata Anggota KPU Periode Lalu?