SBY Sebut Ada Oknum BIN, Polri, TNI Tidak Netral di Pilkada, Benarkah?
Pilkada Jabar Jadi Sasaran Aksi Terduga Teroris di Depok!
Dua Terduga Teroris di Depok Ditembak Mati Polisi



Sarangberita.com > Lifestyle
 
Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
 
18-01-2018 06:35:18 - Dibaca 286 Kali
 
 
Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Sumber Foto : kompas.com
 
Musik diyakini membawa segudang manfaat. Banyak orang tua yang mulai memperkenalkan anaknya dengan musik sejak dini, bahkan memfasilitasinya dengan kursus musik.

Lalu, sebetulnya berapa umur ideal anak untuk belajar musik?

Musisi dan Komposer ternama Erwin Gutawa mengatakan, tak ada umur yang pasti untuk anak belajar musik. Belajar musik menurutnya perlu dilakukan sedini mungkin, namun ada banyak faktor penentu.

"Sedini mungkin, namun tergantung instrumennya, motorik," kata Erwin di sela peresmian Erwin Gutawa Music School, Jalan Suryo No. 19, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2018).


Ada beberapa alat musik yang bisa dimainkan anak sejak dini. Misalnya, drum, alat musik yang mampu merangsang syaraf motorik anak hampir pada seluruh bagian tubuh.

Anak juga cenderung menganggap drum seperti mainan. Namun, biasanya anak cenderung belajar instrumennya terlebih dahulu, belum masuk kepada notasi.

"Kayak drum. Kita tahu kalau harmoni, notasi itu belakangan. Anak kecil cepat (belajar drum) itu. Karena kayak mainan," ujarnya.

Menurut Erwin, pada umumnya anak belajar bermain musik pada usia 5 tahun. Meskipun umur tersebut terbatas pada alat musik tertentu.

Beberapa alat musik tak mudah untuk dijangkau oleh anak-anak karena ukuran atau berat alatnya. Erwin mencontohkan alat musik gitar atau bass, dimana cukup sulit dibawa oleh anak di bawah 5 tahun.

"Tapi ada lho yang main violin 3 tahun karena alatnya ringan. Jadi tergantung. Tapi rata-rata 5 tahun," ucap pria kelahiran 16 Mei 1962 itu.

Adapun salah satu media yang bisa digunakan anak untuk merangsang bakatnya pada bidang musik adalah melalui sekolah musik.

Dari sekolah musik yang dibentuknya, Erwin memiliki banyak harapan. Salah satunya mencari bakat-bakat muda dari sekolah tersebut.

Pihaknya menyediakan banyak pilihan alat musik. Ia meyakini, anak-anak punya kesempatan yang luas untuk belajar di sekolah musik.

"Kalau vokal bisa buat kuartet anak-anak, misalnya. Bisa band, jazz trio misalnya. Akan sangat memungkinkan. Tidak hanya ensemble, banyak ide yang kita bisa kembangkan," kata peraih 33 piala Anugerah Musik Indonesia (AMI) itu.
 
Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul: Berapa Umur Ideal Anak Belajar Musik?
 
Sumber : kompas.com
 
 
 
 
- LIFESTYLE -
Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Bank Ganesha Luncurkan Layanan Mobile Banking 'BANGGA'

(20-04-2018 08:46:32 - Dibaca 134 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Masalah Narkoba 3 Anaknya Belum Kelar, Kini Elvy Sukaesih Dapat Masalah Baru!

(01-04-2018 15:54:41 - Dibaca 379 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Wow! Ini Dia Besaran Gaji dan Tunjangan Pilot di Indonesia

(17-01-2018 07:34:16 - Dibaca 503 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
5 Kebiasaan Ini Bisa Habiskan Uangmu!

(20-12-2017 07:35:25 - Dibaca 295 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?

(26-11-2017 10:35:01 - Dibaca 403 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Waspadai 5 Jenis investasi bodong ini!

(20-11-2017 10:18:49 - Dibaca 307 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Ternyata ada Manfaat Baik dari Makanan yang Dibekukan

(30-10-2017 06:24:31 - Dibaca 432 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Tidak Anda Sadari Ternyata Ada 8 Penipuan Lewat Media Sosial

(29-10-2017 14:05:49 - Dibaca 332 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Bibir Hitam? Ini Beberapa Cara Menghilangkannya Secara Alami

(26-10-2017 09:26:31 - Dibaca 403 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Ini Dia Cara Membuat Salad Buah yang Enak, Mudah, dan Sederhana

(24-10-2017 13:03:34 - Dibaca 524 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Orang Pelit dan Perhitungan Tidak Hidup Bahagia, Benarkah?

(23-10-2017 21:06:27 - Dibaca 242 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
SBY Sebut Ada Oknum BIN, Polri, TNI Tidak Netral di Pilkada, Benarkah?

(23-06-2018 18:07:39 - Dibaca 127 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Pilkada Jabar Jadi Sasaran Aksi Terduga Teroris di Depok!

(23-06-2018 16:39:13 - Dibaca 69 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Dua Terduga Teroris di Depok Ditembak Mati Polisi

(23-06-2018 16:31:55 - Dibaca 160 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Disebut Gerakan Galang Dana Prabowo Pencitraan, Ini Pembelaan Gerindra!

(23-06-2018 12:27:08 - Dibaca 99 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019

(23-06-2018 12:14:45 - Dibaca 157 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Mahasiswa Pelapor Habiburokhman Datangi Polda Metro Bawa Bukti Baru!

(23-06-2018 11:54:23 - Dibaca 218 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Siap Gulirkan Angket Iriawan, Gerindra Sebut Kami Perjuangkan Kebenaran?

(23-06-2018 11:08:34 - Dibaca 212 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
PAN Dorong Hak Angket Iriawan Agar Masyarakat Tercerahkan?

(23-06-2018 09:27:03 - Dibaca 124 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Gerindra Sebut Prabowo Tak Perlu Lapor KPK Soal 'Markup Proyek LRT', Mengapa?

(23-06-2018 09:20:27 - Dibaca 318 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Ini Jawaban Tegas Istana Soal Tudingan Markup Proyek LRT Oleh Prabowo!

(23-06-2018 08:56:15 - Dibaca 498 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Herman Hery Diduga Lakukan Pengeroyokan, Ini Kata Polisi!

(23-06-2018 08:51:22 - Dibaca 114 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Anggota DPR Apresiasi Kinerja Polri dan Kemenhub Tangani Mudik Lebaran!

(23-06-2018 08:37:00 - Dibaca 96 Kali)

Disebut Gerakan Galang Dana Prabowo Pencitraan, Ini Pembelaan Gerindra!
Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Mahasiswa Pelapor Habiburokhman Datangi Polda Metro Bawa Bukti Baru!

TERPOPULER

1. Tepat 8 Bulan Menjabat, Sandi Sebut Keberhasilan yang Diraih Pemprov DKI...

2. Prabowo-Amien Mau Ketemu Rizieq, Gerindra Sebut Koalisi Jokowi Panik?

3. Bagi yang Ingin Ganti Presiden, Rustam Ibrahim Minta Bandingkan Dulu Pemerintahan Anies-Sandi dengan Ahok-Djarot!

4. Fahri Hamzah Protes Polisi Bersenjata Masuk UNRI Geledah Teroris, Apa maksudnya?

5. Anies Disoraki Warga di Istana Bogor, PKS Sebut Pendukung Ahok...

6. Demokrat Sebut Pendukung Ahok yang Soraki Anies Butuh Direvolusi Mentalnya?

7. Jika Jadi Presiden Rizal Ramli Akan Ubah Indonesia Dalam 3 Hari? Jadi apa?

8. Lewat Tulisan Tangan, Ahok Ucapkan Selamat Idul Fitri

9. Saat Ditanya Kapan Bertemu Amien Rais, Ini Jawaban Jokowi!

10. Fahri Kritik Penggeledahan di UNRI, Ini Jawaban Tegas Polri!



JAKARTA       KESEHATAN       NASIONAL       LIFESTYLE       POLITIK       TRAVEL       INTERNASIONAL       OTOMOTIF       TEKNOLOGI       VIDEO       SEKOLAH       SPORT       INSPIRATION       PROPERTI       PERISTIWA      

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.