Ulang Tahun PKS Fahri Hamzah Tidak Diundang? Mengapa?
Gerindra Sebut Elektabilitas Jokowi Mengkhawatirkan, Benarkah?
Rizal Ramli akan Tangkap 100 Orang Paling Berengsek Jika Jadi Presiden, Siapa yang brengsek?



Sarangberita.com > Lifestyle
 
Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
 
18-01-2018 06:35:18 - Dibaca 217 Kali
 
 
Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Sumber Foto : kompas.com
 
Musik diyakini membawa segudang manfaat. Banyak orang tua yang mulai memperkenalkan anaknya dengan musik sejak dini, bahkan memfasilitasinya dengan kursus musik.

Lalu, sebetulnya berapa umur ideal anak untuk belajar musik?

Musisi dan Komposer ternama Erwin Gutawa mengatakan, tak ada umur yang pasti untuk anak belajar musik. Belajar musik menurutnya perlu dilakukan sedini mungkin, namun ada banyak faktor penentu.

"Sedini mungkin, namun tergantung instrumennya, motorik," kata Erwin di sela peresmian Erwin Gutawa Music School, Jalan Suryo No. 19, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2018).


Ada beberapa alat musik yang bisa dimainkan anak sejak dini. Misalnya, drum, alat musik yang mampu merangsang syaraf motorik anak hampir pada seluruh bagian tubuh.

Anak juga cenderung menganggap drum seperti mainan. Namun, biasanya anak cenderung belajar instrumennya terlebih dahulu, belum masuk kepada notasi.

"Kayak drum. Kita tahu kalau harmoni, notasi itu belakangan. Anak kecil cepat (belajar drum) itu. Karena kayak mainan," ujarnya.

Menurut Erwin, pada umumnya anak belajar bermain musik pada usia 5 tahun. Meskipun umur tersebut terbatas pada alat musik tertentu.

Beberapa alat musik tak mudah untuk dijangkau oleh anak-anak karena ukuran atau berat alatnya. Erwin mencontohkan alat musik gitar atau bass, dimana cukup sulit dibawa oleh anak di bawah 5 tahun.

"Tapi ada lho yang main violin 3 tahun karena alatnya ringan. Jadi tergantung. Tapi rata-rata 5 tahun," ucap pria kelahiran 16 Mei 1962 itu.

Adapun salah satu media yang bisa digunakan anak untuk merangsang bakatnya pada bidang musik adalah melalui sekolah musik.

Dari sekolah musik yang dibentuknya, Erwin memiliki banyak harapan. Salah satunya mencari bakat-bakat muda dari sekolah tersebut.

Pihaknya menyediakan banyak pilihan alat musik. Ia meyakini, anak-anak punya kesempatan yang luas untuk belajar di sekolah musik.

"Kalau vokal bisa buat kuartet anak-anak, misalnya. Bisa band, jazz trio misalnya. Akan sangat memungkinkan. Tidak hanya ensemble, banyak ide yang kita bisa kembangkan," kata peraih 33 piala Anugerah Musik Indonesia (AMI) itu.
 
Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul: Berapa Umur Ideal Anak Belajar Musik?
 
Sumber : kompas.com
 
 
 
- LIFESTYLE -
Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Bank Ganesha Luncurkan Layanan Mobile Banking 'BANGGA'

(20-04-2018 08:46:32 - Dibaca 69 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Masalah Narkoba 3 Anaknya Belum Kelar, Kini Elvy Sukaesih Dapat Masalah Baru!

(01-04-2018 15:54:41 - Dibaca 310 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Wow! Ini Dia Besaran Gaji dan Tunjangan Pilot di Indonesia

(17-01-2018 07:34:16 - Dibaca 422 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
5 Kebiasaan Ini Bisa Habiskan Uangmu!

(20-12-2017 07:35:25 - Dibaca 239 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Saat Kurang Tidur Malah Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Mengapa?

(26-11-2017 10:35:01 - Dibaca 333 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Waspadai 5 Jenis investasi bodong ini!

(20-11-2017 10:18:49 - Dibaca 287 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Ternyata ada Manfaat Baik dari Makanan yang Dibekukan

(30-10-2017 06:24:31 - Dibaca 414 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Tidak Anda Sadari Ternyata Ada 8 Penipuan Lewat Media Sosial

(29-10-2017 14:05:49 - Dibaca 315 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Bibir Hitam? Ini Beberapa Cara Menghilangkannya Secara Alami

(26-10-2017 09:26:31 - Dibaca 383 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Ini Dia Cara Membuat Salad Buah yang Enak, Mudah, dan Sederhana

(24-10-2017 13:03:34 - Dibaca 495 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Orang Pelit dan Perhitungan Tidak Hidup Bahagia, Benarkah?

(23-10-2017 21:06:27 - Dibaca 227 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Ulang Tahun PKS Fahri Hamzah Tidak Diundang? Mengapa?

(21-04-2018 16:07:42 - Dibaca 246 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Gerindra Sebut Elektabilitas Jokowi Mengkhawatirkan, Benarkah?

(21-04-2018 15:55:21 - Dibaca 320 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Rizal Ramli akan Tangkap 100 Orang Paling Berengsek Jika Jadi Presiden, Siapa yang brengsek?

(21-04-2018 09:09:33 - Dibaca 329 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Ternyata Angka 0 dan +62 Saat Menelpon Punya Perbedaan, Ini Penjelasannya!

(21-04-2018 08:44:07 - Dibaca 134 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Rizal Ramli Sebut Jakarta Sekarang Lebih Tenang dan Sejuk daripada Sebelumnya, Apa maksudnya?

(20-04-2018 19:29:55 - Dibaca 321 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Mahasiswa Maroko ini Sebut Anies Super Gubernur? Benarkah?

(20-04-2018 12:01:36 - Dibaca 200 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Bank Ganesha Luncurkan Layanan Mobile Banking 'BANGGA'

(20-04-2018 08:46:32 - Dibaca 69 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
9 Nama Cawapresnya Diganti Anies Baswedan, Ini Penolakan PKS!

(20-04-2018 08:32:28 - Dibaca 817 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Tidak Disarankan Tidur Menghadap Sisi Kanan, Ini Alasan Ilmiahnya!

(20-04-2018 07:39:36 - Dibaca 299 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Mahfud MD Nilai Pilkada Saat ini Seperti Peternakan Koruptor! Benarkah?

(19-04-2018 13:15:30 - Dibaca 204 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Seniman Yogya Bawa Balsem dan Telur Buat Amien Rais, Mau apa?

(19-04-2018 08:48:36 - Dibaca 427 Kali)

Umur Berapakah Idealnya Anak Belajar Musik?
Pemerintah Minta Gerindra Baca Perpres TKA Dulu Sebelum Komentar!

(18-04-2018 21:38:24 - Dibaca 506 Kali)

Ternyata Angka 0 dan +62 Saat Menelpon Punya Perbedaan, Ini Penjelasannya!
Rizal Ramli Sebut Jakarta Sekarang Lebih Tenang dan Sejuk daripada Sebelumnya, Apa maksudnya?
Mahasiswa Maroko ini Sebut Anies Super Gubernur? Benarkah?

TERPOPULER

1. Sandiaga Cium Tangan Penjual Ayam Saat Kunjungi Pasar Agung Depok, Buat apa?

2. Fadli Zon Luncurkan Buku Berjudul 'Berpihak Pada Rakyat', Ada yang minat?

3. Anies Sebut Gaji Ketua KPK DKI Rp 41 juta Sudah Sesuai Aturan, Aturan dari mana?

4. Anies-Sandi Dapat Gelar dari Serikat Buruh Sebagai 'Gubernur Tercepat Ingkar Janji'

5. Sandiaga Sebut Ditangannya dan Anies Jakarta Jauh Lebih Baik, Benarkah?

6. Soal Remisi Ahok, Ini Tanggapan Menarik Warga Jabodetabek!

7. 'Teman Ahok' Jenguk Ahok di Mako Brimob, Ini Ceritanya!

8. Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017

9. Amien Rais Sebut Selama Tiga Tahun Memimpin Jokowi Gagal! Apa maksudnya?

10. Dulu Sering Kritik Ahok, Sekarang Mereka Sering Membela, Mengapa?



JAKARTA       KESEHATAN       NASIONAL       LIFESTYLE       POLITIK       TRAVEL       INTERNASIONAL       OTOMOTIF       TEKNOLOGI       VIDEO       SEKOLAH       SPORT       INSPIRATION      

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.