Polisi Ciduk 4 Remaja yang Coba Tipu Kaesang di Medsos!
Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
China Larang Produk Laut Indonesia Karena Ada Patogen Corona?

 
loading...

Sarangberita.com > Lifestyle
 
Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
 
18-05-2020 11:18:23 - Dibaca 308 Kali
 
 
Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Sumber Foto : plotratio.com
 
loading...
 
Penulis : Tanto Kurniawan

Cronut populer di Jakarta pada tahun 2014. Banyak kalangan menengah atas di Jakarta yang rela antri membeli Cronut demi merasakan sensasi kenikmatannya. Cronut yang merupakan perpaduan antara ‘croissant’ dan ‘donut’ menjadi incaran pemerhati kuliner ibu kota.

Sedikit sekali orang yang tahu siapa penemu Cronut. Dominique Ansel, Pastry Chef jebolan Fauchon Paris lah yang menemukan Cronut.

Menghabiskan waktu selama 4 tahun di Fauchin sebagai Pastry Chef muda yang brilian, Dominique kemudian hijrah ke New York dan membuka toko roti (boulangerie) disana.

Dia dihadapkan dengan situasi bahwa orang Amerika sangat suka donat dan urang suka croissant. Namun Dominique tidak suka mengekor membuat donat karena di Amerika, donat didominasi oleh Dunkin Donuts dan Krispy Kreme.
 
 


Dia memutar otak mencari ide membuat produk baru yang sensasional.

Otaknya yang brilian ditambah dengan keberaniannya melakukan berbagai macam eksperimen membuahkan hasil. Dia berhasil memadukan pastry mewah ala Perancis dengan makanan terpopuler di Amerika.

Dia kemudian memutar otak untuk memberi nama yang akhirnya dia temukan nama yang eksotis: Cronut

Waktunya tiba! Di tokonya di Manhattan, New York, yang hanya memiliki 4 orang pegawai, pada suatu pagi saat toko akan dibuka, terdapat antrian 250 orang di muka pintu toko, menunggu toko dibuka. Mereka mengantri menunggu dengan sabar selama berjam-jam untuk membeli Cronut.

Dominique terperanjat karena dia hanya membuat 35 Cronut untuk dijual hari itu, padahal antrian mencapai 250 orang dan setiap orang membeli 4-6 buah! Dengan memohon maaf berulang kali, Dominique terpaksa meminta mereka yang tidak kebagian hari itu untuk datang keesokan harinya.

loading...

Apakah keesokan harinya semua dapat membeli? Ternyata antriannya menjadi lebih panjang lagi! 500 orang!

Dominique membutuhkan waktu 3 bulan untuk menemukan resep Cronut, mencicipi, merubah hingga menyempurnakan resepnya menjadi yang terbaik.

Sejak itu Cronut mewabah ke seluruh dunia, termasuk Jakarta.

Di Jakarta, Cronut pertama kali dijual di Mandarin Hotel dengan harga Rp. 50.000 per buah, kemudian diikuti oleh Harvest dengan harga Rp 25.000 per buah, dan akhirnya diproduksi secara massal oleh Jco dengan harga Rp. 15.000 per buah.


Penulis : Tanto Kurniawan
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di plotratio.com dengan judul: Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
 
Sumber : plotratio.com
 
 
 
 
- LIFESTYLE -
Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Cegah Corona, Dokter Kanada Ini Sarankan Pakai Masker Saat Berhubungan Intim?

(03-09-2020 10:28:39 - Dibaca 253 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Ini 5 Tanda Ayam Sudah Tak Layak Dimakan!

(21-08-2020 11:56:40 - Dibaca 410 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Ini Dia 10 Kopi Termahal di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!

(01-08-2020 16:20:40 - Dibaca 271 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Ini Jumlah Lapisan Masker yang Tepat Cegah Corona Menurut Studi!

(27-07-2020 22:19:14 - Dibaca 226 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
New Normal, Seberapa Aman Menginap di Hotel?

(23-07-2020 09:17:57 - Dibaca 219 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Ini 7 Cara Mengusir Kucing Tanpa Harus Dikasari!

(19-07-2020 21:03:51 - Dibaca 820 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Face Shield Saja Disebut Tak Ampuh Cegah Microdroplet Corona?

(12-07-2020 21:04:59 - Dibaca 279 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Bahaya Jamur Enoki Bikin Heboh, Keguguran hingga Mematikan?

(28-06-2020 11:38:13 - Dibaca 540 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!

(20-05-2020 14:56:38 - Dibaca 250 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Lippo Agresif Dengan Robbinz Setelah Ceraikan Robinson

(20-05-2020 14:35:59 - Dibaca 289 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Drive-in Cinema Bakal Hadir di Jakarta!

(17-05-2020 13:46:22 - Dibaca 304 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Orang Tua Jadi Stres Karena Penutupan Sekolah?

(26-03-2020 20:07:24 - Dibaca 485 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Polisi Ciduk 4 Remaja yang Coba Tipu Kaesang di Medsos!

(18-09-2020 19:39:46 - Dibaca 611 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!

(18-09-2020 19:32:38 - Dibaca 232 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
China Larang Produk Laut Indonesia Karena Ada Patogen Corona?

(18-09-2020 19:22:40 - Dibaca 384 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Ketua KPU Arief Budiman Positif Terinfeksi Covid-19!

(18-09-2020 19:12:19 - Dibaca 230 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Soal Gelora Dukung Anak dan Mantu Jokowi, Ini Kata Fahri!

(18-09-2020 15:09:21 - Dibaca 539 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!

(18-09-2020 14:58:57 - Dibaca 156 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Satgas Covid-19 Minta Warga Berusia 45 Tahun Keatas Tak Keluar Rumah?

(18-09-2020 13:17:01 - Dibaca 385 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Ada Pertemuan Erick Thohir dengan Ahok, Ini Kata Stafsus BUMN!

(18-09-2020 13:03:38 - Dibaca 268 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Masker Scuba Dilarang Karena Bahan Tipis dan Rawan Longgar!

(18-09-2020 12:04:29 - Dibaca 201 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Uang dari Djoko Tjandra Dipakai Pinangki Buat Beli BMW dan Perawatan Kecantikan di AS?

(17-09-2020 20:34:36 - Dibaca 179 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Mahfud MD Diminta Demokrat Mundur Jika Tak Bisa Benahi Hukum?

(17-09-2020 19:37:01 - Dibaca 244 Kali)

Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!
Tuai Protes, Ini Pergub Anies yang Bikin Pemobil Tak Pakai Masker Didenda!

(17-09-2020 17:47:06 - Dibaca 215 Kali)

Ketua KPU Arief Budiman Positif Terinfeksi Covid-19!
Soal Gelora Dukung Anak dan Mantu Jokowi, Ini Kata Fahri!
Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!

TERPOPULER

1. Golkar Sebut Kedok Neno Terbuka, Gerakan 2019gantipresiden Kampanye Prabowo!

2. Kubu Prabowo-Sandi Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris! Buat apa?

3. Diusung Demokrat Tapi Gubermur Banten Jadi Tim Kampanye Jokowi, Kok bisa?

4. Ternyata Ketum PAN yang Rancang Strategi Turunkan Ahok!

5. Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

6. Buni Yani Sebut Dirinya Korban Ketidakadilan Jokowi! Apa maksudnya?