Polisi Ciduk 4 Remaja yang Coba Tipu Kaesang di Medsos!
Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!
China Larang Produk Laut Indonesia Karena Ada Patogen Corona?

 
loading...

Sarangberita.com > Lifestyle
 
4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
 
20-05-2020 14:56:38 - Dibaca 251 Kali
 
 
4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Sumber Foto : kompas.com
 
loading...
 
Meski disadari atau tidak, ada sejumlah kebiasaan yang cenderung berubah dalam keseharian masyarakat selama pandemi virus corona baru atau Covid-19.

Beberapa di antaranya positif dari sudut pandang medis.

Dilansir dari Antara, Selasa (19/5/2020), di antaranya adalah rajin minum air putih, olahraga, berjemur, makan buah dan sayuran maupun mencuci tangan.
 
 


Setidaknya terdapat empat kebiasaan baik yang mulai terbentuk di masyarakat selama pandemi corona. Berikut kebiasaan tersebut:

1. Lebih sering mengonsumsi air putih

Medical Expert Combiphar, dr Sandi Perutama Gani mengatakan, salah satu yang berubah ialah 55 persen orang lebih sering mengonsumsi air putih.

"Dulu berapa banyak yang belum konsisten. Kita harapkan (kebiasaan konsumsi air putih lebih banyak) tetap dilakukan," ujar dia dalam virtual media briefing bersama Combiphar, Selasa (19/5/2020).

Para pakar kesehatan menganjurkan orang-orang setidaknya mengosumsi sekitar dua liter per hari dan jumlah ini bisa lebih disesuaikan kegiatan yang mereka lakukan.

2. Rajin cuci tangan

Kebiasaan baik lain yang sekarang ini muncul yakni orang-orang lebih memperhatikan kebersihan tangan mereka. Hasil survei menunjukkan, setidaknya 85 persen melakukan hal ini.

"Perilaku hidup bersih dan sehat, sederhana, bukan hal baru tapi gara-gara Covid-19, kita jadi belajar kembali dan melakukan kembali PHBS. Masyarakat Indonesia jadi lebih sadar, ternyata jorok makan tidak cuci tangan," tutur Sandi.

Banyak penyakit dan ancaman kesehatan yang bisa menyebar dengan tidak mencuci tangan. Dua penyakit utama yang ditularkan di tangan ialah diare dan infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA, serta tentu saja saat ini ditambah Covid-19.

Ketika tangan terkontaminasi oleh bakteri dan virus penyebab penyakit, patogen ini bisa masuk ke dalam tubuh atau berpindah dari satu orang ke orang lain.

Mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun menjadi yang dianjurkan para pakar kesehatan untuk semua orang usai berkegiatan terutama di luar rumah. Jika tak memungkinkan, cairan pembersih tangan bisa menjadi pilihan.

loading...

3. Rajin mengonsumsi sayur dan buah

Kebiasaan baik lainnya yang juga muncul karena COVID-19, sebagian orang lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah. Sandi mengatakan, kebiasaan ini bersumber dari kekhawatiran yang muncul selama pandemi Covid-19.

Survei McKinsey menunjukkan setidaknya ada tiga kekhawatiran terbesar masyarakat belakangan ini, salah satunya tidak mengetahui berapa lama kondisi ini akan berlangsung.

4. Rajin olahraga dan berjemur

Dia juga menyebut salah satu kebiasaan baik yang muncul adalah yakni masyarakat menjadi lebih sering berolahraga bahkan sekedar berjemur.

"Kalau abai pada gaya hidup bersih dan sehat, takutnya bisa memicu gelombang lanjutan COVID-19," tutur Sandi.

Kemudian, masyarakat juga khawatir pada keselamatan diri dan keluarga, serta ketakutan menjadi pembawa atau berkontribusi menyebarkan virus penyebab Covid-19.

Dia berharap masyarakat terus menerapkan kebiasaan baik yang sudah terbentuk, disiplin serta konsisten menjaga kebersihan diri untuk mencegah penyebaran kembali Covid-19.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul: Cegah Virus Corona, Ini 4 Kebiasaan Baik yang Muncul karena Pandemi Covid-19
 
Sumber : kompas.com
 
 
 
 
- LIFESTYLE -
4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Cegah Corona, Dokter Kanada Ini Sarankan Pakai Masker Saat Berhubungan Intim?

(03-09-2020 10:28:39 - Dibaca 253 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Ini 5 Tanda Ayam Sudah Tak Layak Dimakan!

(21-08-2020 11:56:40 - Dibaca 410 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Ini Dia 10 Kopi Termahal di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!

(01-08-2020 16:20:40 - Dibaca 271 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Ini Jumlah Lapisan Masker yang Tepat Cegah Corona Menurut Studi!

(27-07-2020 22:19:14 - Dibaca 227 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
New Normal, Seberapa Aman Menginap di Hotel?

(23-07-2020 09:17:57 - Dibaca 219 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Ini 7 Cara Mengusir Kucing Tanpa Harus Dikasari!

(19-07-2020 21:03:51 - Dibaca 820 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Face Shield Saja Disebut Tak Ampuh Cegah Microdroplet Corona?

(12-07-2020 21:04:59 - Dibaca 279 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Bahaya Jamur Enoki Bikin Heboh, Keguguran hingga Mematikan?

(28-06-2020 11:38:13 - Dibaca 540 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Lippo Agresif Dengan Robbinz Setelah Ceraikan Robinson

(20-05-2020 14:35:59 - Dibaca 290 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!

(18-05-2020 11:18:23 - Dibaca 308 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Drive-in Cinema Bakal Hadir di Jakarta!

(17-05-2020 13:46:22 - Dibaca 304 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Orang Tua Jadi Stres Karena Penutupan Sekolah?

(26-03-2020 20:07:24 - Dibaca 486 Kali)

 
- BERITA LAIN -
4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Polisi Ciduk 4 Remaja yang Coba Tipu Kaesang di Medsos!

(18-09-2020 19:39:46 - Dibaca 624 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Dampak PSBB, Restoran Pilih Tutup Gerai dan Rumahkan 400 Ribu Karyawan!

(18-09-2020 19:32:38 - Dibaca 235 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
China Larang Produk Laut Indonesia Karena Ada Patogen Corona?

(18-09-2020 19:22:40 - Dibaca 396 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Ketua KPU Arief Budiman Positif Terinfeksi Covid-19!

(18-09-2020 19:12:19 - Dibaca 230 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Soal Gelora Dukung Anak dan Mantu Jokowi, Ini Kata Fahri!

(18-09-2020 15:09:21 - Dibaca 551 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!

(18-09-2020 14:58:57 - Dibaca 165 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Satgas Covid-19 Minta Warga Berusia 45 Tahun Keatas Tak Keluar Rumah?

(18-09-2020 13:17:01 - Dibaca 394 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Ada Pertemuan Erick Thohir dengan Ahok, Ini Kata Stafsus BUMN!

(18-09-2020 13:03:38 - Dibaca 278 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Masker Scuba Dilarang Karena Bahan Tipis dan Rawan Longgar!

(18-09-2020 12:04:29 - Dibaca 202 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Uang dari Djoko Tjandra Dipakai Pinangki Buat Beli BMW dan Perawatan Kecantikan di AS?

(17-09-2020 20:34:36 - Dibaca 181 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Mahfud MD Diminta Demokrat Mundur Jika Tak Bisa Benahi Hukum?

(17-09-2020 19:37:01 - Dibaca 244 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Tuai Protes, Ini Pergub Anies yang Bikin Pemobil Tak Pakai Masker Didenda!

(17-09-2020 17:47:06 - Dibaca 215 Kali)

Ketua KPU Arief Budiman Positif Terinfeksi Covid-19!
Soal Gelora Dukung Anak dan Mantu Jokowi, Ini Kata Fahri!
Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!

TERPOPULER

1. Golkar Sebut Kedok Neno Terbuka, Gerakan 2019gantipresiden Kampanye Prabowo!

2. Kubu Prabowo-Sandi Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris! Buat apa?

3. Diusung Demokrat Tapi Gubermur Banten Jadi Tim Kampanye Jokowi, Kok bisa?

4. Ternyata Ketum PAN yang Rancang Strategi Turunkan Ahok!

5. Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

6. Buni Yani Sebut Dirinya Korban Ketidakadilan Jokowi! Apa maksudnya?