Hakim PN Palembang Vonis Mati 2 Kurir 79 Kg Sabu!
DPR Naik Pitam ke Menag Fachrul Razi Gegara Tak Diajak Bahas Penundaan Haji?
Dilarang Bicara Selama di KRL?



loading...

Sarangberita.com > Lifestyle
 
4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
 
20-05-2020 14:56:38 - Dibaca 165 Kali
 
 
4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Sumber Foto : kompas.com
 
loading...
 
Meski disadari atau tidak, ada sejumlah kebiasaan yang cenderung berubah dalam keseharian masyarakat selama pandemi virus corona baru atau Covid-19.

Beberapa di antaranya positif dari sudut pandang medis.

Dilansir dari Antara, Selasa (19/5/2020), di antaranya adalah rajin minum air putih, olahraga, berjemur, makan buah dan sayuran maupun mencuci tangan.


Setidaknya terdapat empat kebiasaan baik yang mulai terbentuk di masyarakat selama pandemi corona. Berikut kebiasaan tersebut:

1. Lebih sering mengonsumsi air putih

Medical Expert Combiphar, dr Sandi Perutama Gani mengatakan, salah satu yang berubah ialah 55 persen orang lebih sering mengonsumsi air putih.

"Dulu berapa banyak yang belum konsisten. Kita harapkan (kebiasaan konsumsi air putih lebih banyak) tetap dilakukan," ujar dia dalam virtual media briefing bersama Combiphar, Selasa (19/5/2020).

Para pakar kesehatan menganjurkan orang-orang setidaknya mengosumsi sekitar dua liter per hari dan jumlah ini bisa lebih disesuaikan kegiatan yang mereka lakukan.

2. Rajin cuci tangan

Kebiasaan baik lain yang sekarang ini muncul yakni orang-orang lebih memperhatikan kebersihan tangan mereka. Hasil survei menunjukkan, setidaknya 85 persen melakukan hal ini.

"Perilaku hidup bersih dan sehat, sederhana, bukan hal baru tapi gara-gara Covid-19, kita jadi belajar kembali dan melakukan kembali PHBS. Masyarakat Indonesia jadi lebih sadar, ternyata jorok makan tidak cuci tangan," tutur Sandi.

Banyak penyakit dan ancaman kesehatan yang bisa menyebar dengan tidak mencuci tangan. Dua penyakit utama yang ditularkan di tangan ialah diare dan infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA, serta tentu saja saat ini ditambah Covid-19.

Ketika tangan terkontaminasi oleh bakteri dan virus penyebab penyakit, patogen ini bisa masuk ke dalam tubuh atau berpindah dari satu orang ke orang lain.

Mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun menjadi yang dianjurkan para pakar kesehatan untuk semua orang usai berkegiatan terutama di luar rumah. Jika tak memungkinkan, cairan pembersih tangan bisa menjadi pilihan.

loading...

3. Rajin mengonsumsi sayur dan buah

Kebiasaan baik lainnya yang juga muncul karena COVID-19, sebagian orang lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah. Sandi mengatakan, kebiasaan ini bersumber dari kekhawatiran yang muncul selama pandemi Covid-19.

Survei McKinsey menunjukkan setidaknya ada tiga kekhawatiran terbesar masyarakat belakangan ini, salah satunya tidak mengetahui berapa lama kondisi ini akan berlangsung.

4. Rajin olahraga dan berjemur

Dia juga menyebut salah satu kebiasaan baik yang muncul adalah yakni masyarakat menjadi lebih sering berolahraga bahkan sekedar berjemur.

"Kalau abai pada gaya hidup bersih dan sehat, takutnya bisa memicu gelombang lanjutan COVID-19," tutur Sandi.

Kemudian, masyarakat juga khawatir pada keselamatan diri dan keluarga, serta ketakutan menjadi pembawa atau berkontribusi menyebarkan virus penyebab Covid-19.

Dia berharap masyarakat terus menerapkan kebiasaan baik yang sudah terbentuk, disiplin serta konsisten menjaga kebersihan diri untuk mencegah penyebaran kembali Covid-19.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul: Cegah Virus Corona, Ini 4 Kebiasaan Baik yang Muncul karena Pandemi Covid-19
 
Sumber : kompas.com
 
 
 
 
- LIFESTYLE -
4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Lippo Agresif Dengan Robbinz Setelah Ceraikan Robinson

(20-05-2020 14:35:59 - Dibaca 200 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Tahu Cronut? Inilah Penemu Pertamanya!

(18-05-2020 11:18:23 - Dibaca 174 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Drive-in Cinema Bakal Hadir di Jakarta!

(17-05-2020 13:46:22 - Dibaca 185 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Orang Tua Jadi Stres Karena Penutupan Sekolah?

(26-03-2020 20:07:24 - Dibaca 381 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Cegah Virus Corona, Tenda Mini Ini Bisa Jadi Alternatif Masker Wajah?

(05-02-2020 19:22:58 - Dibaca 482 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Sensasi Durian Bakar Wonosalam, Lebih Creamy dan Tak Menyengat!

(29-01-2020 08:10:46 - Dibaca 1.095 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Coba Tebak Posisi Lelaki Ini: di Dalam atau Luar Rumah?

(01-12-2019 09:58:56 - Dibaca 577 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Wow! Film Bali 'Beats of Paradise' Resmi Tayang di Walt Disney

(12-12-2018 16:06:23 - Dibaca 476 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Mantap! Bintang Film 'A Man Called Ahok' dan 'Hanum & Rangga' Saling Dukung

(18-11-2018 11:31:40 - Dibaca 511 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Konser Guns N'Roses, Jokowi Rencananya Bakal Datang Mendadak?

(08-11-2018 13:38:44 - Dibaca 717 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Dua Makanan Asli Indonesia ini Terinspirasi dari Perselingkuhan

(11-10-2018 20:38:09 - Dibaca 701 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Tak Seperti OKB! Orang-orang Super Kaya Ini Justru Lebih Suka Kesederhanaan!

(15-08-2018 21:07:57 - Dibaca 674 Kali)

 
- BERITA LAIN -
4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Hakim PN Palembang Vonis Mati 2 Kurir 79 Kg Sabu!

(03-06-2020 16:57:56 - Dibaca 100 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
DPR Naik Pitam ke Menag Fachrul Razi Gegara Tak Diajak Bahas Penundaan Haji?

(03-06-2020 14:09:23 - Dibaca 116 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Dilarang Bicara Selama di KRL?

(02-06-2020 19:55:54 - Dibaca 102 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
2 Bayi Berumur 6 Hari Positif Covid-19!

(02-06-2020 19:49:30 - Dibaca 166 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Bayi Lahir 1 Juni Dapat Penghargaan?

(02-06-2020 17:59:05 - Dibaca 210 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Video: Aktor Dwi Sasono Ajukan Rehab!

(02-06-2020 17:48:37 - Dibaca 113 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Video: Keluarga PDP Ngamuk Tolak Pemakaman dengan Protap Covid-19

(02-06-2020 17:11:33 - Dibaca 267 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Update Corona RI 2 Juni: 27.549 Positif, 7.935 Sembuh, 1.663 Meninggal!

(02-06-2020 16:55:08 - Dibaca 164 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Polisi Berhasil Gagalkan Peredaran 35 Kilogram Sabu!

(02-06-2020 16:42:54 - Dibaca 117 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Risma Pamit Kepada Warga Surabaya Setelah 2 Periode Menjabat!

(02-06-2020 14:32:08 - Dibaca 997 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Video: Warga Antri Perpanjang SIM Hingga ke Jalan Raya!

(02-06-2020 14:24:20 - Dibaca 165 Kali)

4 Kebiasaan Baik yang Muncul Karena Pandemi Covid-19!
Maskapai Garuda PHK 181 Pilot!

(02-06-2020 12:15:59 - Dibaca 110 Kali)

2 Bayi Berumur 6 Hari Positif Covid-19!
Bayi Lahir 1 Juni Dapat Penghargaan?
Video: Aktor Dwi Sasono Ajukan Rehab!

TERPOPULER

1. Bagi yang Ingin Ganti Presiden, Rustam Ibrahim Minta Bandingkan Dulu Pemerintahan Anies-Sandi dengan Ahok-Djarot!

2. Prabowo-Amien Mau Ketemu Rizieq, Gerindra Sebut Koalisi Jokowi Panik?

3. Tepat 8 Bulan Menjabat, Sandi Sebut Keberhasilan yang Diraih Pemprov DKI...

4. Fahri Hamzah Protes Polisi Bersenjata Masuk UNRI Geledah Teroris, Apa maksudnya?

5. Anies Disoraki Warga di Istana Bogor, PKS Sebut Pendukung Ahok...

6. Demokrat Sebut Pendukung Ahok yang Soraki Anies Butuh Direvolusi Mentalnya?

7. Ani Yudhoyono Meninggal Dunia

8. Sandiaga dan Prabowo Tak Hadir di Pemakaman Ani Yudhoyono, Mengapa?

9. Jika Jadi Presiden Rizal Ramli Akan Ubah Indonesia Dalam 3 Hari? Jadi apa?

10. Kunker ke Amerika, Sandiaga Harap Bisa Temukan Solusi Urai Macet Jakarta?




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.