Tolak masuk timses, Ini Cara Khofifah Menangkan Jokowi!
Tolak Politisasi Kampus, Mahasiswa Solo Demo Sandiaga!
Emak-emak di Video Sandi ini Bicara Soal Makan Keong, Ternyata...



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
 
21-11-2017 10:09:55 - Dibaca 2.019 Kali
 
 
Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Sumber Foto : wartakota.tribunnews.com
 
loading...
 
Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin meyakini betul bahwa mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi ikut menerima aliran dana korupsi dalam proyek pengadaan e-KTP.

Hal itu dikatakan Nazaruddin saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (20/11/2017). Dia bersaksi untuk terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong.


Awalnya, majelis hakim mengonfirmasi keterangan Nazaruddin soal pembagian uang yang dicatat dalam berita acara pemeriksaan (BAP). Salah satunya terkait penerimaan oleh Gamawan.

"Kata Gamawan, dia bersedia dikutuk apabila terima uang e-KTP. Bagimana itu?" Kata majelis hakim kepada Nazaruddin.

Dalam BAP, Nazaruddin menyebut bahwa Gamawan dua kali menerima uang e-KTP. Total yang diterima Gamawan, menurut Nazar, sebesar 4,5 juta dollar AS.

Nazaruddin tetap berkeyakinan bahwa Gamawan ikut menerima uang.

"Ya mudah-mudahan itu tidak terkabul yang mulia. Tapi itu benar yang mulia, walau saya tidak melihat langsung," kata Nazaruddin.

Menurut Nazaruddin, saat itu adik kandung Gamawan Fauzi, Azmin Aulia, ingin membeli ruko miliknya.

Namun, yang membayar ruko ternyata salah satu pengusaha dalam proyek e-KTP, yakni Direktur Utama PT Sandipala Arthaputra, Paulus Tanos.

Selain itu, menurut Nazar, menjelang pengumuman pemenang lelang tender proyek e-KTP, ada permintaan uang untuk Gamawan Fauzi.

Informasi itu dia dapatkan dari anggota Komisi II DPR Ignatius Mulyono.

"Paulus bilang, kalau enggak dikasi, (Gamawan) enggak mau tetapkan pemenang lelang. Yang minta Pak Azmin Aulia," kata Nazaruddin.
 
Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul: Gamawan Siap Dikutuk jika Terima Uang E-KTP, Ini Kata Nazaruddin
 
Sumber : kompas.com
 
 
 
 
 
- NASIONAL -
Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Tolak masuk timses, Ini Cara Khofifah Menangkan Jokowi!

(22-09-2018 22:14:39 - Dibaca 470 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Ini Arti Nomor Satu Menurut Grace Natalie!

(21-09-2018 22:16:35 - Dibaca 1.152 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Dapat Nomor Urut Satu, Jokowi Sebut Memang yang Direbutkan Adalah RI 1!

(21-09-2018 21:23:45 - Dibaca 1.244 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Nomor Urut 1, Prabowo-Sandiaga Nomor 2!

(21-09-2018 20:51:35 - Dibaca 684 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Ini Komentar Pakdhe Karwo Soal 31 Kepala Daerah di Jatim Dukung Jokowi!

(21-09-2018 20:29:05 - Dibaca 1.354 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Dedi Mulyadi Pimpin 29 Kepala Daerah di Jabar yang Jadi Timses Jokowi!

(21-09-2018 16:28:58 - Dibaca 922 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Koalisi Indonesia Kerja Siapkan Konten Kampanye Kreatif!

(20-09-2018 08:48:35 - Dibaca 375 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Demokrat Ikut Sindir Jokowi Lewat Lagu Potong Bebek Angsa, Pantaskah?

(19-09-2018 18:32:56 - Dibaca 567 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Balas Fadli Zon, Hanura Bikin Lagu ini!

(19-09-2018 16:29:35 - Dibaca 691 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Saat Pengambilan Nomor Urut, Timses & Relawan Jokowi-Ma'ruf Siapkan Kejutan!

(19-09-2018 09:46:11 - Dibaca 606 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Sandiaga Mendadak Ulama, PSI Sebut Menggelikan dan Menyebalkan!

(18-09-2018 19:07:13 - Dibaca 698 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Ini Tanggapan Santai Jokowi Soal Debat Bahasa Inggris yang Diminta Kubu Prabowo!

(16-09-2018 19:56:38 - Dibaca 2.097 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Tolak masuk timses, Ini Cara Khofifah Menangkan Jokowi!

(22-09-2018 22:14:39 - Dibaca 470 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Tolak Politisasi Kampus, Mahasiswa Solo Demo Sandiaga!

(22-09-2018 21:58:00 - Dibaca 760 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Emak-emak di Video Sandi ini Bicara Soal Makan Keong, Ternyata...

(22-09-2018 08:47:11 - Dibaca 961 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Ini Arti Nomor Satu Menurut Grace Natalie!

(21-09-2018 22:16:35 - Dibaca 1.152 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Prabowo Dapat Nomor 2, Ini Celoteh M Taufik!

(21-09-2018 22:06:53 - Dibaca 878 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Dahnil Sebut Kampanye Kami Adu Ide dan Gagasan? Apa Gagasannya?

(21-09-2018 21:54:15 - Dibaca 209 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Dahnil Sebut Postingan Fadli Zon 'Ternyata Mereka PKI' Sebagai Cara Bergembira? Apa maksudnya?

(21-09-2018 21:32:33 - Dibaca 2.007 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Dapat Nomor Urut Satu, Jokowi Sebut Memang yang Direbutkan Adalah RI 1!

(21-09-2018 21:23:45 - Dibaca 1.244 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Nomor Urut 1, Prabowo-Sandiaga Nomor 2!

(21-09-2018 20:51:35 - Dibaca 684 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Ini Komentar Pakdhe Karwo Soal 31 Kepala Daerah di Jatim Dukung Jokowi!

(21-09-2018 20:29:05 - Dibaca 1.354 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Pengajuan Modal Pipanisasi PAM Ditolak DPRD DKI, Ini Kata Anies!

(21-09-2018 20:24:47 - Dibaca 421 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Anies Pastikan Program Pemprov DKI Tak Terganggu Walau Sendiri, Program apa?

(21-09-2018 17:10:02 - Dibaca 1.083 Kali)

Ini Arti Nomor Satu Menurut Grace Natalie!
Prabowo Dapat Nomor 2, Ini Celoteh M Taufik!
Dahnil Sebut Kampanye Kami Adu Ide dan Gagasan? Apa Gagasannya?

TERPOPULER

1. Kubu Prabowo-Sandi Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris! Buat apa?

2. Diusung Demokrat Tapi Gubermur Banten Jadi Tim Kampanye Jokowi, Kok bisa?

3. Ternyata Ketum PAN yang Rancang Strategi Turunkan Ahok!

4. Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

5. Buni Yani Sebut Dirinya Korban Ketidakadilan Jokowi! Apa maksudnya?