Fokus Tim Prabowo Rebut Jawa Tengah, Ini Peran Sudirman Said!
Posko Kemenangan Prabowo Pindah ke Jateng, Mau apa?
Dahnil Singgung Kasus Novel Baswedan di Hari Antikorupsi, Mau apa?



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
 
21-11-2017 10:09:55 - Dibaca 2.025 Kali
 
 
Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Sumber Foto : wartakota.tribunnews.com
 
loading...
 
Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin meyakini betul bahwa mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi ikut menerima aliran dana korupsi dalam proyek pengadaan e-KTP.

Hal itu dikatakan Nazaruddin saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (20/11/2017). Dia bersaksi untuk terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong.


Awalnya, majelis hakim mengonfirmasi keterangan Nazaruddin soal pembagian uang yang dicatat dalam berita acara pemeriksaan (BAP). Salah satunya terkait penerimaan oleh Gamawan.

"Kata Gamawan, dia bersedia dikutuk apabila terima uang e-KTP. Bagimana itu?" Kata majelis hakim kepada Nazaruddin.

Dalam BAP, Nazaruddin menyebut bahwa Gamawan dua kali menerima uang e-KTP. Total yang diterima Gamawan, menurut Nazar, sebesar 4,5 juta dollar AS.

Nazaruddin tetap berkeyakinan bahwa Gamawan ikut menerima uang.

"Ya mudah-mudahan itu tidak terkabul yang mulia. Tapi itu benar yang mulia, walau saya tidak melihat langsung," kata Nazaruddin.

Menurut Nazaruddin, saat itu adik kandung Gamawan Fauzi, Azmin Aulia, ingin membeli ruko miliknya.

Namun, yang membayar ruko ternyata salah satu pengusaha dalam proyek e-KTP, yakni Direktur Utama PT Sandipala Arthaputra, Paulus Tanos.

Selain itu, menurut Nazar, menjelang pengumuman pemenang lelang tender proyek e-KTP, ada permintaan uang untuk Gamawan Fauzi.

Informasi itu dia dapatkan dari anggota Komisi II DPR Ignatius Mulyono.

"Paulus bilang, kalau enggak dikasi, (Gamawan) enggak mau tetapkan pemenang lelang. Yang minta Pak Azmin Aulia," kata Nazaruddin.
 
Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul: Gamawan Siap Dikutuk jika Terima Uang E-KTP, Ini Kata Nazaruddin
 
Sumber : kompas.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Soal Pemberantasan Korupsi, Ini Kata Jokowi dan Prabowo!

(09-12-2018 07:40:32 - Dibaca 152 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Keluarga Jokowi Buka-bukaan Soal Kehidupan Hingga Politik!

(09-12-2018 06:45:44 - Dibaca 262 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Erick Thohir Sentil Pihak yang Suka Nyinyir Harga Dollar!

(08-12-2018 08:20:21 - Dibaca 301 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Prabowo Marahi Media, Erick Thohir Beri Apresiasi Pada Wartawan!

(08-12-2018 07:35:04 - Dibaca 744 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Ini Momen Saat Jokowi Ajak Jan Ethes Salat Jumat di Istana Bogor!

(07-12-2018 19:26:05 - Dibaca 965 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Ahok Bakal Bebas Awal 2019, Ini Komentar Kakak Angkat!

(07-12-2018 18:22:27 - Dibaca 669 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Kesabaran Jokowi Tanggapi Spanduk #JokowiBersamaPKI!

(07-12-2018 15:06:08 - Dibaca 616 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Akhir-akhir Ini Banyak Spanduk 'Jokowi PKI', Ini Respon Tegas Jokowi!

(07-12-2018 12:12:29 - Dibaca 1.035 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Jokowi Bertemu Santri dan Sri Sultan Hamengkubuwono Yogyakarta!

(06-12-2018 10:08:08 - Dibaca 220 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
KPK Usul 'Tak Digaji Jika UU Tak Rampung', Ini Reaksi DPR!

(06-12-2018 07:46:20 - Dibaca 384 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Soal Bilik Cinta di Lapas Sukamiskin, Ini Respons Kalapas!

(05-12-2018 15:10:40 - Dibaca 137 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?

(05-12-2018 08:49:33 - Dibaca 692 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Fokus Tim Prabowo Rebut Jawa Tengah, Ini Peran Sudirman Said!

(09-12-2018 20:33:30 - Dibaca 120 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Posko Kemenangan Prabowo Pindah ke Jateng, Mau apa?

(09-12-2018 19:19:06 - Dibaca 178 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Dahnil Singgung Kasus Novel Baswedan di Hari Antikorupsi, Mau apa?

(09-12-2018 19:14:09 - Dibaca 88 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Sandi Akan Bangun Infrastruktur Tanpa Utang, Ini Sindiran Brilian Erick Thohir!

(09-12-2018 17:58:50 - Dibaca 2.256 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Soal Pemberantasan Korupsi, Ini Kata Jokowi dan Prabowo!

(09-12-2018 07:40:32 - Dibaca 152 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Prabowo Sebut Keselamatan RI ada di Pundak Emak-emak, Apa maksudnya?

(09-12-2018 06:57:01 - Dibaca 102 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Keluarga Jokowi Buka-bukaan Soal Kehidupan Hingga Politik!

(09-12-2018 06:45:44 - Dibaca 262 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Bahar Jadi Tersangka, Sandiaga Minta Polisi Berlaku Adil! Apa maksudnya?

(08-12-2018 16:58:16 - Dibaca 145 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Soal Blangko e-KTP, Fadli Zon Sebut Kemendagri Jangan Amatiran!

(08-12-2018 16:51:47 - Dibaca 65 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Mantan Komisioner Komnas HAM ini Kritik Jokowi Soal Tol Papua, Apa maksudnya?

(08-12-2018 16:39:08 - Dibaca 224 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Demi Nyaman di Sukamiskin, Suami Inneke Tebar Duit Hingga Tas Mewah!

(08-12-2018 16:28:37 - Dibaca 103 Kali)

Jika Terima Suap E-KTP Gamawan Siap Dikutuk, Ini Komentar Nazaruddin!
Soal PKI yang Muncul di Beberapa Spanduk, Ini Respon Tegas Ma'ruf Amin!

(08-12-2018 13:05:06 - Dibaca 320 Kali)

Sandi Akan Bangun Infrastruktur Tanpa Utang, Ini Sindiran Brilian Erick Thohir!
Soal Pemberantasan Korupsi, Ini Kata Jokowi dan Prabowo!
Prabowo Sebut Keselamatan RI ada di Pundak Emak-emak, Apa maksudnya?

TERPOPULER

1. Soal Remisi Ahok, Ini Tanggapan Menarik Warga Jabodetabek!

2. Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017

3. Soal Gaji Fantastis TGUPP, Anies Sebut Ada Rumusnya, Rumus dari mana?

4. Anies Sebut Bakal Geser Rumah Warga di Jati Padang, Geser sama Gusur apa bedanya?

5. Mengapa Anies Ngotot TGUPP Tak Mau Pakai Dana Operasional Gubernur?

6. Lihat Rumah di Kali Pulo Jatipadang, Anies Geleng-geleng, Warganya Tertawa!

7. Akrabnya Sandi dan Lulung, Cukur Bareng hingga Tinjau PKL, Ada apa?

8. Era Ahok KJP Lancar, Era Anies Sandi KJP Banyak Keluhan! Ada apa?

9. Fadli Zon Sebut Ahok Belum Pantas Dapat Remisi, Apa Maksudnya?

10. Saat Kampanye Janji Anies Tak akan Menggusur Warga Jakarta, Tapi Sekarang...




JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO
SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.