Ditraktir Jokowi Makan Bebek Goreng, Ini Reaksi TKI di Singapura!
Sandi Sebut OK Oce akan Jadi Gelombang Besar Serap Tenaga Kerja?
Polisi Tolak Izin Diskusi Soal Khilafah di Masjid Bogor!



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
 
06-07-2018 09:59:09 - Dibaca 210 Kali
 
 
Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Tim dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menjadi juara dunia lomba inovasi teknologi yang diselenggarakan di London, Inggris, Kamis (5/7).

"Serius, kami benar-benar nggak tahu mau ngomong apa. Saya ingin menangis. Ini mimpi jadi kenyataan banget," kata Thya Laurencia Benedita Araujo, satu dari tiga mahasiswa dari tim UGM, dengan sumringah, saat berbincang dengan BBC News Indonesia.

Dalam kompetisi yang bertajuk Shell Ideas 360 itu, Thya bersama dua rekannya, Herman Amrullah dan Sholahudin Allayubi, membuat konsep mobil pintar berbahan bakar limbah plastik.


Ide ini muncul di tengah ramainya pemberitaan bahwa Indonesia adalah produsen sampah plastik terbanyak kedua di dunia setelah Cina.

"Kita menyayangkan masalah plastik di Indonesia yang tidak termanajemen dengan baik. Jadi kita punya ide, mengapa kita tak mengubah sampah plastik menjadi energi sekaligus membantu kekurangan energi di Indonesia," lanjut Thya.

Berbagai mobil hemat energi buatan anak negeri juga berlomba adu cepat di ajang lain di waktu berdekatan dengan Shell Ideas 360. (BBC)

Meskipun begitu, pengolahan sampah sebagai sumber energi bukanlah hal baru.

Terobosan mereka menjadi berbeda, karena tidak lagi membutuhkan energi tambahan untuk mengolah limbah.

"Upaya untuk mengonversi limbah kan sudah banyak. Tapi mayoritas menggunakan LPG untuk membakarnya. Nah, kami punya ide dengan mengonversi sampah plastik itu memakai gas buangan knalpot, jadi gratis," cerita Herman.

Berdasarkan pembuktian yang mereka lakukan, gas buang knalpot mobil yang suhunya bisa melewati 400 derajat Celcius, cukup untuk melakukan pembakaran.

Selain itu, teknologi yang mereka konsepkan juga memiliki alat penyerap karbon dioksida dari knalpot sehingga polusi pun dapat ditekan.

2 kilogram plastik = 2,2 literBBM Prestasi yang diraih mahasiswa UGM ini terbilang luar biasa. Mereka adalah satu-satunya wakil dari Asia, yang berhasil mengalahkan lebih 3.000 ide dari 140 negara.

Di babak final di London, mereka bersaing dengan empat tim lainnya dari Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, Prancis dan Australia.

"Deg-degan banget. Ternyata kita bisa mengalahkan mereka. Nggak nyangka saja Indonesia bisa menang. Kita saingannya sama (mahasiswa) University Texas (dari Amerika), yang rangking universitasnya tinggi banget. Kita bahagia sekali," ungkap Thya.

Salah satu juri ajang ini, Chris Brauer, direktur inovasi dari Universitas London menyatakan, kemenangan tim dari Indonesia karena idenya sangat dekat dan relevan.

"Inovasi ini sangat kuat, karena bisa digunakan langsung oleh orang-orang terdekat mereka. Jika diwujudkan, teknologi ini bisa mengubah perilaku kita dan menjaga pemeliharaan lingkungan. Selain itu, dengan teknologinya mereka langsung bisa mencari konsumen, sementara peserta yang lain lebih fokus untuk ke bisnis," ujar Brauer.

Berdasarkan konsep yang mereka buat, sebanyak dua kilogram sampah plastik bisa diolah menjadi 2,2 liter BBM.

Dan plastik yang bisa digunakan adalah botol-botol ataupun plastik bening.

Bisakah diwujudkan di Indonesia? Menurut Herman, teknologi yang diciptakannya bersama rekan-rekannya ini sangat bisa diaplikasikan di Indonesia.

"Terutama di Jakarta, karena sangat banyak mobil. Dan teknologi ini kita khususkan untuk mobil bermesin agak longgar, misalnya mobil MVP (multi-purpose vehicle) atau (sport utility vehicle) SUV, di Jakarta cukup banyak," kata Herman.

Mesin agak longgar diperlukan untuk memberikan tempat bagi pengolahan limbah plastik.

Lebih jauh lagi mereka berharap energi berbahan bakar limbah plastik ini menjadi salah satu energi yang digunakan di masa depan.

"Atau setidaknya dari ide ini, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat soal sampah plastik."

Namun, untuk sementara para muda-mudi Indonesia ini mengaku ingin menikmati pengalaman dan hadiah dari kompetisi internasional tersebut.

Mereka akan berjalan-jalan ke salah satu dari berbagai pilihan destinasi petualangan bersama tim dari National Geographic.

"Jadi, untuk teman-teman jangan takut bermimpi, karena mimpi bisa membuat kita pergi jauh dan mencapai yang lebih tinggi," pungkas Sholahudin.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Mahasiswa RI Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
 
- NASIONAL -
Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Ditraktir Jokowi Makan Bebek Goreng, Ini Reaksi TKI di Singapura!

(13-11-2018 21:21:59 - Dibaca 389 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Polisi Tolak Izin Diskusi Soal Khilafah di Masjid Bogor!

(13-11-2018 17:55:11 - Dibaca 277 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Sandiaga Langkahi Makam Pendiri NU, Ini Respon Tegas Said Aqil!

(13-11-2018 07:27:29 - Dibaca 2.206 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Genderuwo Brewok Vs Kacung Chubby, Saling Serang Dengan Puisi!

(13-11-2018 07:20:08 - Dibaca 187 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Tompi Bernyanyi Jangan Takut Genderuwo, Ini Reaksi Jokowi!

(12-11-2018 07:55:37 - Dibaca 1.279 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Musisi Bali Ini Buat Lagu 'Jokowi Lagi' Karena Kagum Dengan Kenerja Jokowi!

(11-11-2018 09:08:01 - Dibaca 812 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Mampir Pasar Cihaur Geulis, Jokowi Belanja Ubi Hingga Daun Pepaya!

(11-11-2018 08:50:54 - Dibaca 147 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Soal Prosedur Baru Pembuatan e-KTP, Ini Kritik Komisi II ke Pemerintah!

(11-11-2018 08:02:39 - Dibaca 118 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Rizieq Sebut Jokowi Pencitraan, Ini Jawaban Brilian Ma'ruf Amin!

(10-11-2018 19:54:57 - Dibaca 1.884 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Kabareskrim Perintahkan Buru dan Usut Akun Fadli Zon Palsu!

(10-11-2018 19:44:13 - Dibaca 310 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Terkait Akun Palsu @fadlizon_, Fadli Zon Dukung Polri Untuk Usut!

(10-11-2018 19:39:29 - Dibaca 115 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Jokowi Datangi Paskal Hyper Square Bandung, Ini Reaksi Pengunjung!

(10-11-2018 16:47:29 - Dibaca 804 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Ditraktir Jokowi Makan Bebek Goreng, Ini Reaksi TKI di Singapura!

(13-11-2018 21:21:59 - Dibaca 389 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Sandi Sebut OK Oce akan Jadi Gelombang Besar Serap Tenaga Kerja?

(13-11-2018 18:02:36 - Dibaca 102 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Polisi Tolak Izin Diskusi Soal Khilafah di Masjid Bogor!

(13-11-2018 17:55:11 - Dibaca 277 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Nama SBY Tak Ada di draf Koalisi Keumatan Rizieq Shihab cs Versi Baru, Mengapa?

(13-11-2018 11:58:05 - Dibaca 368 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Tanah Abang yang Dianggap Ketua DPRD DKI Kumuh, Begini Kondisinya!

(13-11-2018 11:47:57 - Dibaca 252 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Ketua DPRD DKI Sebut Tanah Abang Kumuh dan Semrawut di Era Anies! Benarkah?

(13-11-2018 10:51:33 - Dibaca 366 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Kubu Prabowo Sebut Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan RI Masih Tertinggal Jauh?

(13-11-2018 10:46:18 - Dibaca 184 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Libatkan Ratna Sarumpaet, Ini Cerita Lengkap Penipuan Duit Raja Rp 23 T!

(13-11-2018 10:36:35 - Dibaca 264 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Setengah Hati Demokrat Dukung Prabowo-Sandi, Mengapa?

(13-11-2018 09:18:52 - Dibaca 284 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Aksi Bela Tauhid Dilaporkan ke KPAI Karena Melibatkan Anak!

(13-11-2018 09:14:10 - Dibaca 156 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Fadli Zon Minta Jokowi Setop Pencitraan, Apa maksudnya?

(13-11-2018 07:43:58 - Dibaca 343 Kali)

Wow! Mahasiswa UGM Juara Dunia Teknologi Mobil Bahan Bakar Sampah Plastik
Proyek Skybridge Tanah Abang Kembali Molor, Ini Kata Anies!

(13-11-2018 07:32:36 - Dibaca 225 Kali)

Nama SBY Tak Ada di draf Koalisi Keumatan Rizieq Shihab cs Versi Baru, Mengapa?
Tanah Abang yang Dianggap Ketua DPRD DKI Kumuh, Begini Kondisinya!
Ketua DPRD DKI Sebut Tanah Abang Kumuh dan Semrawut di Era Anies! Benarkah?

TERPOPULER

1. Anies-Sandi Dapat Gelar dari Serikat Buruh Sebagai 'Gubernur Tercepat Ingkar Janji'

2. 'Teman Ahok' Jenguk Ahok di Mako Brimob, Ini Ceritanya!

3. Dipangkas Ahok, Dianggarkan Lagi Oleh Anies! Mengapa?

4. Setelah Dilobi Erick Thohir, Tiga Tokoh Penting ini Gabung Jokowi!

5. Mantan Wakil Ketua KPK ini Temui Anies di Balai Kota, Mau Apa?

6. Bupati Boyolali Serukan Tak Pilih Prabowo!

7. Beredar Proposal Dana Reuni 212 Sebesar Rp 443 Juta, Siapa yang mendanai?

8. Anggaran Tim Gubernur DKI dari 2,3 Milyar Jadi 28 Milyar, Buat Apa?

9. Anies Ingin Rencana Untuk Jakarta Dalam Bentuk Gerakan, Bukan Program! Apa Maksudnya?