PA 212 Sebut Prabowo Tak Akan Maju Lagi di Pilpres Jika Paham Etika Politik?
NasDem Persilakan Rizieq dan UAS Ikut Konvensi Capres?
PA 212 Sebut Tak Bakal Dukung Prabowo Lagi?

 
loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
 
16-07-2018 20:45:46 - Dibaca 4.180 Kali
 
 
Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Proses akuisisi 51% saham PT Freeport Indonesia (PTFI) sebanyak 51% mendapat kritik dan dianggap pencitraan pemerintah di tahun politik. Sentimen negatif ini di antaranya datang dari mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier dan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais.

Presiden Joko Widodo pun menjawab 'serangan' tersebut. Jokowi menegaskan proses mencapai kesepakatan dengan pihak Freeport tidak mudah dan memakan waktu.

"Ini kan namanya proses itu mesti pertama-tama harus Head of Agreement, nanti ditindaklanjuti ke-2, ke-3. Tapi kesepakatan itu perlu saya sampaikan ya, ini proses panjang hampir 3,5 tahun, hampir 4 tahun kita lakukan dan alot sekali," ujar Jokowi di gedung akademi bela negara NasDem, Jl Pancoran Timur II, Jakarta Selatan, Senin (16/7/2018).
 
 


Menurutnya, proses pengambilalihan saham PT Freeport yang memakan waktu panjang ini perlu disyukuri. Penandatanganan HoA merupakan kemajuan yang juga perlu disyukuri.

Jokowi berharap tidak ada sentimen negatif terkait pengambilalihan saham PT Freeport.

"Jangan malah sudah ada kemajuan ada yang ngomong miring-miring," ungkapnya.

Sebelumnya, eks Menkeu Fuad Bawazier menilai penandatanganan HoA sebagai pencitraan. Menurutnya, HoA hanya deklarasi politik karena baru sekadar perjanjian yang mengikat kedua belah pihak.

"Jadi bagi yang mengerti bisnis dan hukum, HoA ini sebenarnya hanya sebuah deklarasi politik alias belum ada hasil atau perjanjian yang mengikat antara kedua belah pihak, tapi rupanya pemerintah perlu pencitraan untuk mendongkrak Jkw di tahun politik ini," ujar Fuad dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/7) lalu.

Menurutnya, Kontrak Karya tambang Freeport akan berakhir 2021 dan baru bisa dirundingkan dan diputuskan dua tahun sebelum berakhir atau tahun 2019. Fuad mengatakan seharusnya bersabar karena bisa dan berhak memiliki saham 51% itu tanpa harus membeli pada 2021 atau setelah itu.

"Sebab ibaratnya negara membeli barangnya sendiri karena sebenarnya thn 2021 izin penambangannya akan habis. Lagi pula selain pemerintah Indonesia juga tidak akan ada pihak lain yang bersedia atau berani membeli saham PTFI," tutur Fuad yang pernah menjabat Dirjen Pajak itu.

Sementara, Amien menyinggung pemerintah yang baru saja menyepakati akuisisi 51% saham PTFI. Menurut Amien, hal itu hanya sebuah kebohongan. Namun Amien tidak mau melanjutkan ucapannya soal Freeport itu.

"Seolah-olah kita sudah senang karena Freeport kembali ke tangan Ibu Pertiwi. Buat saya, itu hanya, maaf, bohong-bohongan, karena operasional masih mereka, semuanya masih mereka. Gitu," kata Amien di lokasi acara di aula Masjid Al-Furqon, Jakarta Pusat, Sabtu, (14/7).

Pemerintah telah menandatangani Head of Agreement (HoA) proses divestasi 51% saham PTFI di Kementerian Keuangan, Kamis (12/7). Penandatanganan dilakukan CEO Freeport McMoRan inc, Richard Adkerson dengan Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum.

Freeport McMoRan (FCX--kode saham di New York Stock Exchange) adalah induk PTFI. Sementara Inalum adalah BUMN yang akan membeli 51% saham. Setelah nanti proses divestasi terjadi, maka porsi 51% saham PTFI beralih ke Inalum, dan 49% sisanya dipegang Freeport McMoRan.

Terkait hal ini, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, belum mau komentar jauh menanggapi kesepakatan akuisisi 51% saham Freeport.

"Ya saya kan belum begitu jelas isi dari perjanjian, kita lihat nanti hasilnya gimana," kata Prabowo usai halalbihalal Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia di Aula Masjid Al-Furqan, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (14/7).
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Jokowi Jawab Serangan Prabowo-Amien Soal Freeport
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Soal Vaksin Corona, BPOM Prediksi Bisa Diedar Februari 2021!

(05-08-2020 16:29:40 - Dibaca 184 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Kasus Corona RI Per 1 Agustus: 109.936 Positif, 67.919 Sembuh!

(01-08-2020 16:12:29 - Dibaca 180 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Ratusan Perwira Tinggi Dimutasi Panglima TNI, Ini Daftarnya!

(29-07-2020 09:16:38 - Dibaca 663 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Ini Daftar 53 Zona Merah Corona di Indonesia!

(27-07-2020 19:35:55 - Dibaca 1.163 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Kasus Corona RI Per 26 Juli: 98.778 Positif, 4.781 Meninggal!

(26-07-2020 17:32:40 - Dibaca 160 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Bagaimana Nasib Para Pegawai di 18 Lembaga yang Dibubarkan Jokowi?

(22-07-2020 09:34:40 - Dibaca 1.302 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Erick Thohir Sebut Uji Vaksin Covid-19 RI Hampir Final!

(21-07-2020 20:33:38 - Dibaca 802 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Presiden Jokowi Terbitkan PP Pemberian Kompensasi Bagi Korban Terorisme!

(21-07-2020 09:57:20 - Dibaca 292 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Corona, Mendagri Tito Sebut Ekonomi RI Sudah Minus 4 Persen!

(20-07-2020 13:36:36 - Dibaca 386 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Kasus Covid-19: AS Dekati 4 Juta Kasus, RI Sudah Lampaui China!

(19-07-2020 08:30:13 - Dibaca 239 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Soal Mark Up Proyek Kemenhan, Prabowo Diminta Lakukan Pembuktian Terbalik?

(19-07-2020 08:16:22 - Dibaca 418 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?

(15-07-2020 09:18:56 - Dibaca 516 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
PA 212 Sebut Prabowo Tak Akan Maju Lagi di Pilpres Jika Paham Etika Politik?

(10-08-2020 15:06:14 - Dibaca 71 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
NasDem Persilakan Rizieq dan UAS Ikut Konvensi Capres?

(10-08-2020 15:01:10 - Dibaca 266 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
PA 212 Sebut Tak Bakal Dukung Prabowo Lagi?

(10-08-2020 14:57:39 - Dibaca 128 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!

(10-08-2020 14:51:05 - Dibaca 144 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Jokowi Bakal Beri Fadli dan Fahri Bintang Penghargaan?

(10-08-2020 14:28:19 - Dibaca 388 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Polisi Sudah Kantongi Pelaku 7 Penembakan Misterius di Tangsel!

(10-08-2020 13:13:58 - Dibaca 84 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
PKS Sebut Habib Rizieq dan UAS Punya Peluang Maju Pilpres 2024?

(10-08-2020 12:39:40 - Dibaca 370 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Soal Video Obat Corona, Polisi Periksa Anji Hari Ini!

(10-08-2020 10:13:32 - Dibaca 102 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Walikota Banjarbaru Meninggal Dunia Setelah Terinfeksi Virus Corona

(10-08-2020 08:57:09 - Dibaca 213 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Hari Ini Sanksi Tilang Ganjil Genap di Jakarta Mulai Diberlakukan!

(10-08-2020 08:35:48 - Dibaca 55 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Ditetapkan Jadi Ketum Gerindra Lagi, Apakah Prabowo Siap Nyapres di 2024?

(09-08-2020 08:07:47 - Dibaca 270 Kali)

Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!
Kasus Corona di Jakarta Pecah Rekor 2 Hari Berturut?

(09-08-2020 07:56:37 - Dibaca 203 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Jokowi Bakal Beri Fadli dan Fahri Bintang Penghargaan?
Polisi Sudah Kantongi Pelaku 7 Penembakan Misterius di Tangsel!

TERPOPULER

1. Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!

2. GNR Balik Arah Dukung Jokowi, Ini Kata PAN!

3. Gerindra Tuding Aksi Jokowi di Pembukaan Asian Games Pencitraan, Apa maksudnya?

4. Ratna Sarumpaet Serang Kiai Ma'ruf Amin, Ini Respon Tegas GP Ansor!

5. Roy Suryo Bicara Soal Asian Games 2018 Sebagai Ajang Pencitraan Politik?

6. Neno Ditolak, Fadli Zon Minta Kapolda Riau Dicopot, Apa maksudnya?

7. Ketum PPP Ungkap Cawapres Jokowi Mengarah ke Mahfud Md!

8. Fadli Zon Langsung Hapus Pollingnya Sendiri Karena Jokowi Menang!

9. Ini Deretan Kepala Daerah yang Balik Arah Dukung Jokowi!

10. Ini Kriteria Pekerja yang Dapat Bantuan Rp 600 Ribu!




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.