Ingin Ciptakan 200 Ribu Wirausaha, Anies Teken Pergub OK OCE!
Kisah Bos Zara yang Kaya Raya tapi Irit Bicara!
Ini Kata Pemprov DKI Soal Dishub Bekasi Cegat Truk Sampah!



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
 
10-08-2018 13:08:26 - Dibaca 339 Kali
 
 
Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
KH Ma'ruf Amin dipilih Joko Widodo sebagai cawapresnya untuk Pilpres 2019. Sudahkah Anda mengenal Ma'ruf Amin? Ini biogarfinya.

Dari data yang dihimpun, Ma'ruf yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) lahir di Tangerang, Banten, pada 11 Maret 1943. Ia tidak hanya dikenal sebagai seorang ulama, namun juga politikus. Ia pernah menjadi anggota dewan, termasuk dari PKB.

"Beliau duduk di legislatif sebagai anggota DPRD, DPR RI, MPR RI, Wantimpres, Rais Aam Nahdlatul Ulama (NU), dan Ketua MUI, Majelis Ulama Indonesia," ujar Jokowi saat mengumumkan Ma'ruf Amin menjadi cawapresnya, di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).

Sebagai ulama, Ma'ruf juga aktif di ormas keagamaan. Ia mengemban amanat dan jabatan yang cukup strategis di NU. Ia mengemban amanat sebagai Rais Aam PBNU untuk periode 2015-2020.


Sosok Ma'ruf termasuk salah satu ulama sepuh yang disegani. Ia diketahui banyak menguasai ilmu agama Islam yang multitalenta di samping berbagai macam ilmu fikih. Kia Ma'ruf Amin juga bisa dibilang merupakan ulama yang responsif terkait berbagai masalah yang sedang dihadapi umat.

Ma'ruf Amin cukup lama berada di dalam jajaran pengurus Komisi Fatwa MUI Pusat dari 2000 sampai 2007. Ia pun juga aktif dalam dunia perekonomian. Ia terlibat di dalam berbagai dewan pengawas syariah di berbagai bank dan asuransi syariah.

Ma'ruf merupakan cicit dari ulama besar Syaikh Nawawi Banten, yang merupakan ulama asli Indonesia yang begitu disegani keilmuannya di dunia internasional, terutama di Mekkah. Syaikh Nawawi Banten juga merupakan Imam di Masjidil Haram dan memiliki julukan 'Imam Nawawi Atstsani' merujuk kepada ahli hadits Imam Nawawi.

Sebagai santri, Ma'ruf nyantri di Tebuireng Jombang. Ia pun melanjutkan kuliah di Universitas Ibnu Khaldun Bogor. Ma'ruf mendapat gelar doktor (HC) dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 2012 di bidang Hukum Ekonomi Syariah.

Ma'ruf dikenal sebagai seorang ulama yang hampir selalu memakai sarung dalam berbagai aktivitas. Lantas apakah ia akan tetap mempertahankan ciri khasnya ini bila nantinya menjadi wapres?

"Ya pokoknya lihat saja nanti," kata Ma'ruf Amin saat ditanya usai mendaftar di KPU, Jumat (10/10).

Dari data yang dihimpun, berikut karir Ma'ruf Amin hingga saat ini:

- Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Hubungan Antaragama (2010 - 2014)
- Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Kehidupan Beragama (2007-2009)
- Anggota Koordinator Da'wah (KODI) DKI Jakarta
- Anggota BAZIS DKI Jakarta
- Ketua Fraksi Golongan Islam DPRD DKI Jakarta
- Ketua Fraksi PPP DPRD DKI Jakarta
- Pimpinan Komisi A DPRD DKI Jakarta
- Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (pertama)
- Anggota MPR RI dari PKB
- Ketua Komisi VI DPR RI dari PKB
- Ketua Komisi Fatwa MUI Pusat
- Rois Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)
- Penasihat Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LBM-PBNU)
- Dosen STAI Shalahuddin Al-Ayyubi Jakarta
- Rais 'Aam PBNU 2015-2020
- Ketua Umum MUI 2015-2020
- Dewan Pengarah BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila)
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Sudahkah Anda Mengenal Ma'ruf Amin? Ini Biografinya
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
 
- NASIONAL -
Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Terkait Video Pramuka Serukan Ganti Presiden, Ini Respon Tegas KPAI!

(18-10-2018 04:49:14 - Dibaca 373 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Kasus Hoax Penganiayaan, Polisi Teliti Keterangan Ratna dan Saksi!

(17-10-2018 19:39:08 - Dibaca 399 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Djarot Pastikan Ahok Dukung Jokowi dan Tak Ingin Pendukungnya Golput!

(16-10-2018 16:29:31 - Dibaca 2.060 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Soal Cintai Prabowo Masuk Surga, Ini Sindiran Cak Imin!

(15-10-2018 08:47:58 - Dibaca 1.817 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Eks Menteri Kritik Jokowi Soal Sertifikat Tanah, Ini Reaksi Ngabalin!

(15-10-2018 07:43:09 - Dibaca 885 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Petinggi IMF Acungkan Jempol Untuk Indonesia!

(14-10-2018 18:07:03 - Dibaca 356 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Terseret Kasus Ratna, Dorce Tak Menyangka dan Seolah 'Dijebak' Ingrid Kansil!

(14-10-2018 11:17:10 - Dibaca 2.877 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Soal Isu PKI dan HTI, Ini Pernyataan Tegas PSI!

(14-10-2018 08:09:37 - Dibaca 452 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
JK MInta Maaf ke Jokowi Soal Target Asian Para Games yang Meleset ke Atas?

(14-10-2018 06:51:00 - Dibaca 3.170 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Fadli Zon Minta Jokowi Nonton Film Game of Thrones Dulu Supaya Paham!

(13-10-2018 15:14:19 - Dibaca 2.008 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Ini Jawaban Brilian PSI ke Elite PAN Soal Game of Thrones!

(13-10-2018 14:50:43 - Dibaca 681 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Prabowo Sebut Indonesia Jalankan Ekonomi Kebodohan, Ini Jawaban Brilian Stafsus Jokowi!

(13-10-2018 13:39:24 - Dibaca 2.471 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Ingin Ciptakan 200 Ribu Wirausaha, Anies Teken Pergub OK OCE!

(18-10-2018 09:42:34 - Dibaca 126 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Kisah Bos Zara yang Kaya Raya tapi Irit Bicara!

(18-10-2018 09:30:22 - Dibaca 101 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Ini Kata Pemprov DKI Soal Dishub Bekasi Cegat Truk Sampah!

(18-10-2018 05:18:33 - Dibaca 442 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Ketua DPRD DKI Tak Pernah Memuji, Ini Keluhan Anies!

(18-10-2018 04:56:58 - Dibaca 571 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Terkait Video Pramuka Serukan Ganti Presiden, Ini Respon Tegas KPAI!

(18-10-2018 04:49:14 - Dibaca 373 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Kasus Hoax Penganiayaan, Polisi Teliti Keterangan Ratna dan Saksi!

(17-10-2018 19:39:08 - Dibaca 399 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Dana Hibah Terhenti, Puluhan Truk Sampah DKI Distop di Bekasi!

(17-10-2018 19:15:54 - Dibaca 2.516 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Anies Baswedan Diakali Warga Gusuran Tanah Abang?

(17-10-2018 18:55:17 - Dibaca 1.001 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Gubernur Anies Harus Bayar Denda Rp186 Juta Karena Salah Derek!

(17-10-2018 18:49:57 - Dibaca 1.401 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Zulkifli Sebut Aksi 212, Prabowo-Sandi dan PAN Punya Hubungan, Apa itu?

(17-10-2018 18:35:41 - Dibaca 414 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
DPRD DKI Nilai Target Program OK OCE Tak Jelas! Benarkah?

(17-10-2018 16:25:08 - Dibaca 435 Kali)

Ini Biografi Ma'ruf Amin Cawapres Pilihan Jokowi!
Gerindra Minta Andi Arief Lebih Baik Diam dan Belajar Etika Politik!

(17-10-2018 15:19:43 - Dibaca 1.313 Kali)

Ketua DPRD DKI Tak Pernah Memuji, Ini Keluhan Anies!
Terkait Video Pramuka Serukan Ganti Presiden, Ini Respon Tegas KPAI!
Kasus Hoax Penganiayaan, Polisi Teliti Keterangan Ratna dan Saksi!

TERPOPULER

1. Jika Tak Bisa Buktikan, Kompolnas Minta Penuding Tito Diproses!

2. Polri Tegaskan Kepada Tim Prabowo: Penyidik Tak Bisa Diatur!

3. Amien Rais Sebut Ratna Sarumpaet Adalah Pembohong dan Sampah Politik

4. Mahfud Md Minta 3 Nama Ini Tanggung Jawab Soal Berita Ratna Sarumpaet!

5. Jokowi Terbitkan PP Tentang Pelapor Kasus Korupsi Bisa Dapat Rp 200 Juta!

6. Tweet Elite PD yang Tuding Jokowi Pelihara Preman Buat Hajar Ratna Disoalkan Nasdem!

7. PAN Sebut Amien Rais Hanya Korban Kebohongan Ratna, Benarkah?

8. Alasan Usia Sudah Senja, Pengacara Minta Ratna Sarumpaet Jadi Tahanan Kota!

9. GNR Gelar Aksi Tuntut Bawaslu Coret Prabowo-Sandi dari Pilpres 2019!

10. Lulung Beserta Pedagang Tanah Abang Bakal Temui Anies, Mau Apa?




JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO
SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.