Boeing Digugat oleh Keluarga Korban Lion Air yang Jatuh!
HS Jadi Tersangka Pembunuhan Satu Keluarga, Ini Jejaknya!
Sinyal Tak Kompaknya Demokrat Dalam Barisan Koalisi Prabowo-Sandi!



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
 
18-10-2018 19:39:13 - Dibaca 2.636 Kali
 
 
Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Pemkab Banyuwangi memastikan tetap menggelar festival gandrung sewu 2018 meski mendapat penolakan dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Front Pembela Islam (FPI) Banyuwangi. Pemkab beralasan tari gandrung merupakan warisan seni dan budaya asli Banyuwangi yang saat ini sudah diakui dunia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi Muhammad Yanuar Bramuda membantah bahwa Festival Gandrung Sewu yang melibatkan 1300 lebih penari gandrung itu adalah pertunjukan yang mengundang maksiat.

Bahkan tari gandrung ini telah resmi digunakan tarian ucapan selamat datang setiap ada kegiatan di Banyuwangi. Sehingga Festival Gandrung Sewu ini murni pertunjukan seni dan budaya yang setiap tahunya di laksanakan di Kabupaten Banyuwangi.


"Kita tidak bisa merubah itu, karena itu asalnya ada. Gandrung sewu adalah bahasa bagaimana mengenalkan gandrung lebih elegan ke dunia Internasional. Jadi gandrung yang sewu ini adalah murni tontonan, seni, dan penampilan. Makanya tidak ada unsur sebagaimana yang diisyaratkan oleh pakem-pakemnya gandrung di dalam budaya itu sendiri. Gandrung itu kan ada macam-macam, ada gandrung terop, ada seblang subuh macam- macam itu," kata Muhammad Yanuar Bramuda kepada detikcom, Senin (15/10/2018).

Bramuda tetap menghargai adanya kritik berupa penolakan pelaksanaan Gandrung Sewu 2018. Namun diharapkan penolakan tersebut tetap tidak menghalangi terselenggaranya pagelaran gandrung sewu 2018 tersebut.

"Kami saling menghormati saja. Karena memang tidak ada kemaksiatan dalam Gandrung Sewu ini," pungkasnya.

Kegiatan Festival Gandrung Sewu sedianya digelar di Pantai Boom Banyuwangi, Sabtu (20/10/2018). Kegiatan ini sudah digelar 7 kali di tempat yang sama. Sebanyak 1300 penari akan menarikan Gandrung, tarian khas Banyuwangi.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Ditolak Ormas Islam, Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
 
- NASIONAL -
Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Bila Prabowo Menang, Titiek Soeharto Akan Buat RI Seperti Zaman Bapaknya?

(15-11-2018 21:35:29 - Dibaca 374 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Titiek Soeharto Sebut Jokowi Bohong, Ini Respon Tegas PKB!

(15-11-2018 21:12:56 - Dibaca 508 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Disebut FPI Survei Bayaran, Ini Respon Tegas LSI Denny JA!

(14-11-2018 21:39:39 - Dibaca 504 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Moeldoko Tantang Kubu Prabowo Ungkap Track Record: Lo Udah Berbuat Apa?

(14-11-2018 15:51:07 - Dibaca 1.839 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Pengaruh Rizieq Turun Selama di Saudi!

(14-11-2018 15:24:57 - Dibaca 157 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Mengejutkan! MA Malah Vonis Penjara Perekam Perilaku Mesum Kepsek

(14-11-2018 09:45:51 - Dibaca 327 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Ditraktir Jokowi Makan Bebek Goreng, Ini Reaksi TKI di Singapura!

(13-11-2018 21:21:59 - Dibaca 843 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Polisi Tolak Izin Diskusi Soal Khilafah di Masjid Bogor!

(13-11-2018 17:55:11 - Dibaca 495 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Sandiaga Langkahi Makam Pendiri NU, Ini Respon Tegas Said Aqil!

(13-11-2018 07:27:29 - Dibaca 2.346 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Genderuwo Brewok Vs Kacung Chubby, Saling Serang Dengan Puisi!

(13-11-2018 07:20:08 - Dibaca 195 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Tompi Bernyanyi Jangan Takut Genderuwo, Ini Reaksi Jokowi!

(12-11-2018 07:55:37 - Dibaca 1.290 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Musisi Bali Ini Buat Lagu 'Jokowi Lagi' Karena Kagum Dengan Kenerja Jokowi!

(11-11-2018 09:08:01 - Dibaca 823 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Boeing Digugat oleh Keluarga Korban Lion Air yang Jatuh!

(16-11-2018 08:50:52 - Dibaca 24 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
HS Jadi Tersangka Pembunuhan Satu Keluarga, Ini Jejaknya!

(16-11-2018 07:39:53 - Dibaca 203 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Sinyal Tak Kompaknya Demokrat Dalam Barisan Koalisi Prabowo-Sandi!

(16-11-2018 07:25:25 - Dibaca 72 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Jika Menang, Sandi akan Adopsi Kebijakan Rezim Orde Baru?

(16-11-2018 07:01:26 - Dibaca 154 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Bila Prabowo Menang, Titiek Soeharto Akan Buat RI Seperti Zaman Bapaknya?

(15-11-2018 21:35:29 - Dibaca 374 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Anies Tuding Ketua DPRD Kebanyakan Kunker, Ini Jawaban Sekwan!

(15-11-2018 21:18:33 - Dibaca 210 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Titiek Soeharto Sebut Jokowi Bohong, Ini Respon Tegas PKB!

(15-11-2018 21:12:56 - Dibaca 508 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Titiek Soeharto Sebut Prabowo Akan Lanjutkan Program Soeharto, Ini Respon Tegas Tim Jokowi!

(15-11-2018 21:07:13 - Dibaca 730 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Waring Rp 580 Juta di Kali Item Dibongkar, Mengapa?

(15-11-2018 15:47:01 - Dibaca 272 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
LSI Sebut Pengaruh Rizieq Kalah Dibanding UAS, Ini Komentar Pengacara!

(15-11-2018 09:27:07 - Dibaca 145 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
LSI Denny JA Sebut Hanya 9,4 Persen yang Dengar Imbauan Amien Rais!

(15-11-2018 09:11:34 - Dibaca 191 Kali)

Festival Gandrung Sewu 2018 Tetap Digelar Walau Ada Penolakan FPI!
Ini Beberapa Kritik Keras Keluarga Soeharto Pada Pemerintahan Jokowi!

(15-11-2018 09:01:32 - Dibaca 451 Kali)

Jika Menang, Sandi akan Adopsi Kebijakan Rezim Orde Baru?
Bila Prabowo Menang, Titiek Soeharto Akan Buat RI Seperti Zaman Bapaknya?
Anies Tuding Ketua DPRD Kebanyakan Kunker, Ini Jawaban Sekwan!

TERPOPULER

1. Anies-Sandi Dapat Gelar dari Serikat Buruh Sebagai 'Gubernur Tercepat Ingkar Janji'

2. 'Teman Ahok' Jenguk Ahok di Mako Brimob, Ini Ceritanya!

3. Dipangkas Ahok, Dianggarkan Lagi Oleh Anies! Mengapa?

4. Setelah Dilobi Erick Thohir, Tiga Tokoh Penting ini Gabung Jokowi!

5. Mantan Wakil Ketua KPK ini Temui Anies di Balai Kota, Mau Apa?

6. Bupati Boyolali Serukan Tak Pilih Prabowo!

7. Beredar Proposal Dana Reuni 212 Sebesar Rp 443 Juta, Siapa yang mendanai?

8. Anggaran Tim Gubernur DKI dari 2,3 Milyar Jadi 28 Milyar, Buat Apa?

9. Anies Ingin Rencana Untuk Jakarta Dalam Bentuk Gerakan, Bukan Program! Apa Maksudnya?