HS Jadi Tersangka Pembunuhan Satu Keluarga, Ini Jejaknya!
Sinyal Tak Kompaknya Demokrat Dalam Barisan Koalisi Prabowo-Sandi!
Jika Menang, Sandi akan Adopsi Kebijakan Rezim Orde Baru?



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
 
19-10-2018 14:07:28 - Dibaca 1.767 Kali
 
 
Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Sumber Foto : tempo.co
 
loading...
 
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menuturkan Indonesia sebagai bangsa merdeka tak boleh berkompromi dalam menjaga kekayaan alam negeri ini.

Susi pun bersyukur Indonesia melalui Deklarasi Djuanda yang dicetuskan pada 13 Desember 1957 silam yang juga diakui internasional - telah meletakkan fondasi kuat demi melindungi kekayaan alamnya termasuk sumber daya laut di dalamnya.

"Bayangkan jika Djuanda tidak menyatakan deklarasinya itu dan dunia tidak mengakomodirnya, " ujar Susi kala menghadiri event Security Summit di Yogya Kamis 18 Oktober 2018.

Deklarasi Djuanda menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI.


"Berkat seorang Djuanda, lautan itu menyatukan pulau-pulau itu menjadi satu NKRI," ujar Susi.

Susi pun bercerita ketika dalam perang ilegal fishing ia tak henti mendapati pertentangan yang beragam dari berbagai pihak.

Misalnya ada tokoh yang menyerangnya dengan mengatakan bahwa ikan itu tidak memiliki kartu tanda penduduk (KTP) sehingga bebas berenang kemana saja dan ditangkap kapal negara lain.

"Masak kita terus buatkan KTP buat ikan, wong buat KTP orang saja bertahun tahun masalah enggak selesai," ujarnya.

Susi Pudjiastuti tak mempermasalahkan jika ikan di perairan Indonesia berenang sampai keluar perbatasan wilayah lalu ditangkapi kapal negara lain.

"Makanya saya bilang (ke pengkritiknya) 'Bilang ke negara tetangga suruh tunggu saja di rumah masing-masing sampai ikan Indonesia sampai ke sana (berenang ke luar perbatasan)," ujarnya.

Susi mengakui, jika pengambil kebijakan bisa konsisten, dan sedikit keras kepala dalam menegakkan peraturan, maka hasil dari kebijakan itu lambat laun bakal dirasakan.

Susi Pudjiastuti menyebut saat ini kondisi perikanan Indonesia sekarang cukup menggembirakan. Misalnya dapat terlihat dari kondisi ekspor ikan yang signifikan tiap tahun yang selalu di atas 10 persen kenaikannya. Bahkan semester pertama tahun ini kenaikan ekspor ikan sudah menyentuh 12,8 persen dibanding semester tahun lalu.

Meskipun dari kenaikan itu, ujar Susi bukan volumenya yang naik tajam melainkan value atau nilainya. Kenaikan value dan bukan volume ini menurut Susi justru bagus karena artinya sudah diterapkan penangkapan selektif pada komodits ikan. "Bukan asal tangkap ikan lagi dengan value murah-murah," ujarnya.
 
Artikel ini telah tayang di tempo.co dengan judul: Saat Susi Pudjiastuti Sindir Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP
 
Sumber : tempo.co
 
 
 
 
 
- NASIONAL -
Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Bila Prabowo Menang, Titiek Soeharto Akan Buat RI Seperti Zaman Bapaknya?

(15-11-2018 21:35:29 - Dibaca 367 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Titiek Soeharto Sebut Jokowi Bohong, Ini Respon Tegas PKB!

(15-11-2018 21:12:56 - Dibaca 498 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Disebut FPI Survei Bayaran, Ini Respon Tegas LSI Denny JA!

(14-11-2018 21:39:39 - Dibaca 504 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Moeldoko Tantang Kubu Prabowo Ungkap Track Record: Lo Udah Berbuat Apa?

(14-11-2018 15:51:07 - Dibaca 1.837 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Pengaruh Rizieq Turun Selama di Saudi!

(14-11-2018 15:24:57 - Dibaca 157 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Mengejutkan! MA Malah Vonis Penjara Perekam Perilaku Mesum Kepsek

(14-11-2018 09:45:51 - Dibaca 327 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Ditraktir Jokowi Makan Bebek Goreng, Ini Reaksi TKI di Singapura!

(13-11-2018 21:21:59 - Dibaca 843 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Polisi Tolak Izin Diskusi Soal Khilafah di Masjid Bogor!

(13-11-2018 17:55:11 - Dibaca 495 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Sandiaga Langkahi Makam Pendiri NU, Ini Respon Tegas Said Aqil!

(13-11-2018 07:27:29 - Dibaca 2.344 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Genderuwo Brewok Vs Kacung Chubby, Saling Serang Dengan Puisi!

(13-11-2018 07:20:08 - Dibaca 195 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Tompi Bernyanyi Jangan Takut Genderuwo, Ini Reaksi Jokowi!

(12-11-2018 07:55:37 - Dibaca 1.290 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Musisi Bali Ini Buat Lagu 'Jokowi Lagi' Karena Kagum Dengan Kenerja Jokowi!

(11-11-2018 09:08:01 - Dibaca 823 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
HS Jadi Tersangka Pembunuhan Satu Keluarga, Ini Jejaknya!

(16-11-2018 07:39:53 - Dibaca 179 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Sinyal Tak Kompaknya Demokrat Dalam Barisan Koalisi Prabowo-Sandi!

(16-11-2018 07:25:25 - Dibaca 72 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Jika Menang, Sandi akan Adopsi Kebijakan Rezim Orde Baru?

(16-11-2018 07:01:26 - Dibaca 143 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Bila Prabowo Menang, Titiek Soeharto Akan Buat RI Seperti Zaman Bapaknya?

(15-11-2018 21:35:29 - Dibaca 367 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Anies Tuding Ketua DPRD Kebanyakan Kunker, Ini Jawaban Sekwan!

(15-11-2018 21:18:33 - Dibaca 208 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Titiek Soeharto Sebut Jokowi Bohong, Ini Respon Tegas PKB!

(15-11-2018 21:12:56 - Dibaca 498 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Titiek Soeharto Sebut Prabowo Akan Lanjutkan Program Soeharto, Ini Respon Tegas Tim Jokowi!

(15-11-2018 21:07:13 - Dibaca 724 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Waring Rp 580 Juta di Kali Item Dibongkar, Mengapa?

(15-11-2018 15:47:01 - Dibaca 270 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
LSI Sebut Pengaruh Rizieq Kalah Dibanding UAS, Ini Komentar Pengacara!

(15-11-2018 09:27:07 - Dibaca 145 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
LSI Denny JA Sebut Hanya 9,4 Persen yang Dengar Imbauan Amien Rais!

(15-11-2018 09:11:34 - Dibaca 191 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Ini Beberapa Kritik Keras Keluarga Soeharto Pada Pemerintahan Jokowi!

(15-11-2018 09:01:32 - Dibaca 450 Kali)

Ada Tokoh yang Sebut Ikan Tak Punya KTP, Ini Sindiran Menteri Susi!
Forbes Sebut Pengusaha RI Ini Paling Dermawan di Asia!

(15-11-2018 08:46:51 - Dibaca 402 Kali)

Bila Prabowo Menang, Titiek Soeharto Akan Buat RI Seperti Zaman Bapaknya?
Anies Tuding Ketua DPRD Kebanyakan Kunker, Ini Jawaban Sekwan!
Titiek Soeharto Sebut Jokowi Bohong, Ini Respon Tegas PKB!

TERPOPULER

1. Anies-Sandi Dapat Gelar dari Serikat Buruh Sebagai 'Gubernur Tercepat Ingkar Janji'

2. 'Teman Ahok' Jenguk Ahok di Mako Brimob, Ini Ceritanya!

3. Dipangkas Ahok, Dianggarkan Lagi Oleh Anies! Mengapa?

4. Setelah Dilobi Erick Thohir, Tiga Tokoh Penting ini Gabung Jokowi!

5. Mantan Wakil Ketua KPK ini Temui Anies di Balai Kota, Mau Apa?

6. Bupati Boyolali Serukan Tak Pilih Prabowo!

7. Beredar Proposal Dana Reuni 212 Sebesar Rp 443 Juta, Siapa yang mendanai?

8. Anggaran Tim Gubernur DKI dari 2,3 Milyar Jadi 28 Milyar, Buat Apa?

9. Anies Ingin Rencana Untuk Jakarta Dalam Bentuk Gerakan, Bukan Program! Apa Maksudnya?