Sandi Sebut Bangunan di Kota Tua yang Roboh Bukan Cagar Budaya?
Ngabalin Menantang 'Pak Tua' Amien, Ini Pembelaan PAN!
Partai Berkarya Optimis Sistem Pemerintahan Orde Baru Masih Relevan, Benarkah?



Sarangberita.com > Jakarta
 
Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
 
11-01-2018 08:06:50 - Dibaca 11.689 Kali
 
 
Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Sumber Foto : tempo.co
 
Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun menyarankan Gubernur DKi Jakarta Anies Baswedan membuat aturan baru setelah peraturan gubernur zaman Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tentang pelarangan sepeda motor di Jalan MH Thamrin dicabut oleh putusan Mahkamah Agung.

Menurut Refly, peraturan baru diperlukan agar kesemrawutan di jalanan tak terjadi setelah pencabutan pergub Ahok. "Cabut aturan yang lama, dan buat aturan baru yang lebih tidak diskriminatif," katanya kepada Tempo pada Rabu, 10 Januari 2018.

Refly menyatakan, putusan hukum tidak boleh diabaikan. Pendapat Refly bertolak belakang dengan kemauan Kepolisian hingga Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementeriian Perhubungan agar pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempertahankan Pergub Ahok tentang pelarangan sepeda motor di Jalan MH Thamrin.


"Bahaya, Lama-lama orang enggak patuh dengan putusan hukum dan menganggap putusan hukum bisa diabaikan," tutur Refly. "Apalagi kalau yang mengabaikannya pemerintah."

MA mengabulkan permohonan Yuliansah Hamid dan Diki Iskandar pada Senin, 8 Januari 2018 untuk membatalkan Peraturan Gubernur DKI Nomor 195 Tahun 2014 terkait dengan pembatasan lalu lintas sepeda motor di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Dalam putusannya yang dikutip dari salinan putusan, Ketua Majelis Hakim Agung Irfan Fachruddin menyatakan Pasal 1 dan Pasal 3 Pergub DKI Nomor 195 Tahun 2014 bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, yaitu Pasal 133 Ayat 1 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 11 UU Hak Asasi Manusia, serta Pasal 5 dan 6 UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan.

Pergub Ahok tadi juga dinyatakan tidak memiliki hukum mengikat. Majelis Hakim memerintahkan Panitera MA mengirimkan petikan putusan kepada Percetakan Negara untuk dicantumkan dalam berita negara.

"Menghukum termohon untuk membayar biaya perkara sebesar Rp 1 juta," ucapnya.

Pihak termohon yang dimaksud adalah Gubernur DKI Jakarta yang diwakili Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Di sisi lain, Refly menyesalkan mengapa perkara pergub Ahok ini masuk ke ranah pengadilan. Refly berpendapat, peraturan itu berada di lingkup administrasi di bawah Gubernur Anies Baswedan yang bisa dilakukan revisi. Kendati demikian, dia tidak memungkiri bahwa masyarakat yang merasa dirugikan oleh pergub Ahok tak punya pilihan lain selain mengubahnya lewat pengadilan.

Refly pun menilai, terkadang putusan hukum tidak melihat aspek sosiologis yang ada di lapangan. "Kadang-kadang putusannya terlalu popular," ujarnya mengomentari putusan MA atas pergub Ahok.
 
Artikel ini telah tayang di tempo.co dengan judul: Pergub Ahok Dicabut, Anies Baswedan Diminta Bikin Aturan Baru
 
Sumber : tempo.co
 
 
 
 
- JAKARTA -
Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Sandi Sebut Bangunan di Kota Tua yang Roboh Bukan Cagar Budaya?

(15-07-2018 21:50:30 - Dibaca 58 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Ada Bangunan Roboh di Kota Tua, Ini Kata Wagub DKI!

(15-07-2018 15:33:17 - Dibaca 198 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Uji Coba OK Trip Akan Diperpanjang Pemprov DKI, Sampai kapan?

(13-07-2018 18:43:30 - Dibaca 120 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Proyek 6 Ruas Tol DKI Diambil Alih Pemerintah Pusat Karena Anies Menolak Lanjutkan?

(13-07-2018 18:36:36 - Dibaca 6.366 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Nasehat Lulung ke Ahok Jika Bebas Nanti, Apa nasehatnya?

(12-07-2018 09:24:50 - Dibaca 303 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Anies Sebut Dirinya Dicopot Karena Catatan BPK, Ini Bantahan Eks Dirut Jakpro!

(12-07-2018 09:19:01 - Dibaca 662 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Sandiaga Memiliki Keinginan Bertemu Ahok, Mau apa?

(11-07-2018 22:21:40 - Dibaca 262 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Ahok Tolak Bebas Bersyarat, Ini Kata Fahri Hamzah!

(11-07-2018 21:06:28 - Dibaca 1.173 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Anies-Sandi Naikkan NJOP DKI, Apa alasannya?

(10-07-2018 08:11:01 - Dibaca 338 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Hasil Penelitian Sebut 41 dari 100 Masjid Pemerintahan di Jakarta Terindikasi Paham Radikal!

(09-07-2018 07:18:11 - Dibaca 447 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Habis Jakarnaval Terbitlah Sampah Berserakan di Monas!

(09-07-2018 06:23:58 - Dibaca 228 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Setelah Singapura, Sandiaga akan Kunker ke Rusia, Mau apa?

(09-07-2018 06:16:00 - Dibaca 4.932 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Sandi Sebut Bangunan di Kota Tua yang Roboh Bukan Cagar Budaya?

(15-07-2018 21:50:30 - Dibaca 58 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Ngabalin Menantang 'Pak Tua' Amien, Ini Pembelaan PAN!

(15-07-2018 21:28:09 - Dibaca 258 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Partai Berkarya Optimis Sistem Pemerintahan Orde Baru Masih Relevan, Benarkah?

(15-07-2018 15:48:14 - Dibaca 137 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Video: Kerja Nyata! Presiden Jokowi Resmikan Tol Kartasura-Sragen

(15-07-2018 15:38:45 - Dibaca 153 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Ada Bangunan Roboh di Kota Tua, Ini Kata Wagub DKI!

(15-07-2018 15:33:17 - Dibaca 198 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Pendaftaran Caleg di KPU Surabaya Sepi Peminat, Mengapa?

(15-07-2018 10:15:15 - Dibaca 55 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Video: Aceh Marathon Terancam Ditunda Pasca Gubernur Ditangkap KPK!

(15-07-2018 09:50:28 - Dibaca 47 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Jokowi Sindir Ada Politikus Kompor, Ini Kata Gerindra!

(15-07-2018 09:45:58 - Dibaca 401 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Video: KPK Tangkap 2 Anggota DPR Dalam 2 Bulan Terakhir!

(14-07-2018 21:40:04 - Dibaca 149 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
PAN Bantah Klaim Gerindra Soal Sepakat Capreskan Prabowo, Mengapa?

(14-07-2018 18:21:31 - Dibaca 101 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Prabowo Bicara Negara Sakit, Ini Respon Tegas PDIP!

(14-07-2018 18:14:22 - Dibaca 419 Kali)

Pergub Ahok Dicabut, Ini Komentar Tegas Refly Harun!
Prabowo Sebut Indonesia Saat Ini Sedang Sakit, Sakit apa?

(14-07-2018 18:08:41 - Dibaca 301 Kali)

Video: Kerja Nyata! Presiden Jokowi Resmikan Tol Kartasura-Sragen
Ada Bangunan Roboh di Kota Tua, Ini Kata Wagub DKI!
Pendaftaran Caleg di KPU Surabaya Sepi Peminat, Mengapa?

TERPOPULER

1. Prabowo Sebut Rakyat Sudah Lelah dengan Pemerintahan yang Kotor?

2. Proyek 6 Ruas Tol DKI Diambil Alih Pemerintah Pusat Karena Anies Menolak Lanjutkan?

3. Setelah Singapura, Sandiaga akan Kunker ke Rusia, Mau apa?

4. Anies Tolak Laporkan Hadiah dari Ulama Ghana, Ini Reaksi Tegas KPK!

5. Ini Alasan Sandiaga Pemprov DKI Impor Bawang Putih dari China!

6. Gerindra Klaim Kinerja DKI Tetap Baik Walau Anies-Sandi Sibuk Pilpres, Benarkah?

7. TGB Dukung Jokowi 2 Periode, Ini Respon Kaget Gerindra!

8. Tak Terima Kalah, Prabowo Sebut Ada Tuyul Ikut Nyoblos di Pilgub Jabar? Apa maksudnya?

9. Ada 'Hantu Wanita' Saat Pelantikan Wali Kota DKI, Ini Kata Wagub DKI!

10. Wow! Ahok Keluarkan Dana Pribadi Bantu Renovasi Makam Mbah Priok



JAKARTA       KESEHATAN       NASIONAL       LIFESTYLE       POLITIK       TRAVEL       INTERNASIONAL       OTOMOTIF       TEKNOLOGI       VIDEO       SEKOLAH       SPORT       INSPIRATION       PROPERTI       PERISTIWA      

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.