Gagal Bertemu Luhut, Hashim Sebut Prabowo Sedang Sakit?
PKS DKI Optimis Prabowo-Sandi Jadi Presiden dan Wakil Presiden?
Jokowi Masih Unggul di Real Count KPU 16,4 Persen!



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
 
05-12-2018 08:49:33 - Dibaca 769 Kali
 
 
KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
KPK menggulirkan wacana agar anggota DPR tidak digaji jika undang-undang tidak rampung. Wacana ini ditujukan untuk membentuk anggota DPR yang berintegritas.

Adalah Wakil Ketua KPK Saut Situmorang yang pertama kali menggulirkan wacana ini. Dia mengatakan, jika UU tak selesai-selesai dibahas oleh DPR, maka para anggota DPR tak bisa digaji.

"Integritas sesuatu sebuah given di setiap orang, hari ini kita bicara seperti apa anggota DPR, wakil rakyat perform di DPR, integritas itu being honest," ujar Saut saat diskusi di Hotel Bidakara, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (4/12/2018).

"Jadi kalau ada Undang-undang disahkan DPR itu honest nggak sih? Orang yang nggak berintegritas itu nggak bisa digaji. Jadi, kalau DPR nggak selesai-selesai bahas UU, jangan digaji pak ketua," imbuhnya.


Sebenarnya, apa alasan KPK mewacanakan hal tersebut?

Wakil Ketua KPK lainnya, Laode M Syarif, mengatakan semua orang harus bekerja agar mendapat bayaran. Oleh sebab itu, jika orang tidak bekerja, maka tak layak mendapat bayaran alias gaji.

"Tadi itu kita berharap bahwa harusnya gaji atau remunerasi yang diterima pejabat publik, bukan cuma DPR, itu berdasarkan hasil kerjanya. Tapi pada saat yang sama Pak Agus (Ketua KPK Agus Rahardjo) bilang gubernur, bupati, itu gaji yang tertulis Rp 5 juta - Rp 6 juta. Kan nggak masuk akal. Jadi kalau mau reformasi birokrasi itu, kita harus serius," ujar Syarif saat berbincang dengan detikcom.

"Itu kan pekerjaannya (DPR) salah satunya membuat undang-undang. Kalau dia buat undang-undang terus nggak jadi-jadi undang-undangnya, seharusnya nggak berhak gitu mendapat gaji," sambung Syarif.

Namun, dia mengatakan hal ini baru sebatas wacana dan bukan usul resmi dari KPK. Menurutnya, selama ini yang ingin diterapkan di pemerintahan adalah merit system.

"Sekarang merit system kan. Jadi orang itu harus berdasarkan itu (kinerja). Ya kalau kita jadi buruh di jalan juga rajin kita kerja, kita dapat lebih banyak. Jadi sopir juga begitu. Di mana saja, jadi pengusaha juga begitu. Jadi kalau sekarang masa kerja dan nggak kerja sama saja gajinya. Sedangkan yang tanggung jawabnya besar kayak gubernur dan bupati, negara menghargainya juga sangat sedikit dan passion untuk berbuat tidak jujur itu menjadi tinggi. Apalagi kalau biaya politiknya mahal," jelasnya.

Wacana anggota DPR tak digaji jika UU tak tuntas ini disambut oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Dia setuju asalkan ketentuan itu juga berlaku untuk pemerintah. Alasannya, pemerintah juga terlibat dalam pembuatan UU.

"Soal UU saya setuju omongan Pak Saut yang bilang kalau ada anggota DPR yang nggak mau ngerjain UU nggak usah di gaji. Tapi masalahnya hambatan datang dari pemerintah, karena konstitusi kita menulis, melahirkan UU itu DPR bersama pemerintah," tutur Bamsoet.

Dia kemudian mencontohkan pembahasan UU yang belum selesai karena pemerintah tidak mau hadir. Bamsoet mengatakan UU bakal cepat selesai jika DPR dan pemerintah sama-sama sepakat.

"Contoh kalau pemerintah sering nggak datang, maka dipastikan pemerintah tidak setuju dengan UU itu. Sekarang yang sudah 16 kali masa sidang, larangan minuman beralkohol, dan UU tembakau. Dan saya lihat daftar absen, pemerintah nggak pernah datang, datang saja masalah riset nggak pernah dibuat,"

"Jadi sebenarnya gampang kalau pemerintah nya setuju. Kita juga setuju kebijakan (soal gaji) tadi, setuju kalau pemerintahnya juga nggak digaji ha-ha," sambungnya.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: KPK Gulirkan Wacana DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
Jokowi Masih Unggul di Real Count KPU 16,4 Persen!

(22-04-2019 21:10:13 - Dibaca 173 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
Soal Hasutan People Power, Moeldoko: Pemerintah Akan Tindak Tegas!

(20-04-2019 19:13:01 - Dibaca 746 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
Real Count KPU Sore Ini Tetap Jokowi Masih Ungguli Prabowo!

(20-04-2019 17:25:31 - Dibaca 858 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
Hasil Final QC LSI Denny JA: Jokowi Menang Telak Dengan Selisih Dua Digit!

(20-04-2019 15:22:34 - Dibaca 2.039 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
Kunjungi Grand Indonesia, Jokowi Makan Siang Bareng Relawan!

(20-04-2019 15:03:09 - Dibaca 367 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
Usai Pemilu 2019, Jokowi-Ma'ruf Amin Gaungkan Pesan Persatuan!

(20-04-2019 07:35:39 - Dibaca 189 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
Tsamara Tegaskan Setia dengan PSI Saat Ditawari Cak Imin Waketum PKB!

(19-04-2019 09:08:26 - Dibaca 217 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
Mahathir Hingga Erdogan Telepon Ucapkan Selamat Kepada Jokowi!

(18-04-2019 18:21:19 - Dibaca 593 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
TPS Sultan Yogya, Jokowi-Ma'ruf Amin Berjaya!

(17-04-2019 15:47:35 - Dibaca 1.783 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
Ini Komentar Santai Ma'ruf Amin Usai Nyoblos!

(17-04-2019 10:48:13 - Dibaca 340 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
Usai Nyoblos Bareng Iriana, Ini Komentar Jokowi!

(17-04-2019 10:43:26 - Dibaca 240 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
Bisa Dipidana Jika Tutup TPS Pukul 13.00 WIB Saat Pemilih Masih Antre!

(16-04-2019 22:32:37 - Dibaca 506 Kali)

 
- BERITA LAIN -
KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
Gagal Bertemu Luhut, Hashim Sebut Prabowo Sedang Sakit?

(22-04-2019 21:24:05 - Dibaca 83 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
PKS DKI Optimis Prabowo-Sandi Jadi Presiden dan Wakil Presiden?

(22-04-2019 21:15:08 - Dibaca 114 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
Jokowi Masih Unggul di Real Count KPU 16,4 Persen!

(22-04-2019 21:10:13 - Dibaca 173 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
BPN Minta Bupati Pro-Jokowi Lain yang Kalah Suara Untuk Mundur?

(22-04-2019 06:53:40 - Dibaca 958 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
GP Ansor Kutuk Teror Bom Srilanka!

(22-04-2019 06:45:08 - Dibaca 115 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
Hari Ini, Siswa SD Mulai Jalani USBN!

(22-04-2019 06:41:29 - Dibaca 66 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
Acara Syukuran 'Kemenangan' Jokowi, 'Siap Presiden' Jadi Banyolan?

(21-04-2019 21:59:34 - Dibaca 781 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
Prabowo Bertemu Dahlan Iskan, Bahas apa?

(21-04-2019 21:54:12 - Dibaca 197 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
Aturan Pilpres Dengan Dua Paslon: Pemenangnya adalah Peraih Suara Terbanyak!

(21-04-2019 21:48:39 - Dibaca 192 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
Teror Bom di Perayaan Paskah, Sri Lanka Berduka!

(21-04-2019 21:39:17 - Dibaca 115 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
Bambang Widjojanto Sebut Pemilu 2019 Terburuk Pasca Reformasi?

(21-04-2019 19:14:21 - Dibaca 652 Kali)

KPK Usul DPR Tak Digaji Jika UU Tak Rampung, Apakah Anda Setuju?
Soal Hasutan People Power, Moeldoko: Pemerintah Akan Tindak Tegas!

(20-04-2019 19:13:01 - Dibaca 746 Kali)

BPN Minta Bupati Pro-Jokowi Lain yang Kalah Suara Untuk Mundur?
GP Ansor Kutuk Teror Bom Srilanka!
Hari Ini, Siswa SD Mulai Jalani USBN!

TERPOPULER

1. Sandiaga Cium Tangan Penjual Ayam Saat Kunjungi Pasar Agung Depok, Buat apa?

2. Sandiaga Sebut Mayoritas Masyarakat Indonesia Ingin Pemimpin Baru, Masyarakat yang mana?