Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!
SBY Tak Hadir di Debat Perdana Capres, Mengapa?



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
 
16-12-2018 14:21:44 - Dibaca 268 Kali
 
 
Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Fraksi Gerindra ikut dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II DPR dengan KPU membahas kotak suara dari karton kedap air, yang kini ramai disebut kotak suara kardus. Kenapa Gerindra baru protes sekarang?

Ramai soal kotak suara 'kardus' ini dimulai di media sosial. Banyak yang mempertanyakan kotak suara Pemilu 2019 yang dibuat dari karton kedap suara.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga menyuarakan protes. Direktur Relawan BPN Prabowo-Sandiaga, Ferry Mursyidan Baldan, menyinggung kotak suara Pilpres 2019 yang menurutnya terbuat dari bahan kardus.


"Kita cermati soal kotak suara yang kardus. Kalau memang harus dari kardus, kenapa nggak pakai bungkus daun pisang saja. Mbok ya kalau miskin jangan tanggung-tanggung ya kan. Miskin sekalian aja biar bangsa ini kelihatan, kotak suara dari daun pisang sekalian, kelihatan," kata Ferry saat menghadiri acara deklarasi relawan alumni Universitas Gadjah Mada pendukung Prabowo-Sandi (Relagama PAS 2019) di Joglo Engking Resto, Sleman, Sabtu (15/12/2018).

Anggota BPN Prabowo-Sandi, Chusni Mubarok, menilai wajar jika keputusan KPU menuai kritik dari masyarakat. Menurutnya, kotak suara 'kardus' semakin menambah keraguan masyarakat mengenai kredibilitas pemilu mendatang.

"Saat ini kan marak ancaman Pemilu 2019 berlangsung tidak fair. Mulai dari tercecernya e-KTP hingga daftar pemilih yang juga masih bermasalah. Ditambah lagi kondisi fisik kotak suara seperti ini (pakai kardus). Inilah yang akan memunculkan kecurigaan di tengah masyarakat," ujar Chusni dalam keterangannya, Sabtu (15/12/2018).

Dia berujar, seharusnya KPU sangat peka dengan perkara semacam ini. Karena indikasi kecurangan di pilpres mendatang sudah sangat terang. Jika tidak dapat dicegah sejak saat ini, khawatir masyarakat akan semakin kehilangan kepercayaannya kepada penyelenggara pemilu.

"Bahkan siapa pun bisa buka kardus itu tanpa berbekas atau tanpa buka gemboknya. Sepertinya banyak orang juga bisa lakukan itu. Artinya, gembok di situ nggak ada artinya," katanya.

Ketua DPP Gerindra yang juga Wakil Ketua Komisi II DPR, Ahmad Riza Patria, juga mengaku kaget dengan kotak suara 'kardus' itu. Namun dia mengakui kotak suara itu sudah dipresentasikan di depan Komisi II DPR.

"Mengenai kekuatan itu, menurut KPU di rapat tadi itu bisa kuat, diduduki oleh Ketua KPU Arif Budiman dia nggak hancur. Kemudian air dia (kardus) tahan air, jadi kira-kira itu penjelasan dari KPU dia kuat. Namun kan penjelasan kita secara umum namanya kardus kan, tidak tahan lama. Apalagi kita dengar berita berapa hari ini, saya lupa di daerah mana, yang kena banjir hancur kotak suaranya," tutur Riza menceritakan soal isi rapat saat KPU mempresentasikan kotak suara karton kedap air di depan Komisi II DPR.

PPP mengkritik protes Gerindra yang baru disuarakan sekarang ini. Anggota Komisi II DPR, Achmad Baidowi, meminta Gerindra jujur.

"Bisa dicek saja dalam risalah RDP saat membahas hal tersebut. Dan Pak Riza sendiri adalah Wakil Ketua Komisi II DPR yang juga memimpin rapat-rapat pembahasan PKPU dalam RDP bersama KPU, Bawaslu dan pemerintah. Saat KPU menyimulasikan dua opsi kotak suara transparan dan hingga akhirnya mengerucut kepada karton kedap air semuanya sepakat tidak ada yang keberatan," kata Baidowi.

"Kalau kemudian sekarang merasa kaget perlu ditanyakan lagi saat rapat tersebut ngapain? Janganlah kita hanya gara-gara pencitraan politik terus mengesampingkan sikap jujur dan tanggung jawab. Dan Pak Riza itu pimpinan kami di Komisi II yang turut memimpin setiap rapat," imbuhnya.

KPU mengungkap hal serupa. Saat rapat di DPR, tak ada fraksi yang protes terhadap kotak suara kedap air tersebut.

"Sudah selesai dalam forum rapat dengar pendapat saat konsultasi draf PKPU Nomor 15 Tahun 2018 pada Maret/April 2018. Jauh sebelum ribut copras-capres. Tidak ada parpol yang menolak, tidak ada yang walkout," ujar Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi kepada detikcom, Minggu (16/12/2018).
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: F-Gerindra DPR Setujui Kotak Suara 'Kardus', Kenapa Baru Protes Sekarang?
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!

(18-01-2019 09:52:03 - Dibaca 216 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Keluarga Bakal Sambut Dihari Kebebasan Ahok!

(16-01-2019 08:52:19 - Dibaca 278 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Soal Ada yang Bilang Indonesia Bubar dan Punah, Ini Pernyataan Tegas Jokowi!

(13-01-2019 11:16:39 - Dibaca 332 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Ada Agnez Mo di Istana Negara, Mau Bahas Apa?

(11-01-2019 12:34:53 - Dibaca 1.817 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Terkait Hoax, Ini Respon Tegas Moeldoko!

(11-01-2019 06:27:54 - Dibaca 142 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Mendagri: Pihak yang Kampanye Dengan Hoax dan Ujaran Kebencian Adalah Penjahat Demokrasi!

(08-01-2019 09:15:47 - Dibaca 117 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
KPU: Jangan pas rapat senyam-senyum nggak protes, nggak apa, tapi di luar teriak-teriak!

(07-01-2019 14:48:44 - Dibaca 413 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Polri Ikut Kirim Personel Dalam Misi Perdamaian PBB di Kongo!

(06-01-2019 10:26:29 - Dibaca 98 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Pedagang Pasar Klaim Harga Turun Saat Jokowi Belanja Daging Ayam!

(04-01-2019 11:02:48 - Dibaca 121 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Hasil Cek Bea-Cukai, Tak Ada 7 Kontainer Kotak Suara dari China!

(03-01-2019 14:33:49 - Dibaca 252 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Soal Tantangan Andi Arief ke Jokowi, Ini Kata Novel Baswedan!

(31-12-2018 16:06:47 - Dibaca 3.075 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Terkait Tes Baca Alquran, Ma'ruf Amin Siap Datang ke Aceh!

(30-12-2018 13:48:49 - Dibaca 187 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 34 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!

(18-01-2019 09:52:03 - Dibaca 216 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
SBY Tak Hadir di Debat Perdana Capres, Mengapa?

(18-01-2019 09:45:09 - Dibaca 125 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Usai Debat Capres, Erick Thohir Sebut Jokowi Jadi Imam yang Baik!

(18-01-2019 09:38:20 - Dibaca 393 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Ini Reaksi Ganjar Soal Prabowo Sebut Jateng Lebih Besar dari Malaysia!

(18-01-2019 08:54:08 - Dibaca 2.254 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Amien Rais Kritik Cawapres Ma'ruf Amin, Ini Jawaban Tegas TKN!

(18-01-2019 08:50:04 - Dibaca 427 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Ini Gaji Fantastis Pejabat Korup RI yang Prabowo Sebut Gajinya Rendah!

(18-01-2019 08:38:14 - Dibaca 1.341 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Pernyataan Tajam Prabowo ini Langsung Dijawab Tegas Jokowi!

(18-01-2019 08:19:20 - Dibaca 261 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
BPN Tak Percayai Hasil Survei Charta Politika yang Unggulkan Jokowi, Mengapa?

(17-01-2019 09:32:24 - Dibaca 314 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Jokowi Unggul Hampir 20% di Survei, Ini Respon Positif PDIP!

(17-01-2019 09:27:00 - Dibaca 354 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Jokowi Unggul Jauh di Survei Tebaru Charta Politika!

(17-01-2019 09:23:29 - Dibaca 1.186 Kali)

Soal Kotak Suara dari Kardus, Mengapa Gerindra Baru Protes Sekarang?
Soal Kebijakan Pangan, Gerindra Sebut Jokowi Abai Undang-Undang?

(17-01-2019 05:37:23 - Dibaca 59 Kali)

Usai Debat Capres, Erick Thohir Sebut Jokowi Jadi Imam yang Baik!
Ini Reaksi Ganjar Soal Prabowo Sebut Jateng Lebih Besar dari Malaysia!
Amien Rais Kritik Cawapres Ma'ruf Amin, Ini Jawaban Tegas TKN!

TERPOPULER