Anies Sebut Tiongkok Soal Anggaran Bambu, Ini Kritik Tegas Tsamara!
Ada Truk BBM Terbakar di Tol Cawang dan Dilaporkan ada yang Tewas!
Tak Sepakat Dengan Amien Rais, NasDem: Masa Menang Ikut Program yang Kalah?



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
 
16-12-2018 14:25:28 - Dibaca 287 Kali
 
 
Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Kotak suara Pemilu 2019, yang berbahan duplex atau karton kedap air, yang ramai disebut kotak suara kardus, dipersoalkan Badan Pemenangan Prabowo-Sandiaga. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan semua fraksi di DPR sudah menyetujui ketentuan kotak suara tersebut.

"Sudah selesai dalam forum rapat dengar pendapat saat konsultasi draf PKPU Nomor 15 Tahun 2018 pada bulan Maret/April 2018. Jauh sebelum ribut copras-capres. Tidak ada parpol yang menolak, tidak ada yang walkout," ujar Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi kepada detikcom, Minggu (16/12/2018).

Komisi II DPR dari F-Gerindra, yang diwakili Ahmad Riza Patria, mengaku kaget setelah mengetahui kotak suara yang diusulkan transparan itu terbuat dari kardus. KPU lantas menjelaskan duduk persoalannya.


KPU menerangkan, ide bahan kotak suara bermula dari penjelasan Pasal 341 UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu yang mengamanatkan kotak suara harus transparan. KPU diberikan mandat untuk mengatur bentuk, ukuran, dan spesifikasi teknis kotak suara.

"Setelah mempertimbangkan berbagai alternatif bahan (yang akan saya jelaskan di tulisan lain), KPU mengusulkan penggunaan bahan duplex atau karton kedap air serta transparan satu sisi. Bahan ini berbeda dengan kardus mi instan atau air kemasan," kata Pramono.

Usulan KPU kemudian dituangkan dalam draf PKPU dan dibawa dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR-pemerintah pada Maret 2018. Singkat kata, semua fraksi menyetujui usulan KPU dan draf diajukan ke Kemenkumham. Draf inilah yang menjadi PKPU Nomor 15/2018 tentang 'norma, standar, prosedur, kebutuhan pengadaan, dan pendistribusian perlengkapan penyelenggaraan pemilihan umum'.

"Dan akhirnya Kemenkumham mengesahkan PKPU Nomor 15/2018 pada 24 April 2018 yang pada Pasal 7 ayat (1) mengatur bahwa kotak suara menggunakan bahan karton kedap air yang transparan satu sisi," terang Pramono.

Sebelumnya, Riza Patria mengaku awalnya mengusulkan ke KPU supaya kotak suara untuk pemilu dibuat transparan. Ketua DPP Gerindra itu mengungkapkan, usul agar kotak suara transparan itu belajar dari pemilu yang diselenggarakan beberapa negara lain.

"Memang yang pertama dari Gerindra, termasuk yang meminta dan mengusulkan dalam undang-undang itu adalah kotak suara itu transparan, yang dimaksud transparan itu artinya bisa dilihat, surat suaranya bisa dilihat. Jadi, kalau orang masukin kelihatan, di dalam kelihatan," ujar Riza Patria saat dihubungi detikcom, Sabtu (16/12).

Namun Riza mengakui kotak 'kardus' itu sudah dipresentasikan oleh KPU di Komisi II DPR. Saat itu KPU menjamin karton kedap air itu memenuhi standar.

"Mengenai kekuatan itu, menurut KPU di rapat tadi, itu bisa kuat, diduduki oleh Ketua KPU Arif Budiman dia nggak hancur. Kemudian air dia (kardus) tahan air, jadi kira-kira itu penjelasan dari KPU dia kuat. Namun kan penjelasan kita secara umum, namanya kardus kan tidak tahan lama. Apalagi kita dengar berita berapa hari ini, saya lupa di daerah mana, yang kena banjir hancur kotak suaranya," tutur Riza menceritakan soal isi rapat saat KPU mempresentasikan kotak suara karton kedap air di depan Komisi II DPR.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: KPU: Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara 'Kardus'
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Soal Pemindahan Ibu Kota, Ahok: Mudah-mudahan Pak Jokowi Pilih Kaltim!

(19-07-2019 05:58:25 - Dibaca 322 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Soal Pertemuan Jokowi-Prabowo, Ini Komentar Positif Mahfud Md!

(13-07-2019 17:22:52 - Dibaca 296 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Momen Jokowi dan Prabowo Bareng Naik MRT!

(13-07-2019 17:16:17 - Dibaca 168 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
JK Sindir Kepala Daerah yang Sering ke Luar Negeri, Siapa?

(13-07-2019 08:13:23 - Dibaca 296 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Hari Ini, Ratna Sarumpaet Jalani Sidang Vonis!

(11-07-2019 07:32:31 - Dibaca 151 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!

(09-07-2019 21:17:11 - Dibaca 246 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Kasus Teror Novel, Tim Gabungan Bentukan Polri Sebut Ada Motif Politik?

(09-07-2019 21:06:12 - Dibaca 239 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Saat Jokowi Kenang Prinsip Hidup Sutopo!

(07-07-2019 21:27:02 - Dibaca 167 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Jenazah Sutopo Tiba di Bandara Soekarno-Hatta

(07-07-2019 21:13:50 - Dibaca 258 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Pertama Kali Naik MRT di Jakarta, Ini Kesan Ahok!

(06-07-2019 09:14:20 - Dibaca 147 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Pilpres Sudah Selesai, Jokowi: Mari Bersatu Kembali Bangun NKRI!

(04-07-2019 19:38:47 - Dibaca 110 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Soal Kepala Daerah Pergi Keluar Negeri, Mendagri Perketat Aturan!

(02-07-2019 08:49:01 - Dibaca 133 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Anies Sebut Tiongkok Soal Anggaran Bambu, Ini Kritik Tegas Tsamara!

(21-07-2019 10:12:24 - Dibaca 740 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Ada Truk BBM Terbakar di Tol Cawang dan Dilaporkan ada yang Tewas!

(21-07-2019 10:04:44 - Dibaca 187 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Tak Sepakat Dengan Amien Rais, NasDem: Masa Menang Ikut Program yang Kalah?

(21-07-2019 08:48:13 - Dibaca 246 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Amien Rais Minta Rekonsiliasi Porsi 55:45, Ini Respon Tegas PDIP!

(21-07-2019 08:43:37 - Dibaca 587 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Ketum PAN Klaim Amien Rais Dukung Jokowi, Ini Protes Hanafi Rais!

(20-07-2019 10:30:52 - Dibaca 201 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Soal Pemindahan Ibu Kota, Ahok: Mudah-mudahan Pak Jokowi Pilih Kaltim!

(19-07-2019 05:58:25 - Dibaca 322 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Anies Tunda Sehari Kepulangannya dari Luar Negeri, Buat apa?

(18-07-2019 19:06:51 - Dibaca 148 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Gerindra DKI Bela Anies Soal Instalasi Bambu Rp550 Juta, Mengapa?

(18-07-2019 18:59:01 - Dibaca 303 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Deretan Aksi Begal Payudara di Yogya Makin Panjang!

(18-07-2019 08:22:55 - Dibaca 400 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Instalasi Bambu di Bundaran HI Dibongkar Petugas, Mengapa?

(18-07-2019 08:16:10 - Dibaca 275 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?

(17-07-2019 19:45:36 - Dibaca 182 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Ratna Sarumpaet Ajukan Banding Kasus Hoaks!

(17-07-2019 19:41:07 - Dibaca 125 Kali)

Amien Rais Minta Rekonsiliasi Porsi 55:45, Ini Respon Tegas PDIP!
Ketum PAN Klaim Amien Rais Dukung Jokowi, Ini Protes Hanafi Rais!
Soal Pemindahan Ibu Kota, Ahok: Mudah-mudahan Pak Jokowi Pilih Kaltim!

TERPOPULER

1. Anies Tantang Balik yang Kritik Untuk Atasi Masalah Kali Item!

2. Prabowo Sebut Rakyat Sudah Lelah dengan Pemerintahan yang Kotor?

3. Proyek 6 Ruas Tol DKI Diambil Alih Pemerintah Pusat Karena Anies Menolak Lanjutkan?

4. Anies Tolak Laporkan Hadiah dari Ulama Ghana, Ini Reaksi Tegas KPK!

5. Setelah Singapura, Sandiaga akan Kunker ke Rusia, Mau apa?

6. Ini Alasan Sandiaga Pemprov DKI Impor Bawang Putih dari China!

7. Dinilai Mampu Putus Rezim yang Zalim, Antasari Deklarasi Dukung Jokowi!

8. Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!

9. Anies Bentuk Tim Baru Untuk Atasi Masalah Dalam Perumusan, Perumusan apa?

10. Gerindra Klaim Kinerja DKI Tetap Baik Walau Anies-Sandi Sibuk Pilpres, Benarkah?




HUKUM & KRIMINAL EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.