Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!
SBY Tak Hadir di Debat Perdana Capres, Mengapa?



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
 
16-12-2018 14:25:28 - Dibaca 216 Kali
 
 
Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Kotak suara Pemilu 2019, yang berbahan duplex atau karton kedap air, yang ramai disebut kotak suara kardus, dipersoalkan Badan Pemenangan Prabowo-Sandiaga. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan semua fraksi di DPR sudah menyetujui ketentuan kotak suara tersebut.

"Sudah selesai dalam forum rapat dengar pendapat saat konsultasi draf PKPU Nomor 15 Tahun 2018 pada bulan Maret/April 2018. Jauh sebelum ribut copras-capres. Tidak ada parpol yang menolak, tidak ada yang walkout," ujar Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi kepada detikcom, Minggu (16/12/2018).

Komisi II DPR dari F-Gerindra, yang diwakili Ahmad Riza Patria, mengaku kaget setelah mengetahui kotak suara yang diusulkan transparan itu terbuat dari kardus. KPU lantas menjelaskan duduk persoalannya.


KPU menerangkan, ide bahan kotak suara bermula dari penjelasan Pasal 341 UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu yang mengamanatkan kotak suara harus transparan. KPU diberikan mandat untuk mengatur bentuk, ukuran, dan spesifikasi teknis kotak suara.

"Setelah mempertimbangkan berbagai alternatif bahan (yang akan saya jelaskan di tulisan lain), KPU mengusulkan penggunaan bahan duplex atau karton kedap air serta transparan satu sisi. Bahan ini berbeda dengan kardus mi instan atau air kemasan," kata Pramono.

Usulan KPU kemudian dituangkan dalam draf PKPU dan dibawa dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR-pemerintah pada Maret 2018. Singkat kata, semua fraksi menyetujui usulan KPU dan draf diajukan ke Kemenkumham. Draf inilah yang menjadi PKPU Nomor 15/2018 tentang 'norma, standar, prosedur, kebutuhan pengadaan, dan pendistribusian perlengkapan penyelenggaraan pemilihan umum'.

"Dan akhirnya Kemenkumham mengesahkan PKPU Nomor 15/2018 pada 24 April 2018 yang pada Pasal 7 ayat (1) mengatur bahwa kotak suara menggunakan bahan karton kedap air yang transparan satu sisi," terang Pramono.

Sebelumnya, Riza Patria mengaku awalnya mengusulkan ke KPU supaya kotak suara untuk pemilu dibuat transparan. Ketua DPP Gerindra itu mengungkapkan, usul agar kotak suara transparan itu belajar dari pemilu yang diselenggarakan beberapa negara lain.

"Memang yang pertama dari Gerindra, termasuk yang meminta dan mengusulkan dalam undang-undang itu adalah kotak suara itu transparan, yang dimaksud transparan itu artinya bisa dilihat, surat suaranya bisa dilihat. Jadi, kalau orang masukin kelihatan, di dalam kelihatan," ujar Riza Patria saat dihubungi detikcom, Sabtu (16/12).

Namun Riza mengakui kotak 'kardus' itu sudah dipresentasikan oleh KPU di Komisi II DPR. Saat itu KPU menjamin karton kedap air itu memenuhi standar.

"Mengenai kekuatan itu, menurut KPU di rapat tadi, itu bisa kuat, diduduki oleh Ketua KPU Arif Budiman dia nggak hancur. Kemudian air dia (kardus) tahan air, jadi kira-kira itu penjelasan dari KPU dia kuat. Namun kan penjelasan kita secara umum, namanya kardus kan tidak tahan lama. Apalagi kita dengar berita berapa hari ini, saya lupa di daerah mana, yang kena banjir hancur kotak suaranya," tutur Riza menceritakan soal isi rapat saat KPU mempresentasikan kotak suara karton kedap air di depan Komisi II DPR.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: KPU: Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara 'Kardus'
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!

(18-01-2019 09:52:03 - Dibaca 216 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Keluarga Bakal Sambut Dihari Kebebasan Ahok!

(16-01-2019 08:52:19 - Dibaca 278 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Soal Ada yang Bilang Indonesia Bubar dan Punah, Ini Pernyataan Tegas Jokowi!

(13-01-2019 11:16:39 - Dibaca 332 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Ada Agnez Mo di Istana Negara, Mau Bahas Apa?

(11-01-2019 12:34:53 - Dibaca 1.817 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Terkait Hoax, Ini Respon Tegas Moeldoko!

(11-01-2019 06:27:54 - Dibaca 142 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Mendagri: Pihak yang Kampanye Dengan Hoax dan Ujaran Kebencian Adalah Penjahat Demokrasi!

(08-01-2019 09:15:47 - Dibaca 117 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
KPU: Jangan pas rapat senyam-senyum nggak protes, nggak apa, tapi di luar teriak-teriak!

(07-01-2019 14:48:44 - Dibaca 413 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Polri Ikut Kirim Personel Dalam Misi Perdamaian PBB di Kongo!

(06-01-2019 10:26:29 - Dibaca 98 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Pedagang Pasar Klaim Harga Turun Saat Jokowi Belanja Daging Ayam!

(04-01-2019 11:02:48 - Dibaca 121 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Hasil Cek Bea-Cukai, Tak Ada 7 Kontainer Kotak Suara dari China!

(03-01-2019 14:33:49 - Dibaca 251 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Soal Tantangan Andi Arief ke Jokowi, Ini Kata Novel Baswedan!

(31-12-2018 16:06:47 - Dibaca 3.074 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Terkait Tes Baca Alquran, Ma'ruf Amin Siap Datang ke Aceh!

(30-12-2018 13:48:49 - Dibaca 187 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 34 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!

(18-01-2019 09:52:03 - Dibaca 216 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
SBY Tak Hadir di Debat Perdana Capres, Mengapa?

(18-01-2019 09:45:09 - Dibaca 124 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Usai Debat Capres, Erick Thohir Sebut Jokowi Jadi Imam yang Baik!

(18-01-2019 09:38:20 - Dibaca 392 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Ini Reaksi Ganjar Soal Prabowo Sebut Jateng Lebih Besar dari Malaysia!

(18-01-2019 08:54:08 - Dibaca 2.246 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Amien Rais Kritik Cawapres Ma'ruf Amin, Ini Jawaban Tegas TKN!

(18-01-2019 08:50:04 - Dibaca 427 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Ini Gaji Fantastis Pejabat Korup RI yang Prabowo Sebut Gajinya Rendah!

(18-01-2019 08:38:14 - Dibaca 1.338 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Pernyataan Tajam Prabowo ini Langsung Dijawab Tegas Jokowi!

(18-01-2019 08:19:20 - Dibaca 261 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
BPN Tak Percayai Hasil Survei Charta Politika yang Unggulkan Jokowi, Mengapa?

(17-01-2019 09:32:24 - Dibaca 314 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Jokowi Unggul Hampir 20% di Survei, Ini Respon Positif PDIP!

(17-01-2019 09:27:00 - Dibaca 354 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Jokowi Unggul Jauh di Survei Tebaru Charta Politika!

(17-01-2019 09:23:29 - Dibaca 1.186 Kali)

Dipersoalkan Kubu Prabowo, KPU Klaim Semua Fraksi DPR Setuju Kotak Suara Dari Kardus!
Soal Kebijakan Pangan, Gerindra Sebut Jokowi Abai Undang-Undang?

(17-01-2019 05:37:23 - Dibaca 59 Kali)

Usai Debat Capres, Erick Thohir Sebut Jokowi Jadi Imam yang Baik!
Ini Reaksi Ganjar Soal Prabowo Sebut Jateng Lebih Besar dari Malaysia!
Amien Rais Kritik Cawapres Ma'ruf Amin, Ini Jawaban Tegas TKN!

TERPOPULER