PKS DKI Optimis Prabowo-Sandi Jadi Presiden dan Wakil Presiden?
Jokowi Masih Unggul di Real Count KPU 16,4 Persen!
BPN Minta Bupati Pro-Jokowi Lain yang Kalah Suara Untuk Mundur?



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
 
12-04-2019 17:56:59 - Dibaca 860 Kali
 
 
LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebut elektabilitas Joko Widodo - Ma'ruf Amin bisa saja menyentuh angka 65,8 persen di Pilpres 2019. Angka tersebut adalah batas atas hasil survei yang digelar LSI Denny JA.

Jika bisa menyentuh angka tersebut, rekor perolehan suara Jokowi-Maruf bisa memecahkan rekor yang sampai saat ini dipegang Susilo Bambang Yudhoyono yang berpasangan dengan Boediono di Pilpres 2009. Saat itu SBY mendapat suara 60,8 persen.

"Jokowi-Ma'ruf berpotensi bisa pecahkan telur rekor yang masih dipegang oleh SBY pada 2009. Karena survei kami menunjukkan batas atas Jokowi ada 65,8 persen, " kata Peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa di Kantor LSI, Jakarta Timur, Jumat (12/4).

Ardian Sopa mengatakan, rentang elektabilitas Jokowi-Ma'ruf berada di angka 55,9 - 65,8 persen. Sementara pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno elektabilitasnya di rentang 34,2 persen dan 44,1 persen.


Menurutnya, jika Jokowi-Ma'ruf mendapat suara di batas bawah yakni 55,9 persen dan Prabowo-Sandi di atas 44,1 persen, selisihnya masih tinggi. Karena itu Ardian memperkirakan Jokowi-Ma'ruf bakal menang telak.

"Jokowi-Maruf diproyeksikan tetap menang telak dengan selisih diatas dua digit, " ujar Ardian

Survei dilakukan pada 4 sampai 9 April 2019 yang melibatkan 2 .000 responden dengan metode multistage random sampling. Margin of error dari survei ini sebesar 2,2 persen.

Besarnya responden yang dipakai menurut Ardian membuat tingkat kesalahan survei ini turun. Biasanya dengan responden 1.200 orang, margin of error sebesar 2,9 persen. Dengan responden 2.000 orang margin of error jadi turun menjadi 2,2 persen.

"Ini ikhitar untuk menggambarkan lebih akurat populasi dan persepsi yang ada di masyarakat," katanya.

Ardian mengatakan dalam survei kali ini, peneliti tidak hanya bertanya langsung ke responden soal pilihan politik. Akan tetapi responden, diberikan simulasi pemilihan surat suara.

loading...

Simulasi ini juga menunjukkan ada 0,5 persen suara tak sah karena masih ada kesalahan yang dilakukan responden ketika mencoblos.

Selain survei, LSI Denny JA juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan wawancara mendalam.

Survei lembaga lain, Saiful Mujani Research Center (SMRC) juga masih menempatkan Jokowi-Ma'ruf bakal unggul di Pilpres.

SMRC menyebut Jokowi-Ma'ruf bakal mendapat 56,8 persen. Sementara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 37 persen. Responden yang belum menentukan pilihan sebanyak 6,3 persen.

Selisih perolehan suara Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi menurut SMRC sebesar 19,8 persen.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: LSI Denny JA Sebut Suara Jokowi Bisa Lewati Rekor SBY di 2009
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
Jokowi Masih Unggul di Real Count KPU 16,4 Persen!

(22-04-2019 21:10:13 - Dibaca 96 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
Soal Hasutan People Power, Moeldoko: Pemerintah Akan Tindak Tegas!

(20-04-2019 19:13:01 - Dibaca 745 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
Real Count KPU Sore Ini Tetap Jokowi Masih Ungguli Prabowo!

(20-04-2019 17:25:31 - Dibaca 856 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
Hasil Final QC LSI Denny JA: Jokowi Menang Telak Dengan Selisih Dua Digit!

(20-04-2019 15:22:34 - Dibaca 2.038 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
Kunjungi Grand Indonesia, Jokowi Makan Siang Bareng Relawan!

(20-04-2019 15:03:09 - Dibaca 367 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
Usai Pemilu 2019, Jokowi-Ma'ruf Amin Gaungkan Pesan Persatuan!

(20-04-2019 07:35:39 - Dibaca 189 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
Tsamara Tegaskan Setia dengan PSI Saat Ditawari Cak Imin Waketum PKB!

(19-04-2019 09:08:26 - Dibaca 217 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
Mahathir Hingga Erdogan Telepon Ucapkan Selamat Kepada Jokowi!

(18-04-2019 18:21:19 - Dibaca 593 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
TPS Sultan Yogya, Jokowi-Ma'ruf Amin Berjaya!

(17-04-2019 15:47:35 - Dibaca 1.783 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
Ini Komentar Santai Ma'ruf Amin Usai Nyoblos!

(17-04-2019 10:48:13 - Dibaca 340 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
Usai Nyoblos Bareng Iriana, Ini Komentar Jokowi!

(17-04-2019 10:43:26 - Dibaca 240 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
Bisa Dipidana Jika Tutup TPS Pukul 13.00 WIB Saat Pemilih Masih Antre!

(16-04-2019 22:32:37 - Dibaca 506 Kali)

 
- BERITA LAIN -
LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
PKS DKI Optimis Prabowo-Sandi Jadi Presiden dan Wakil Presiden?

(22-04-2019 21:15:08 - Dibaca 65 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
Jokowi Masih Unggul di Real Count KPU 16,4 Persen!

(22-04-2019 21:10:13 - Dibaca 96 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
BPN Minta Bupati Pro-Jokowi Lain yang Kalah Suara Untuk Mundur?

(22-04-2019 06:53:40 - Dibaca 953 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
GP Ansor Kutuk Teror Bom Srilanka!

(22-04-2019 06:45:08 - Dibaca 115 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
Hari Ini, Siswa SD Mulai Jalani USBN!

(22-04-2019 06:41:29 - Dibaca 66 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
Acara Syukuran 'Kemenangan' Jokowi, 'Siap Presiden' Jadi Banyolan?

(21-04-2019 21:59:34 - Dibaca 781 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
Prabowo Bertemu Dahlan Iskan, Bahas apa?

(21-04-2019 21:54:12 - Dibaca 194 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
Aturan Pilpres Dengan Dua Paslon: Pemenangnya adalah Peraih Suara Terbanyak!

(21-04-2019 21:48:39 - Dibaca 192 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
Teror Bom di Perayaan Paskah, Sri Lanka Berduka!

(21-04-2019 21:39:17 - Dibaca 115 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
Bambang Widjojanto Sebut Pemilu 2019 Terburuk Pasca Reformasi?

(21-04-2019 19:14:21 - Dibaca 651 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
Soal Hasutan People Power, Moeldoko: Pemerintah Akan Tindak Tegas!

(20-04-2019 19:13:01 - Dibaca 745 Kali)

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Berpotensi Pecahkan Rekor SBY Pada 2009!
Warga Kampung Deret Pejompongan Potong Tumpeng Rayakan Jokowi Menang Versi QC!

(20-04-2019 18:55:22 - Dibaca 650 Kali)

GP Ansor Kutuk Teror Bom Srilanka!
Hari Ini, Siswa SD Mulai Jalani USBN!
Acara Syukuran 'Kemenangan' Jokowi, 'Siap Presiden' Jadi Banyolan?

TERPOPULER

1. Sandiaga Cium Tangan Penjual Ayam Saat Kunjungi Pasar Agung Depok, Buat apa?

2. Sandiaga Sebut Mayoritas Masyarakat Indonesia Ingin Pemimpin Baru, Masyarakat yang mana?