Soal Kisruh KPK, Bambang Widjojanto Ragukan Komitmen Penguasa?
Karangan Bunga Jokowi Berdiri di Halaman Rumah Duka Habibie
Karangan Bunga Berjejer di Rumah Duka BJ Habibie!



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
 
21-05-2019 13:43:28 - Dibaca 732 Kali
 
 
Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Prabowo Subianto akan menggugat keputusan KPU soal hasil Pilpres 2019. Menurut ahli hukum tata negara Feri Amsari, gugatan itu mustahil dikabulkan 9 hakim konstitusi sebab jumlah selisih suara mencapai 16,9 juta.

"Mustahil menang," kata Feri sebagaimana dihubungi detikcom, Selasa (21/5/2019).

Berdasarkan keputusan KPU, jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin 85.607.362 suara. Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 68.650.239. Sehingga selisih suara sebanyak 16.957.123.

Menurut Direktur Pusako Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat itu, membuktikan 16,9 juta suara tersebut adalah suara yang tidak sah atau milik Prabowo, bukanlah perkara mudah.


"Kalau ternyata ada kecurangan pemilu dan harus mengubah hasil suara yaitu 15-20 juta suara milik yang kalah, bukan yang menang. Bagaimana cara membuktikannya? Perlu 100 ribu-200 ribu TPS untuk menyatakan telah terjadi kecurangan dengan selisih suara yang diambil oleh yang menang 100 suara per TPS," ujar Feri Amasari.

"Bagaimana ke MK membuktikan agar 100-200 ribu TPS dicurangi? Pasti berat sekali," sambung Feri.

"Sedangkan video yang beredar, TPS yang direkam, jumlahnya dikapitalisasi di medsos seolah-olah sudah 100 ribu kecurangan. Apakah saya menyetujui kecurangan? Tidak. Kecurangan bisa dipidanakan pelakunya. Tapi suara yang berkembang, agar pemilu ini diulang. Kalau setiap orang yang kalah bisa menyatakan pemilu diulang, berbasis video tanpa diketahui TPS di mana, bisa gawat demokrasi," cetus Feri.

loading...

Bila masuk MK, maka akan diperiksa satu persatu oleh MK. Hakim konstitusi akan mengecek apakah benar ada 200 ribu TPS yang dicurangi. Feri mengandaikan, yang bisa dibuktikan hanya 10 ribu TPS, maka MK memutuskan agar pemerintah memproses pidana kecurangan di 10 ribu TPS. Adapun hasil akhirnya, MK tidak akan mengubah keputusan KPU.

"Karena 10 ribu yang terbukti itu tidak mengubah hasil. Siapa yang sadar betapa sulitnya mengubah konstruksi hukum ini? Pihak yang kalah. Sehingga mereka merasa nggak mungkin bisa membuktikan 100-200 ribu TPS di Mahkamah Konstitusi, itu berat. Kalau lah itu tergambar berat, ya sia-sia ke MK, sia-sia ke Bawaslu," papar Feri.

Berdasarkan jadwal MK, pendaftaran gugatan hasil Pilpres maksimal 25 Mei 2019. MK akan memutuskan vonisnya pada 24 Juni 2019.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Selisih Pilpres 16,9 Juta Suara Digugat ke MK, Ahli: Mustahil Menang
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Karangan Bunga Jokowi Berdiri di Halaman Rumah Duka Habibie

(12-09-2019 07:00:03 - Dibaca 314 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!

(12-08-2019 17:47:27 - Dibaca 811 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!

(07-08-2019 07:46:48 - Dibaca 704 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Soal Aplikasi 'Jangkau' Ahok, Ini Respon Positif PDIP!

(04-08-2019 08:40:33 - Dibaca 454 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami Pasca Gempa Banten!

(02-08-2019 21:48:02 - Dibaca 735 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Usai Gempa Banten, Istana Merdeka Heningkan Cipta!

(02-08-2019 21:43:23 - Dibaca 415 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Terbuka untuk Umum, Jokowi Bakal Gelar Wayang Kulit di Istana Merdeka!

(02-08-2019 11:01:28 - Dibaca 430 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Soal Ibu Kota Baru RI, Bappenas Sebut di Kalimantan!

(29-07-2019 21:27:59 - Dibaca 278 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Jokowi Ingatkan Gibran Harus Tanggung Jawab Jika Jadi Pejabat!

(28-07-2019 19:18:40 - Dibaca 455 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Amien Rais Bicara Soal Rekonsiliasi 'Etok-etok', Ini Respon Tegas PDIP!

(25-07-2019 09:06:21 - Dibaca 318 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Soal Pemindahan Ibu Kota, Ahok: Mudah-mudahan Pak Jokowi Pilih Kaltim!

(19-07-2019 05:58:25 - Dibaca 443 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Soal Pertemuan Jokowi-Prabowo, Ini Komentar Positif Mahfud Md!

(13-07-2019 17:22:52 - Dibaca 400 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Soal Kisruh KPK, Bambang Widjojanto Ragukan Komitmen Penguasa?

(16-09-2019 07:00:01 - Dibaca 557 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Karangan Bunga Jokowi Berdiri di Halaman Rumah Duka Habibie

(12-09-2019 07:00:03 - Dibaca 314 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Karangan Bunga Berjejer di Rumah Duka BJ Habibie!

(12-09-2019 06:53:48 - Dibaca 195 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Kena Serangan Jantung, Eks Laskar Jihad Jafar Umar Thalib Meninggal Dunia!

(25-08-2019 18:41:56 - Dibaca 877 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Lulung Sebut Akan Tetap Terima Pin Emas, Mengapa?

(25-08-2019 18:32:37 - Dibaca 346 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Dituding Zulhas Cari Popularitas Soal Pin Emas, Ini Jawaban Brilian PSI!

(25-08-2019 18:26:59 - Dibaca 261 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Zulhas Kritik Soal PSI Tolak Pin Emas DPRD, Apa maksudnya?

(25-08-2019 18:21:06 - Dibaca 273 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Kuasa Hukum Rizieq Bangga Milad FPI Dihadiri Anies?

(25-08-2019 13:32:50 - Dibaca 452 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Ketegangan Kembali Terjadi di Hong Kong, Polisi Berhadapan dengan Demonstran!

(24-08-2019 16:22:11 - Dibaca 257 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Densus Amankan Busur dan Anak Panah dari Rumah Terduga Teroris di Kota Blitar!

(24-08-2019 16:17:32 - Dibaca 295 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Ramai Soal Pin Emas, Pin Anggota DPRD Lamongan Ini Terbuat dari Kuningan!

(24-08-2019 14:42:10 - Dibaca 261 Kali)

Ahli Sebut Prabowo Mustahil Menang Karena Selisih 16,9 Juta Suara!
Disindir Rizieq Soal Gaji, Ini Jawaban Brilian BPIP Bentukan Jokowi!

(24-08-2019 14:34:38 - Dibaca 267 Kali)

Kena Serangan Jantung, Eks Laskar Jihad Jafar Umar Thalib Meninggal Dunia!
Lulung Sebut Akan Tetap Terima Pin Emas, Mengapa?
Dituding Zulhas Cari Popularitas Soal Pin Emas, Ini Jawaban Brilian PSI!

TERPOPULER

1. Kubu Prabowo-Sandi Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris! Buat apa?

2. Diusung Demokrat Tapi Gubermur Banten Jadi Tim Kampanye Jokowi, Kok bisa?

3. Golkar Sebut Kedok Neno Terbuka, Gerakan 2019gantipresiden Kampanye Prabowo!

4. Ternyata Ketum PAN yang Rancang Strategi Turunkan Ahok!

5. Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

6. Buni Yani Sebut Dirinya Korban Ketidakadilan Jokowi! Apa maksudnya?