Siswi SMA 'Mobil Bergoyang' Ini Sempat Diamankan Polisi Lalu Dipulangkan ke Keluarga!
KPK Sempat Cegah Kehadiran Abdul Somad, Mengapa?
Temui PKS, Tommy Soeharto Sebut Ingin Samakan Visi Untuk Suarakan Keinginan Rakyat?



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
 
09-07-2019 21:17:11 - Dibaca 522 Kali
 
 
Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan agar proyek jembatan Batam-Bintan (Babin) segera dibangun. Hal itu disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Saya mau ke sana, sambil melihat jalurnya jembatan itu. Tapi sudah diputuskan presiden untuk dibangun," terang Basuki ditemui di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Saat ini proses menuju pembangunan proyek tersebut dalam tahap studi. Tahap tersebut diharapkan bisa rampung tahun ini agar pembangunan bisa segera dilakukan.

"(Studinya diharapkan selesai) mudah-mudahan tahun ini ya," sebutnya.


Basuki menerangkan, berdasarkan Detail Engineering Design (DED) atau Proyek Perencanaan Fisik, hitungan kasarnya proyek ini bakal menelan biaya sekitar Rp 3-4 triliun. Dananya akan dialokasikan pada anggaran 2020.

"Tahun depan ya mungkin, itu kan pasti multi years. Kalau hitungan kasarnya yang sekarang, yang lagi dihitung DED-nya itu kan sekitar Rp 3-4 triliunan," jelasnya.

Diperkirakan pembangunannya membutuhkan waktu selama 3-4 tahun pula. Pihaknya tak menutup kemungkinan bahwa pembangunan proyek ini melibatkan swasta melalui skema KPBU.

"Makanya dilihat FS-nya (studi kelayakan), nanti detail desainnya bisa nggak di KPBU-kan. Kebetulan Dubes Indonesia di Singapura datang ke sini untuk urusan lain. Saya iseng nanya saja karena Singapura sekarang sudah bikin Changi ya kan, terminal 5 yang sudah intermoda sampai ke Bintan," jelasnya.

loading...

Nantinya ada dua kemungkinan bahwa jembatan tersebut bisa menjadi jalan biasa maupun tol. Hal itu terganggu kajian selanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Nurdin Basirun, mengklaim proyek pembangunan jembatan Batam-Bintan (Babin) sudah diusulkan dalam APBN tahun 2020 mendatang.

Dikutip dari Antara, informasi tersebut, diperoleh dari hasil komunikasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) baru-baru ini.

"Kemarin Menteri PUPR langsung telepon ke saya. Beliau sampaikan anggaran itu diupayakan masuk pada APBN tahun depan," ujar Nurdin, di Tanjungpinang, Selasa.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Kepri, Naharuddin optimis pembangunan jembatan Babin segera terealisasi.

Apalagi, kata dia, proyek tersebut sudah diusulkan pada Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) sekitar bulan Mei lalu.

"Sekarang sudah masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)," katanya.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Soal Ahok Masuk BUMN, Ini Respons Tegas Istana!

(17-11-2019 15:01:46 - Dibaca 477 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Ini Penjelasan Mahfud Md Soal Ahok Bakal Jadi Bos BUMN!

(16-11-2019 07:58:50 - Dibaca 202 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Ma'ruf Amin Tegaskan Agar Guru Ngaji Tak Ajarkan Paham Radikal!

(15-11-2019 19:33:22 - Dibaca 129 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Wow! Lampung-Palembang Sekarang Bisa Ditempuh Hanya 3 Jam!

(15-11-2019 14:31:21 - Dibaca 169 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Jokowi akan Resmikan Ruas Tol Trans Sumatera di Lampung!

(15-11-2019 09:22:12 - Dibaca 140 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Soal Bom Medan, Ini Reaksi Tegas Wapres Ma'ruf Amin!

(13-11-2019 21:11:15 - Dibaca 207 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Khotbah Jumatnya Diviralkan Tidak Sah, Ini Respons Tegas Menag!

(13-11-2019 20:10:36 - Dibaca 177 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Mendagri Tito Ingatkan Program Pemda Harus Sinkron dengan Pemerintah Pusat!

(12-11-2019 20:51:28 - Dibaca 255 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Pemerintah Luncurkan Situs Aduan Untuk Tangkal Radikalisme di Kalangan ASN!

(12-11-2019 19:52:32 - Dibaca 121 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Pengamat Intelijen Ini Usulkan Jabatan Presiden 3 Periode!

(12-11-2019 12:10:22 - Dibaca 3.257 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Soal Fatwa MUI Larangan Salam Semua Agama, Ini Reaksi Menag!

(12-11-2019 08:24:45 - Dibaca 411 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Kunjungan Kerja Nadiem Pakai Jeans dan Ransel di Punggung Jadi Viral!

(11-11-2019 09:07:37 - Dibaca 372 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Siswi SMA 'Mobil Bergoyang' Ini Sempat Diamankan Polisi Lalu Dipulangkan ke Keluarga!

(20-11-2019 16:37:14 - Dibaca 162 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
KPK Sempat Cegah Kehadiran Abdul Somad, Mengapa?

(20-11-2019 16:33:13 - Dibaca 50 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Temui PKS, Tommy Soeharto Sebut Ingin Samakan Visi Untuk Suarakan Keinginan Rakyat?

(19-11-2019 19:23:08 - Dibaca 112 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Polri Kembali Ringkus 4 Terduga Teroris Terkait Bom Medan!

(19-11-2019 19:11:18 - Dibaca 92 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
MUI Sepakat Pernyataan Sukmawati Mengusik Ranah Keyakinan Umat?

(19-11-2019 17:22:43 - Dibaca 100 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Ceramah di KPK, Abdul Somad Bicara Soal Integritas?

(19-11-2019 17:19:31 - Dibaca 139 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Negara Rampas Aset First Travel, Apa Kabar Kasus Pencucian Uang 1,2 T Abu Tours?

(19-11-2019 08:34:33 - Dibaca 64 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Belasan Satpol PP DKI Dinonaktifkan Karena Diduga Bobol Bank DKI Rp32 Miliar?

(19-11-2019 08:24:34 - Dibaca 197 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Buah Simalakama Anies Baswedan Soal Penggusuran Sunter!

(19-11-2019 08:18:44 - Dibaca 127 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Tolak Dipindah ke Rusun, Warga Korban Penggusuran di Sunter Bertahan!

(18-11-2019 18:25:21 - Dibaca 67 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Terkait Janji Anies Tak Akan Menggusur, Ini Kritik PDIP!

(18-11-2019 18:10:59 - Dibaca 132 Kali)

Jokowi Putuskan Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun!
Gerindra Sebut Anies Tak Pernah Janji Tak Ada Penggusuran?

(18-11-2019 18:06:13 - Dibaca 115 Kali)

Polri Kembali Ringkus 4 Terduga Teroris Terkait Bom Medan!
MUI Sepakat Pernyataan Sukmawati Mengusik Ranah Keyakinan Umat?
Ceramah di KPK, Abdul Somad Bicara Soal Integritas?

TERPOPULER

1. Anies-Sandi Dapat Gelar dari Serikat Buruh Sebagai 'Gubernur Tercepat Ingkar Janji'

2. 'Teman Ahok' Jenguk Ahok di Mako Brimob, Ini Ceritanya!

3. Dipangkas Ahok, Dianggarkan Lagi Oleh Anies! Mengapa?

4. Setelah Dilobi Erick Thohir, Tiga Tokoh Penting ini Gabung Jokowi!

5. Bupati Boyolali Serukan Tak Pilih Prabowo!

6. Bila Prabowo Menang, Titiek Soeharto Akan Buat RI Seperti Zaman Bapaknya?

7. Mantan Wakil Ketua KPK ini Temui Anies di Balai Kota, Mau Apa?

8. Beredar Proposal Dana Reuni 212 Sebesar Rp 443 Juta, Siapa yang mendanai?

9. Anggaran Tim Gubernur DKI dari 2,3 Milyar Jadi 28 Milyar, Buat Apa?

10. Dilaporkan Terkait Penistaan Agama, Ini Jawaban Brilian Grace Natalie!




JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO
SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.