Soal Kisruh KPK, Bambang Widjojanto Ragukan Komitmen Penguasa?
Karangan Bunga Jokowi Berdiri di Halaman Rumah Duka Habibie
Karangan Bunga Berjejer di Rumah Duka BJ Habibie!



loading...

Sarangberita.com > Hukum & Kriminal
 
Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
 
17-07-2019 19:45:36 - Dibaca 323 Kali
 
 
Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Terpidana kasus pencemaran nama baik lewat ujaran 'idiot' Ahmad Dhani Prasetyo resmi mengajukan memori banding ke Pengadilan Tinggi Jawa Timur. Di dalamnya Dhani meminta agar vonis satu tahun yang dijatuhkan padanya oleh majelis hakim PN Surabaya itu dibatalkan.

Salah satu kuasa hukum Dhani, Sahid mengatakan, pihaknya resmi memasukkan memori banding Politisi Partai Gerindra tersebut ke Pengadilan Tinggi Jatim sejak Senin (15/7) kemarin.

"Sudah kita masukkan sejak Senin kemarin dengan tanda terima akta memori banding nomor 275/akta Pid.Sus/PN Sby," kata Sahid saat dikonfirmasi, Rabu (17/7).

Ia menyebut, di dalam berkas memori banding setebal 17 halaman itu, tertuang sejumlah alasan mengapa kliennya yang juga pentolan Dewa 19 tersebut meminta agar hakim membebaskan dirinya saat banding.


Salah satunya, kata Sahid, pihaknya menganggap hakim telah keliru dan tak berdasar pada ketentuan hukum acara pembuktian yang berlaku sebagaimana dalam aturan pasal 183 KUHAP.

"Judex facti (hakim) hanya menyimpulkan sendiri tanpa pertimbangan hukum atas alat bukti yang ada. Sehingga putusan tersebut patut untuk dibatalkan," ujar Sahid.

Selain itu, hakim juga dianggap telah keliru dalam menerapkan pembuktian dakwaan tunggal Pasal 27 ayat (3) UU ITE. Pihaknya menilai hakim abai pada keterkaitan antara keberlakuan Pasal 27 ayat 3 UU ITE dengan Pasal 310 dan Pasal 311 KUHP.

"Pasal 27 ayat 3 UU ITE itu tidak bisa berdiri sendiri. Namun pasal tersebut terikat dengan pasal 310 dan pasal 311 KUHP. Hal ini berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitusi RI Nomor: 50/PUU-VI/2008 tertanggal 5 Mei 2009," ucap Sahid.

"Putusan itu menyatakan: keberlakuan dan tafsir atas Pasal 27 ayat (3) UU ITE tidak dapat dipisahkan dari norma hukum pokok dalam Pasal 310 dan Pasal 311 KUHP sebagai genus delict yang mensyaratkan adanya pengaduan (klacht) untuk dapat dituntut," sambungnya.

Hakim juga dianggap telah melakukan 'amputasi' pendapat ahli, baik dari ahli pidana maupun ahli ITE. Hal itu dilihat dari, pertimbangan hakim yang dinilainya tak secara utuh memuat keterangan dan bukti persidangan.

"Misalnya begini, judex facti (hakim) mengutip pendapat dari Ahli Hukum Pidana Yusuf Jacobus Setyabudhi. Namun, pendapat ahli tersebut tidak diambil secara utuh, diamputasi, dipotong-potong, dan membuat kesimpulan sendiri," katanya.

Pihaknya berharap hakim Pengadilan Tinggi nantinya bisa menerima permohonan banding kliennya tersebut. Selain itu, ia juga berharap hakim akan membatalkan Putusan Pengadilan Negeri Surabaya Nomor: 275/Pid.Sus/2019/PN.Sby tertanggal 11 Juni 2019.

"Tim kuasa hukum tentu berharap hakim Pengadilan Tinggi, ditingkat banding akan membatalkan putusan Pengadilan Negeri Surabaya," kata dia.

loading...

Sebelumnya, Ahmad Dhani Prasetyo , divonis 1 tahun penjara oleh Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kota Surabaya dalam kasus pencemaran nama baik lewat ujaran 'idiot'.

Dhani dinyatakan bersalah dan melanggar Pasal 45 ayat 3 juncto Pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) secara sah dan terbukti oleh hukum.

Namun dalam kasus ini Dhani belum ditahan. Ia kini mendekam ditahan atas vonis oleh Pengadilan Negeri Jakarta Timur terkait kasus ujaran kebencian. Kasus ini sendiri, hingga kini masih dalam tahap kasasi di Mahkamah Agung.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Resmi Ajukan Banding, Ahmad Dhani Minta Vonis Dibatalkan
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- HUKUM & KRIMINAL -
Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Densus Amankan Busur dan Anak Panah dari Rumah Terduga Teroris di Kota Blitar!

(24-08-2019 16:17:32 - Dibaca 295 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
ACTA Himbau Pelapor Abdul Somad Cabut Laporan, Ini Respons Tegas Pelapor!

(24-08-2019 10:48:38 - Dibaca 1.620 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Kapolsek Sukajadi Dinonaktifkan Karena Kirim 2 Dus Miras ke Mahasiswa Papua!

(24-08-2019 10:34:47 - Dibaca 979 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Bupati Jepara Minta Keringanan Hukuman atas Hukuman 4 Tahun Bui!

(14-08-2019 08:18:23 - Dibaca 271 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!

(13-08-2019 20:36:01 - Dibaca 378 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Bareskrim Polri Bakal Selidiki Lumpuhnya Listrik!

(06-08-2019 07:36:19 - Dibaca 305 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Eks Pebulutangkis Taufik Hidayat Diperiksa KPK, Ada apa?

(01-08-2019 12:11:08 - Dibaca 248 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Berharap Bebas, Pengacara Ratna Sarumpaet Serahkan Memori Banding!

(30-07-2019 20:06:28 - Dibaca 185 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Hakim Vonis Emak-emak Pepes Karawang 6 Bulan Penjara!

(30-07-2019 20:02:37 - Dibaca 489 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?

(30-07-2019 07:37:24 - Dibaca 259 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Kasus Korupsi Kemah Pemuda, Ahmad Fanani Mangkir Pemeriksaan!

(23-07-2019 07:10:35 - Dibaca 229 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Ratna Sarumpaet Ajukan Banding Kasus Hoaks!

(17-07-2019 19:41:07 - Dibaca 248 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Soal Kisruh KPK, Bambang Widjojanto Ragukan Komitmen Penguasa?

(16-09-2019 07:00:01 - Dibaca 557 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Karangan Bunga Jokowi Berdiri di Halaman Rumah Duka Habibie

(12-09-2019 07:00:03 - Dibaca 314 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Karangan Bunga Berjejer di Rumah Duka BJ Habibie!

(12-09-2019 06:53:48 - Dibaca 195 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Kena Serangan Jantung, Eks Laskar Jihad Jafar Umar Thalib Meninggal Dunia!

(25-08-2019 18:41:56 - Dibaca 877 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Lulung Sebut Akan Tetap Terima Pin Emas, Mengapa?

(25-08-2019 18:32:37 - Dibaca 346 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Dituding Zulhas Cari Popularitas Soal Pin Emas, Ini Jawaban Brilian PSI!

(25-08-2019 18:26:59 - Dibaca 261 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Zulhas Kritik Soal PSI Tolak Pin Emas DPRD, Apa maksudnya?

(25-08-2019 18:21:06 - Dibaca 273 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Kuasa Hukum Rizieq Bangga Milad FPI Dihadiri Anies?

(25-08-2019 13:32:50 - Dibaca 452 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Ketegangan Kembali Terjadi di Hong Kong, Polisi Berhadapan dengan Demonstran!

(24-08-2019 16:22:11 - Dibaca 256 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Densus Amankan Busur dan Anak Panah dari Rumah Terduga Teroris di Kota Blitar!

(24-08-2019 16:17:32 - Dibaca 295 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Ramai Soal Pin Emas, Pin Anggota DPRD Lamongan Ini Terbuat dari Kuningan!

(24-08-2019 14:42:10 - Dibaca 261 Kali)

Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?
Disindir Rizieq Soal Gaji, Ini Jawaban Brilian BPIP Bentukan Jokowi!

(24-08-2019 14:34:38 - Dibaca 267 Kali)

Kena Serangan Jantung, Eks Laskar Jihad Jafar Umar Thalib Meninggal Dunia!
Lulung Sebut Akan Tetap Terima Pin Emas, Mengapa?
Dituding Zulhas Cari Popularitas Soal Pin Emas, Ini Jawaban Brilian PSI!

TERPOPULER

1. Kubu Prabowo-Sandi Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris! Buat apa?

2. Diusung Demokrat Tapi Gubermur Banten Jadi Tim Kampanye Jokowi, Kok bisa?

3. Golkar Sebut Kedok Neno Terbuka, Gerakan 2019gantipresiden Kampanye Prabowo!

4. Ternyata Ketum PAN yang Rancang Strategi Turunkan Ahok!

5. Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

6. Buni Yani Sebut Dirinya Korban Ketidakadilan Jokowi! Apa maksudnya?