Soal Kisruh KPK, Bambang Widjojanto Ragukan Komitmen Penguasa?
Karangan Bunga Jokowi Berdiri di Halaman Rumah Duka Habibie
Karangan Bunga Berjejer di Rumah Duka BJ Habibie!



loading...

Sarangberita.com > Hukum & Kriminal
 
Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
 
30-07-2019 07:37:24 - Dibaca 260 Kali
 
 
Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Tersangka dugaan makar dan kepemilikan senjata ilegal Kivlan Zen akan menjalani sidang putusan praperadilan hari ini, Selasa (30/7) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Sidang praperadilan tersebut rencananya akan berlangsung pukul 10.00 WIB dengan hakim tunggal Achmad Guntur. Namun kuasa hukum Kivlan, Tonin Tachta memastikan Kivlan tidak akan hadir dalam sidang putusan hari ini karena sudah diwakilkan oleh para penyidik.

"Pak Kivlan sudah diwakili oleh para penyidiknya yang hadir di persidangan, jadi enggak perlu lagi (hadir) karena apapun putusannya akan ditindaklanjuti oleh penyidik," ujar Tonin saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Selasa (30/7).

Selain itu, Tonin menjelaskan penetapan tersangka Kivlan cacat formil karena terdapat beberapa hal diantaranya, termohon yaitu Polda Metro Jaya belum pernah mengungkap dua alat bukti sewaktu menaikkan status Kivlan sebagai tersangka.


"Terbukti tidak pernah ada pemeriksaan calon tersangka karena tanggal 29 Mei ditangkap sebagai tersangka, dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) tidak didampingi oleh kuasa yang memiliki surat kuasa," katanya.

Kivlan ditahan karena disangka memiliki dan menguasai senjata api yang terkait dengan enam orang tersangka yang berniat membunuh empat tokoh nasional dan satu pimpinan lembaga survei.

Kepolisian menahan Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat itu pada Kamis (30/5) dini hari. Kivlan menjadi tersangka atas rencana pembunuhan dan kepemilikan sejata api ilegal.

Polisi menjerat Kivlan dengan Undang-Undang Darurat pasal 1 ayat 1 Nomor 12 Tahun 1951 tentang senjata api yang memiliki ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

loading...

Mulai saat itu Kivlan ditahan di Rutan POM DAM Jaya Guntur, Jakarta Selatan. Selain menjalani penahanan, Mayor Jenderal (Purn) TNI itu juga dicekal ke luar negeri. Kivlan sempat dikabarkan mengajukan surat permohonan perlindungan diri agar tidak salah langkah untuk mengambil keputusan.

Namun, Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu pada Rabu (12/6) mengaku belum mengetahui dan belum menerima surat permintaan perlindungan diri dari tersangka kasus dugaan makar Kivlan Zein.

Kivlan Zen, pada Jumat (14/6) menjalani pemeriksaan sebagai saksi Habil Marati, politikus PPP, yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan tokoh nasional dengan dugaan peran sebagai penyandang dana kericuhan 21-22 Mei 2019 terkait pilpres 2019 dan pembelian senjata api.

Berdasarkan informasi yang akhirnya beredar, mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat Mayjen (Purn) Kivlan Zen menerima uang sebesar SGD15 ribu atau setara Rp150 juta dari politikus PPP Habil Marati.

Setelah menjalani pemeriksaan, sidang perdana praperadilan Kivlan Zen atas status tersangka yang diberikan oleh Polda Metro Jaya terkait kepemilikan senjata api ilegal berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (8/7).

Sidang tersebut dipimpin oleh Hakim Tunggal Achmad Guntur yang akan memeriksa dan mengadili perkara tersebut.

Sidang beragendakan pembacaan gugatan oleh penggugat tersebut diundur pada Senin, 22 Juli 2019 karena termohon yakni pihak Polda Metro Jaya tidak hadir pada sidang tersebut.

Sidang gugatan praperadilan atas nama Kivlan Zen sebagai tersangka kasus dugaan kepemilikan senjata api ilegal terdaftar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan nomor register 75/Pid.Pra/2019/PN.JKT.SEL, kembali digelar Senin (22/7).

Kivlan Zen mengajukan praperadilan untuk menggugat Polda Metro Jaya lantaran rasa keberatannya dengan status tersangka yang ia dapatkan atas kasus dugaan kepemilikan senjata api ilegal.

Pada sidang gugatan praperadilan itu Kivlan Zen mendapat pendampingan dari Tim Pembela Hukum (TPH), Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI).

Sidang praperadilan berlanjut Rabu (24/7) dengan agenda pembuktian, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Pada sidang itu menghadirkan aktivis Sri Bintang Pamungkas sebagai saksi ahli dalam sidang gugatan praperadilan Kivlan Zen.

Sidang juga menghadirkan empat saksi fakta antara lain Suta Widya, Pitra Romadoni, Hendri Siahaan, dan Julianta Sembiring.

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pun menjadwalkan sidang putusan praperadilan yang diajukan Kivlan Zen terkait dengan kasus dugaan kepemilikan senjata api ilegal dan dugaan makar pada tanggal 30 Juli.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- HUKUM & KRIMINAL -
Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Densus Amankan Busur dan Anak Panah dari Rumah Terduga Teroris di Kota Blitar!

(24-08-2019 16:17:32 - Dibaca 295 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
ACTA Himbau Pelapor Abdul Somad Cabut Laporan, Ini Respons Tegas Pelapor!

(24-08-2019 10:48:38 - Dibaca 1.620 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Kapolsek Sukajadi Dinonaktifkan Karena Kirim 2 Dus Miras ke Mahasiswa Papua!

(24-08-2019 10:34:47 - Dibaca 979 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Bupati Jepara Minta Keringanan Hukuman atas Hukuman 4 Tahun Bui!

(14-08-2019 08:18:23 - Dibaca 271 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!

(13-08-2019 20:36:01 - Dibaca 378 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Bareskrim Polri Bakal Selidiki Lumpuhnya Listrik!

(06-08-2019 07:36:19 - Dibaca 305 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Eks Pebulutangkis Taufik Hidayat Diperiksa KPK, Ada apa?

(01-08-2019 12:11:08 - Dibaca 248 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Berharap Bebas, Pengacara Ratna Sarumpaet Serahkan Memori Banding!

(30-07-2019 20:06:28 - Dibaca 185 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Hakim Vonis Emak-emak Pepes Karawang 6 Bulan Penjara!

(30-07-2019 20:02:37 - Dibaca 489 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Kasus Korupsi Kemah Pemuda, Ahmad Fanani Mangkir Pemeriksaan!

(23-07-2019 07:10:35 - Dibaca 229 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?

(17-07-2019 19:45:36 - Dibaca 323 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Ratna Sarumpaet Ajukan Banding Kasus Hoaks!

(17-07-2019 19:41:07 - Dibaca 248 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Soal Kisruh KPK, Bambang Widjojanto Ragukan Komitmen Penguasa?

(16-09-2019 07:00:01 - Dibaca 557 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Karangan Bunga Jokowi Berdiri di Halaman Rumah Duka Habibie

(12-09-2019 07:00:03 - Dibaca 314 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Karangan Bunga Berjejer di Rumah Duka BJ Habibie!

(12-09-2019 06:53:48 - Dibaca 195 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Kena Serangan Jantung, Eks Laskar Jihad Jafar Umar Thalib Meninggal Dunia!

(25-08-2019 18:41:56 - Dibaca 877 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Lulung Sebut Akan Tetap Terima Pin Emas, Mengapa?

(25-08-2019 18:32:37 - Dibaca 346 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Dituding Zulhas Cari Popularitas Soal Pin Emas, Ini Jawaban Brilian PSI!

(25-08-2019 18:26:59 - Dibaca 261 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Zulhas Kritik Soal PSI Tolak Pin Emas DPRD, Apa maksudnya?

(25-08-2019 18:21:06 - Dibaca 273 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Kuasa Hukum Rizieq Bangga Milad FPI Dihadiri Anies?

(25-08-2019 13:32:50 - Dibaca 452 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Ketegangan Kembali Terjadi di Hong Kong, Polisi Berhadapan dengan Demonstran!

(24-08-2019 16:22:11 - Dibaca 257 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Densus Amankan Busur dan Anak Panah dari Rumah Terduga Teroris di Kota Blitar!

(24-08-2019 16:17:32 - Dibaca 295 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Ramai Soal Pin Emas, Pin Anggota DPRD Lamongan Ini Terbuat dari Kuningan!

(24-08-2019 14:42:10 - Dibaca 261 Kali)

Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?
Disindir Rizieq Soal Gaji, Ini Jawaban Brilian BPIP Bentukan Jokowi!

(24-08-2019 14:34:38 - Dibaca 267 Kali)

Kena Serangan Jantung, Eks Laskar Jihad Jafar Umar Thalib Meninggal Dunia!
Lulung Sebut Akan Tetap Terima Pin Emas, Mengapa?
Dituding Zulhas Cari Popularitas Soal Pin Emas, Ini Jawaban Brilian PSI!

TERPOPULER

1. Kubu Prabowo-Sandi Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris! Buat apa?

2. Diusung Demokrat Tapi Gubermur Banten Jadi Tim Kampanye Jokowi, Kok bisa?

3. Golkar Sebut Kedok Neno Terbuka, Gerakan 2019gantipresiden Kampanye Prabowo!

4. Ternyata Ketum PAN yang Rancang Strategi Turunkan Ahok!

5. Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

6. Buni Yani Sebut Dirinya Korban Ketidakadilan Jokowi! Apa maksudnya?