Calon Menteri Jokowi, Viktor Laiskodat Disebut Paket Komplet!
Viktor Laiskodat Sudah Pamit ke Masyarakat NTT Karena Dikabarkan Jadi Menteri?
Said Aqil Klaim Ada Pihak yang Ingin NU Hancur Sebelum 2024! Siapa?



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
 
07-08-2019 07:46:48 - Dibaca 761 Kali
 
 
Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Pemerintah tidak menganggap Ijtimak Ulama IV yang salah satu rekomendasinya mewujudkan NKRI syariah sesuai Pancasila. Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan yang berlawanan dengan Pancasila harus dilawan.

"Begini, negara kita ini kan bukan negara Islam. Negara kita ini negara... sudah jelas ideologinya, ideologi lain nggak bisa dikembangkan di sini. Sepanjang itu berlawanan dengan ideologi Pancasila, ya harus dilawan," kata Moeldoko saat dimintai tanggapan di Istana Negara, Selasa (6/8/2019).

Moeldoko juga menekankan Indonesia bukan negara berdasarkan Ijtimak Ulama. Indonesia merupakan negara yang berlandaskan hukum.

"Saya sudah mengatakan, negara ini bukan negara Ijtimak, gitu loh. Aturannya sudah jelas, negara ini adalah negara hukum, ada konstitusi, UUD 45, ada UU, ada perpres, ya sudah ikuti, apalagi," tegasnya.


Mewujudkan NKRI bersyariah berdasarkan Pancasila merupakan salah satu rekomendasi Ijtimak Ulama IV. NKRI Syariah itu ada di rekomendasi nomor 3.6.

"Mewujudkan NKRI syariah yang berdasarkan Pancasila sebagaimana termaktub dalam pembukaan, dan batang tubuh UU 1945 dengan prinsip ayat suci, di atas ayat konstitusi, agar diimplementasikan dalam kehidupan beragama berbangsa dan bernegara," bunyi rekomendasi itu.

Penanggung jawab Ijtimak Ulama IV Yusuf Muhammad Martak mengatakan semua ulama telah sepakat untuk menerapkan syariat Islam. Ijtimak Ulama IV juga menyinggung soal penegakan sistem khilafah.

"Ijtimak Ulama bahwa sesungguhnya semua ulama ahlussunah waljamaah telah sepakat penerapan syariah, dan penegakan khilafah serta amar ma'ruf nahi munkar adalah kewajiban agama Islam," ujar Yusuf Muhammad Martak di Hotel Lor In, Sentul, Bogor, Senin (5/8).

loading...

Dalam pertimbangannya, Yusuf mengatakan Ijtimak Ulama IV sepakat konstitusi harus dimanfaatkan untuk keadilan bagi masyarakat. Ijtimak Ulama juga sepakat melawan pemerintahan yang zalim secara konstitusional.

"Memperhatikan tambahan, saran, masukan peserta Ijtimak Ulama IV bahwa melawan kezaliman dan kecurangan di Indonesia harus tetap melalui konstitusi," katanya.

Penolakan NKRI Syariah juga datang dari politisi. Sekjen PPP Arsul Sani mengatakan tidak boleh ada pihak yang mengubah ideologi dan bentuk negara.

Asrul mengatakan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI telah disepakati sebagai konsensus kebangsaan. Keempatnya merupakan pilar bangsa dan bersifat final.

"Tidak boleh diutak-atik. Jadi tidak boleh kemudian ada orang Islam di negara ini yang karena pemahaman keagamaannya lalu ingin mengubah ideologi atau dasar negara kita atau bentuk negara kita. Dari negara kesatuan menjadi misal negara dengan sistem khilafah," ujar Arsul di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (6/8).
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Pemerintah Tolak NKRI Syariah
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
UU KPK Bernomor 19/2019 Resmi Berlaku?

(18-10-2019 09:04:01 - Dibaca 89 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
Jokowi Sebut Pengumuman Kabinet Bisa di Hari Pelantikan!

(17-10-2019 10:43:37 - Dibaca 95 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
BPIP Sebut Berdasarkan Riset Banyak PNS yang Tak Suka Pancasila, Mengapa?

(16-10-2019 13:59:03 - Dibaca 126 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
Ketua MPR Sebut Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Disepakati Pukul 14.30 WIB!

(14-10-2019 12:53:17 - Dibaca 236 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
Soal Penyerangan Wiranto, Ini Respons Luhut!

(13-10-2019 19:14:57 - Dibaca 188 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!

(05-10-2019 09:30:28 - Dibaca 427 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
450 Kolonel dan 300 Perwira Tinggi TNI Bakal Disiapkan Jabatan Baru Oleh Jokowi!

(05-10-2019 09:24:43 - Dibaca 365 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
Analisa Politik Kalem Jokowi Hadapi Gelombang Protes!

(30-09-2019 08:07:31 - Dibaca 646 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
Karangan Bunga Jokowi Berdiri di Halaman Rumah Duka Habibie

(12-09-2019 07:00:03 - Dibaca 443 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!

(12-08-2019 17:47:27 - Dibaca 878 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
Soal Aplikasi 'Jangkau' Ahok, Ini Respon Positif PDIP!

(04-08-2019 08:40:33 - Dibaca 517 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami Pasca Gempa Banten!

(02-08-2019 21:48:02 - Dibaca 827 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
Calon Menteri Jokowi, Viktor Laiskodat Disebut Paket Komplet!

(18-10-2019 20:31:36 - Dibaca 31 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
Viktor Laiskodat Sudah Pamit ke Masyarakat NTT Karena Dikabarkan Jadi Menteri?

(18-10-2019 14:59:37 - Dibaca 303 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
Said Aqil Klaim Ada Pihak yang Ingin NU Hancur Sebelum 2024! Siapa?

(18-10-2019 09:20:25 - Dibaca 167 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
KPK Kritik Etika Anggota DPR Mulan, Ini Kata Gerindra!

(18-10-2019 09:16:04 - Dibaca 190 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
UU KPK Bernomor 19/2019 Resmi Berlaku?

(18-10-2019 09:04:01 - Dibaca 89 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
Jokowi Panggil Adian Napitupulu Menjelang Pengumuman Menteri!

(18-10-2019 08:59:17 - Dibaca 1.004 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
BW Sebut KPK Resmi Dihabisi di Era Presiden Jokowi, Apa maksudnya?

(17-10-2019 20:54:00 - Dibaca 509 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
Kritik FPI, Munarman Minta Moeldoko Belajar Ngaji?

(17-10-2019 20:36:13 - Dibaca 457 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
Keluar Dari Polda Metro, Ini Komentar Vicky Nitinegoro!

(17-10-2019 20:27:42 - Dibaca 129 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
Terkait Kasus Ninoy Karundeng, Polisi Benarkan Ada Dokter yang Ditangkap!

(17-10-2019 11:50:03 - Dibaca 221 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
Massa Pendukung dan Banser Datangi PN Surabaya Jelang Vonis Gus Nur!

(17-10-2019 10:49:08 - Dibaca 491 Kali)

Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!
Jokowi Sebut Pengumuman Kabinet Bisa di Hari Pelantikan!

(17-10-2019 10:43:37 - Dibaca 95 Kali)

KPK Kritik Etika Anggota DPR Mulan, Ini Kata Gerindra!
UU KPK Bernomor 19/2019 Resmi Berlaku?
Jokowi Panggil Adian Napitupulu Menjelang Pengumuman Menteri!

TERPOPULER

1. Jika Tak Bisa Buktikan, Kompolnas Minta Penuding Tito Diproses!

2. Polri Tegaskan Kepada Tim Prabowo: Penyidik Tak Bisa Diatur!

3. Amien Rais Sebut Ratna Sarumpaet Adalah Pembohong dan Sampah Politik

4. Soal Dana Sampah, Wawalkot Bekasi Sebut Ahok Lebih Baik!

5. Mahfud Md Minta 3 Nama Ini Tanggung Jawab Soal Berita Ratna Sarumpaet!

6. Jokowi Terbitkan PP Tentang Pelapor Kasus Korupsi Bisa Dapat Rp 200 Juta!

7. Ahmad Dhani Resmi Jadi Tersangka!

8. Tweet Elite PD yang Tuding Jokowi Pelihara Preman Buat Hajar Ratna Disoalkan Nasdem!

9. PAN Sebut Amien Rais Hanya Korban Kebohongan Ratna, Benarkah?

10. Prabowo Didesak Mundur dari Capres Karena Sebar Hoax Ratna, Ini Kata Fadli!




JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO
SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.