Setelah Abdul Somad Klarifikasi, MUI Berharap Kontroversi Berhenti?
Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Risma Temui Mahasiswa Papua dan Nyanyi Lagu 'Tanah Papua'



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
 
12-08-2019 17:47:27 - Dibaca 748 Kali
 
 
Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Tokoh Nahdlatul Ulama (NU), KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah), mengatakan NKRI bersyariah itu tidak ada. Hal yang sama diutarakan oleh Wakil Presiden RI ke-6, Try Sutrisno, menurutnya, NKRI berideologi Pancasila, sedangkan syariah adalah urusan personal.

"Menurut saya, NKRI bersyariah itu tidak ada. Dulu sila pertama kan Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya. Kata itu kemudian dicoret. Menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa. Dulu Undang-Undang Dasar kita mengandung kata syariah. Sekarang tidak ada," ujar Gus Sholah saat menghadiri dialog kebangsaan di Grand Sahid Hotel, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (12/8/2019).

Gus Sholah mengatakan menolak istilah NKRI bersyariah bukan berarti anti-syariah Islam. Menurutnya, tanpa rumusan NKRI bersyariah, syariah Islam tetap dijalankan di Indonesia.

"Jadi tidak ada juga istilah NKRI bersyariah. Bukan berarti kita juga anti syariah Islam, tidak. Di tataran Undang-Undang Dasar tidak ada syariah. Tapi di tataran undang-undang boleh, monggo, tidak ada masalah. Syariah Islam jalan kok di Indonesia tanpa rumusan NKRI bersyariah, tanpa istilah NKRI Bersyariah, jalan kok syariah Islam. Jadi tidak perlu ada istilah itu," lanjutnya.


Sementara itu, Try Sutrisno mengatakan ideologi yang ada di NKRI adalah Pancasila. Sedangkan syariah adalah urusan pribadi.

"NKRI bersyariah saya tidak tahu itu. Yang penting NKRI itu ber-Pancasila, ideologinya Pancasila. Yang lain-lain kalau bicara syariah itu pada pribadi, seorang Islam syariat Islam dilaksanakan," ujar Try.

"Seorang Kristen melaksanakan ajaran Kristen. Seorang Buddha melaksanakan ajaran Buddha, seorang Hindu melaksanakan ajaran Hindu. Sangat bebas, tidak perlu diganggu ibadahnya," kata dia.

Try mengatakan setiap warga negara hendaknya mengamalkan Pancasila. Menurutnya, cita-cita kemerdekaan adalah Indonesia bersatu walaupun berbeda agama dan budaya.

loading...

"Tetapi sesama warga negara melaksanakan Pancasila itu, Pancasila tidak hanya diteorikan, tetapi harus dipraktikkan, diwujudkan dalam kenyataan. Cita-cita kita merdeka itu untuk Indonesia, ragam agama, suku bermacam-macam budaya," lanjut Try.

Sebelumnya, Ketua Bidang Keumatan Persaudaraan Alumni (PA) 212 Haikal Hassan mengatakan rekomendasi NKRI bersyariah hanyalah sebuah istilah. Haikal menuturkan NKRI bersyariah tetap taat kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

"NKRI bersyariah, iya dong, masak nggak bersyariah. Apa kamu nggak merasakan, hari ini kita sudah bersyariah. Ada bank syariah, ada pembiayaan syariah, pernikahan juga cara syariah. Itu cuma istilah," kata Haikal.

"Jangan jadi mentang-mentang NKRI bersyariah terus Pancasila hilang gitu, ya nggak. UUD '45 ilang? Ya nggak lah. Itu istilah mbok ya kita itu taat pada Allah SWT. Tetep jadi bangsa Indonesia, tapi taat pada syariah Allah SWT, betul?" lanjutnya.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Gus Sholah dan Try Sutrisno Tolak NKRI Bersyariah
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!

(07-08-2019 07:46:48 - Dibaca 657 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Soal Aplikasi 'Jangkau' Ahok, Ini Respon Positif PDIP!

(04-08-2019 08:40:33 - Dibaca 361 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami Pasca Gempa Banten!

(02-08-2019 21:48:02 - Dibaca 627 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Usai Gempa Banten, Istana Merdeka Heningkan Cipta!

(02-08-2019 21:43:23 - Dibaca 338 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Terbuka untuk Umum, Jokowi Bakal Gelar Wayang Kulit di Istana Merdeka!

(02-08-2019 11:01:28 - Dibaca 378 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Soal Ibu Kota Baru RI, Bappenas Sebut di Kalimantan!

(29-07-2019 21:27:59 - Dibaca 217 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Jokowi Ingatkan Gibran Harus Tanggung Jawab Jika Jadi Pejabat!

(28-07-2019 19:18:40 - Dibaca 384 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Amien Rais Bicara Soal Rekonsiliasi 'Etok-etok', Ini Respon Tegas PDIP!

(25-07-2019 09:06:21 - Dibaca 267 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Soal Pemindahan Ibu Kota, Ahok: Mudah-mudahan Pak Jokowi Pilih Kaltim!

(19-07-2019 05:58:25 - Dibaca 395 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Soal Pertemuan Jokowi-Prabowo, Ini Komentar Positif Mahfud Md!

(13-07-2019 17:22:52 - Dibaca 352 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Momen Jokowi dan Prabowo Bareng Naik MRT!

(13-07-2019 17:16:17 - Dibaca 245 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
JK Sindir Kepala Daerah yang Sering ke Luar Negeri, Siapa?

(13-07-2019 08:13:23 - Dibaca 370 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Setelah Abdul Somad Klarifikasi, MUI Berharap Kontroversi Berhenti?

(22-08-2019 06:23:59 - Dibaca 1.551 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!

(21-08-2019 06:02:33 - Dibaca 449 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Risma Temui Mahasiswa Papua dan Nyanyi Lagu 'Tanah Papua'

(21-08-2019 05:53:33 - Dibaca 1.510 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Tak Ada Perubahan Pasca Ahok, PDIP Buka Peluang Calonkan Risma Jadi DKI 1

(20-08-2019 21:03:24 - Dibaca 436 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Pemprov DKI Tiru Risma Boyong Bunga Tabebuya, Mengapa?

(20-08-2019 20:53:49 - Dibaca 95 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Dosen Untar ini Bisa Selesaikan 13 Gelar Langsung, Bagaimana caranya?

(20-08-2019 08:15:40 - Dibaca 171 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Gudang Peluru Milik Polda Metro Jaya Terbakar!

(20-08-2019 07:05:11 - Dibaca 154 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Anies Mau Datangkan Ahli Asing Daripada Kirim Siswa ke Jerman, Mengapa?

(20-08-2019 06:59:20 - Dibaca 125 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Pemicu Rusuh Manokwari Adalah Insiden Surabaya-Malang!

(19-08-2019 13:46:47 - Dibaca 509 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Sopir Taksi online Demo Anies Soal Ganjil Genap!

(19-08-2019 12:21:57 - Dibaca 242 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Tiga Polisi di Papua Terluka Akibat Demo di Manokwari!

(19-08-2019 12:16:34 - Dibaca 195 Kali)

Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!
Ceramahnya Dianggap Menghina Salib, Ini Klarifikasi Abdul Somad!

(19-08-2019 10:38:31 - Dibaca 480 Kali)

Tak Ada Perubahan Pasca Ahok, PDIP Buka Peluang Calonkan Risma Jadi DKI 1
Pemprov DKI Tiru Risma Boyong Bunga Tabebuya, Mengapa?
Dosen Untar ini Bisa Selesaikan 13 Gelar Langsung, Bagaimana caranya?

TERPOPULER

1. Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!

2. GNR Balik Arah Dukung Jokowi, Ini Kata PAN!

3. Gerindra Tuding Aksi Jokowi di Pembukaan Asian Games Pencitraan, Apa maksudnya?

4. Ratna Sarumpaet Serang Kiai Ma'ruf Amin, Ini Respon Tegas GP Ansor!

5. Roy Suryo Bicara Soal Asian Games 2018 Sebagai Ajang Pencitraan Politik?

6. Neno Ditolak, Fadli Zon Minta Kapolda Riau Dicopot, Apa maksudnya?

7. Ketum PPP Ungkap Cawapres Jokowi Mengarah ke Mahfud Md!

8. Fadli Zon Langsung Hapus Pollingnya Sendiri Karena Jokowi Menang!

9. Ini Deretan Kepala Daerah yang Balik Arah Dukung Jokowi!

10. Sandiaga Sarankan Cari Daerah Lain Buat Aksi 2019GantiPresiden, Daerah mana?




HUKUM & KRIMINAL EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.