Setelah Abdul Somad Klarifikasi, MUI Berharap Kontroversi Berhenti?
Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!
Risma Temui Mahasiswa Papua dan Nyanyi Lagu 'Tanah Papua'



loading...

Sarangberita.com > Hukum & Kriminal
 
5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
 
13-08-2019 20:36:01 - Dibaca 301 Kali
 
 
5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Pengadilan Negeri Jakarta Barat menggelar sidang perdana pelaku kerusuhan 22 Mei yang digelar terpisah, 18 perkara dengan 84 tersangka. Lima orang didakwa melakukan perusakan dan pembakaran mobil yang ada di halaman parkir Asrama Brimob.

Kelima terdakwa yakni Imam Slamet, Makmuril Husni, Supriyanto, Ahmad Supriyanto, Taufiq Hidayat. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kurniawan menyebut para pelaku secara bersama-sama melakukan kekerasan dengan pengancaman.

"Kelima terdakwa pada hari Rabu 22 Mei bertempat di Asrama Polri Petamburan Jakarta Barat, yang melakukan, yang menyuruh melakukan atau yang turut serta melakukan perbuatan dengan kekerasan atau dengan ancaman kekerasan memaksa seorang pejabat untuk melakukan perbuatan jabatan atau untuk tidak melakukan perbuatan jabatan yang sah," kata Kurniawan, membacakan surat dakwaan, di PN Jakbar, Jl Letjen S Parman, Jakarta Barat, Selasa (13/8/2019).

Jaksa mengatakan awalnya pada Selasa 21 Mei terjadi unjuk rasa di kantor Bawaslu Jakarta Pusat hingga malam hari. Pada saat dibubarkan ternyata massa tersebut bergerak menuju arah Petamburan Jakarta Barat.


Kemudian pada pukul 02.00 WIB 22 Mei massa bergerak ke Jl KS Tubun Nomor 2 A tepatnya di depan kantor Mako Brimob untuk melakukan perusakan dan pembakaran mobil-mobil yang terparkir di halaman Asrama Brimob Petamburan.

Saat itu Kabag Ops Polres Jakbar AKBP Wuryanto mengimbau dan memberi peringatan kepada massa tersebut agar membubarkan diri dan tidak melakukan perlawanan pada petugas. Akan tetapi imbauan tersebut tidak dituruti massa.

"Namun imbauan tersebut tidak diindahkan massa pengunjuk rasa, melainkan tetap melakukan pelemparan batu, kayu, panah beracun, dan bom molotov sehingga saat itu saksi menangkap berapa massa yang terlibat membuat kerusuhan," kata Kurniawan.

Selanjutnya kelima pelaku diamankan polisi. Akibat kerusuhan massa tersebut wilayah Asrama Polri dan sekitarnya terisolir karena tertutup massa dan tidak bisa dilewati masyarakat.

loading...

Para terdakwa didakwa dan diancam dengan Pasal 211, 212, 187, atau 218 juncto Pasal 55 KUHP. Selanjutnya Pasal 214, 170, atau 358 KUHP.

Sementara itu, PN Jakbar hari ini menggelar sidang dakwaan pelaku kerusuhan 22 Mei secara terpisah. Total ada 18 perkara yang disidangkan hari ini dengan total 84 terdakwa menjalani sidang dakwaan. Para terdakwa didakwa rata-rata dengan dakwaan dan pasal yang sama.

Di ruang sidang lainnya, JPU Anggia Yusran juga membacakan dakwaan terhadap 4 terdakwa lainnya Jamaludin alias bin Samsudin, Muhamad Wahyudin bin Umar Komarudin, Raden Umar Burhanudin, Muhammad Karim. Keempatnya berangkat dari Majelis Taklim Arroudhoh di Cianjur dengan menggunakan ambulan GARIS ke Jakarta dalam rangka arti jihad atas kecurangan dan kelicikan Pemilu.

"Bahwa pada hari Rabu tanggal 22 sekitar pukul 05.00 WIB terdakwa 1 Jamaludin Jamal bersama dengan terdakwa 2 Muhammad Wahyudin bin Umar, terdakwa III Raden Umar, terdakwa IV Muhamad Karim menuju di Petamburan Jakarta Barat dengan mengendarai ambulans GARIS di mana di tempat tersebut massa telah mengamuk dengan menyerang polisi dengan batu petasan dan bambu runcing yang berada di Jalan KS Tubun Petamburan Jakarta Barat," kata Anggia.

Selanjutnya terdakwa 1 Jamaludin bersama dengan terdakwa 3 ikut bergabung dalam aksi massa sedangkan terdakwa 2 Muhammad Hadi menunggu di dalam ambulans. Di saat bersamaan polisi mengimbau agar massa unjuk rasa segera membubarkan diri tetapi imbauan itu tidak diindahkan.

Kemudian keempatnya diamankan polisi di kawasan Asrama Brimob Petamburan, serta beberapa orang lainnya (dalam berkas terpisah).

Para terdakwa didakwa dan diancam Pasal 211 Jo Pasal 55 ayat (1),
Pasal 212 Jo Pasal 55 Ayat (1), Pasal 214 Ayat (1) KUHP. Pasal 170 ayat (1) KUHP, Pasal 358 ke-1 KUHP, Pasal 187 ke-1 Jo Pasal 55 ayat (1), pasal 218 Jo Pasal 55 ayat (1).
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Rusuh 22 Mei, 5 Orang Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- HUKUM & KRIMINAL -
5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Bupati Jepara Minta Keringanan Hukuman atas Hukuman 4 Tahun Bui!

(14-08-2019 08:18:23 - Dibaca 162 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Bareskrim Polri Bakal Selidiki Lumpuhnya Listrik!

(06-08-2019 07:36:19 - Dibaca 199 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Eks Pebulutangkis Taufik Hidayat Diperiksa KPK, Ada apa?

(01-08-2019 12:11:08 - Dibaca 176 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Berharap Bebas, Pengacara Ratna Sarumpaet Serahkan Memori Banding!

(30-07-2019 20:06:28 - Dibaca 144 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Hakim Vonis Emak-emak Pepes Karawang 6 Bulan Penjara!

(30-07-2019 20:02:37 - Dibaca 420 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Kivlan Zen Tak Akan Hadiri Sidang Putusan Praperadilan Makar, Mengapa?

(30-07-2019 07:37:24 - Dibaca 201 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Kasus Korupsi Kemah Pemuda, Ahmad Fanani Mangkir Pemeriksaan!

(23-07-2019 07:10:35 - Dibaca 181 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Ahmad Dhani Resmi Ajukan Banding dan Minta Vonis Dibatalkan?

(17-07-2019 19:45:36 - Dibaca 271 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Ratna Sarumpaet Ajukan Banding Kasus Hoaks!

(17-07-2019 19:41:07 - Dibaca 188 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Terbukti Terima Suap, Hakim Vonis Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan 6 Tahun Bui!

(15-07-2019 13:46:49 - Dibaca 330 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Hakim Vonis 2 Tahun Penjara, Ini Kata Ratna Sarumpaet!

(12-07-2019 08:56:47 - Dibaca 370 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Hakim Vonis Bahar bin Smith Separuh dari Tuntutan Jaksa, Mengapa?

(09-07-2019 20:16:47 - Dibaca 320 Kali)

 
- BERITA LAIN -
5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Setelah Abdul Somad Klarifikasi, MUI Berharap Kontroversi Berhenti?

(22-08-2019 06:23:59 - Dibaca 1.560 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Anies Didesak Segera Bersihkan Trotoar dari PKL Karena Kalah Gugatan!

(21-08-2019 06:02:33 - Dibaca 449 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Risma Temui Mahasiswa Papua dan Nyanyi Lagu 'Tanah Papua'

(21-08-2019 05:53:33 - Dibaca 1.510 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Tak Ada Perubahan Pasca Ahok, PDIP Buka Peluang Calonkan Risma Jadi DKI 1

(20-08-2019 21:03:24 - Dibaca 438 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Pemprov DKI Tiru Risma Boyong Bunga Tabebuya, Mengapa?

(20-08-2019 20:53:49 - Dibaca 101 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Dosen Untar ini Bisa Selesaikan 13 Gelar Langsung, Bagaimana caranya?

(20-08-2019 08:15:40 - Dibaca 172 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Gudang Peluru Milik Polda Metro Jaya Terbakar!

(20-08-2019 07:05:11 - Dibaca 155 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Anies Mau Datangkan Ahli Asing Daripada Kirim Siswa ke Jerman, Mengapa?

(20-08-2019 06:59:20 - Dibaca 126 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Pemicu Rusuh Manokwari Adalah Insiden Surabaya-Malang!

(19-08-2019 13:46:47 - Dibaca 509 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Sopir Taksi online Demo Anies Soal Ganjil Genap!

(19-08-2019 12:21:57 - Dibaca 242 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Tiga Polisi di Papua Terluka Akibat Demo di Manokwari!

(19-08-2019 12:16:34 - Dibaca 195 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Ceramahnya Dianggap Menghina Salib, Ini Klarifikasi Abdul Somad!

(19-08-2019 10:38:31 - Dibaca 480 Kali)

Tak Ada Perubahan Pasca Ahok, PDIP Buka Peluang Calonkan Risma Jadi DKI 1
Pemprov DKI Tiru Risma Boyong Bunga Tabebuya, Mengapa?
Dosen Untar ini Bisa Selesaikan 13 Gelar Langsung, Bagaimana caranya?

TERPOPULER

1. Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!

2. GNR Balik Arah Dukung Jokowi, Ini Kata PAN!

3. Gerindra Tuding Aksi Jokowi di Pembukaan Asian Games Pencitraan, Apa maksudnya?

4. Ratna Sarumpaet Serang Kiai Ma'ruf Amin, Ini Respon Tegas GP Ansor!

5. Roy Suryo Bicara Soal Asian Games 2018 Sebagai Ajang Pencitraan Politik?

6. Neno Ditolak, Fadli Zon Minta Kapolda Riau Dicopot, Apa maksudnya?

7. Ketum PPP Ungkap Cawapres Jokowi Mengarah ke Mahfud Md!

8. Fadli Zon Langsung Hapus Pollingnya Sendiri Karena Jokowi Menang!

9. Ini Deretan Kepala Daerah yang Balik Arah Dukung Jokowi!

10. Sandiaga Sarankan Cari Daerah Lain Buat Aksi 2019GantiPresiden, Daerah mana?




HUKUM & KRIMINAL EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.