Nasib Pengayuh Becak di Era Anies Baswedan
Ulama Aceh Larang Simbol Islam di Peci-Mobil, Ini Respons MUI!
Animal Rescue Damkar Tangkap Belasan Anak Kobra di Purwakarta, Induknya Masih Berkeliaran!



loading...

Sarangberita.com > Hukum & Kriminal
 
5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
 
13-08-2019 20:36:01 - Dibaca 477 Kali
 
 
5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Pengadilan Negeri Jakarta Barat menggelar sidang perdana pelaku kerusuhan 22 Mei yang digelar terpisah, 18 perkara dengan 84 tersangka. Lima orang didakwa melakukan perusakan dan pembakaran mobil yang ada di halaman parkir Asrama Brimob.

Kelima terdakwa yakni Imam Slamet, Makmuril Husni, Supriyanto, Ahmad Supriyanto, Taufiq Hidayat. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kurniawan menyebut para pelaku secara bersama-sama melakukan kekerasan dengan pengancaman.

"Kelima terdakwa pada hari Rabu 22 Mei bertempat di Asrama Polri Petamburan Jakarta Barat, yang melakukan, yang menyuruh melakukan atau yang turut serta melakukan perbuatan dengan kekerasan atau dengan ancaman kekerasan memaksa seorang pejabat untuk melakukan perbuatan jabatan atau untuk tidak melakukan perbuatan jabatan yang sah," kata Kurniawan, membacakan surat dakwaan, di PN Jakbar, Jl Letjen S Parman, Jakarta Barat, Selasa (13/8/2019).

Jaksa mengatakan awalnya pada Selasa 21 Mei terjadi unjuk rasa di kantor Bawaslu Jakarta Pusat hingga malam hari. Pada saat dibubarkan ternyata massa tersebut bergerak menuju arah Petamburan Jakarta Barat.


Kemudian pada pukul 02.00 WIB 22 Mei massa bergerak ke Jl KS Tubun Nomor 2 A tepatnya di depan kantor Mako Brimob untuk melakukan perusakan dan pembakaran mobil-mobil yang terparkir di halaman Asrama Brimob Petamburan.

Saat itu Kabag Ops Polres Jakbar AKBP Wuryanto mengimbau dan memberi peringatan kepada massa tersebut agar membubarkan diri dan tidak melakukan perlawanan pada petugas. Akan tetapi imbauan tersebut tidak dituruti massa.

"Namun imbauan tersebut tidak diindahkan massa pengunjuk rasa, melainkan tetap melakukan pelemparan batu, kayu, panah beracun, dan bom molotov sehingga saat itu saksi menangkap berapa massa yang terlibat membuat kerusuhan," kata Kurniawan.

Selanjutnya kelima pelaku diamankan polisi. Akibat kerusuhan massa tersebut wilayah Asrama Polri dan sekitarnya terisolir karena tertutup massa dan tidak bisa dilewati masyarakat.

loading...

Para terdakwa didakwa dan diancam dengan Pasal 211, 212, 187, atau 218 juncto Pasal 55 KUHP. Selanjutnya Pasal 214, 170, atau 358 KUHP.

Sementara itu, PN Jakbar hari ini menggelar sidang dakwaan pelaku kerusuhan 22 Mei secara terpisah. Total ada 18 perkara yang disidangkan hari ini dengan total 84 terdakwa menjalani sidang dakwaan. Para terdakwa didakwa rata-rata dengan dakwaan dan pasal yang sama.

Di ruang sidang lainnya, JPU Anggia Yusran juga membacakan dakwaan terhadap 4 terdakwa lainnya Jamaludin alias bin Samsudin, Muhamad Wahyudin bin Umar Komarudin, Raden Umar Burhanudin, Muhammad Karim. Keempatnya berangkat dari Majelis Taklim Arroudhoh di Cianjur dengan menggunakan ambulan GARIS ke Jakarta dalam rangka arti jihad atas kecurangan dan kelicikan Pemilu.

"Bahwa pada hari Rabu tanggal 22 sekitar pukul 05.00 WIB terdakwa 1 Jamaludin Jamal bersama dengan terdakwa 2 Muhammad Wahyudin bin Umar, terdakwa III Raden Umar, terdakwa IV Muhamad Karim menuju di Petamburan Jakarta Barat dengan mengendarai ambulans GARIS di mana di tempat tersebut massa telah mengamuk dengan menyerang polisi dengan batu petasan dan bambu runcing yang berada di Jalan KS Tubun Petamburan Jakarta Barat," kata Anggia.

Selanjutnya terdakwa 1 Jamaludin bersama dengan terdakwa 3 ikut bergabung dalam aksi massa sedangkan terdakwa 2 Muhammad Hadi menunggu di dalam ambulans. Di saat bersamaan polisi mengimbau agar massa unjuk rasa segera membubarkan diri tetapi imbauan itu tidak diindahkan.

Kemudian keempatnya diamankan polisi di kawasan Asrama Brimob Petamburan, serta beberapa orang lainnya (dalam berkas terpisah).

Para terdakwa didakwa dan diancam Pasal 211 Jo Pasal 55 ayat (1),
Pasal 212 Jo Pasal 55 Ayat (1), Pasal 214 Ayat (1) KUHP. Pasal 170 ayat (1) KUHP, Pasal 358 ke-1 KUHP, Pasal 187 ke-1 Jo Pasal 55 ayat (1), pasal 218 Jo Pasal 55 ayat (1).
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Rusuh 22 Mei, 5 Orang Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- HUKUM & KRIMINAL -
5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Polisi Ringkus Pengintimidasi Anggota Banser di Jaksel!

(12-12-2019 20:13:15 - Dibaca 355 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Mahfud Md Sebut Nama Dewas KPK Sudah di Kantong Jokowi!

(12-12-2019 19:29:54 - Dibaca 101 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Kris Hatta Divonis Lima Bulan Penjara Atas Kasus Penganiayaan!

(10-12-2019 16:51:19 - Dibaca 167 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Polri Tegaskan Tak Ada Kriminalisasi di Kasus Jafar Shodiq!

(06-12-2019 09:04:22 - Dibaca 267 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Penyelundupan Harley-Davidson Dirut Garuda, Ini Kronologinya!

(05-12-2019 16:57:03 - Dibaca 499 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Gugatan Uji Materi UU KPK Ditolak MK!

(28-11-2019 13:02:11 - Dibaca 224 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Soal Komitmen 'Takkan Langgar Hukum Lagi', FPI Pertanyakan Maksud Menag!

(28-11-2019 08:36:47 - Dibaca 601 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Sidang Vonis Kasus Narkoba Nunung dan Suami Digelar Hari Ini!

(27-11-2019 07:20:10 - Dibaca 188 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
BW Nilai Gugatan OC Kaligis Soal TGUPP Mengada-ada?

(21-11-2019 18:30:27 - Dibaca 228 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Siswi SMA 'Mobil Bergoyang' Ini Sempat Diamankan Polisi Lalu Dipulangkan ke Keluarga!

(20-11-2019 16:37:14 - Dibaca 441 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Polri Kembali Ringkus 4 Terduga Teroris Terkait Bom Medan!

(19-11-2019 19:11:18 - Dibaca 192 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Negara Rampas Aset First Travel, Apa Kabar Kasus Pencucian Uang 1,2 T Abu Tours?

(19-11-2019 08:34:33 - Dibaca 129 Kali)

 
- BERITA LAIN -
5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Nasib Pengayuh Becak di Era Anies Baswedan

(13-12-2019 11:34:36 - Dibaca 130 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Ulama Aceh Larang Simbol Islam di Peci-Mobil, Ini Respons MUI!

(13-12-2019 09:17:31 - Dibaca 116 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Animal Rescue Damkar Tangkap Belasan Anak Kobra di Purwakarta, Induknya Masih Berkeliaran!

(13-12-2019 09:13:24 - Dibaca 126 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Partai Demokrat Sentil Gibran dan Bobby yang Maju Pilkada!

(13-12-2019 08:54:51 - Dibaca 213 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Soal Gibran Daftar Pilwalkot Solo, Ini Kata PAN!

(13-12-2019 08:43:53 - Dibaca 40 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Dicecar DPR Terkait UN, Ini Jawaban Brilian Mendikbud Nadiem!

(13-12-2019 08:30:19 - Dibaca 210 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Soal Banjir, Pemprov DKI Sebut Tak Salahkan Pemkab Bogor?

(13-12-2019 08:22:42 - Dibaca 64 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Nadiem Makarim Dapat Restu Jokowi Untuk Hapus UN Mulai 2021!

(13-12-2019 07:58:32 - Dibaca 109 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
FKUB Apresiasi Sikap Tenang Warga Sikapi Perusakan Tempat Sembahyang di Bromo!

(13-12-2019 07:53:31 - Dibaca 106 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Soal Menag Polisikan Pelarang Atribut Natal, Ini Kata PA 212!

(13-12-2019 07:43:30 - Dibaca 120 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Ini Komentar Menag Soal Ulama Aceh Larang Penggunaan Simbol Islam di Peci-Mobil!

(13-12-2019 07:31:45 - Dibaca 183 Kali)

5 Orang Pelaku Rusuh 22 Mei Didakwa Rusak dan Bakar Mobil di Asrama Brimob!
Polisi Ringkus Pengintimidasi Anggota Banser di Jaksel!

(12-12-2019 20:13:15 - Dibaca 355 Kali)

Partai Demokrat Sentil Gibran dan Bobby yang Maju Pilkada!
Soal Gibran Daftar Pilwalkot Solo, Ini Kata PAN!
Dicecar DPR Terkait UN, Ini Jawaban Brilian Mendikbud Nadiem!

TERPOPULER

1. Soal Remisi Ahok, Ini Tanggapan Menarik Warga Jabodetabek!

2. Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017

3. Soal Gaji Fantastis TGUPP, Anies Sebut Ada Rumusnya, Rumus dari mana?

4. Pendiri PAN Ini Sebut Fadli Zon Tak Ada Prestasi Kecuali Nyinyir!

5. Anies Sebut Bakal Geser Rumah Warga di Jati Padang, Geser sama Gusur apa bedanya?

6. Mengapa Anies Ngotot TGUPP Tak Mau Pakai Dana Operasional Gubernur?

7. Lihat Rumah di Kali Pulo Jatipadang, Anies Geleng-geleng, Warganya Tertawa!

8. PKL Hingga Bajaj Kuasai Trotoar, Tanah Abang Tambah Semrawut!

9. Sandi Akan Bangun Infrastruktur Tanpa Utang, Ini Sindiran Brilian Erick Thohir!

10. Akrabnya Sandi dan Lulung, Cukur Bareng hingga Tinjau PKL, Ada apa?




JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO
PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.