Dinilai Berbahaya, WHO Desak Indonesia Tunda Penggunaan Hydroxychloroquine?
Farid Gaban Disomasi Politikus PSI Karena Dianggap Sebar Hoaks!
Usai Salat Id di Masjid Bekasi, Satu Keluarga Terpapar Virus Corona?



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
 
05-10-2019 09:30:28 - Dibaca 695 Kali
 
 
Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Mahfud MD angkat bicara mengenai analogi 'simalakama' yang dilontarkan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko ketika ditanya waktu penerbitan Perppu KPK. Mahfud mengaku yakin Presiden Jokowi bisa menuntaskan persoalan negara yang dianggap 'simalakama' itu.

"Ya kalau emang buah simalakama, ya emang terserah presiden, mau menghadapi resiko yang mana gitu kan? kan mengeluarkan (Perppu) ada resiko, tidak mengeluarkan ada resiko, jadi ya terserah presiden saja. Kita harus hormati presiden," kata Mahfud kepada wartawan, Sabtu (5/10/2019).

Menurut Mahfud, Jokowi memegang puncak kekuasaan sah secara konstitusional. Dia juga yakin Jokowi bisa menghadapi buah simalakama, yang artinya Mahfud yakin Jokowi mampu menghadapi semua risiko terkait keputusan yang dipilih Jokowi.


"Presiden itukan pemegang kekuasaan yang sah secara kosntitusional, nah pemegang sah konstitusional itu artinya punya hak untuk melakukan sesuatu yang sifatnya buah simalakama itu untuk kemudian ditaati semua pihak," terangnya.

"Jadi intinya terserah presiden saja, jangan terlalu didorong ke sebuah sudut yang sulit, karena kita sebagai bangsa sudah memilih presiden, kalau menghadapi buah simalakama, ya biar diputuskan sendiri, mau diambil yang mana," tambahnya.

Sebelumnya, Moeldoko mengatakan pemerintah tidak bisa memuaskan semua pihak terkait permintaan Perppu KPK. Moeldoko menganalogikannya dengan peribahasa buah simalakama.

loading...

"Semua harus dipikirkan, semua harus didengarkan, mesti ada. Semua warga negara juga bijak gitu di dalam menyikapi semua keputusan. Karena keputusan itu seperti simalakama, nggak dimakan bawa mati, dimakan ikut mati, kan begitu," kata Moeldoko saat ditanya tuntutan deadline Perppu KPK di Kompleks Istana Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (4/10).

Pernyataan Moeldoko ini juga mendapat sejumlah respons dari para pengamat hukum, salah satunya Direktur Pusako Universitas Andalas Feri Amsari. Feri mempertanyakan maksud dan tujuan Moeldoko menganalogikan Perppu KPK dengan buah simalakama.

"Jadi buah simalakama di mana? jangan-jangan, saya khawatir presiden sendiri berkeinginan untuk revisi ini jalan, sehingga kemudian membangun seolah-olah dia yang menderita," ujar Feri saat dihubungi.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Mahfud MD Yakin Jokowi Punya Cara Hadapi 'Simalakama' Perppu KPK
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Disiplinkan Warga, Jokowi Kerahkan Aparat Secara Masif!

(26-05-2020 10:02:42 - Dibaca 282 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Ini Panduan Bekerja di Era New Normal Saat PSBB Dari Kemenkes!

(24-05-2020 22:13:25 - Dibaca 586 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Ini Satu-Satunya Cara Jitu Lawan Covid-19 Sebelum Ada Vaksin!

(24-05-2020 20:36:03 - Dibaca 653 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Kasus Corona Indonesia Per 23 Mei Sudah 21.745 Orang Positif!

(23-05-2020 16:15:18 - Dibaca 328 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Info Jadwal Buka Puasa Hari Ini 23 Mei 2020

(23-05-2020 14:52:26 - Dibaca 133 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode

(20-05-2020 20:49:22 - Dibaca 310 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Update Corona RI 19 Mei: 18.496 Positif, 4.467 Sembuh, 1.221 Meninggal!

(19-05-2020 15:24:47 - Dibaca 311 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
MUI Tanya Soal Larangan Salat di Masjid, Ini Jawaban Mahfud MD!

(19-05-2020 15:01:47 - Dibaca 1.185 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
BIN Prediksi Corona Makin Parah Jika Salat Id Dilakukan Massal!

(19-05-2020 14:00:21 - Dibaca 715 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Siswa dan Guru Disarankan Lakukan Tes Corona Jika Sekolah Mulai Juli!

(16-05-2020 09:03:26 - Dibaca 426 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Jokowi Bicara Soal New Normal di Tengah Pandemi Virus Corona!

(16-05-2020 08:45:47 - Dibaca 603 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Update Corona RI 14 Mei: 16.006 Positif, 3.518 Sembuh

(14-05-2020 15:53:53 - Dibaca 311 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Dinilai Berbahaya, WHO Desak Indonesia Tunda Penggunaan Hydroxychloroquine?

(27-05-2020 09:44:46 - Dibaca 999 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Farid Gaban Disomasi Politikus PSI Karena Dianggap Sebar Hoaks!

(26-05-2020 12:10:57 - Dibaca 220 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Usai Salat Id di Masjid Bekasi, Satu Keluarga Terpapar Virus Corona?

(26-05-2020 11:21:54 - Dibaca 1.856 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Aplikasi Zoom Dijegal China Lewat Alibaba dan Tencent!

(26-05-2020 10:27:10 - Dibaca 173 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Disiplinkan Warga, Jokowi Kerahkan Aparat Secara Masif!

(26-05-2020 10:02:42 - Dibaca 282 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Cek Pendisiplinan di MRT, Ini Momen Anies Hampiri Jokowi dan Berbincang!

(26-05-2020 09:58:22 - Dibaca 317 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Usai Lebaran, Harga Emas Antam Naik Jadi Rp917 Ribu per Gram!

(26-05-2020 09:53:57 - Dibaca 146 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Saling Berlomba Temukan Vaksin Corona, China Paling Depan!

(25-05-2020 20:09:14 - Dibaca 439 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Vaksin Dari China Ini Sukses Hasilkan Antibodi Covid-19!

(25-05-2020 10:08:36 - Dibaca 681 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Kini Instagram Bisa Video Call 50 Orang, Ini Caranya!

(25-05-2020 09:08:50 - Dibaca 155 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Ini Panduan Bekerja di Era New Normal Saat PSBB Dari Kemenkes!

(24-05-2020 22:13:25 - Dibaca 586 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Benda Misterius Dari Langit Jatuh di Sragen...

(24-05-2020 21:42:43 - Dibaca 848 Kali)

Aplikasi Zoom Dijegal China Lewat Alibaba dan Tencent!
Disiplinkan Warga, Jokowi Kerahkan Aparat Secara Masif!
Cek Pendisiplinan di MRT, Ini Momen Anies Hampiri Jokowi dan Berbincang!

TERPOPULER

1. Bahar bin Smith Dijebloskan ke Sel Teroris di Lapas Gunung Sindur dan Tak Bisa Dijenguk!

2. KSPI Siap Sumbang 10 Juta Suara Buat Prabowo, Suaranya siapa?

3. Dosen USU 'Bom Surabaya Pengalihan Isu' Pingsan Saat Dipamerkan Polisi!

4. Pilpres 2019, Yusril Sebut PBB Tolak Dukung Jokowi, Apa pengaruhnya?

5. Ancam Tembak Jokowi, Polisi Siapkan Tim Tangkap Pemuda Tersebut!

6. Pria yang Ancam Penggal Jokowi Ditetapkan Tersangka Oleh Polisi!

7. Fadli Zon Sebut Pasangan Sudrajat-Syaikhu Brilian! Dimana Briliannya?

8. Eggy Sudjana Usulkan Agar Ketua MUI Dipecat! Mengapa?

9. Ceramah Provokatif dan Langgar PSBB, Bahar bin Smith Kembali Dipenjara!

10. Pengendara Camry yang Langgar PSBB Ini Melawan dan Pukul Petugas di Surabaya!




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.