Viktor Laiskodat Sudah Pamit ke Masyarakat NTT Karena Dikabarkan Jadi Menteri?
Said Aqil Klaim Ada Pihak yang Ingin NU Hancur Sebelum 2024! Siapa?
KPK Kritik Etika Anggota DPR Mulan, Ini Kata Gerindra!



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
 
05-10-2019 09:30:28 - Dibaca 427 Kali
 
 
Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Mahfud MD angkat bicara mengenai analogi 'simalakama' yang dilontarkan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko ketika ditanya waktu penerbitan Perppu KPK. Mahfud mengaku yakin Presiden Jokowi bisa menuntaskan persoalan negara yang dianggap 'simalakama' itu.

"Ya kalau emang buah simalakama, ya emang terserah presiden, mau menghadapi resiko yang mana gitu kan? kan mengeluarkan (Perppu) ada resiko, tidak mengeluarkan ada resiko, jadi ya terserah presiden saja. Kita harus hormati presiden," kata Mahfud kepada wartawan, Sabtu (5/10/2019).

Menurut Mahfud, Jokowi memegang puncak kekuasaan sah secara konstitusional. Dia juga yakin Jokowi bisa menghadapi buah simalakama, yang artinya Mahfud yakin Jokowi mampu menghadapi semua risiko terkait keputusan yang dipilih Jokowi.


"Presiden itukan pemegang kekuasaan yang sah secara kosntitusional, nah pemegang sah konstitusional itu artinya punya hak untuk melakukan sesuatu yang sifatnya buah simalakama itu untuk kemudian ditaati semua pihak," terangnya.

"Jadi intinya terserah presiden saja, jangan terlalu didorong ke sebuah sudut yang sulit, karena kita sebagai bangsa sudah memilih presiden, kalau menghadapi buah simalakama, ya biar diputuskan sendiri, mau diambil yang mana," tambahnya.

Sebelumnya, Moeldoko mengatakan pemerintah tidak bisa memuaskan semua pihak terkait permintaan Perppu KPK. Moeldoko menganalogikannya dengan peribahasa buah simalakama.

loading...

"Semua harus dipikirkan, semua harus didengarkan, mesti ada. Semua warga negara juga bijak gitu di dalam menyikapi semua keputusan. Karena keputusan itu seperti simalakama, nggak dimakan bawa mati, dimakan ikut mati, kan begitu," kata Moeldoko saat ditanya tuntutan deadline Perppu KPK di Kompleks Istana Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (4/10).

Pernyataan Moeldoko ini juga mendapat sejumlah respons dari para pengamat hukum, salah satunya Direktur Pusako Universitas Andalas Feri Amsari. Feri mempertanyakan maksud dan tujuan Moeldoko menganalogikan Perppu KPK dengan buah simalakama.

"Jadi buah simalakama di mana? jangan-jangan, saya khawatir presiden sendiri berkeinginan untuk revisi ini jalan, sehingga kemudian membangun seolah-olah dia yang menderita," ujar Feri saat dihubungi.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Mahfud MD Yakin Jokowi Punya Cara Hadapi 'Simalakama' Perppu KPK
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
UU KPK Bernomor 19/2019 Resmi Berlaku?

(18-10-2019 09:04:01 - Dibaca 89 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Jokowi Sebut Pengumuman Kabinet Bisa di Hari Pelantikan!

(17-10-2019 10:43:37 - Dibaca 95 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
BPIP Sebut Berdasarkan Riset Banyak PNS yang Tak Suka Pancasila, Mengapa?

(16-10-2019 13:59:03 - Dibaca 126 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Ketua MPR Sebut Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Disepakati Pukul 14.30 WIB!

(14-10-2019 12:53:17 - Dibaca 236 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Soal Penyerangan Wiranto, Ini Respons Luhut!

(13-10-2019 19:14:57 - Dibaca 188 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
450 Kolonel dan 300 Perwira Tinggi TNI Bakal Disiapkan Jabatan Baru Oleh Jokowi!

(05-10-2019 09:24:43 - Dibaca 365 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Analisa Politik Kalem Jokowi Hadapi Gelombang Protes!

(30-09-2019 08:07:31 - Dibaca 646 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Karangan Bunga Jokowi Berdiri di Halaman Rumah Duka Habibie

(12-09-2019 07:00:03 - Dibaca 443 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Soal NKRI Bersyariah, Ini Respon Tegas Gus Sholah dan Try Sutrisno!

(12-08-2019 17:47:27 - Dibaca 878 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Pemerintah Tegaskan Menolak NKRI Syariah!

(07-08-2019 07:46:48 - Dibaca 760 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Soal Aplikasi 'Jangkau' Ahok, Ini Respon Positif PDIP!

(04-08-2019 08:40:33 - Dibaca 517 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami Pasca Gempa Banten!

(02-08-2019 21:48:02 - Dibaca 827 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Viktor Laiskodat Sudah Pamit ke Masyarakat NTT Karena Dikabarkan Jadi Menteri?

(18-10-2019 14:59:37 - Dibaca 301 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Said Aqil Klaim Ada Pihak yang Ingin NU Hancur Sebelum 2024! Siapa?

(18-10-2019 09:20:25 - Dibaca 167 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
KPK Kritik Etika Anggota DPR Mulan, Ini Kata Gerindra!

(18-10-2019 09:16:04 - Dibaca 188 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
UU KPK Bernomor 19/2019 Resmi Berlaku?

(18-10-2019 09:04:01 - Dibaca 89 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Jokowi Panggil Adian Napitupulu Menjelang Pengumuman Menteri!

(18-10-2019 08:59:17 - Dibaca 999 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
BW Sebut KPK Resmi Dihabisi di Era Presiden Jokowi, Apa maksudnya?

(17-10-2019 20:54:00 - Dibaca 507 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Kritik FPI, Munarman Minta Moeldoko Belajar Ngaji?

(17-10-2019 20:36:13 - Dibaca 454 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Keluar Dari Polda Metro, Ini Komentar Vicky Nitinegoro!

(17-10-2019 20:27:42 - Dibaca 129 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Terkait Kasus Ninoy Karundeng, Polisi Benarkan Ada Dokter yang Ditangkap!

(17-10-2019 11:50:03 - Dibaca 221 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Massa Pendukung dan Banser Datangi PN Surabaya Jelang Vonis Gus Nur!

(17-10-2019 10:49:08 - Dibaca 491 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
Jokowi Sebut Pengumuman Kabinet Bisa di Hari Pelantikan!

(17-10-2019 10:43:37 - Dibaca 95 Kali)

Soal 'Simalakama' Perppu KPK, Ini Komentar Bijak Mahfud MD!
TPU Pondok Ranggon Berlakukan Tumpang Jasad Dalam Satu Liang Lahat di Tahun 2020, Mengapa?

(17-10-2019 10:39:11 - Dibaca 60 Kali)

UU KPK Bernomor 19/2019 Resmi Berlaku?
Jokowi Panggil Adian Napitupulu Menjelang Pengumuman Menteri!
BW Sebut KPK Resmi Dihabisi di Era Presiden Jokowi, Apa maksudnya?

TERPOPULER

1. Jika Tak Bisa Buktikan, Kompolnas Minta Penuding Tito Diproses!

2. Polri Tegaskan Kepada Tim Prabowo: Penyidik Tak Bisa Diatur!

3. Amien Rais Sebut Ratna Sarumpaet Adalah Pembohong dan Sampah Politik

4. Soal Dana Sampah, Wawalkot Bekasi Sebut Ahok Lebih Baik!

5. Mahfud Md Minta 3 Nama Ini Tanggung Jawab Soal Berita Ratna Sarumpaet!

6. Jokowi Terbitkan PP Tentang Pelapor Kasus Korupsi Bisa Dapat Rp 200 Juta!

7. Ahmad Dhani Resmi Jadi Tersangka!

8. Tweet Elite PD yang Tuding Jokowi Pelihara Preman Buat Hajar Ratna Disoalkan Nasdem!

9. PAN Sebut Amien Rais Hanya Korban Kebohongan Ratna, Benarkah?

10. Prabowo Didesak Mundur dari Capres Karena Sebar Hoax Ratna, Ini Kata Fadli!




JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO
SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.