Dampak Revitalisasi, Nasib Rusa di Monas Terancam?
DPRD DKI Ingatkan Ancaman Pidana Soal Tebang 190 Pohon Monas!
Soal MeMiles, Polisi Heran Dengar Cerita Ari Sigit?



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
 
27-11-2019 10:12:49 - Dibaca 192 Kali
 
 
Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid berbicara soal hukum pelaksanaan Reuni 212 oleh Persaudaraan Alumni (PA) 212. Zainut menyatakan Reuni 212 bersifat mubah namun bagi para ASN wajib mendahulukan pekerjaannya.

"Reuni 212 hukumnya mubah atau boleh-boleh saja, tidak ada anjuran juga tidak ada larangan. Dilaksanakan tidak apa-apa, tidak dilaksanakan juga tidak berdosa. Namanya juga berkumpul dan bersilaturahmi," kata Zainut Tauhid.

"Karena pelaksanaan 212 hari kerja dan bagi ASN bekerja itu hukumnya wajib, maka sesuatu yang wajib tidak bisa diganti dengan yang mubah. Jadi bagi ASN wajib mendahulukan pekerjaannya," imbuh dia.


Zainut menjelaskan lebih jauh soal mubah. Menurutnya, kegiatan yang bersifat mubah bisa mendatangkan nilai ibadah jika diisi dengan berbagai kegiatan. Namun jika sesuatu yang mubah diisi kegiatan yang buruk, itu bisa menyebabkan dosa.

"Sesuatu yang mubah itu bisa menjadi baik dan memiliki nilai ibadah jika kegiatan tersebut diisi dengan hal kebaikan. Misalnya menganjurkan persatuan, persaudaraan, cinta tanah air dan menganjurkan untuk menaati hukum atau peraturan. Tetapi jika reuni tersebut diisi dengan kegiatan yang tidak baik, misalnya melakukan provokasi, memfitnah, menebarkan ketakutan, kebencian, dan mengadu domba maka reuni tersebut bisa menimbulkan dosa," beber Zainut.

Wakil Ketua Umum MUI itu memilih berprasangka baik. Dia yakin reuni 212 akan diisi berbagai kegiatan yang positif.

"Saya yakin reuni 212 akan diisi dengan kegiatan dan aktivitas kebaikan," ucap Zainut.

loading...

Zainut menyebut bangsa Indonesia saat ini membutuhkan suasana yang aman, sejuk, damai dan kondusif untuk melakukan konsolidasi kehidupan masyarakat setelah hampir satu tahun mengalami keretakan dan gesekan sosial akibat perbedaan pilihan politik selama masa pemilihan umum berlangsung.

"Untuk hal tersebut semua pihak khususnya para tokoh agama dan tokoh masyarakat hendaknya ikut terlibat aktif merajut kembali persaudaraan kebangsaan dan membantu menciptakan situasi yang kondusif agar kehidupan masyarakat kembali normal, cair dan tidak ada ketegangan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban," tutur Zainut
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Wamenag: Reuni 212 Hukumnya Mubah, Bagi ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Mahfud Md Sebut 660 WNI Diduga Terlibat Terorisme Lintas Batas!

(21-01-2020 19:11:54 - Dibaca 187 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Sapa Sandiaga Uno di Pelantikan HIPMI, Jokowi: Hati-hati 2024!

(15-01-2020 12:14:54 - Dibaca 940 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Mahfud Md Tegaskan Tak Boleh Ada Sweeping Saat Natal!

(17-12-2019 07:14:55 - Dibaca 828 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Jokowi Tegaskan Pembangunan Infrastruktur Tetap Lanjut 5 Tahun Kedepan!

(16-12-2019 11:34:52 - Dibaca 400 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Jokowi Minta Menhan Prabowo Tawar Harga Alat Perang!

(14-12-2019 08:28:26 - Dibaca 452 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Dicecar DPR Terkait UN, Ini Jawaban Brilian Mendikbud Nadiem!

(13-12-2019 08:30:19 - Dibaca 464 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Ini Kecepatan yang Disarankan Pengguna Tol Layang Jakarta Cikampek!

(12-12-2019 19:56:28 - Dibaca 259 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Soal Kasus Novel Baswedan, Jokowi Sebut Ada Temuan Baru!

(10-12-2019 16:38:56 - Dibaca 236 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Bantu Modal UMKM, Staf Khusus Presiden Ini Janji Berikan Seluruh Gajinya!

(10-12-2019 13:22:30 - Dibaca 297 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Berantas Radikalisme di BUMN, Mahfud Md Beri Masukan ke Erick Thohir!

(05-12-2019 12:36:42 - Dibaca 345 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Gandeng Didi Kempot Sebar Nilai Pancasila, Jokowi Diapresiasi Komisi X DPR!

(04-12-2019 07:07:55 - Dibaca 305 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Terkait Ledakan Granat di Monas, Jokowi Perintahkan Usut Tuntas!

(03-12-2019 11:17:42 - Dibaca 1.376 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Dampak Revitalisasi, Nasib Rusa di Monas Terancam?

(23-01-2020 09:51:52 - Dibaca 358 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
DPRD DKI Ingatkan Ancaman Pidana Soal Tebang 190 Pohon Monas!

(23-01-2020 07:58:59 - Dibaca 1.336 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Soal MeMiles, Polisi Heran Dengar Cerita Ari Sigit?

(23-01-2020 07:53:39 - Dibaca 701 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Setneg Sebut Revitalisasi Monas Belum Ada Izin dari Komisi Pengarah!

(22-01-2020 21:49:10 - Dibaca 404 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Pabrik Bihun Bercampur Kecoa di Sumsel Digerebek Polisi!

(22-01-2020 21:42:44 - Dibaca 503 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Ketua DPR Puan Maharani Perintahkan DKI Kembalikan Monas Sedia Kala!

(22-01-2020 21:14:48 - Dibaca 14.267 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
DPRD Minta Revitalisasi Monas Disetop Karena Belum Dapat Izin Setneg, Dinas Cipta Karya Ngadu ke Anies?

(22-01-2020 20:42:12 - Dibaca 925 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Belum Dapat Izin Setneg, DPRD DKI Minta Revitalisasi Monas Dihentikan!

(22-01-2020 20:38:12 - Dibaca 327 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Soal Integrasi Transportasi Indonesia, Anies Sentil Kebijakan Pemerintah?

(22-01-2020 20:30:34 - Dibaca 444 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Eks Dosen IPB Abdul Basith Didakwa Terlibat Pembuatan Bom Molotov!

(22-01-2020 20:24:57 - Dibaca 134 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Ini Kata Pemkot Surabaya Terkait Surat Edaran RW di Surabaya Soal Iuran Nonpribumi!

(21-01-2020 20:16:30 - Dibaca 408 Kali)

Wamenag Sebut Reuni 212 Hukumnya Mubah Namun Para ASN Wajib Dahulukan Pekerjaan!
Soal Iuran Nonpribumi yang Viral, Ini Isi Surat Edarannya!

(21-01-2020 20:01:33 - Dibaca 381 Kali)

Setneg Sebut Revitalisasi Monas Belum Ada Izin dari Komisi Pengarah!
Pabrik Bihun Bercampur Kecoa di Sumsel Digerebek Polisi!
Ketua DPR Puan Maharani Perintahkan DKI Kembalikan Monas Sedia Kala!

TERPOPULER