Dampak Revitalisasi, Nasib Rusa di Monas Terancam?
DPRD DKI Ingatkan Ancaman Pidana Soal Tebang 190 Pohon Monas!
Soal MeMiles, Polisi Heran Dengar Cerita Ari Sigit?



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
 
29-11-2019 19:04:36 - Dibaca 224 Kali
 
 
Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Jubir Presiden, Fadjroel Rachman mengatakan Presiden Jokowi tidak akan menerbitkan Perppu KPK. Atas pernyataan itu, ICW pun mengaku kecewa.

"ICW kecewa dengan pernyataan yang diungkapkan oleh Juru Bicara Presiden terkait dengan penolakan Presiden untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) KPK," kata peneliti ICW Kurnia Ramadhana kepada wartawan, Jumat (29/11/2019).

Meski begitu, Kurnia mengatakan pernyataan itu tidak membuat kaget karena sudah menyadari Jokowi tidak paham penguatan KPK. Menurut dia, Jokowi tidak menganggap pemberantasan korupsi sebagai isu krusial.

"Namun, pernyataan tersebut sebenarnya tidak lagi mengagetkan. Sebab, memang sedari awal Presiden Joko Widodo tidak pernah menganggap pemberantasan korupsi menjadi isu krusial dan tidak paham bagaimana menguatkan kelembagaan anti korupsi seperti KPK," tuturnya.


Kurnia pun menyebut pernyataan Fadjroel soal tidak diperlukannya perppu karena sudah ada UU KPK keliru dan menyesatkan. Sebab, menurut dia, perppu diperlukan lantaran UU KPK memiliki banyak pasal yang melemahkan.

"Pertama, yang bersangkutan mengatakan karena sudah ada UU KPK baru maka tidak lagi diperlukan Perppu. Logika ini tentu keliru dan menyesatkan, sebab, Perppu diperlukan karena UU KPK baru memiliki banyak Pasal yang memperlemah KPK. Jika saja UU KPK tidak direvisi, tidak mungkin masyarakat berharap Perppu dari Presiden," kata Kurnia.

"Kedua, dengan dalih UU KPK baru sedang diuji di Mahkamah Konstitusi maka PerPPU tidak dikeluarkan. Logika ini juga tidak tepat, bahkan menggambarkan bahwa Presiden tidak memahami perbedaan kewenangan penerbitaan PerPPU dan proses uji materi di MK," imbuhnya.

loading...

Dia menegaskan UU KPK baru sangat melemahkan KPK. Menurut Kurnia, seharusnya DPR dan pemerintah malu karena banyak pihak mempersoalkan UU KPK baru.

"Jika ini merupakan sikap akhir dari Presiden tentu tidak salah jika publik merasa selama ini narasi anti korupsi yang diucapkan oleh Joko Widodo semata hanya omong kosong belaka," tutur dia.

Sebelumnya, Fadjroel mengatakan Perppu KPK tak diperlukan lagi. Dia menegaskan Jokowi tak akan mengeluarkan perppu itu.

"Tidak ada dong (Perppu KPK). Kan perppu tidak diperlukan lagi," kata Jubir Presiden, Fadjroel Rachman, di kompleks Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/).
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: ICW Kecewa Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Mahfud Md Sebut 660 WNI Diduga Terlibat Terorisme Lintas Batas!

(21-01-2020 19:11:54 - Dibaca 187 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Sapa Sandiaga Uno di Pelantikan HIPMI, Jokowi: Hati-hati 2024!

(15-01-2020 12:14:54 - Dibaca 940 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Mahfud Md Tegaskan Tak Boleh Ada Sweeping Saat Natal!

(17-12-2019 07:14:55 - Dibaca 828 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Jokowi Tegaskan Pembangunan Infrastruktur Tetap Lanjut 5 Tahun Kedepan!

(16-12-2019 11:34:52 - Dibaca 400 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Jokowi Minta Menhan Prabowo Tawar Harga Alat Perang!

(14-12-2019 08:28:26 - Dibaca 452 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Dicecar DPR Terkait UN, Ini Jawaban Brilian Mendikbud Nadiem!

(13-12-2019 08:30:19 - Dibaca 464 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Ini Kecepatan yang Disarankan Pengguna Tol Layang Jakarta Cikampek!

(12-12-2019 19:56:28 - Dibaca 259 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Soal Kasus Novel Baswedan, Jokowi Sebut Ada Temuan Baru!

(10-12-2019 16:38:56 - Dibaca 236 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Bantu Modal UMKM, Staf Khusus Presiden Ini Janji Berikan Seluruh Gajinya!

(10-12-2019 13:22:30 - Dibaca 297 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Berantas Radikalisme di BUMN, Mahfud Md Beri Masukan ke Erick Thohir!

(05-12-2019 12:36:42 - Dibaca 345 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Gandeng Didi Kempot Sebar Nilai Pancasila, Jokowi Diapresiasi Komisi X DPR!

(04-12-2019 07:07:55 - Dibaca 305 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Terkait Ledakan Granat di Monas, Jokowi Perintahkan Usut Tuntas!

(03-12-2019 11:17:42 - Dibaca 1.376 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Dampak Revitalisasi, Nasib Rusa di Monas Terancam?

(23-01-2020 09:51:52 - Dibaca 358 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
DPRD DKI Ingatkan Ancaman Pidana Soal Tebang 190 Pohon Monas!

(23-01-2020 07:58:59 - Dibaca 1.336 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Soal MeMiles, Polisi Heran Dengar Cerita Ari Sigit?

(23-01-2020 07:53:39 - Dibaca 701 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Setneg Sebut Revitalisasi Monas Belum Ada Izin dari Komisi Pengarah!

(22-01-2020 21:49:10 - Dibaca 404 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Pabrik Bihun Bercampur Kecoa di Sumsel Digerebek Polisi!

(22-01-2020 21:42:44 - Dibaca 503 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Ketua DPR Puan Maharani Perintahkan DKI Kembalikan Monas Sedia Kala!

(22-01-2020 21:14:48 - Dibaca 14.267 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
DPRD Minta Revitalisasi Monas Disetop Karena Belum Dapat Izin Setneg, Dinas Cipta Karya Ngadu ke Anies?

(22-01-2020 20:42:12 - Dibaca 925 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Belum Dapat Izin Setneg, DPRD DKI Minta Revitalisasi Monas Dihentikan!

(22-01-2020 20:38:12 - Dibaca 327 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Soal Integrasi Transportasi Indonesia, Anies Sentil Kebijakan Pemerintah?

(22-01-2020 20:30:34 - Dibaca 444 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Eks Dosen IPB Abdul Basith Didakwa Terlibat Pembuatan Bom Molotov!

(22-01-2020 20:24:57 - Dibaca 134 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Ini Kata Pemkot Surabaya Terkait Surat Edaran RW di Surabaya Soal Iuran Nonpribumi!

(21-01-2020 20:16:30 - Dibaca 408 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Soal Iuran Nonpribumi yang Viral, Ini Isi Surat Edarannya!

(21-01-2020 20:01:33 - Dibaca 381 Kali)

Setneg Sebut Revitalisasi Monas Belum Ada Izin dari Komisi Pengarah!
Pabrik Bihun Bercampur Kecoa di Sumsel Digerebek Polisi!
Ketua DPR Puan Maharani Perintahkan DKI Kembalikan Monas Sedia Kala!

TERPOPULER