PAN DKI Dukung Sosialisasi Protokol Corona Pakai Peti Mati?
Fahri Hamzah Bicara Soal Berat Badan Jokowi
Soal Sosialisasi Corona, PKS Minta Pemprov DKI Libatkan Tokoh Agama?

 
loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
 
29-11-2019 19:04:36 - Dibaca 349 Kali
 
 
Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Jubir Presiden, Fadjroel Rachman mengatakan Presiden Jokowi tidak akan menerbitkan Perppu KPK. Atas pernyataan itu, ICW pun mengaku kecewa.

"ICW kecewa dengan pernyataan yang diungkapkan oleh Juru Bicara Presiden terkait dengan penolakan Presiden untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) KPK," kata peneliti ICW Kurnia Ramadhana kepada wartawan, Jumat (29/11/2019).

Meski begitu, Kurnia mengatakan pernyataan itu tidak membuat kaget karena sudah menyadari Jokowi tidak paham penguatan KPK. Menurut dia, Jokowi tidak menganggap pemberantasan korupsi sebagai isu krusial.

"Namun, pernyataan tersebut sebenarnya tidak lagi mengagetkan. Sebab, memang sedari awal Presiden Joko Widodo tidak pernah menganggap pemberantasan korupsi menjadi isu krusial dan tidak paham bagaimana menguatkan kelembagaan anti korupsi seperti KPK," tuturnya.
 
 


Kurnia pun menyebut pernyataan Fadjroel soal tidak diperlukannya perppu karena sudah ada UU KPK keliru dan menyesatkan. Sebab, menurut dia, perppu diperlukan lantaran UU KPK memiliki banyak pasal yang melemahkan.

"Pertama, yang bersangkutan mengatakan karena sudah ada UU KPK baru maka tidak lagi diperlukan Perppu. Logika ini tentu keliru dan menyesatkan, sebab, Perppu diperlukan karena UU KPK baru memiliki banyak Pasal yang memperlemah KPK. Jika saja UU KPK tidak direvisi, tidak mungkin masyarakat berharap Perppu dari Presiden," kata Kurnia.

"Kedua, dengan dalih UU KPK baru sedang diuji di Mahkamah Konstitusi maka PerPPU tidak dikeluarkan. Logika ini juga tidak tepat, bahkan menggambarkan bahwa Presiden tidak memahami perbedaan kewenangan penerbitaan PerPPU dan proses uji materi di MK," imbuhnya.

loading...

Dia menegaskan UU KPK baru sangat melemahkan KPK. Menurut Kurnia, seharusnya DPR dan pemerintah malu karena banyak pihak mempersoalkan UU KPK baru.

"Jika ini merupakan sikap akhir dari Presiden tentu tidak salah jika publik merasa selama ini narasi anti korupsi yang diucapkan oleh Joko Widodo semata hanya omong kosong belaka," tutur dia.

Sebelumnya, Fadjroel mengatakan Perppu KPK tak diperlukan lagi. Dia menegaskan Jokowi tak akan mengeluarkan perppu itu.

"Tidak ada dong (Perppu KPK). Kan perppu tidak diperlukan lagi," kata Jubir Presiden, Fadjroel Rachman, di kompleks Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/).
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: ICW Kecewa Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Soal Vaksin Corona, BPOM Prediksi Bisa Diedar Februari 2021!

(05-08-2020 16:29:40 - Dibaca 196 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Kasus Corona RI Per 1 Agustus: 109.936 Positif, 67.919 Sembuh!

(01-08-2020 16:12:29 - Dibaca 183 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Ratusan Perwira Tinggi Dimutasi Panglima TNI, Ini Daftarnya!

(29-07-2020 09:16:38 - Dibaca 674 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Ini Daftar 53 Zona Merah Corona di Indonesia!

(27-07-2020 19:35:55 - Dibaca 1.170 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Kasus Corona RI Per 26 Juli: 98.778 Positif, 4.781 Meninggal!

(26-07-2020 17:32:40 - Dibaca 165 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Bagaimana Nasib Para Pegawai di 18 Lembaga yang Dibubarkan Jokowi?

(22-07-2020 09:34:40 - Dibaca 1.309 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Erick Thohir Sebut Uji Vaksin Covid-19 RI Hampir Final!

(21-07-2020 20:33:38 - Dibaca 813 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Presiden Jokowi Terbitkan PP Pemberian Kompensasi Bagi Korban Terorisme!

(21-07-2020 09:57:20 - Dibaca 294 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Corona, Mendagri Tito Sebut Ekonomi RI Sudah Minus 4 Persen!

(20-07-2020 13:36:36 - Dibaca 386 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Kasus Covid-19: AS Dekati 4 Juta Kasus, RI Sudah Lampaui China!

(19-07-2020 08:30:13 - Dibaca 240 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Soal Mark Up Proyek Kemenhan, Prabowo Diminta Lakukan Pembuktian Terbalik?

(19-07-2020 08:16:22 - Dibaca 423 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?

(15-07-2020 09:18:56 - Dibaca 518 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
PAN DKI Dukung Sosialisasi Protokol Corona Pakai Peti Mati?

(13-08-2020 08:53:49 - Dibaca 49 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Fahri Hamzah Bicara Soal Berat Badan Jokowi

(13-08-2020 08:49:54 - Dibaca 138 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Soal Sosialisasi Corona, PKS Minta Pemprov DKI Libatkan Tokoh Agama?

(13-08-2020 08:39:15 - Dibaca 48 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Amien Rais Minta Jokowi Tidak Jadi Pemimpin Partisan, Apa maksudnya?

(13-08-2020 08:32:55 - Dibaca 85 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Kejagung Sebut Pinangki Diduga Kondisikan PK Djoko Tjandra!

(12-08-2020 20:12:41 - Dibaca 99 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Tersangka Jerinx Ajukan Penangguhan Penahanan!

(12-08-2020 20:07:35 - Dibaca 220 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
PA 212 Sebut Prabowo Tak Akan Maju Lagi di Pilpres Jika Paham Etika Politik?

(10-08-2020 15:06:14 - Dibaca 260 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
NasDem Persilakan Rizieq dan UAS Ikut Konvensi Capres?

(10-08-2020 15:01:10 - Dibaca 765 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
PA 212 Sebut Tak Bakal Dukung Prabowo Lagi?

(10-08-2020 14:57:39 - Dibaca 408 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!

(10-08-2020 14:51:05 - Dibaca 485 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Jokowi Bakal Beri Fadli dan Fahri Bintang Penghargaan?

(10-08-2020 14:28:19 - Dibaca 758 Kali)

Jokowi Tak Akan Terbitkan Perppu KPK, ICW Mengaku Kecewa?
Polisi Sudah Kantongi Pelaku 7 Penembakan Misterius di Tangsel!

(10-08-2020 13:13:58 - Dibaca 132 Kali)

Amien Rais Minta Jokowi Tidak Jadi Pemimpin Partisan, Apa maksudnya?
Kejagung Sebut Pinangki Diduga Kondisikan PK Djoko Tjandra!
Tersangka Jerinx Ajukan Penangguhan Penahanan!

TERPOPULER

1. Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!

2. GNR Balik Arah Dukung Jokowi, Ini Kata PAN!

3. Gerindra Tuding Aksi Jokowi di Pembukaan Asian Games Pencitraan, Apa maksudnya?

4. Ratna Sarumpaet Serang Kiai Ma'ruf Amin, Ini Respon Tegas GP Ansor!

5. Roy Suryo Bicara Soal Asian Games 2018 Sebagai Ajang Pencitraan Politik?

6. Neno Ditolak, Fadli Zon Minta Kapolda Riau Dicopot, Apa maksudnya?

7. Ketum PPP Ungkap Cawapres Jokowi Mengarah ke Mahfud Md!

8. Fadli Zon Langsung Hapus Pollingnya Sendiri Karena Jokowi Menang!

9. Ini Deretan Kepala Daerah yang Balik Arah Dukung Jokowi!

10. Ini Kriteria Pekerja yang Dapat Bantuan Rp 600 Ribu!




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.