SBY Sebut Ada Oknum BIN, Polri, TNI Tidak Netral di Pilkada, Benarkah?
Pilkada Jabar Jadi Sasaran Aksi Terduga Teroris di Depok!
Dua Terduga Teroris di Depok Ditembak Mati Polisi



Sarangberita.com > Nasional
 
KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
 
13-03-2018 08:41:24 - Dibaca 375 Kali
 
 
KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Sumber Foto : kompas.com
 
Juru Bicara Komisi Yudisial Farid Wajdi menganggap tertangkapnya hakim dan panitera Pengadilan Negeri Tangerang kembali menjadi pukulan telak bagi dunia peradilan.

Menurut dia, fenomena itu terus terjadi karena MA kerap mengabaikan rekomendasi KY untuk menjatuhkan sanksi terhadap oknum peradilan.

Sepanjang 2017, KY merekomendasikan penjatuhan sanksi kepada 58 orang hakim yang dinyatakan terbukti melanggar Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH).

"Namun, tidak semua rekomendasi sanksi ini langsung ditindaklanjuti dengan berbagai alasan. Karena itu, kami pastikan tragedi yang sama akan selalu berulang melalui peran lembaga lain," ujar Farid melalui keterangan tertulis, Selasa (13/3/2018).


Farid mengatakan, penangkapan terhadap anggota peradilan terus terjadi dalam kurun dua tahun berturut-turut.

KY sejak awal telah mengingatkan MA bahwa fenomena itu akan terus terjadi jika sebagian besar rekomendasi tidak dijalankan. "Dan selama peradilan tidak benar-benar mau berubah," kata dia.

Farid tak memungkiri banyak langkah yang sudah dilakukan MA untuk membina hakim-hakimnya. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga integritas hakim. "Namun, KY sebagai pengawas eksternal berharap langkah pembersihan itu dilakukan pula dengan menindaklanjuti rekomendasi sanksi yang diberikan KY," kata Farid.

Farid menuturkan, kasus suap dan gratifikasi pada lembaga peradilan masih mendominasi sidang Majelis Kehormatan Hakim (MKH) hingga sekarang.

Dari 49 sidang MKH yang telah dilaksanakan sejak 2009, ada 22 laporan karena praktik suap dan gratifikasi, yaitu sekitar 44,9 persen.

Suap dan jual beli perkara ini juga selalu menghiasi sidang MKH pada setiap tahunnya. Selain itu, sejak 2012 terdapat 28 orang di lingkungan peradilan yang terjerat penangkapan KPK.

Dari 28 orang itu dengan rincian 17 orang hakim dan 9 orang panitera atau pegawai pengadilan.

Sebelumnya, KPK membawa tujuh orang dalam tangkap tangan di lingkungan Pengadilan Negeri Tangerang.

Mereka terdiri dari hakim, panitera, penasihat hukum, dan swasta. Motifnya diduga terkait transkasi pekara perdata di pengadilan tersebut.

"Diduga transaksi terkait dengan perkara perdata yang sedang berjalan di PN Tanggerang," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, saat dikonfirmasi, Senin (12/3/2018).

KPK juga mengamankan sejumlah uang. Sementara, tujuh orang yang diamankan pada Senin petang, telah dibawa ke KPK untuk diperiksa lebih lanjut.
 
Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul: Oknum Peradilan Kembali Ditangkap, KY Kritik MA yang Kerap Abaikan Rekomendasi
 
Sumber : kompas.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Ini Jawaban Tegas Istana Soal Tudingan Markup Proyek LRT Oleh Prabowo!

(23-06-2018 08:56:15 - Dibaca 498 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Anggota DPR Apresiasi Kinerja Polri dan Kemenhub Tangani Mudik Lebaran!

(23-06-2018 08:37:00 - Dibaca 96 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Terbukti Jadi Penggerak Teror, Hakim Vonis Mati Aman Abdurrahman!

(23-06-2018 07:12:18 - Dibaca 151 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Hanura Minta Fadli Zon Lihat Soal Mudik Tidak Pakai Kacamata Kuda!

(21-06-2018 16:45:26 - Dibaca 431 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Fadli Tuding Pemerintah Gagal Atasi Macet Mudik, Ini Jawaban Tegas Istana!

(21-06-2018 14:56:13 - Dibaca 998 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Ini Komentar Santai Jokowi Saat Aturan Ambang Batas Capres Digugat ke MK!

(21-06-2018 12:08:32 - Dibaca 846 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Jokowi Ulang Tahun, Ini Ucapan Sejumlah Tokoh di Medsos!

(21-06-2018 07:00:10 - Dibaca 422 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Mudik Lancar, Relawan Bagikan Stiker 'Thank You Mr Jokowi'!

(17-06-2018 21:26:33 - Dibaca 410 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Pengacara Sebut Kasus Chat Rizieq Tak Akan Bisa Dibuka Sampai Mati, Apa maksudnya?

(17-06-2018 15:38:23 - Dibaca 1.757 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Terkait SP3 Kasus Rizieq Shihab, Ini Pernyataan Wakapolri!

(17-06-2018 15:15:53 - Dibaca 361 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Pria Ini Nekat Jalan Kaki dari Sukabumi Untuk Bertemu dengan Jokowi

(17-06-2018 14:55:31 - Dibaca 293 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Soal Poros Mekah vs Beijing, Ini Reaksi Tegas PDIP!

(17-06-2018 10:24:50 - Dibaca 1.052 Kali)

 
- BERITA LAIN -
KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
SBY Sebut Ada Oknum BIN, Polri, TNI Tidak Netral di Pilkada, Benarkah?

(23-06-2018 18:07:39 - Dibaca 127 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Pilkada Jabar Jadi Sasaran Aksi Terduga Teroris di Depok!

(23-06-2018 16:39:13 - Dibaca 69 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Dua Terduga Teroris di Depok Ditembak Mati Polisi

(23-06-2018 16:31:55 - Dibaca 158 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Disebut Gerakan Galang Dana Prabowo Pencitraan, Ini Pembelaan Gerindra!

(23-06-2018 12:27:08 - Dibaca 99 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019

(23-06-2018 12:14:45 - Dibaca 157 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Mahasiswa Pelapor Habiburokhman Datangi Polda Metro Bawa Bukti Baru!

(23-06-2018 11:54:23 - Dibaca 216 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Siap Gulirkan Angket Iriawan, Gerindra Sebut Kami Perjuangkan Kebenaran?

(23-06-2018 11:08:34 - Dibaca 212 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
PAN Dorong Hak Angket Iriawan Agar Masyarakat Tercerahkan?

(23-06-2018 09:27:03 - Dibaca 124 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Gerindra Sebut Prabowo Tak Perlu Lapor KPK Soal 'Markup Proyek LRT', Mengapa?

(23-06-2018 09:20:27 - Dibaca 316 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Ini Jawaban Tegas Istana Soal Tudingan Markup Proyek LRT Oleh Prabowo!

(23-06-2018 08:56:15 - Dibaca 498 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Herman Hery Diduga Lakukan Pengeroyokan, Ini Kata Polisi!

(23-06-2018 08:51:22 - Dibaca 114 Kali)

KPK Kembali Tangkap Tangan Oknum Peradilan, Ini Kritik KY Kepada MA!
Anggota DPR Apresiasi Kinerja Polri dan Kemenhub Tangani Mudik Lebaran!

(23-06-2018 08:37:00 - Dibaca 96 Kali)

Disebut Gerakan Galang Dana Prabowo Pencitraan, Ini Pembelaan Gerindra!
Survei SMRC Sebut Mayoritas Pendukung Sudirman-Ida Pilih Jokowi di Pilpres 2019
Mahasiswa Pelapor Habiburokhman Datangi Polda Metro Bawa Bukti Baru!

TERPOPULER

1. Tepat 8 Bulan Menjabat, Sandi Sebut Keberhasilan yang Diraih Pemprov DKI...

2. Prabowo-Amien Mau Ketemu Rizieq, Gerindra Sebut Koalisi Jokowi Panik?

3. Bagi yang Ingin Ganti Presiden, Rustam Ibrahim Minta Bandingkan Dulu Pemerintahan Anies-Sandi dengan Ahok-Djarot!

4. Fahri Hamzah Protes Polisi Bersenjata Masuk UNRI Geledah Teroris, Apa maksudnya?

5. Anies Disoraki Warga di Istana Bogor, PKS Sebut Pendukung Ahok...

6. Demokrat Sebut Pendukung Ahok yang Soraki Anies Butuh Direvolusi Mentalnya?

7. Jika Jadi Presiden Rizal Ramli Akan Ubah Indonesia Dalam 3 Hari? Jadi apa?

8. Lewat Tulisan Tangan, Ahok Ucapkan Selamat Idul Fitri

9. Saat Ditanya Kapan Bertemu Amien Rais, Ini Jawaban Jokowi!

10. Fahri Kritik Penggeledahan di UNRI, Ini Jawaban Tegas Polri!



JAKARTA       KESEHATAN       NASIONAL       LIFESTYLE       POLITIK       TRAVEL       INTERNASIONAL       OTOMOTIF       TEKNOLOGI       VIDEO       SEKOLAH       SPORT       INSPIRATION       PROPERTI       PERISTIWA      

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.