Hakim PN Palembang Vonis Mati 2 Kurir 79 Kg Sabu!
DPR Naik Pitam ke Menag Fachrul Razi Gegara Tak Diajak Bahas Penundaan Haji?
Dilarang Bicara Selama di KRL?



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
 
20-05-2020 20:49:22 - Dibaca 328 Kali
 
 
BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
Sumber Foto : cnbcindonesia.com
 
loading...
 
BPN akan mengembangkan sertifikat tanah berbasis digital, cukup satu lembar dengan kode barcode dalam upaya mencegah mafia tanah.

Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Pengembangan Teknologi Informasi Della R. Abdullah menyampaikan bahwa untuk menuju layanan pertanahan maju dan modern, saat ini layanan Kementerian ATR/BPN tengah bergerak dari manual ke digital.

"Pada intinya adalah data, kita antisipasi melalui teknologi. Hal ini akan dilaksanakan dengan pola Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU)," ujarnya dalam pernyataan resmi, Rabu (20/5).


Dengan skema KPBU ini, digitalisasi data pertanahan akan semakin baik. Sehingga diharapkan pada tahun 2024 pelayanan pertanahan akan lebih cepat, efisien, akurat, serta keamanan data juga lebih baik. Informasi pertanahan yang baik diharapkan bisa mempunyai nilai ekonomis yang bisa digunakan untuk meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil menyampaikan bahwa perencanaan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. "Pastikan data center memenuhi syarat, konsultasi dengan BPKP mengenai penganggaran serta mekanisme kerja sama melalui KPBU," ungkapnya.

Kepala Pusdatin dan LP2B Virgo Eresta Jaya menyampaikan bahwa ke depan Kementerian ATR/BPN merencanakan untuk mengadopsi penggunaan Sertipikat Satu Lembar.

loading...

Selama ini sertipikat tanah berbentuk sebuah blanko yang terdiri dari beberapa halaman. Pada prinsipnya, informasi yang terdapat pada sertipikat yang saat ini berbentuk buku, nantinya akan tetap dapat dilihat oleh masyarakat baik pada bentuk fisik melalui sertifikat satu lembar maupun melalui data digital yang diakses melalui barcode pada masing-masing sertifikat.

Sebelumnya Polda Metro Jaya berhasil membongkar kejahatan hukum berupa pemalsuan sertifikat tanah oleh mafia tanah pada 2019 dan awal 2020. Sofyan Djalil mengatakan pihaknya sedang membangun sistem digitalisasi untuk pembuatan sertifikat tanah.

"BPN ke depan melakukan digitalisasi, maka kertas [sertifikat tanah] yang seperti ini tidak diperlukan," kata Sofyan saat ditemui di Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020).
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnbcindonesia.com dengan judul: Sertifikat Tanah Bakal Digital, Cukup Selembar Plus Barcode!
 
Sumber : cnbcindonesia.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
Wabah Corona, Pemerintah Batalkan Pemberangkatan Haji Tahun 2020!

(02-06-2020 11:50:15 - Dibaca 183 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
Penambahan 700 Kasus Baru Corona Tutup Bulan Mei 2020!

(01-06-2020 12:12:46 - Dibaca 119 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
DKI Tak Termasuk 102 Daerah Dapat Izin Hidup New Normal, Mengapa?

(01-06-2020 10:14:29 - Dibaca 591 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
Dokter Anak Sarankan Untuk Tak Buka Sekolah Sampai Desember 2020!

(31-05-2020 14:50:14 - Dibaca 650 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
Perhatian! Sensus Penduduk Online Berakhir Besok

(28-05-2020 13:42:11 - Dibaca 410 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
Disiplinkan Warga, Jokowi Kerahkan Aparat Secara Masif!

(26-05-2020 10:02:42 - Dibaca 359 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
Ini Panduan Bekerja di Era New Normal Saat PSBB Dari Kemenkes!

(24-05-2020 22:13:25 - Dibaca 639 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
Ini Satu-Satunya Cara Jitu Lawan Covid-19 Sebelum Ada Vaksin!

(24-05-2020 20:36:03 - Dibaca 705 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
Kasus Corona Indonesia Per 23 Mei Sudah 21.745 Orang Positif!

(23-05-2020 16:15:18 - Dibaca 367 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
Info Jadwal Buka Puasa Hari Ini 23 Mei 2020

(23-05-2020 14:52:26 - Dibaca 163 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
Update Corona RI 19 Mei: 18.496 Positif, 4.467 Sembuh, 1.221 Meninggal!

(19-05-2020 15:24:47 - Dibaca 327 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
MUI Tanya Soal Larangan Salat di Masjid, Ini Jawaban Mahfud MD!

(19-05-2020 15:01:47 - Dibaca 1.202 Kali)

 
- BERITA LAIN -
BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
Hakim PN Palembang Vonis Mati 2 Kurir 79 Kg Sabu!

(03-06-2020 16:57:56 - Dibaca 83 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
DPR Naik Pitam ke Menag Fachrul Razi Gegara Tak Diajak Bahas Penundaan Haji?

(03-06-2020 14:09:23 - Dibaca 115 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
Dilarang Bicara Selama di KRL?

(02-06-2020 19:55:54 - Dibaca 100 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
2 Bayi Berumur 6 Hari Positif Covid-19!

(02-06-2020 19:49:30 - Dibaca 161 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
Bayi Lahir 1 Juni Dapat Penghargaan?

(02-06-2020 17:59:05 - Dibaca 203 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
Video: Aktor Dwi Sasono Ajukan Rehab!

(02-06-2020 17:48:37 - Dibaca 111 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
Video: Keluarga PDP Ngamuk Tolak Pemakaman dengan Protap Covid-19

(02-06-2020 17:11:33 - Dibaca 257 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
Update Corona RI 2 Juni: 27.549 Positif, 7.935 Sembuh, 1.663 Meninggal!

(02-06-2020 16:55:08 - Dibaca 164 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
Polisi Berhasil Gagalkan Peredaran 35 Kilogram Sabu!

(02-06-2020 16:42:54 - Dibaca 117 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
Risma Pamit Kepada Warga Surabaya Setelah 2 Periode Menjabat!

(02-06-2020 14:32:08 - Dibaca 991 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
Video: Warga Antri Perpanjang SIM Hingga ke Jalan Raya!

(02-06-2020 14:24:20 - Dibaca 163 Kali)

BPN Bakal Buat Sertifikat Tanah Jadi Satu Lembar Dengan Barcode
Maskapai Garuda PHK 181 Pilot!

(02-06-2020 12:15:59 - Dibaca 110 Kali)

2 Bayi Berumur 6 Hari Positif Covid-19!
Bayi Lahir 1 Juni Dapat Penghargaan?
Video: Aktor Dwi Sasono Ajukan Rehab!

TERPOPULER

1. Bagi yang Ingin Ganti Presiden, Rustam Ibrahim Minta Bandingkan Dulu Pemerintahan Anies-Sandi dengan Ahok-Djarot!

2. Prabowo-Amien Mau Ketemu Rizieq, Gerindra Sebut Koalisi Jokowi Panik?

3. Tepat 8 Bulan Menjabat, Sandi Sebut Keberhasilan yang Diraih Pemprov DKI...

4. Fahri Hamzah Protes Polisi Bersenjata Masuk UNRI Geledah Teroris, Apa maksudnya?

5. Anies Disoraki Warga di Istana Bogor, PKS Sebut Pendukung Ahok...

6. Demokrat Sebut Pendukung Ahok yang Soraki Anies Butuh Direvolusi Mentalnya?

7. Ani Yudhoyono Meninggal Dunia

8. Sandiaga dan Prabowo Tak Hadir di Pemakaman Ani Yudhoyono, Mengapa?

9. Jika Jadi Presiden Rizal Ramli Akan Ubah Indonesia Dalam 3 Hari? Jadi apa?

10. Kunker ke Amerika, Sandiaga Harap Bisa Temukan Solusi Urai Macet Jakarta?




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.