Tolak masuk timses, Ini Cara Khofifah Menangkan Jokowi!
Tolak Politisasi Kampus, Mahasiswa Solo Demo Sandiaga!
Emak-emak di Video Sandi ini Bicara Soal Makan Keong, Ternyata...



loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
 
19-03-2018 17:04:44 - Dibaca 101 Kali
 
 
Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Sumber Foto : kompas.com
 
loading...
 
Aktivis buruh migran Indonesia mengecam Pemerintah Arab Saudi yang mengeksekusi mati Zaini Misrin, buruh migran asal Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Minggu (18/3/2018).

Eksekusi itu dilakukan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu (mandatory consular notification) kepada Pemerintah Indonesia. "Kami mengecam dan mengutuk eksekusi hukuman mati terhadap Muhammad Zaini Misrin.

Eksekusi itu merupakan bentuk pelanggaran hak asasi manusia yang paling dasar, yakni hak atas hidup," ujar Ketua Pusat Studi Migrasi Anis Hidayah mewakili sejumlah organisasi masyarakat pegiat HAM dan buruh migran, dalam konferensi pers di Sekretariat Migrant Care, kawasan Cempaka Putih, Jakarta Timur, Senin (19/3/2018).


"Pemerintah Arab Saudi telah melanggar prinsip-prinsip tata krama hukum internasional dengan tidak pernah menyampaikan mandatory consular notification, baik pada saat dimulainya proses peradilan dengan ancaman hukuman mati dan juga pada saat eksekusi mati dilakukan," lanjut dia.

Para aktivis buruh migran juga menyayangkan proses hukum terhadap Misrin yang jauh dari prinsip transparan dan keadilan. Misalnya, Misrin dipaksa mengaku membunuh majikannya oleh otoritas Arab Saudi melalui serangkaian tindakan tekanan dan intimidasi.

Saat vonis eksekusi mati dijatuhkan oleh otoritas Saudi, Misrin tak didampingi penerjemah yang netral dan imparsial.

Hal ini membuat Misrin sebagai terdakwa tidak mengetahui apa yang terjadi pada dirinya sehingga tidak dapat membela diri.

Menurut pengakuan Misrin, ia baru mendapatkan akses komunikasi dengan KJRI Jeddah pada November 2008, setelah vonis hukuman mati dijatuhkan.

"Berdasarkan pembacaan atas proses pemeriksaan hingga peradilan yang memvonis mati hingga proses eksekusi mati terhadap Misrin ditemukan beberapa kejanggalan dan ketidakadilan hukum serta pengabaian pada prinsip fair trial serta pengabaian pada hak terdakwa yang menghadapi ancaman hukuman maksimal," ujar Anis.

Para aktivis mendesak Pemerintah Indonesia mengambil langkah diplomasi yang tegas terhadap Pemerintah Arab Saudi agar peristiwa serupa tidak terulang di kemudian hari.

Adapun, informasi eksekusi mati Misrin itu dibenarkan pihak Kementerian Luar Negeri, Senin siang. "Iya (eksekusi telah dilakukan tanpa pemberitahuan resmi)," kata Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal melalui pesan singkat.

Iqbal sendiri sudah berkomunikasi dengan keluarga Misrin di Bangkalan. Misrin dituduh membunuh majikannya di Kota Mekkah pada tahun 2004. Presiden Jokowi sempat meminta bantuan Raja Salman untuk meninjau kembali kasus pidana yang menjerat WNI tersebut.
 
Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul: Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia Kecam Arab Saudi yang Eksekusi Mati Misrin
 
Sumber : kompas.com
 
 
 
 
 
- NASIONAL -
Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Tolak masuk timses, Ini Cara Khofifah Menangkan Jokowi!

(22-09-2018 22:14:39 - Dibaca 489 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Ini Arti Nomor Satu Menurut Grace Natalie!

(21-09-2018 22:16:35 - Dibaca 1.152 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Dapat Nomor Urut Satu, Jokowi Sebut Memang yang Direbutkan Adalah RI 1!

(21-09-2018 21:23:45 - Dibaca 1.244 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Nomor Urut 1, Prabowo-Sandiaga Nomor 2!

(21-09-2018 20:51:35 - Dibaca 684 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Ini Komentar Pakdhe Karwo Soal 31 Kepala Daerah di Jatim Dukung Jokowi!

(21-09-2018 20:29:05 - Dibaca 1.356 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Dedi Mulyadi Pimpin 29 Kepala Daerah di Jabar yang Jadi Timses Jokowi!

(21-09-2018 16:28:58 - Dibaca 922 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Koalisi Indonesia Kerja Siapkan Konten Kampanye Kreatif!

(20-09-2018 08:48:35 - Dibaca 375 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Demokrat Ikut Sindir Jokowi Lewat Lagu Potong Bebek Angsa, Pantaskah?

(19-09-2018 18:32:56 - Dibaca 567 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Balas Fadli Zon, Hanura Bikin Lagu ini!

(19-09-2018 16:29:35 - Dibaca 691 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Saat Pengambilan Nomor Urut, Timses & Relawan Jokowi-Ma'ruf Siapkan Kejutan!

(19-09-2018 09:46:11 - Dibaca 606 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Sandiaga Mendadak Ulama, PSI Sebut Menggelikan dan Menyebalkan!

(18-09-2018 19:07:13 - Dibaca 698 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Ini Tanggapan Santai Jokowi Soal Debat Bahasa Inggris yang Diminta Kubu Prabowo!

(16-09-2018 19:56:38 - Dibaca 2.097 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Tolak masuk timses, Ini Cara Khofifah Menangkan Jokowi!

(22-09-2018 22:14:39 - Dibaca 489 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Tolak Politisasi Kampus, Mahasiswa Solo Demo Sandiaga!

(22-09-2018 21:58:00 - Dibaca 779 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Emak-emak di Video Sandi ini Bicara Soal Makan Keong, Ternyata...

(22-09-2018 08:47:11 - Dibaca 963 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Ini Arti Nomor Satu Menurut Grace Natalie!

(21-09-2018 22:16:35 - Dibaca 1.152 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Prabowo Dapat Nomor 2, Ini Celoteh M Taufik!

(21-09-2018 22:06:53 - Dibaca 879 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Dahnil Sebut Kampanye Kami Adu Ide dan Gagasan? Apa Gagasannya?

(21-09-2018 21:54:15 - Dibaca 209 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Dahnil Sebut Postingan Fadli Zon 'Ternyata Mereka PKI' Sebagai Cara Bergembira? Apa maksudnya?

(21-09-2018 21:32:33 - Dibaca 2.007 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Dapat Nomor Urut Satu, Jokowi Sebut Memang yang Direbutkan Adalah RI 1!

(21-09-2018 21:23:45 - Dibaca 1.244 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Nomor Urut 1, Prabowo-Sandiaga Nomor 2!

(21-09-2018 20:51:35 - Dibaca 684 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Ini Komentar Pakdhe Karwo Soal 31 Kepala Daerah di Jatim Dukung Jokowi!

(21-09-2018 20:29:05 - Dibaca 1.356 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Pengajuan Modal Pipanisasi PAM Ditolak DPRD DKI, Ini Kata Anies!

(21-09-2018 20:24:47 - Dibaca 421 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Anies Pastikan Program Pemprov DKI Tak Terganggu Walau Sendiri, Program apa?

(21-09-2018 17:10:02 - Dibaca 1.083 Kali)

Ini Arti Nomor Satu Menurut Grace Natalie!
Prabowo Dapat Nomor 2, Ini Celoteh M Taufik!
Dahnil Sebut Kampanye Kami Adu Ide dan Gagasan? Apa Gagasannya?

TERPOPULER

1. Kubu Prabowo-Sandi Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris! Buat apa?

2. Diusung Demokrat Tapi Gubermur Banten Jadi Tim Kampanye Jokowi, Kok bisa?

3. Ternyata Ketum PAN yang Rancang Strategi Turunkan Ahok!

4. Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

5. Buni Yani Sebut Dirinya Korban Ketidakadilan Jokowi! Apa maksudnya?