Tanah Abang Tambah Semrawut, PKL dan Parkir Liar Kuasai Trotoar!
Ini Kata Sandiaga Soal Sambutan Amien yang Bernada Politis di Balai Kota
Waketum Gerindra ini Tuding Isu SARA Jokowi yang Produksi, Apa maksudnya?



Sarangberita.com > Nasional
 
Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
 
19-03-2018 17:04:44 - Dibaca 82 Kali
 
 
Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Sumber Foto : kompas.com
 
Aktivis buruh migran Indonesia mengecam Pemerintah Arab Saudi yang mengeksekusi mati Zaini Misrin, buruh migran asal Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Minggu (18/3/2018).

Eksekusi itu dilakukan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu (mandatory consular notification) kepada Pemerintah Indonesia. "Kami mengecam dan mengutuk eksekusi hukuman mati terhadap Muhammad Zaini Misrin.

Eksekusi itu merupakan bentuk pelanggaran hak asasi manusia yang paling dasar, yakni hak atas hidup," ujar Ketua Pusat Studi Migrasi Anis Hidayah mewakili sejumlah organisasi masyarakat pegiat HAM dan buruh migran, dalam konferensi pers di Sekretariat Migrant Care, kawasan Cempaka Putih, Jakarta Timur, Senin (19/3/2018).


"Pemerintah Arab Saudi telah melanggar prinsip-prinsip tata krama hukum internasional dengan tidak pernah menyampaikan mandatory consular notification, baik pada saat dimulainya proses peradilan dengan ancaman hukuman mati dan juga pada saat eksekusi mati dilakukan," lanjut dia.

Para aktivis buruh migran juga menyayangkan proses hukum terhadap Misrin yang jauh dari prinsip transparan dan keadilan. Misalnya, Misrin dipaksa mengaku membunuh majikannya oleh otoritas Arab Saudi melalui serangkaian tindakan tekanan dan intimidasi.

Saat vonis eksekusi mati dijatuhkan oleh otoritas Saudi, Misrin tak didampingi penerjemah yang netral dan imparsial.

Hal ini membuat Misrin sebagai terdakwa tidak mengetahui apa yang terjadi pada dirinya sehingga tidak dapat membela diri.

Menurut pengakuan Misrin, ia baru mendapatkan akses komunikasi dengan KJRI Jeddah pada November 2008, setelah vonis hukuman mati dijatuhkan.

"Berdasarkan pembacaan atas proses pemeriksaan hingga peradilan yang memvonis mati hingga proses eksekusi mati terhadap Misrin ditemukan beberapa kejanggalan dan ketidakadilan hukum serta pengabaian pada prinsip fair trial serta pengabaian pada hak terdakwa yang menghadapi ancaman hukuman maksimal," ujar Anis.

Para aktivis mendesak Pemerintah Indonesia mengambil langkah diplomasi yang tegas terhadap Pemerintah Arab Saudi agar peristiwa serupa tidak terulang di kemudian hari.

Adapun, informasi eksekusi mati Misrin itu dibenarkan pihak Kementerian Luar Negeri, Senin siang. "Iya (eksekusi telah dilakukan tanpa pemberitahuan resmi)," kata Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal melalui pesan singkat.

Iqbal sendiri sudah berkomunikasi dengan keluarga Misrin di Bangkalan. Misrin dituduh membunuh majikannya di Kota Mekkah pada tahun 2004. Presiden Jokowi sempat meminta bantuan Raja Salman untuk meninjau kembali kasus pidana yang menjerat WNI tersebut.
 
Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul: Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia Kecam Arab Saudi yang Eksekusi Mati Misrin
 
Sumber : kompas.com
 
 
 
- NASIONAL -
Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Polisi Kerahkan 140 Personel Untuk Amankan Sidang Vonis Setya Novanto!

(24-04-2018 11:10:47 - Dibaca 74 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Ratna Sarumpaet Dibuat Malu Warganet Karena Sindir Gibran!

(23-04-2018 20:50:08 - Dibaca 1.237 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Seniman Yogya Bawa Balsem dan Telur Buat Amien Rais, Mau apa?

(19-04-2018 08:48:36 - Dibaca 444 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Utang Luar Negeri Indonesia Turun Karena Pemerintahan Jokowi...

(18-04-2018 16:26:29 - Dibaca 570 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Cuti Bersama Idul Fitri 1439 H Ditambah 3 Hari Oleh Pemerintah!

(18-04-2018 15:11:51 - Dibaca 151 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Serangan AS ke Suriah Buat SBY Khawatir Dunia Bisa 'Kiamat'? Benarkah?

(18-04-2018 10:13:49 - Dibaca 149 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Ratna Sarumpaet Sindir Iriana Jokowi, Ini Reaksi Warganet!

(15-04-2018 19:51:14 - Dibaca 829 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Ini Pujian Ma'ruf Amin Kepada Jokowi...

(14-04-2018 22:28:08 - Dibaca 321 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Jawaban Wanita Ini Bikin Jokowi Kagum, Siapakah dia?

(14-04-2018 14:10:39 - Dibaca 321 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Ganjil Genap Jalan Tol Akan Berlaku, Ini Daftarnya!

(11-04-2018 11:24:39 - Dibaca 113 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Mantap! Jokowi Jajal Motor Chopper di Sukabumi, Ini Ceritanya...

(08-04-2018 15:54:44 - Dibaca 182 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Wow! Ini yang Dilakukan Jokowi Saat Ulama Jawa Barat Mengkritik...

(04-04-2018 11:51:45 - Dibaca 441 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Tanah Abang Tambah Semrawut, PKL dan Parkir Liar Kuasai Trotoar!

(25-04-2018 15:19:49 - Dibaca 182 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Ini Kata Sandiaga Soal Sambutan Amien yang Bernada Politis di Balai Kota

(25-04-2018 13:12:18 - Dibaca 82 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Waketum Gerindra ini Tuding Isu SARA Jokowi yang Produksi, Apa maksudnya?

(24-04-2018 19:02:48 - Dibaca 289 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Anies Diramal Amien Rais Bakal Jadi Penyelamat Negeri, Negeri apa?

(24-04-2018 18:43:23 - Dibaca 891 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Pergub Skema Biaya Rumah Nol Rupiah Belum Rampung Juga, Ini Pengakuan Sandi!

(24-04-2018 12:45:19 - Dibaca 143 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Polisi Kerahkan 140 Personel Untuk Amankan Sidang Vonis Setya Novanto!

(24-04-2018 11:10:47 - Dibaca 74 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Insiden Van Tabrak Pejalan Kaki di Toronto Tewaskan 10 Orang!

(24-04-2018 10:59:25 - Dibaca 88 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Ini Prediksi Fahri Hamzah Soal Pilpres 2019 Terhadap Jokowi! Benarkah?

(24-04-2018 09:32:34 - Dibaca 248 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Ratna Sarumpaet Dibuat Malu Warganet Karena Sindir Gibran!

(23-04-2018 20:50:08 - Dibaca 1.237 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Fadli Zon Sebut Pembagian Sembako dan Sertifikat Jokowi Tidak Sesuai Prosedur, Benarkah?

(23-04-2018 19:18:02 - Dibaca 269 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Balai Kota DKI Dipakai Untuk Bahas Pilpres, Ini Pembelaan Fadli Zon!

(23-04-2018 12:35:08 - Dibaca 406 Kali)

Terkait Eksekusi Mati Misrin di Arab Saudi, Ini Kecaman Aktivis HAM dan Buruh Migran Indonesia!
Demokrat Sebut Program Pro Rakyat Era SBY Kurang Dapat Perhatian Jokowi, Benarkah?

(23-04-2018 09:04:32 - Dibaca 167 Kali)

Anies Diramal Amien Rais Bakal Jadi Penyelamat Negeri, Negeri apa?
Pergub Skema Biaya Rumah Nol Rupiah Belum Rampung Juga, Ini Pengakuan Sandi!
Polisi Kerahkan 140 Personel Untuk Amankan Sidang Vonis Setya Novanto!

TERPOPULER

1. Sandiaga Cium Tangan Penjual Ayam Saat Kunjungi Pasar Agung Depok, Buat apa?

2. Fadli Zon Luncurkan Buku Berjudul 'Berpihak Pada Rakyat', Ada yang minat?

3. Anies Sebut Gaji Ketua KPK DKI Rp 41 juta Sudah Sesuai Aturan, Aturan dari mana?

4. Anies-Sandi Dapat Gelar dari Serikat Buruh Sebagai 'Gubernur Tercepat Ingkar Janji'

5. Sandiaga Sebut Ditangannya dan Anies Jakarta Jauh Lebih Baik, Benarkah?

6. Soal Remisi Ahok, Ini Tanggapan Menarik Warga Jabodetabek!

7. 'Teman Ahok' Jenguk Ahok di Mako Brimob, Ini Ceritanya!

8. Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017

9. Amien Rais Sebut Selama Tiga Tahun Memimpin Jokowi Gagal! Apa maksudnya?

10. Dulu Sering Kritik Ahok, Sekarang Mereka Sering Membela, Mengapa?



JAKARTA       KESEHATAN       NASIONAL       LIFESTYLE       POLITIK       TRAVEL       INTERNASIONAL       OTOMOTIF       TEKNOLOGI       VIDEO       SEKOLAH       SPORT       INSPIRATION      

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.