PA 212 Sebut Prabowo Tak Akan Maju Lagi di Pilpres Jika Paham Etika Politik?
NasDem Persilakan Rizieq dan UAS Ikut Konvensi Capres?
PA 212 Sebut Tak Bakal Dukung Prabowo Lagi?

 
loading...

Sarangberita.com > Nasional
 
Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
 
15-07-2020 09:18:56 - Dibaca 517 Kali
 
 
Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
Sumber Foto : cnbcindonesia.com
 
loading...
 
Sampai saat ini pemerintah hanya menggantungkan stok beras akhir tahun dari target produksi 15 juta ton beras dari musim tanam 2 (MT II) atau musim basah padi dengan luas 5,6 juta hektare. Bila target itu tercapai maka stok di akhir tahun hanya 6 juta ton beras, cuma cukup 2 bulan kebutuhan saja, itu pun kalau berjalan mulus.

"Kalau semua berjalan baik, antara 12,5 juta sampai 15 juta ton beras pada akhir Desember 2020, ada stok bahkan setelah kita makan kurang lebih 15 juta ton. Maka ada yang tersisa 6 juta ton lebih memasuki tahun 2021. Khusus ini sangat strategis, penting bahwa upaya mengacu musim tanam 2 adalah bagian strategis untuk jamin ketersediaan makanan rakyat 267 juta," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), beberapa waktu lalu.

SYL secara tegas memberikan peringatan timnya bahwa situasi nasional dan global sedang darurat. Ia menegaskan MT II tidak boleh gagal sedikitpun karena ini pertarungan baginya.
 
 


Bagaimana bila meleset? apalagi saat ini merupakan masa pandemi covid-19 yang berisiko pada produksi pangan seperti peringatan FAO.

Wakil Ketua Umum Persatuan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi) Bustanul Arifin mengingatkan MT II secara siklus menghasilkan jumlah yang jauh lebih sedikit dibanding musim tanam I (MT I). Sehingga, harus lebih berhati-hati dalam proyek pengerjaannya.

"65% dihasilkan MT utama. 35% di MT kedua, jadi perhatikan kemarau, apa yang perlu disiapkan, misal penyediaan air, jadi kita berpacu dengan alam. biasanya bulan kemarau hama juga lebih banyak," sebut Bustanul kepada CNBC Indonesia, Selasa (14/7).

Faktor non teknis menjadi hal penting bagi petani demi menghasilkan produksi yang maksimal. Jangan sampai di tengah pandemi Covid-19, dimana negara-negara lain cenderung konservatif untuk mengerem bahkan melarang mengekspor hasil pertanian termasuk beras, justru Indonesia harus terbayangi oleh kegagalan panen.


"Covid-19 sebetulnya nggak ngaruh, maksudnya petani-petani biasa saja. Tapi harus diingatkan juga protokol. Tapi tetap jangan dianggap enteng. Saya nggak kebayang kalau menyerang pedesaan bahaya. Kita mau makan pakai apa, nggak tahu," paparnya.

Bila kondisi terburuk terjadi maka akan mempengaruhi proyeksi stok beras di dalam negeri di akhir tahun. Kebutuhan konsumsi beras nasional setiap bulannya sekitar Rp 2,5 juta ton. Dengan asumsi sisa stok 6 juta ton di akhir tahun, maka memang hanya kurang dari 2,5 bulan saja atau sekitar hanya 70 hari.

Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono juga sempat menyoroti soal stok beras di dalam negeri kala pandemi, karena menyangkut ketahanan nasional. Ia bahkan membandingkan dengan negara lain yang stok pangannya sampai satu tahun, sedangkan Indonesia hanya hitungan hari saja.

"Sekarang itu di komoditas beras kita hanya kuat untuk 69 hari, bandingkan dengan India yang bisa setahun. Karena itu kami dari Kemhan sedang mengajukan satu model yang bisa meningkatkan ketahanan pangan nasional," kata Trenggono beberapa waktu lalu.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnbcindonesia.com dengan judul: Duh! Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan, Negara Lain Setahun
 
Sumber : cnbcindonesia.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
Soal Vaksin Corona, BPOM Prediksi Bisa Diedar Februari 2021!

(05-08-2020 16:29:40 - Dibaca 185 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
Kasus Corona RI Per 1 Agustus: 109.936 Positif, 67.919 Sembuh!

(01-08-2020 16:12:29 - Dibaca 180 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
Ratusan Perwira Tinggi Dimutasi Panglima TNI, Ini Daftarnya!

(29-07-2020 09:16:38 - Dibaca 663 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
Ini Daftar 53 Zona Merah Corona di Indonesia!

(27-07-2020 19:35:55 - Dibaca 1.163 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
Kasus Corona RI Per 26 Juli: 98.778 Positif, 4.781 Meninggal!

(26-07-2020 17:32:40 - Dibaca 161 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
Bagaimana Nasib Para Pegawai di 18 Lembaga yang Dibubarkan Jokowi?

(22-07-2020 09:34:40 - Dibaca 1.302 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
Erick Thohir Sebut Uji Vaksin Covid-19 RI Hampir Final!

(21-07-2020 20:33:38 - Dibaca 802 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
Presiden Jokowi Terbitkan PP Pemberian Kompensasi Bagi Korban Terorisme!

(21-07-2020 09:57:20 - Dibaca 292 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
Corona, Mendagri Tito Sebut Ekonomi RI Sudah Minus 4 Persen!

(20-07-2020 13:36:36 - Dibaca 386 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
Kasus Covid-19: AS Dekati 4 Juta Kasus, RI Sudah Lampaui China!

(19-07-2020 08:30:13 - Dibaca 239 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
Soal Mark Up Proyek Kemenhan, Prabowo Diminta Lakukan Pembuktian Terbalik?

(19-07-2020 08:16:22 - Dibaca 418 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
Menurut Ekonom, Ini Lembaga Negara yang Bisa Dibubarkan Jokowi!

(15-07-2020 09:04:54 - Dibaca 457 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
PA 212 Sebut Prabowo Tak Akan Maju Lagi di Pilpres Jika Paham Etika Politik?

(10-08-2020 15:06:14 - Dibaca 102 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
NasDem Persilakan Rizieq dan UAS Ikut Konvensi Capres?

(10-08-2020 15:01:10 - Dibaca 366 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
PA 212 Sebut Tak Bakal Dukung Prabowo Lagi?

(10-08-2020 14:57:39 - Dibaca 157 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!

(10-08-2020 14:51:05 - Dibaca 172 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
Jokowi Bakal Beri Fadli dan Fahri Bintang Penghargaan?

(10-08-2020 14:28:19 - Dibaca 451 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
Polisi Sudah Kantongi Pelaku 7 Penembakan Misterius di Tangsel!

(10-08-2020 13:13:58 - Dibaca 89 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
PKS Sebut Habib Rizieq dan UAS Punya Peluang Maju Pilpres 2024?

(10-08-2020 12:39:40 - Dibaca 442 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
Soal Video Obat Corona, Polisi Periksa Anji Hari Ini!

(10-08-2020 10:13:32 - Dibaca 103 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
Walikota Banjarbaru Meninggal Dunia Setelah Terinfeksi Virus Corona

(10-08-2020 08:57:09 - Dibaca 216 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
Hari Ini Sanksi Tilang Ganjil Genap di Jakarta Mulai Diberlakukan!

(10-08-2020 08:35:48 - Dibaca 56 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
Ditetapkan Jadi Ketum Gerindra Lagi, Apakah Prabowo Siap Nyapres di 2024?

(09-08-2020 08:07:47 - Dibaca 275 Kali)

Stok Beras RI Cuma Kuat 2 Bulan? Bagaimana dengan Negara Lain?
Kasus Corona di Jakarta Pecah Rekor 2 Hari Berturut?

(09-08-2020 07:56:37 - Dibaca 204 Kali)

Pengamat Nilai Anies Lempar Tanggung Jawab Soal Toa Banjir!
Jokowi Bakal Beri Fadli dan Fahri Bintang Penghargaan?
Polisi Sudah Kantongi Pelaku 7 Penembakan Misterius di Tangsel!

TERPOPULER

1. Ternyata Utang 396 T Dibuat Zulkifli Hasan Saat jadi Menteri!

2. GNR Balik Arah Dukung Jokowi, Ini Kata PAN!

3. Gerindra Tuding Aksi Jokowi di Pembukaan Asian Games Pencitraan, Apa maksudnya?

4. Ratna Sarumpaet Serang Kiai Ma'ruf Amin, Ini Respon Tegas GP Ansor!

5. Roy Suryo Bicara Soal Asian Games 2018 Sebagai Ajang Pencitraan Politik?

6. Neno Ditolak, Fadli Zon Minta Kapolda Riau Dicopot, Apa maksudnya?

7. Ketum PPP Ungkap Cawapres Jokowi Mengarah ke Mahfud Md!

8. Fadli Zon Langsung Hapus Pollingnya Sendiri Karena Jokowi Menang!

9. Ini Deretan Kepala Daerah yang Balik Arah Dukung Jokowi!

10. Ini Kriteria Pekerja yang Dapat Bantuan Rp 600 Ribu!




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.