Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

loading...
 

Sarangberita.com > Nasional
 
TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
 
05-08-2021 17:13:19 - Dibaca 994 Kali
 
 
TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
Pesawat Kepresidenan Ganti Warna. (Foto : Merdeka.com)
 
 
Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma Indan Gilang Buldansyah menepis pendapat yang menyatakan bahwa pengecatan merah putih pada Pesawat Kepresidenan tipe BBJ2 mengabaikan keamanan presiden.

"Saya kira tidak (mengabaikan keamanan presiden)," kata Indan saat dihubungi CNNIndonesia.com melalui aplikasi WhatsApp, Kamis (5/8).

Menurut Indan, penggunaan warna yang berfungsi sebagai kamuflase hanya digunakan untuk pesawat yang memiliki misi tersendiri.

"Fungsi kamuflase digunakan untuk pesawat-pesawat dengan misi khusus," jelasnya.

Lebih lanjut, Indan menyebut bahwa tindak pengamanan terhadap penerbangan kelas VVIP seperti presiden ditangani oleh Komando Pertahanan Udara Nasional Indonesia (Kohanudnas).

Menurut Indan, satuan tersebut akan menggunakan radar pertahananan udara. Jika mereka mendeteksi ancaman terhadap penerbangan kelas VVIP atau kepresidenan itu akan segera ditindak.

"Unsur Hanud [pertahanan udara] yang akan menghadapi ancaman tersebut," jelas Indan.


Sebelumnya, pengecatan warna merah putih pada pesawat kepresidenan menjadi sorotan publik. Selain dipandang sebagai bentuk pemborosan anggaran di tengah pandemi, pemilihan warna tersebut juga dinilai mengabaikan faktor keamanan presiden.

Salah satunya diungkapkan oleh pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi.

Menurut Fahmi, pemilihan warna pesawat kepresidenan pada umumnya berwarna biru. Warna ini dipilih dengan mempertimbangkan fungsi kamuflase warna pesawat saat berada di langit.

Ia mencontohkan pesawat kepresidenan milik China dan Rusia berwarna biru putih, meski bendera negara itu dominan merah.

Negara lainnya, Inggris memilih abu-abu untuk pesawat kepresidenan mereka. Sedangkan menurutnya warna merah putih, alih-alih berkamuflase justru mencolok.

"Kalau saya bilang, ini cenderung mengabaikan aspek keamanan ketika ada pergantian warna menjadi warna yang mencolok merah putih ini," kata Fahmi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (4/8).
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
Ini Dia 5 Prajurit Kopassus yang Dianggap Fenomenal?

(12-10-2021 07:37:19 - Dibaca 1.334 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
Pemerintah Sudah Tetapkan Hari Libur Nasional 2022, Ini Daftarnya!

(22-09-2021 16:29:30 - Dibaca 808 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
Jokowi Resmikan Pabrik Baja Canggih di Cilegon, Cuma Ada 2 di Dunia!

(21-09-2021 10:51:24 - Dibaca 846 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
Soal Novel dkk Segera Diberhentikan KPK, Ini Respons Tegas Jokowi!

(15-09-2021 20:30:29 - Dibaca 1.047 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
Perhatian! Mulai Hari Ini Naik KRL Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin

(11-09-2021 08:58:30 - Dibaca 732 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
Kabar Baik! Kasus Covid-19 RI Turun 47% Pekan Ini

(04-09-2021 20:09:30 - Dibaca 593 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!

(18-08-2021 09:44:03 - Dibaca 743 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
Ini Kolonel Inf Faisol Izuddin Karimi, Sang Komandan Upacara Penurunan Bendera HUT ke-76 RI

(18-08-2021 08:37:52 - Dibaca 651 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!

(13-08-2021 15:42:30 - Dibaca 1.043 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
Gerah dengan Suap Perizinan, Jokowi: Ada Aparat Tak Bersih Lapor Saya!

(09-08-2021 11:55:37 - Dibaca 1.117 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
Soekarno Sempat Tergila-gila dengan Mien Hessels, Nekat Melamar dan Ditolak Mentah-Mentah!

(07-08-2021 09:25:01 - Dibaca 568 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
Mutasi TNI: Mayjen Agus Subiyanto Jadi Pangdam Siliwangi, Brigjen Tri Budi Danpaspampres

(03-08-2021 17:24:59 - Dibaca 701 Kali)

 
- BERITA LAIN -
TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!

(29-11-2021 09:43:09 - Dibaca 812 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19

(29-11-2021 09:33:39 - Dibaca 893 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

(28-11-2021 15:17:03 - Dibaca 913 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'

(28-11-2021 06:54:40 - Dibaca 723 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan

(25-11-2021 07:18:39 - Dibaca 883 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

(25-11-2021 07:07:06 - Dibaca 750 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
Protes Kenaikan UMP, 2 Juta Buruh Disebut Bakal Demo?

(23-11-2021 07:28:17 - Dibaca 680 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?

(23-11-2021 07:08:29 - Dibaca 567 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
Hanya Sisa Satu Wakil RI di Indonesia Masters 2021, Ini Kata PBSI!

(20-11-2021 06:19:54 - Dibaca 704 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
Lawan Buzzer Penyerang Ulama dan Anies, MUI DKI Mau Bentuk Cyber Army?

(20-11-2021 06:06:22 - Dibaca 1.069 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
12 Negara Ini Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2022!

(17-11-2021 06:56:28 - Dibaca 868 Kali)

TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!
MA Sunat Vonis Rizieq Jadi 2 Tahun Bui, Mengapa?

(16-11-2021 07:03:41 - Dibaca 934 Kali)

Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

TERPOPULER