Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

loading...
 

Sarangberita.com > Nasional
 
KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
 
13-08-2021 15:42:30 - Dibaca 1.044 Kali
 
 
KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
Prajurit Kowad TNI AD. antara foto/ampelsa/aww/16.
 
 
Komnas Perempuan mengapresiasi keputusan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menghapus tes keperawanan atau himen dalam seleksi calon anggota Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad). Kini, pihaknya menunggu kebijakan tertulis.

"Sebagai political will (kemauan politik) pernyataan Kasad itu perlu kita apresiasi," kata Komisioner Komnas Perempuan Theresia Iswarini saat dihubungi CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon, Jumat (13/8).

Meski demikian, kata Rini, Komnas Perempuan masih menunggu Andika menuangkan keputusan tersebut dalam kebijakan tertulis secara resmi.


Dengan demikian, kebijakan tersebut bisa menjadi rujukan bagi matra lain di lingkungan TNI. Di sisi lain, Komnas Perempuan juga bisa mengutip kebijakan tersebut dalam laporan mereka.

"Kita menunggu kebijakan tertulisnya. Kan, itu akan lebih kuat ya dan publik juga pasti akan sangat senang karena ada bukti terhadap pernyataan tersebut," jelas Rini.

Sejauh ini, Komnas Perempuan baru mengetahui bahwa tes keperawanan diberlakukan di lingkungan TNI. Menurut Rini, pihaknya juga pernah menerima laporan bahwa lingkungan Polri telah menghapus tes tersebut.

Namun, hingga saat ini Komnas Perempuan belum menerima salinan dari kebijakan tertulis penghapusan tes tersebut.


Menurutnya, keputusan KSAD Andika akan menjadi langkah progresif jika ia menuangkan keputusan itu dalam kebijakan tertulis.

"Kan, dia jadi preseden untuk penghapusan kebijakan tes himen lainnya," ujar Rini.

Lebih lanjut, Rini mempertanyakan hubungan tes keperawanan dengan kapasitas dan kapabilitas calon prajurit perempuan. Ia juga mempersoalkan apakah ketiadaan himen tersebut berdampak pada ketidakmampuan seorang perempuan dalam membela negara.

Sementara, dari sisi kesehatan, ia mempertanyakan hubungan ketiadaan himen dengan penilaian kesehatan perempuan secara keseluruhan.

"Apa indikatornya kalau himen rusak apakah seluruh kesehatan dari prajurit perempuan itu bermasalah?" protes Rini.

Menurut Rini, tes keperawanan bersifat subjektif dan kerap digunakan sebagai alat ukur moralitas seseorang. Padahal, bentuk dan karakteristik himen setiap perempuan berbeda-beda. Beberapa perempuan memiliki himen yang tipis, seperti jaring-jaring lebar ataupun padat.






Beberapa jenis himen tersebut, kata Rini, bisa sangat rapuh. Himen perempuan bisa saja robek saat olah raga atau melakukan aktivitas lainnya.

"Jadi penyebab robeknya himen banyak sekali dan himen seharusnya tidak bisa menjadi indikator baik buruknya seseorang, bermoral tidaknya seseorang," jelas Rini.

Selain itu, Komnas Perempuan juga menilai tes himen sebagai bentuk diskriminasi. Sebab, tes itu hanya diberlakukan terhadap calon prajurit perempuan.

Lebih jauh, tes tersebut juga bersifat intrusif. Tes keperawanan membuat calon prajurit wanita merasa malu, takut, hingga trauma.

"Dan pada titik tertentu ini menimbulkan depresi juga bagi calon prajurit perempuan," tutur Rini.

Andika Perkasa mengungkapkan tes keperawanan bagi calon prajurit perempuan TNI AD sudah dihapus sejak Mei 2021. Penghapusan tes keperawanan ini tidak hanya bagi calon prajurit tapi juga untuk calon istri dari prajurit pria yang mengajukan izin menikah.

"Sudah sejak Mei lalu, mulai diterapkan dalam seleksi penerimaan Bintara di setiap Kodam," kata Andika usai meninjau dan berbincang dengan prajurit TNI-AD dan US Army peserta Latihan Bersama Garuda Shield di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Amborawang pada Kamis (12/8), dikutip dari Antara.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Komnas Perempuan Apresiasi KSAD Hapus Tes Keperawanan
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
Ini Dia 5 Prajurit Kopassus yang Dianggap Fenomenal?

(12-10-2021 07:37:19 - Dibaca 1.335 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
Pemerintah Sudah Tetapkan Hari Libur Nasional 2022, Ini Daftarnya!

(22-09-2021 16:29:30 - Dibaca 809 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
Jokowi Resmikan Pabrik Baja Canggih di Cilegon, Cuma Ada 2 di Dunia!

(21-09-2021 10:51:24 - Dibaca 847 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
Soal Novel dkk Segera Diberhentikan KPK, Ini Respons Tegas Jokowi!

(15-09-2021 20:30:29 - Dibaca 1.047 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
Perhatian! Mulai Hari Ini Naik KRL Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin

(11-09-2021 08:58:30 - Dibaca 733 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
Kabar Baik! Kasus Covid-19 RI Turun 47% Pekan Ini

(04-09-2021 20:09:30 - Dibaca 593 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!

(18-08-2021 09:44:03 - Dibaca 744 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
Ini Kolonel Inf Faisol Izuddin Karimi, Sang Komandan Upacara Penurunan Bendera HUT ke-76 RI

(18-08-2021 08:37:52 - Dibaca 652 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
Gerah dengan Suap Perizinan, Jokowi: Ada Aparat Tak Bersih Lapor Saya!

(09-08-2021 11:55:37 - Dibaca 1.118 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
Soekarno Sempat Tergila-gila dengan Mien Hessels, Nekat Melamar dan Ditolak Mentah-Mentah!

(07-08-2021 09:25:01 - Dibaca 569 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!

(05-08-2021 17:13:19 - Dibaca 994 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
Mutasi TNI: Mayjen Agus Subiyanto Jadi Pangdam Siliwangi, Brigjen Tri Budi Danpaspampres

(03-08-2021 17:24:59 - Dibaca 701 Kali)

 
- BERITA LAIN -
KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!

(29-11-2021 09:43:09 - Dibaca 814 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19

(29-11-2021 09:33:39 - Dibaca 894 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

(28-11-2021 15:17:03 - Dibaca 914 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'

(28-11-2021 06:54:40 - Dibaca 724 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan

(25-11-2021 07:18:39 - Dibaca 884 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

(25-11-2021 07:07:06 - Dibaca 751 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
Protes Kenaikan UMP, 2 Juta Buruh Disebut Bakal Demo?

(23-11-2021 07:28:17 - Dibaca 681 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?

(23-11-2021 07:08:29 - Dibaca 568 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
Hanya Sisa Satu Wakil RI di Indonesia Masters 2021, Ini Kata PBSI!

(20-11-2021 06:19:54 - Dibaca 708 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
Lawan Buzzer Penyerang Ulama dan Anies, MUI DKI Mau Bentuk Cyber Army?

(20-11-2021 06:06:22 - Dibaca 1.070 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
12 Negara Ini Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2022!

(17-11-2021 06:56:28 - Dibaca 869 Kali)

KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!
MA Sunat Vonis Rizieq Jadi 2 Tahun Bui, Mengapa?

(16-11-2021 07:03:41 - Dibaca 934 Kali)

Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

TERPOPULER