Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

loading...
 

Sarangberita.com > Nasional
 
Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
 
18-08-2021 09:44:03 - Dibaca 744 Kali
 
 
Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
Presiden Jokowi pakai baju adat Lampung di upacara HUT ke-76 RI di Istana Merdeka (Suara.com)
 
 
Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) bersama sejumlah organisasi masyarakat sipil membuat surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait polemik penyegelan masjid Ahmadiyah Sintang, Kalimantan Barat.

Mereka meminta Jokowi mengambil sikap untuk menghentikan segala bentuk tindakan diskriminatif dan intoleransi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang.

Masjid Ahmadiyah yang disegel pada 14 Agustus 2021 itu berlokasi di Desa Balai Harapan, Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang.

"Kami meminta Presiden Joko Widodo agar memerintahkan jajarannya, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Agama, dan Kepala Kepolisian RI untuk segera menghentikan tindakan diskriminatif dan intoleransi yang dilakukan oleh Pemkab Sintang dan Forkompimda," ujar Ketua Bidang Advokasi YLBHI, Muhammad Isnur, Rabu (18/8).

Ia menyampaikan desakan tersebut didasarkan pada dua hal. Pertama, penyegelan masjid Ahmadiyah dilakukan atas tuntutan kelompok masyarakat yang mengatasnamakan Aliansi Umat Islam Kabupaten Sintang yang menolak keberadaan Jemaat Ahmadiyah.

Kedua, Pemkab Sintang secara aktif melakukan tindakan diskriminatif dan intoleransi terhadap Jemaat Ahmadiyah Kabupaten Sintang.


Diskriminasi itu, menurut Isnur, tercermin dari Surat Keputusan Bersama (SKB) Bupati Sintang, Kepala Kejaksaan Negeri Sintang, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang tentang Peringatan dan Perintah kepada Penganut, Anggota, dan/atau Pengurus Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) dan Warga Masyarakat di Kabupaten Sintang pada 29 April 2021.

Isnur meminta Jokowi menginstruksikan jajarannya untuk turun langsung melindungi warga dan menyelesaikan permasalahan diskriminasi dan intoleransi.

Selain itu, Jokowi juga diminta menginstruksikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar memerintahkan anggota kepolisian di Kabupaten Sintang untuk memberikan perlindungan hukum dan keamanan jiwa dan harta warga jemaat Ahmadiyah.

"Demikian surat terbuka ini kami sampaikan, semoga di hari kemerdekaan ini Presiden Joko Widodo dapat memberikan kemerdekaan bagi Jemaat Ahmadiyah untuk beragama dan berkeyakinan di negerinya sendiri," ucap Isnur.

Organisasi masyarakat sipil yang tergabung di antaranya adalah LBH Jakarta, Yayasan Inklusif, dan Paritas Institute.

Dikutip dari laman resmi Serikat Jurnalis untuk Keberagaman atau sejuk.org, masjid Ahmadiyah Sintang disegel oleh Pemkab Sintang pada Sabtu, 14 Agustus. Penyegelan itu buntut dari diterbitkannya surat Plt. Bupati Sintang yang melarang aktivitas dan penggunaan masjid Ahmadiyah Desa Balai Harapan sehari sebelumnya.

SKB Tahun 2008 tentang Ahmadiyah disebut juga menjadi acuan tindakan diskriminatif yang melanggar hak beragama warga.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: YLBHI Surati Jokowi Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- NASIONAL -
Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
Ini Dia 5 Prajurit Kopassus yang Dianggap Fenomenal?

(12-10-2021 07:37:19 - Dibaca 1.335 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
Pemerintah Sudah Tetapkan Hari Libur Nasional 2022, Ini Daftarnya!

(22-09-2021 16:29:30 - Dibaca 809 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
Jokowi Resmikan Pabrik Baja Canggih di Cilegon, Cuma Ada 2 di Dunia!

(21-09-2021 10:51:24 - Dibaca 847 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
Soal Novel dkk Segera Diberhentikan KPK, Ini Respons Tegas Jokowi!

(15-09-2021 20:30:29 - Dibaca 1.047 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
Perhatian! Mulai Hari Ini Naik KRL Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin

(11-09-2021 08:58:30 - Dibaca 733 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
Kabar Baik! Kasus Covid-19 RI Turun 47% Pekan Ini

(04-09-2021 20:09:30 - Dibaca 593 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
Ini Kolonel Inf Faisol Izuddin Karimi, Sang Komandan Upacara Penurunan Bendera HUT ke-76 RI

(18-08-2021 08:37:52 - Dibaca 652 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
KSAD Hapus Tes Keperawanan, Ini Respons Komnas Perempuan!

(13-08-2021 15:42:30 - Dibaca 1.043 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
Gerah dengan Suap Perizinan, Jokowi: Ada Aparat Tak Bersih Lapor Saya!

(09-08-2021 11:55:37 - Dibaca 1.118 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
Soekarno Sempat Tergila-gila dengan Mien Hessels, Nekat Melamar dan Ditolak Mentah-Mentah!

(07-08-2021 09:25:01 - Dibaca 569 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
TNI AU Bantah Cat Merah Pesawat Presiden Abaikan Keamanan!

(05-08-2021 17:13:19 - Dibaca 994 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
Mutasi TNI: Mayjen Agus Subiyanto Jadi Pangdam Siliwangi, Brigjen Tri Budi Danpaspampres

(03-08-2021 17:24:59 - Dibaca 701 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!

(29-11-2021 09:43:09 - Dibaca 814 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19

(29-11-2021 09:33:39 - Dibaca 894 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

(28-11-2021 15:17:03 - Dibaca 913 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'

(28-11-2021 06:54:40 - Dibaca 724 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan

(25-11-2021 07:18:39 - Dibaca 884 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

(25-11-2021 07:07:06 - Dibaca 751 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
Protes Kenaikan UMP, 2 Juta Buruh Disebut Bakal Demo?

(23-11-2021 07:28:17 - Dibaca 681 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?

(23-11-2021 07:08:29 - Dibaca 568 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
Hanya Sisa Satu Wakil RI di Indonesia Masters 2021, Ini Kata PBSI!

(20-11-2021 06:19:54 - Dibaca 708 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
Lawan Buzzer Penyerang Ulama dan Anies, MUI DKI Mau Bentuk Cyber Army?

(20-11-2021 06:06:22 - Dibaca 1.069 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
12 Negara Ini Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2022!

(17-11-2021 06:56:28 - Dibaca 868 Kali)

Soal Penyegelan Masjid Ahmadiyah Sintang, YLBHI Surati Jokowi!
MA Sunat Vonis Rizieq Jadi 2 Tahun Bui, Mengapa?

(16-11-2021 07:03:41 - Dibaca 934 Kali)

Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

TERPOPULER