Soal Cairan yang Diduga Bakar Kejagung, Ini Kata Peneliti LIPI!
Sejumlah Perumahan di Bekasi Terendam Banjir 1,5 Meter?
Polda Riau Tembak Oknum Polisi yang Jadi Kurir Sabu-sabu 16 Kg!

 
loading...

Sarangberita.com > Otomotif
 
Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
 
18-09-2020 14:58:57 - Dibaca 248 Kali
 
 
Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Sumber Foto : cnbcindonesia.com
 
loading...
 
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menerima dokumen usulan relaksasi pajak pembelian mobil baru sebesar 0% dari Kementerian Perindustrian. Saat ini Kemenkeu pun tengah melakukan koordinasi secara internal terkait hal tersebut.

"Spesifik usulan Kemenperin mengenai insentif pembebasan pajak terkait kendaraan bermotor telah kami terima secara resmi di bulan September ini," ujar Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo, Jumat (18/9/2020).

Menurutnya, saat ini pembahasan masih dilakukan di internal Kemenkeu yang dipimpin oleh Badan Kebijakan Fiskal (BKF). Koordinasi dilakukan tidak hanya di Kemenkeu tapi juga dengan Kementerian/Lembaga (K/L) terkait.
 
 


"Mengenai usulan tersebut, tentu kami perlu melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan rekan-rekan di K/L terkait serta stakeholder terkait lainnya, dan juga mengkaji lebih dalam usulan dimaksud secara komprehensif dengan berbagai pertimbangan," kata dia.

Adapun usulan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang yang diterima oleh Kemenkeu secara garis besar adalah pembebasan pajak-pajak terkait pada saat pandemi Covid-19 untuk melindungi industri kendaraan bermotor dari potensi kerugian yang dalam.

"Kami terbuka terhadap masukan dan usulan dari berbagai pihak, termasuk dari rekan-rekan K/L pembina sektor," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang mengaku sudah mengajukan relaksasi pajak pembelian mobil baru sebesar 0%. Upaya ini diharapkan dapat menstimulasi pasar otomotif sekaligus mendorong pertumbuhan sektor otomotif di tengah masa pandemi Covid-19.


"Kami sudah mengusulkan kepada Menteri Keuangan untuk relaksasi pajak mobil baru 0% sampai bulan Desember 2020," katanya, Senin (14/9).

Kalangan pelaku industri mobil menyambut gembira, sebab harga mobil 'on the road' bisa turun hampir setengah dari harga yang kena pajak. Konsumen akan diuntungkan dan produsen pun penjualannya bisa terungkit di tengah dampak pandemi yang membuat penjualan mobil drop. Namun, soal pajak ini tak hanya di pemerintah pusat, karena ada bagian di pemerintah daerah.

"Dari satu mobil sekitar 40-45% masuk ke kas pemerintah. PPN (pajak pertambahan nilai) itu 10%, PPnBM (pajak penjualan atas barang mewah) 10-125% sebut saja 15%. Itu udah 25% masuk ke kas Pemerintah (pusat). Bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) 12,5% kemudian PKB (pajak kendaraan bermotor) 2,5% berarti 15% masuk ke pemda. Jadi total 40%," kata Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D Sugiarto kepada CNBC Indonesia, Kamis (17/9).
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnbcindonesia.com dengan judul: Kemenkeu Terima Usul Pajak Mobil 0%, Tanda-Tanda Lampu Hijau?
 
Sumber : cnbcindonesia.com
 
 
 
 
- OTOMOTIF -
Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Berapa Biaya yang Dibutuhkan RI Untuk Bikin Tim MotoGP? Simak!

(21-10-2020 09:11:06 - Dibaca 216 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Ini Harga Toyota Fortuner dan Innova Baru yang Baru Diluncurkan!

(15-10-2020 12:29:36 - Dibaca 225 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Pajak Mobil Bakal 0% Sudah Ada Tanda-Tanda di Depan Mata?

(15-09-2020 16:53:39 - Dibaca 732 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Toyota Tiba-Tiba Tarik Innova dan Fortuner, Ada apa?

(03-08-2020 12:21:24 - Dibaca 791 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Penting! Ini Standar Tekanan Angin Ban Mobil

(01-08-2020 08:42:27 - Dibaca 286 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Wow! BMW Indonesia Rilis MINI Tercepat di Dunia

(27-07-2020 19:59:51 - Dibaca 218 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Ini Cara Mudah Menghitung Pajak Progresif Kendaraan Bermotor!

(27-07-2020 19:52:42 - Dibaca 358 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Mobil Taktis Maung Buatan Pindad Bakal Dijual Umum dengan Harga Murah?

(13-07-2020 16:30:13 - Dibaca 1.641 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Alphard 'KW' dari China Ini Resmi Diluncurkan, Harganya Setara dengan Avanza!

(13-06-2020 14:30:41 - Dibaca 1.634 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Wow! Ini Modifikasi Motor ala PSBB yang Super Konyol

(04-06-2020 19:17:40 - Dibaca 330 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
2 Karyawan Toyota Indonesia Positif COVID-19

(14-05-2020 16:19:16 - Dibaca 442 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Ini Posting Terakhir Pramugari Lion Air yang Jatuh!

(29-10-2018 12:34:35 - Dibaca 1.851 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Soal Cairan yang Diduga Bakar Kejagung, Ini Kata Peneliti LIPI!

(25-10-2020 08:01:27 - Dibaca 64 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Sejumlah Perumahan di Bekasi Terendam Banjir 1,5 Meter?

(25-10-2020 07:54:06 - Dibaca 74 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Polda Riau Tembak Oknum Polisi yang Jadi Kurir Sabu-sabu 16 Kg!

(24-10-2020 20:33:37 - Dibaca 186 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Soal Kompol IZ yang Jadi Kurir Sabu, Ini Respons Tegas Kapolda Riau!

(24-10-2020 20:23:58 - Dibaca 112 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Keluarga Gus Nur Minta Keadilan Bisa Ditegakkan?

(24-10-2020 19:14:32 - Dibaca 337 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Amankan Libur Panjang, Polda Metro Jaya Terjunkan 749 Personel!

(24-10-2020 19:06:13 - Dibaca 77 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Putra Kedua Raja Brunei Darussalam Meninggal Dunia!

(24-10-2020 18:34:38 - Dibaca 347 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Unik! Nama Perempuan di Kota Probolinggo Ini Patah Hati?

(24-10-2020 18:25:19 - Dibaca 106 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Minum Air Putih Hangat Setiap Pagi Saat Perut Masih Kosong dan Rasakan 5 Manfaat Ini pada Tubuh Anda!

(24-10-2020 17:47:26 - Dibaca 412 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Palestina Kecam Kesepakatan Normalisasi Hubungan Sudan-Israel

(24-10-2020 10:05:22 - Dibaca 70 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Sudan dan Israel Sepakat Normalisasi Hubungan?

(24-10-2020 09:58:48 - Dibaca 69 Kali)

Kemenkeu Sudah Terima Dokumen Usulan Pajak Mobil Nol Persen!
Polisi Tangkap Gus Nur Tengah Malam di Kediamannya!

(24-10-2020 09:54:03 - Dibaca 222 Kali)

Soal Kompol IZ yang Jadi Kurir Sabu, Ini Respons Tegas Kapolda Riau!
Keluarga Gus Nur Minta Keadilan Bisa Ditegakkan?
Amankan Libur Panjang, Polda Metro Jaya Terjunkan 749 Personel!

TERPOPULER

1. Jika Tak Bisa Buktikan, Kompolnas Minta Penuding Tito Diproses!

2. Polri Tegaskan Kepada Tim Prabowo: Penyidik Tak Bisa Diatur!

3. Amien Rais Sebut Ratna Sarumpaet Adalah Pembohong dan Sampah Politik

4. Soal Dana Sampah, Wawalkot Bekasi Sebut Ahok Lebih Baik!

5. Mahfud Md Minta 3 Nama Ini Tanggung Jawab Soal Berita Ratna Sarumpaet!

6. Jokowi Terbitkan PP Tentang Pelapor Kasus Korupsi Bisa Dapat Rp 200 Juta!

7. Ahmad Dhani Resmi Jadi Tersangka!

8. Tweet Elite PD yang Tuding Jokowi Pelihara Preman Buat Hajar Ratna Disoalkan Nasdem!

9. PAN Sebut Amien Rais Hanya Korban Kebohongan Ratna, Benarkah?

10. Prabowo Didesak Mundur dari Capres Karena Sebar Hoax Ratna, Ini Kata Fadli!




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.