Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

loading...
 

Sarangberita.com > Otomotif
 
Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
 
12-02-2021 08:10:42 - Dibaca 1.053 Kali
 
 
Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
cnnindonesia.com
 
 
Pemerintah akan memberlakukan relaksasi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru mulai 1 Maret 2021. Produksi mobil dalam negeri pun ditargetkan bisa tembus ke level 1 juta unit.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Kamis (11/2).

Stimulus PPnBM 0 persen yang diusulkan untuk dilakukan sepanjang 2021 dengan skenario PPNBM 0 persen (Maret-Mei), PPNBM 50 persen (Juni-Agustus), dan 25 persen (September-November), dengan harapan menggairahkan industri otomotif dalam negeri.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan pemerintah menyiapkan insentif penurunan PPnBM untuk mobil penumpang kurang dari 1.500 cc yaitu untuk kategori sedan dan 4x2, sebagaimana diusulkan Kemenperin, mengutip Antara.

Artinya insentif mobil baru 0 persen tersebut meliputi model termasuk low cost and green car (LCGC/mobil murah dan ramah lingkungan), low MPV seperti Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander, Toyoya Rush, Daihatsu Terios, Honda Brio, hingga Toyota Vios untuk kategori sedan.

Hal ini dilakukan karena pemerintah ingin meningkatkan pertumbuhan industri otomotif dengan TKDN kendaraan bermotor di atas 70 persen.

"Harapannya dengan insentif yang diberikan bagi kendaraan bermotor ini, konsumsi masyarakat berpenghasilan menengah atas akan meningkat, meningkatkan utilisasi industri otomotif dan mendorong pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama tahun ini," ujar Airlangga.

Pemberian insentif ini akan dilakukan secara bertahap selama sembilan bulan, dengan masing-masing tahapan akan berlangsung selama tiga bulan.


Wacana bebas pajak mobil baru sudah pernah ditolak oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Tetapi, kemudian masih terus diupayakan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang.

Berikut fakta seputar wacana PPnBM mobil baru nol persen:

Pertama, diusulkan oleh Menperin Agus untuk mendongkrak pembelian mobil baru oleh masyarakat di tengah lesunya daya beli karena tertekan dampak pandemi virus corona atau covid-19.

Kedua, mendapat dukungan dari pelaku usaha, salah satunya Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi karena dinilai bakal berdampak positif bagi industri.

Ketiga, ditolak Sri Mulyani. Penolakan terjadi karena ia ingin memberi insentif pajak yang menyasar semua sektor industri, tidak hanya otomotif agar lebih merata.

Keempat, diusulkan lagi ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kelima, ada insentif lain yang disiapkan bila usulan pajak tetap tidak diterima Sri Mulyani.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- OTOMOTIF -
Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!

(17-10-2021 09:35:53 - Dibaca 993 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
Ini Harga Ban Tanpa Udara yang Diperkirakan Bakal Dipasarkan 2024!

(14-10-2021 12:33:22 - Dibaca 1.328 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
Emerson Yuntho: Valentino Rossi Tak Mungkin Dapat SIM C di Indonesia!

(16-09-2021 09:19:25 - Dibaca 729 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
Ini Asal-usul Kode Pelat Nomor RI Sejak Zaman Penjajahan

(13-08-2021 12:20:28 - Dibaca 770 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
Polisi Ubah Warna Pelat Nomor Jadi Putih Tulisan Hitam, Ini Alasannya!

(12-08-2021 07:07:19 - Dibaca 737 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
Perhatian! Jangan Mencuci Mobil dengan Sabun Colek, Ini Alasannya!

(09-07-2021 07:36:48 - Dibaca 429 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
Perhatian! SIM C Kini Dibagi Tiga Jenis, Dibedakan Berdasarkan CC Motor

(31-05-2021 07:44:36 - Dibaca 776 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
Ini Posisi Gigi yang Tepat Saat Mobil Matic Setop di Lampu Merah

(05-05-2021 09:05:04 - Dibaca 729 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
Ini Daftar 21 Mobil Diskon PPnBM, Toyota Vios Terbesar!

(02-03-2021 11:08:57 - Dibaca 645 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
Ini Daftar 21 Mobil yang Bebas PPnBM Mulai 1 Maret!

(27-02-2021 16:28:07 - Dibaca 591 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
Mobil Pilihan Petani Miliarder Tuban: Fortuner Hingga Pajero Sport!

(17-02-2021 09:12:10 - Dibaca 521 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
Wuling Hadirkan Fitur Baru WISE, Mobil Bisa Dikontrol Jarak Jauh?

(04-02-2021 22:21:44 - Dibaca 565 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!

(29-11-2021 09:43:09 - Dibaca 812 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19

(29-11-2021 09:33:39 - Dibaca 893 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

(28-11-2021 15:17:03 - Dibaca 913 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'

(28-11-2021 06:54:40 - Dibaca 723 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan

(25-11-2021 07:18:39 - Dibaca 883 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

(25-11-2021 07:07:06 - Dibaca 750 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
Protes Kenaikan UMP, 2 Juta Buruh Disebut Bakal Demo?

(23-11-2021 07:28:17 - Dibaca 680 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?

(23-11-2021 07:08:29 - Dibaca 567 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
Hanya Sisa Satu Wakil RI di Indonesia Masters 2021, Ini Kata PBSI!

(20-11-2021 06:19:54 - Dibaca 704 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
Lawan Buzzer Penyerang Ulama dan Anies, MUI DKI Mau Bentuk Cyber Army?

(20-11-2021 06:06:22 - Dibaca 1.069 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
12 Negara Ini Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2022!

(17-11-2021 06:56:28 - Dibaca 868 Kali)

Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!
MA Sunat Vonis Rizieq Jadi 2 Tahun Bui, Mengapa?

(16-11-2021 07:03:41 - Dibaca 934 Kali)

Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

TERPOPULER