Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

loading...
 

Sarangberita.com > Otomotif
 
Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
 
17-10-2021 09:35:53 - Dibaca 877 Kali
 
 
Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Ilustrasi. (Sumber Foto : daihatsu.co.id)
 
 
Setiap tahunnya, pemilik kendaraan bermotor harus membayar pajak kendaraan bermotor (PKB).

Jika terlambat membayar, pemilik kendaraan akan dikenakan denda. Jumlah denda yang dikenakan bergantung dari bobot dan nilai jual motor tersebut.

Bagaimana cara menghitung denda telat bayar pajak motor?

Denda keterlambatan bayar pajak motor mulai dikenakan 1 hari setelah tanggal jatuh tempo atau denda berjalan. Artinya, semakin lama denda keterlambatan tidak dibayarkan, semakin mahal jumlah denda yang harus Anda bayar.

Dengan begitu, Anda disarankan untuk tepat waktu membayar pajak, guna terhindar dari tilang dan denda yang besar. Nominal pajak motor yang harus Anda bayar tercantum pada lembaran STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara menghitung denda telat bayar pajak motor. Misalnya saja nominal PKB, SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan), biaya administrasi STNK, dan biaya administrasi TNKB.

Dari keempat hal itu, yang dikenakan denda umumnya PKB dan SWDKLLJ saja. Sementara biaya administrasi STNK dan TNKB bervariasi.

Sebagai catatan, nominal PKB setiap motor berbeda, namun besaran SWDKLLJ ditentukan dari kapasitas cc motor Anda. SWDKLLJ biasanya dikenakan bagi pemilik kendaraan yang telat membayar pajak motor lebih dari sebulan setelah tanggal jatuh tempo.


Rumus menghitung denda pajak motor adalah sebagai berikut:

Tahun menunggak x PKB x 25 persen x 12/12 + SWDKLLJ

Dengan demikian berikut cara menghitung denda pajak motor:

- Denda terlambat 2 hari hingga 1 bulan dikenakan denda sebesar 25 persen
- Terlambat 2 bulan: PKB x 25% x 2/12 + denda SWDKLLJ
- Terlambat 6 bulan: PKB x 25% x 6/12 + denda SWDKLLJ
- Terlambat 1 tahun: PKB x 25% x 12/12 + denda SWDKLLJ
- Terlambat 2 tahun: 2x PKB x 25% x 12/12 + denda SWDKLLJ

Jika tahun denda pajak lebih dari 2 tahun, rumus hitungnya sama, hanya besaran tahun mengikuti lama pajak motor Anda mati.






Anda bisa melakukan pembayaran denda di sejumlah tempat seperti kantor samsat, samsat keliling, dan gerai samsat.

Namun, di tengah situasi pandemi, kini pembayaran denda pajak motor dapat dilakukan secara daring. Pembayaran denda pajak motor dapat dilakukan di pelayanan Samsat Online Nasional. Selain itu, Anda juga bisa mengecek berapa denda pajak yang harus Anda bayar.

Ada dua cara mengetahui denda pajak motor, berikut di antaranya.

1. Cek Denda Pajak Motor via e-samsat
- Buka situs e-samsat berdasarkan provinsi tempat Anda tinggal
- Masukkan nomor polisi dan KTP pemilik kendaraan
- Besaran denda pajak yang harus dibayarkan akan muncul secara otomatis

2. Cek Denda Pajak Motor via SMS
- DKI Jakarta: Metro (spasi) Nopol motor, lalu kirim ke 1717
- Jawa Barat: Poldajbr (spasi) Nopol motor, lalu kirim ke 3977
- Jawa Timur: JATIM (spasi) Nopol motor, lalu kirim ke 7070






Untuk diketahui, cek denda pajak via SMS sementara hanya tersedia di tiga provinsi di atas. Sementara untuk cek denda pajak motor e-samsat telah hadir di banyak provinsi di Indonesia. Cara lainnya, Anda bisa mendatangi langsung kantor samsat terdekat.

Demikian cara menghitung denda telat bayar pajak motor. Sebisa mungkin bayar pajak sebelum jatuh tempo agar besaran denda tidak semakin membengkak.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- OTOMOTIF -
Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Ini Harga Ban Tanpa Udara yang Diperkirakan Bakal Dipasarkan 2024!

(14-10-2021 12:33:22 - Dibaca 1.247 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Emerson Yuntho: Valentino Rossi Tak Mungkin Dapat SIM C di Indonesia!

(16-09-2021 09:19:25 - Dibaca 686 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Ini Asal-usul Kode Pelat Nomor RI Sejak Zaman Penjajahan

(13-08-2021 12:20:28 - Dibaca 698 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Polisi Ubah Warna Pelat Nomor Jadi Putih Tulisan Hitam, Ini Alasannya!

(12-08-2021 07:07:19 - Dibaca 682 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Perhatian! Jangan Mencuci Mobil dengan Sabun Colek, Ini Alasannya!

(09-07-2021 07:36:48 - Dibaca 387 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Perhatian! SIM C Kini Dibagi Tiga Jenis, Dibedakan Berdasarkan CC Motor

(31-05-2021 07:44:36 - Dibaca 750 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Ini Posisi Gigi yang Tepat Saat Mobil Matic Setop di Lampu Merah

(05-05-2021 09:05:04 - Dibaca 696 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Ini Daftar 21 Mobil Diskon PPnBM, Toyota Vios Terbesar!

(02-03-2021 11:08:57 - Dibaca 614 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Ini Daftar 21 Mobil yang Bebas PPnBM Mulai 1 Maret!

(27-02-2021 16:28:07 - Dibaca 571 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Mobil Pilihan Petani Miliarder Tuban: Fortuner Hingga Pajero Sport!

(17-02-2021 09:12:10 - Dibaca 502 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Ini Daftar Mobil Potensi 'Murah' Jika Pajak 0 Persen Dikabulkan!

(12-02-2021 08:10:42 - Dibaca 1.033 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Wuling Hadirkan Fitur Baru WISE, Mobil Bisa Dikontrol Jarak Jauh?

(04-02-2021 22:21:44 - Dibaca 551 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Soal Penembakan Maut di Exit Tol Selatan Jakarta, Ini Fakta Terbarunya!

(29-11-2021 09:43:09 - Dibaca 453 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Perhatian! Ini Gejala Varian Omicron pada Pasien COVID-19

(29-11-2021 09:33:39 - Dibaca 579 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Beredar Seruan Rizieq Agar Umat Islam Banjiri Reuni 212?

(28-11-2021 15:17:03 - Dibaca 589 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'

(28-11-2021 06:54:40 - Dibaca 414 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan

(25-11-2021 07:18:39 - Dibaca 568 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

(25-11-2021 07:07:06 - Dibaca 443 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Protes Kenaikan UMP, 2 Juta Buruh Disebut Bakal Demo?

(23-11-2021 07:28:17 - Dibaca 450 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap, Bupati Kuansing Riau Gugat KPK?

(23-11-2021 07:08:29 - Dibaca 381 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Hanya Sisa Satu Wakil RI di Indonesia Masters 2021, Ini Kata PBSI!

(20-11-2021 06:19:54 - Dibaca 506 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
Lawan Buzzer Penyerang Ulama dan Anies, MUI DKI Mau Bentuk Cyber Army?

(20-11-2021 06:06:22 - Dibaca 876 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
12 Negara Ini Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2022!

(17-11-2021 06:56:28 - Dibaca 671 Kali)

Begini Cara Menghitung Jumlah Denda Telat Bayar Pajak Motor!
MA Sunat Vonis Rizieq Jadi 2 Tahun Bui, Mengapa?

(16-11-2021 07:03:41 - Dibaca 730 Kali)

Fadli Zon Kritik UU Ciptaker: Terlalu Banyak 'Invisible Hand'
7 Obat Vertigo yang Alami dan Ampuh, Mudah Ditemukan
Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot AI? Benarkah?

TERPOPULER

1. Soal Remisi Ahok, Ini Tanggapan Menarik Warga Jabodetabek!

2. Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017

3. Diduga Cabuli Pasien di Bekasi, Habib Husein Alatas Diringkus Polisi!

4. Soal Gaji Fantastis TGUPP, Anies Sebut Ada Rumusnya, Rumus dari mana?

5. Pendiri PAN Ini Sebut Fadli Zon Tak Ada Prestasi Kecuali Nyinyir!

6. Anies Sebut Bakal Geser Rumah Warga di Jati Padang, Geser sama Gusur apa bedanya?

7. Mengapa Anies Ngotot TGUPP Tak Mau Pakai Dana Operasional Gubernur?

8. Lihat Rumah di Kali Pulo Jatipadang, Anies Geleng-geleng, Warganya Tertawa!

9. PKL Hingga Bajaj Kuasai Trotoar, Tanah Abang Tambah Semrawut!

10. Akrabnya Sandi dan Lulung, Cukur Bareng hingga Tinjau PKL, Ada apa?



DAERAH SEPAKBOLA UNIK BADMINTON MOTOGP FOOD HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL
LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNO & SAINS VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.