Tolak masuk timses, Ini Cara Khofifah Menangkan Jokowi!
Tolak Politisasi Kampus, Mahasiswa Solo Demo Sandiaga!
Emak-emak di Video Sandi ini Bicara Soal Makan Keong, Ternyata...



loading...

Sarangberita.com > Politik
 
Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
 
05-07-2018 05:53:17 - Dibaca 1.523 Kali
 
 
Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Partai Demokrat melontarkan wacana duet Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk pilpres 2019. Seberapa kuat duet antara Anies-AHY untuk bertarung di pilpres mendatang?

Wacana duet Gubernur DKI Jakarta dan Ketua Kogasma Demokrat itu disampaikan oleh Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP PD Ferdinand Hutahaean. Menurutnya, hal itu merupakan aspirasi kader.

"Anies-AHY merupakan aspirasi kader, namun tidak sebesar aspirasi menduetkan JK-AHY," kata Ferdinand kepada wartawan, Rabu (4/7/2018).

Ucapan Ferdinand tersebut ditanggapi berbagai partai politik. Misalnya Gerindra yang menganggap wacana itu merupakan strategi Demokrat 'menjual' AHY.


"Itu biasa Demokrat. Kalau kita lihat, Demokrat kan memberikan berbagai alternatif. Kemarin kan JK-AHY, sekarang Anies-AHY. Wajar, sah-sah saja, tapi intinya kan itu bagian strategi Demokrat 'menjual' AHY," kata anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade.

Sementara itu, Golkar tak yakin duet Anies-AHY yang digodok Demokrat akan terwujud. Golkar mempertanyakan kesediaan Anies untuk maju sebagai capres pada Pilpres 2019.

"Anies-AHY? Apakah Pak Anies-nya bersedia? Saya tidak yakin ya beliau berkenan maju menjadi capres," kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily kepada detikcom.

PKB kemudian menyebut duet tersebut hanya upaya terus memunculkan nama AHY dalam kontestasi politik saat ini. Nama AHY yang terus disandingkan dengan sosok lain juga merupakan upaya Demokrat membentuk poros ketiga. Sayangnya, selama ini tak ada 'gayung yang bersambut'.

"Jadi dilempar lagi JK-AHY, lempar lagi Anies-AHY. Tapi (partai) nggak ada yang nangkep," ujar Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid.

Selain tanggapan dari parpol peserta pemilu, bagaimana kekuatan duet ini berdasar dari sejumlah survei?

Nama Anies dan AHY memang kerap masuk dalam berbagai survei capres-cawapres jelang pilpres 2019. Misalnya bedasarkan hasil survei Media Survei Nasional (Median), elektabilitas Anies sebagai capres sebesar 2,0 persen sementara eletabilitas AHY sebagai cawapres sebesar 3,8 persen.

Survei dilakukan pada 24 Maret-6 April 2018 dengan menggunakan 1.200 responden yang merupakan warga yang memiliki hak pilih dengan margin of error sekitar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Sampel survei dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan gender. Quality control dilakukan terhadap 20% sampel yang ada.

Berikutnya, dalam survei yang dilakukan Cyrus Network elektabilitas Anies sebagai capres cuma sebesar 0,3 persen. Sementara itu, elektabilitas AHY sebagai capres disebut sebesar 0,4 persen.

Cyrus saat itu juga membuat survei untuk cawapres, namun hanya ada nama-nama tersebut langsung dipasangkan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) atau Prabowo Subianto. Dari survei itu, AHY mendapat elektabilitas 15 persen saat dipasangkan dengan Jokowi, sementara Anies mendapat elektabilitas 15,3 persen saat dipasangakan dengan Prabowo.

Survei itu sendiri dilakukan pada 27 Maret-3 April dengan responden sebanyak 1.230 orang yang tersebar secara proporsional pada 123 desa/kelurahan terpilih di 34 provinsi. Penarikan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka. Sedangkan tingkat kepercayaan survei ini adalah 95 persen, dengan margin of error +/- 3 persen.

Selanjutnya, nama Anies dan AHY juga masuk dalam survei capres-cawapres untuk pilpres 2019 yang dirilis oleh Charta Politika. Dalam survei ini, elektabilitas Anies sebagai capres sebesar 3,4 persen, sementara AHY mendapat elektabilitas sebesar 2,7 persen sebagai capres.

Nama Anies dan AHY juga masuk sebagai kandidat cawapres dalam survei ini. Dalam pertanyaan terbuka, Anies dan AHY sama-sama mendapat elektabilitas 8,2 persen sebagai cawapres.

Survei tersebut dilakukan pada 13-19 April 2018. Survei dilakukan kepada 2.000 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Margin of error dari survei +- 2,19 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Menakar Kekuatan Anies-AHY
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
 
- POLITIK -
Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Emak-emak di Video Sandi ini Bicara Soal Makan Keong, Ternyata...

(22-09-2018 08:47:11 - Dibaca 961 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Prabowo Dapat Nomor 2, Ini Celoteh M Taufik!

(21-09-2018 22:06:53 - Dibaca 874 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Dahnil Sebut Kampanye Kami Adu Ide dan Gagasan? Apa Gagasannya?

(21-09-2018 21:54:15 - Dibaca 209 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Dahnil Sebut Postingan Fadli Zon 'Ternyata Mereka PKI' Sebagai Cara Bergembira? Apa maksudnya?

(21-09-2018 21:32:33 - Dibaca 2.005 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Golkar Sebut Kedok Neno Terbuka, Gerakan 2019gantipresiden Kampanye Prabowo!

(21-09-2018 16:23:12 - Dibaca 1.478 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Fadli Zon Posting Video 'Goyang Bebek Angsa' Memuat Tudingan Soal PKI, Apa maksudnya?

(21-09-2018 16:10:19 - Dibaca 740 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Temui Prabowo, Presiden PKS dan Ketua Majelis Syuro Tagih Posisi Wagub DKI!

(21-09-2018 09:01:44 - Dibaca 649 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Jokowi Diminta PAN Pecat Mendag, Buwas dan Mentan, Apa maksudnya?

(21-09-2018 08:54:21 - Dibaca 505 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Putuskan Gabung atau Tidak ke Tim Prabowo, Yenny Wahid Minta Waktu 10 hari!

(20-09-2018 21:18:44 - Dibaca 401 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Dahnil Anzhar Gabung Timses Prabowo Karena...

(20-09-2018 21:06:01 - Dibaca 661 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

(20-09-2018 20:50:14 - Dibaca 5.964 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Lulung Yakin Bisa Buat PAN Menang di Pileg 2019?

(20-09-2018 09:25:52 - Dibaca 266 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Tolak masuk timses, Ini Cara Khofifah Menangkan Jokowi!

(22-09-2018 22:14:39 - Dibaca 447 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Tolak Politisasi Kampus, Mahasiswa Solo Demo Sandiaga!

(22-09-2018 21:58:00 - Dibaca 724 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Emak-emak di Video Sandi ini Bicara Soal Makan Keong, Ternyata...

(22-09-2018 08:47:11 - Dibaca 961 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Ini Arti Nomor Satu Menurut Grace Natalie!

(21-09-2018 22:16:35 - Dibaca 1.152 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Prabowo Dapat Nomor 2, Ini Celoteh M Taufik!

(21-09-2018 22:06:53 - Dibaca 874 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Dahnil Sebut Kampanye Kami Adu Ide dan Gagasan? Apa Gagasannya?

(21-09-2018 21:54:15 - Dibaca 209 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Dahnil Sebut Postingan Fadli Zon 'Ternyata Mereka PKI' Sebagai Cara Bergembira? Apa maksudnya?

(21-09-2018 21:32:33 - Dibaca 2.005 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Dapat Nomor Urut Satu, Jokowi Sebut Memang yang Direbutkan Adalah RI 1!

(21-09-2018 21:23:45 - Dibaca 1.242 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Nomor Urut 1, Prabowo-Sandiaga Nomor 2!

(21-09-2018 20:51:35 - Dibaca 684 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Ini Komentar Pakdhe Karwo Soal 31 Kepala Daerah di Jatim Dukung Jokowi!

(21-09-2018 20:29:05 - Dibaca 1.354 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Pengajuan Modal Pipanisasi PAM Ditolak DPRD DKI, Ini Kata Anies!

(21-09-2018 20:24:47 - Dibaca 421 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Anies Pastikan Program Pemprov DKI Tak Terganggu Walau Sendiri, Program apa?

(21-09-2018 17:10:02 - Dibaca 1.083 Kali)

Ini Arti Nomor Satu Menurut Grace Natalie!
Prabowo Dapat Nomor 2, Ini Celoteh M Taufik!
Dahnil Sebut Kampanye Kami Adu Ide dan Gagasan? Apa Gagasannya?

TERPOPULER

1. Kubu Prabowo-Sandi Usul Debat Capres Pakai Bahasa Inggris! Buat apa?

2. Diusung Demokrat Tapi Gubermur Banten Jadi Tim Kampanye Jokowi, Kok bisa?

3. Ternyata Ketum PAN yang Rancang Strategi Turunkan Ahok!

4. Namanya Masuk Timses Prabowo, Ini Kata Yenny Wahid!

5. Buni Yani Sebut Dirinya Korban Ketidakadilan Jokowi! Apa maksudnya?