Hadapi Sidang, Bos Abu Tours Siapkan 10 Pengacara Untuk Minta Keadilan?
ICJR Kritik Polisi Soal Tembak Mati 11 Penjahat, Ini Respon Tegas Wakapolri!
Untuk Pihak yang Suka Mengafir-kafirkan Seseorang, Ini Nasihat TGB!



Sarangberita.com > Politik
 
Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
 
05-07-2018 05:53:17 - Dibaca 1.488 Kali
 
 
Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Partai Demokrat melontarkan wacana duet Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk pilpres 2019. Seberapa kuat duet antara Anies-AHY untuk bertarung di pilpres mendatang?

Wacana duet Gubernur DKI Jakarta dan Ketua Kogasma Demokrat itu disampaikan oleh Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP PD Ferdinand Hutahaean. Menurutnya, hal itu merupakan aspirasi kader.

"Anies-AHY merupakan aspirasi kader, namun tidak sebesar aspirasi menduetkan JK-AHY," kata Ferdinand kepada wartawan, Rabu (4/7/2018).

Ucapan Ferdinand tersebut ditanggapi berbagai partai politik. Misalnya Gerindra yang menganggap wacana itu merupakan strategi Demokrat 'menjual' AHY.


"Itu biasa Demokrat. Kalau kita lihat, Demokrat kan memberikan berbagai alternatif. Kemarin kan JK-AHY, sekarang Anies-AHY. Wajar, sah-sah saja, tapi intinya kan itu bagian strategi Demokrat 'menjual' AHY," kata anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade.

Sementara itu, Golkar tak yakin duet Anies-AHY yang digodok Demokrat akan terwujud. Golkar mempertanyakan kesediaan Anies untuk maju sebagai capres pada Pilpres 2019.

"Anies-AHY? Apakah Pak Anies-nya bersedia? Saya tidak yakin ya beliau berkenan maju menjadi capres," kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily kepada detikcom.

PKB kemudian menyebut duet tersebut hanya upaya terus memunculkan nama AHY dalam kontestasi politik saat ini. Nama AHY yang terus disandingkan dengan sosok lain juga merupakan upaya Demokrat membentuk poros ketiga. Sayangnya, selama ini tak ada 'gayung yang bersambut'.

"Jadi dilempar lagi JK-AHY, lempar lagi Anies-AHY. Tapi (partai) nggak ada yang nangkep," ujar Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid.

Selain tanggapan dari parpol peserta pemilu, bagaimana kekuatan duet ini berdasar dari sejumlah survei?

Nama Anies dan AHY memang kerap masuk dalam berbagai survei capres-cawapres jelang pilpres 2019. Misalnya bedasarkan hasil survei Media Survei Nasional (Median), elektabilitas Anies sebagai capres sebesar 2,0 persen sementara eletabilitas AHY sebagai cawapres sebesar 3,8 persen.

Survei dilakukan pada 24 Maret-6 April 2018 dengan menggunakan 1.200 responden yang merupakan warga yang memiliki hak pilih dengan margin of error sekitar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Sampel survei dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan gender. Quality control dilakukan terhadap 20% sampel yang ada.

Berikutnya, dalam survei yang dilakukan Cyrus Network elektabilitas Anies sebagai capres cuma sebesar 0,3 persen. Sementara itu, elektabilitas AHY sebagai capres disebut sebesar 0,4 persen.

Cyrus saat itu juga membuat survei untuk cawapres, namun hanya ada nama-nama tersebut langsung dipasangkan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) atau Prabowo Subianto. Dari survei itu, AHY mendapat elektabilitas 15 persen saat dipasangkan dengan Jokowi, sementara Anies mendapat elektabilitas 15,3 persen saat dipasangakan dengan Prabowo.

Survei itu sendiri dilakukan pada 27 Maret-3 April dengan responden sebanyak 1.230 orang yang tersebar secara proporsional pada 123 desa/kelurahan terpilih di 34 provinsi. Penarikan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka. Sedangkan tingkat kepercayaan survei ini adalah 95 persen, dengan margin of error +/- 3 persen.

Selanjutnya, nama Anies dan AHY juga masuk dalam survei capres-cawapres untuk pilpres 2019 yang dirilis oleh Charta Politika. Dalam survei ini, elektabilitas Anies sebagai capres sebesar 3,4 persen, sementara AHY mendapat elektabilitas sebesar 2,7 persen sebagai capres.

Nama Anies dan AHY juga masuk sebagai kandidat cawapres dalam survei ini. Dalam pertanyaan terbuka, Anies dan AHY sama-sama mendapat elektabilitas 8,2 persen sebagai cawapres.

Survei tersebut dilakukan pada 13-19 April 2018. Survei dilakukan kepada 2.000 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Margin of error dari survei +- 2,19 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Menakar Kekuatan Anies-AHY
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- POLITIK -
Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Untuk Pihak yang Suka Mengafir-kafirkan Seseorang, Ini Nasihat TGB!

(20-07-2018 16:25:05 - Dibaca 787 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Hasil Survei LIPI Sebut Pemilih PAN dan Demokrat Cenderung Pilih Jokowi!

(20-07-2018 08:22:53 - Dibaca 308 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Daeng Aziz 'Bos Kalijodo' Nyaleg Melalui Gerindra, Ini Kata Sandiaga!

(19-07-2018 20:37:30 - Dibaca 419 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Wow! Ini Biaya 'Transfer' Lucky Hakim dari PAN ke Nasdem!

(18-07-2018 14:15:13 - Dibaca 358 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Nama Fahri Hamzah Dipastikan Tak Ada di Daftar Caleg PKS, Mengapa?

(18-07-2018 07:44:12 - Dibaca 170 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Bekas Ketua FPI dan Anggota HTI Daftar Caleg Melalui PBB

(18-07-2018 07:28:14 - Dibaca 219 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Daeng Aziz 'Bos Kalijodo' Jadi Caleg Gerindra, Apakah Prabowo Tahu?

(17-07-2018 14:49:36 - Dibaca 190 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Mantan 'Bos Kalijodo' Daeng Aziz Nyaleg Lewat Gerindra?

(17-07-2018 14:37:06 - Dibaca 227 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Pancasila Cyber Army-Solusi UI Dukung Mardani Sebagai Cawapres Prabowo, Apa alasannya?

(16-07-2018 21:35:31 - Dibaca 275 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Fahri Hamzah Ogah Maju Lagi Jadi Caleg DPR-RI, Mengapa?

(16-07-2018 21:11:07 - Dibaca 726 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Ngabalin Menantang 'Pak Tua' Amien, Ini Pembelaan PAN!

(15-07-2018 21:28:09 - Dibaca 601 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Partai Berkarya Optimis Sistem Pemerintahan Orde Baru Masih Relevan, Benarkah?

(15-07-2018 15:48:14 - Dibaca 195 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Hadapi Sidang, Bos Abu Tours Siapkan 10 Pengacara Untuk Minta Keadilan?

(20-07-2018 18:29:35 - Dibaca 98 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
ICJR Kritik Polisi Soal Tembak Mati 11 Penjahat, Ini Respon Tegas Wakapolri!

(20-07-2018 16:35:27 - Dibaca 439 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Untuk Pihak yang Suka Mengafir-kafirkan Seseorang, Ini Nasihat TGB!

(20-07-2018 16:25:05 - Dibaca 787 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Soal Freeport, Fahri Hamzah Tuding Pemerintah Bohongi Publik? Apa maksudnya?

(20-07-2018 16:15:51 - Dibaca 363 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Anies Bentuk Tim Baru Untuk Atasi Masalah Dalam Perumusan, Perumusan apa?

(20-07-2018 09:28:24 - Dibaca 2.762 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Pemprov DKI Pasang Jaring Hitam di Kali Item Kemayoran, Buat apa?

(20-07-2018 08:55:38 - Dibaca 182 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Pemberhentian Wali Kota Tuai Polemik, Ini Pengakuan Mengejutkan Wagub DKI!

(20-07-2018 08:31:54 - Dibaca 400 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Hasil Survei LIPI Sebut Pemilih PAN dan Demokrat Cenderung Pilih Jokowi!

(20-07-2018 08:22:53 - Dibaca 308 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Bendera Peserta Asian Games di DKI Pakai Bambu, Pantaskah?

(20-07-2018 07:38:36 - Dibaca 175 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Daeng Aziz 'Bos Kalijodo' Nyaleg Melalui Gerindra, Ini Kata Sandiaga!

(19-07-2018 20:37:30 - Dibaca 419 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Atlet Paralympic Jabar Ngadu ke Kejati Karena Bonus Disunat!

(19-07-2018 20:24:21 - Dibaca 280 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Soal Tweet 'Trotoar 43 Ribu Meter', Ini Kata Anies!

(19-07-2018 20:03:14 - Dibaca 527 Kali)

Soal Freeport, Fahri Hamzah Tuding Pemerintah Bohongi Publik? Apa maksudnya?
Anies Bentuk Tim Baru Untuk Atasi Masalah Dalam Perumusan, Perumusan apa?
Pemprov DKI Pasang Jaring Hitam di Kali Item Kemayoran, Buat apa?

TERPOPULER

1. Prabowo Sebut Rakyat Sudah Lelah dengan Pemerintahan yang Kotor?

2. Proyek 6 Ruas Tol DKI Diambil Alih Pemerintah Pusat Karena Anies Menolak Lanjutkan?

3. Setelah Singapura, Sandiaga akan Kunker ke Rusia, Mau apa?

4. Anies Tolak Laporkan Hadiah dari Ulama Ghana, Ini Reaksi Tegas KPK!

5. Ini Alasan Sandiaga Pemprov DKI Impor Bawang Putih dari China!

6. Prabowo-Amien-Fuad Bawazier Serang Soal Freeport, Inilah Jawaban Brilian Presiden Jokowi!

7. Gerindra Klaim Kinerja DKI Tetap Baik Walau Anies-Sandi Sibuk Pilpres, Benarkah?

8. Anies Bentuk Tim Baru Untuk Atasi Masalah Dalam Perumusan, Perumusan apa?

9. TGB Dukung Jokowi 2 Periode, Ini Respon Kaget Gerindra!

10. Tak Terima Kalah, Prabowo Sebut Ada Tuyul Ikut Nyoblos di Pilgub Jabar? Apa maksudnya?



JAKARTA       KESEHATAN       NASIONAL       LIFESTYLE       POLITIK       TRAVEL       INTERNASIONAL       OTOMOTIF       TEKNOLOGI       VIDEO       SEKOLAH       SPORT       INSPIRATION       PROPERTI       PERISTIWA      

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.