Ditraktir Jokowi Makan Bebek Goreng, Ini Reaksi TKI di Singapura!
Sandi Sebut OK Oce akan Jadi Gelombang Besar Serap Tenaga Kerja?
Polisi Tolak Izin Diskusi Soal Khilafah di Masjid Bogor!



loading...

Sarangberita.com > Politik
 
Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
 
05-07-2018 05:53:17 - Dibaca 1.537 Kali
 
 
Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Partai Demokrat melontarkan wacana duet Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk pilpres 2019. Seberapa kuat duet antara Anies-AHY untuk bertarung di pilpres mendatang?

Wacana duet Gubernur DKI Jakarta dan Ketua Kogasma Demokrat itu disampaikan oleh Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP PD Ferdinand Hutahaean. Menurutnya, hal itu merupakan aspirasi kader.

"Anies-AHY merupakan aspirasi kader, namun tidak sebesar aspirasi menduetkan JK-AHY," kata Ferdinand kepada wartawan, Rabu (4/7/2018).

Ucapan Ferdinand tersebut ditanggapi berbagai partai politik. Misalnya Gerindra yang menganggap wacana itu merupakan strategi Demokrat 'menjual' AHY.


"Itu biasa Demokrat. Kalau kita lihat, Demokrat kan memberikan berbagai alternatif. Kemarin kan JK-AHY, sekarang Anies-AHY. Wajar, sah-sah saja, tapi intinya kan itu bagian strategi Demokrat 'menjual' AHY," kata anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade.

Sementara itu, Golkar tak yakin duet Anies-AHY yang digodok Demokrat akan terwujud. Golkar mempertanyakan kesediaan Anies untuk maju sebagai capres pada Pilpres 2019.

"Anies-AHY? Apakah Pak Anies-nya bersedia? Saya tidak yakin ya beliau berkenan maju menjadi capres," kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily kepada detikcom.

PKB kemudian menyebut duet tersebut hanya upaya terus memunculkan nama AHY dalam kontestasi politik saat ini. Nama AHY yang terus disandingkan dengan sosok lain juga merupakan upaya Demokrat membentuk poros ketiga. Sayangnya, selama ini tak ada 'gayung yang bersambut'.

"Jadi dilempar lagi JK-AHY, lempar lagi Anies-AHY. Tapi (partai) nggak ada yang nangkep," ujar Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid.

Selain tanggapan dari parpol peserta pemilu, bagaimana kekuatan duet ini berdasar dari sejumlah survei?

Nama Anies dan AHY memang kerap masuk dalam berbagai survei capres-cawapres jelang pilpres 2019. Misalnya bedasarkan hasil survei Media Survei Nasional (Median), elektabilitas Anies sebagai capres sebesar 2,0 persen sementara eletabilitas AHY sebagai cawapres sebesar 3,8 persen.

Survei dilakukan pada 24 Maret-6 April 2018 dengan menggunakan 1.200 responden yang merupakan warga yang memiliki hak pilih dengan margin of error sekitar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Sampel survei dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan gender. Quality control dilakukan terhadap 20% sampel yang ada.

Berikutnya, dalam survei yang dilakukan Cyrus Network elektabilitas Anies sebagai capres cuma sebesar 0,3 persen. Sementara itu, elektabilitas AHY sebagai capres disebut sebesar 0,4 persen.

Cyrus saat itu juga membuat survei untuk cawapres, namun hanya ada nama-nama tersebut langsung dipasangkan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) atau Prabowo Subianto. Dari survei itu, AHY mendapat elektabilitas 15 persen saat dipasangkan dengan Jokowi, sementara Anies mendapat elektabilitas 15,3 persen saat dipasangakan dengan Prabowo.

Survei itu sendiri dilakukan pada 27 Maret-3 April dengan responden sebanyak 1.230 orang yang tersebar secara proporsional pada 123 desa/kelurahan terpilih di 34 provinsi. Penarikan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka. Sedangkan tingkat kepercayaan survei ini adalah 95 persen, dengan margin of error +/- 3 persen.

Selanjutnya, nama Anies dan AHY juga masuk dalam survei capres-cawapres untuk pilpres 2019 yang dirilis oleh Charta Politika. Dalam survei ini, elektabilitas Anies sebagai capres sebesar 3,4 persen, sementara AHY mendapat elektabilitas sebesar 2,7 persen sebagai capres.

Nama Anies dan AHY juga masuk sebagai kandidat cawapres dalam survei ini. Dalam pertanyaan terbuka, Anies dan AHY sama-sama mendapat elektabilitas 8,2 persen sebagai cawapres.

Survei tersebut dilakukan pada 13-19 April 2018. Survei dilakukan kepada 2.000 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Margin of error dari survei +- 2,19 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Menakar Kekuatan Anies-AHY
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
 
- POLITIK -
Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Sandi Sebut OK Oce akan Jadi Gelombang Besar Serap Tenaga Kerja?

(13-11-2018 18:02:36 - Dibaca 102 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Nama SBY Tak Ada di draf Koalisi Keumatan Rizieq Shihab cs Versi Baru, Mengapa?

(13-11-2018 11:58:05 - Dibaca 368 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Kubu Prabowo Sebut Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan RI Masih Tertinggal Jauh?

(13-11-2018 10:46:18 - Dibaca 184 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Setengah Hati Demokrat Dukung Prabowo-Sandi, Mengapa?

(13-11-2018 09:18:52 - Dibaca 284 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Aksi Bela Tauhid Dilaporkan ke KPAI Karena Melibatkan Anak!

(13-11-2018 09:14:10 - Dibaca 156 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Fadli Zon Minta Jokowi Setop Pencitraan, Apa maksudnya?

(13-11-2018 07:43:58 - Dibaca 343 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Sandiaga Langkahi Makam Pendiri NU, Ini Pembelaan Fadli Zon!

(12-11-2018 21:26:50 - Dibaca 912 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Jubir FPI Novel Bamukmin Usul PSI Dibubarkan?

(12-11-2018 20:23:35 - Dibaca 918 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
PKS Tak Sepakat dengan Pernyataan SBY Soal Politik SARA, Mengapa?

(12-11-2018 15:12:13 - Dibaca 243 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Ini Reaksi Gerindra Soal Jokowi Bicara Ada Pihak yang Takuti Rakyat!

(12-11-2018 10:16:24 - Dibaca 116 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Dituding Eggi Sudjana Partai Banci, Ini Kata Demokrat!

(12-11-2018 07:30:00 - Dibaca 956 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Tebar Janji Sandiaga Ke Pedagang Pasar Tanjung Pura!

(11-11-2018 21:20:34 - Dibaca 183 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Ditraktir Jokowi Makan Bebek Goreng, Ini Reaksi TKI di Singapura!

(13-11-2018 21:21:59 - Dibaca 389 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Sandi Sebut OK Oce akan Jadi Gelombang Besar Serap Tenaga Kerja?

(13-11-2018 18:02:36 - Dibaca 102 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Polisi Tolak Izin Diskusi Soal Khilafah di Masjid Bogor!

(13-11-2018 17:55:11 - Dibaca 277 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Nama SBY Tak Ada di draf Koalisi Keumatan Rizieq Shihab cs Versi Baru, Mengapa?

(13-11-2018 11:58:05 - Dibaca 368 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Tanah Abang yang Dianggap Ketua DPRD DKI Kumuh, Begini Kondisinya!

(13-11-2018 11:47:57 - Dibaca 253 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Ketua DPRD DKI Sebut Tanah Abang Kumuh dan Semrawut di Era Anies! Benarkah?

(13-11-2018 10:51:33 - Dibaca 366 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Kubu Prabowo Sebut Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan RI Masih Tertinggal Jauh?

(13-11-2018 10:46:18 - Dibaca 184 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Libatkan Ratna Sarumpaet, Ini Cerita Lengkap Penipuan Duit Raja Rp 23 T!

(13-11-2018 10:36:35 - Dibaca 264 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Setengah Hati Demokrat Dukung Prabowo-Sandi, Mengapa?

(13-11-2018 09:18:52 - Dibaca 284 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Aksi Bela Tauhid Dilaporkan ke KPAI Karena Melibatkan Anak!

(13-11-2018 09:14:10 - Dibaca 156 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Fadli Zon Minta Jokowi Setop Pencitraan, Apa maksudnya?

(13-11-2018 07:43:58 - Dibaca 343 Kali)

Demokrat Wacanakan Duet Anies-AHY di Pilpres 2019? Apa prestasi mereka?
Proyek Skybridge Tanah Abang Kembali Molor, Ini Kata Anies!

(13-11-2018 07:32:36 - Dibaca 225 Kali)

Nama SBY Tak Ada di draf Koalisi Keumatan Rizieq Shihab cs Versi Baru, Mengapa?
Tanah Abang yang Dianggap Ketua DPRD DKI Kumuh, Begini Kondisinya!
Ketua DPRD DKI Sebut Tanah Abang Kumuh dan Semrawut di Era Anies! Benarkah?

TERPOPULER

1. Anies-Sandi Dapat Gelar dari Serikat Buruh Sebagai 'Gubernur Tercepat Ingkar Janji'

2. 'Teman Ahok' Jenguk Ahok di Mako Brimob, Ini Ceritanya!

3. Dipangkas Ahok, Dianggarkan Lagi Oleh Anies! Mengapa?

4. Setelah Dilobi Erick Thohir, Tiga Tokoh Penting ini Gabung Jokowi!

5. Mantan Wakil Ketua KPK ini Temui Anies di Balai Kota, Mau Apa?

6. Bupati Boyolali Serukan Tak Pilih Prabowo!

7. Beredar Proposal Dana Reuni 212 Sebesar Rp 443 Juta, Siapa yang mendanai?

8. Anggaran Tim Gubernur DKI dari 2,3 Milyar Jadi 28 Milyar, Buat Apa?

9. Anies Ingin Rencana Untuk Jakarta Dalam Bentuk Gerakan, Bukan Program! Apa Maksudnya?