PKS DKI Optimis Prabowo-Sandi Jadi Presiden dan Wakil Presiden?
Jokowi Masih Unggul di Real Count KPU 16,4 Persen!
BPN Minta Bupati Pro-Jokowi Lain yang Kalah Suara Untuk Mundur?



loading...

Sarangberita.com > Jakarta
 
Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
 
17-12-2017 18:20:44 - Dibaca 10.908 Kali
 
 
Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
Sumber Foto : tribunnews.com
 
loading...
 
Kuasa hukum mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, I Wayan Sudirta, mengatakan kliennya akan mendapatkan remisi pada 25 Desember 2017. Ahok, yang divonis dua tahun penjara untuk kasus penistaan agama, akan mendapatkan potongan masa tahanan pada hari raya Natal.

Menurut Wayan, Ahok telah menjalani hukuman selama lebih dari enam bulan. Selama menjalani hukuman penjara, Ahok juga berkelakuan baik dan menjalankan kewajiban sesuai dengan aturan. "Jadi Ahok telah memenuhi syarat administrasi untuk mendapatkan remisi," katanya saat dihubungi Tempo, Ahad, 17 Desember 2017.

Dalam perkara penistaan agama terkait dengan ucapan Ahok di Kepulauan Seribu, pengadilan menjatuhkan vonis dua tahun kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Ahok dinyatakan bersalah oleh majelis hakim.


Pidatonya di Kepulauan Seribu pada tahun lalu dianggap telah menodai agama Islam. Ia pun divonis hukuman kurungan selama dua tahun. Ahok telah ditahan pada 9 Mei lalu di Markas Komando Brimob, Depok, Jawa Barat.

Wayan menambahkan, pemberian remisi atau pengurangan masa pidana diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan. Selain itu, remisi diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan, Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 174 Tahun 1999 tentang Remisi, serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2006 dan PP Nomor 99 Tahun 2012.

"Remisi yang didapatkan Ahok nanti sudah sesuai dengan aturan-aturan tersebut," tuturnya.

Remisi yang akan diterima Ahok pada hari Natal 2017 merupakan remisi pertama yang dia peroleh sejak menjalani hukuman. Pada 17 Agustus lalu, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia juga memberikan remisi hari kemerdekaan, tapi Ahok belum bisa memperolehnya. Ada beberapa hal yang harus dipenuhi seorang narapidana untuk mendapatkan pengurangan masa kurungan. Adapun syaratnya adalah berkelakuan baik dan minimal sudah menjalankan masa pidana selama enam bulan. Hak tersebut tercantum dalam Keppres Nomor 174 Tahun 1999.

Berdasarkan Keppres Nomor 174 Tahun 1999, jika seseorang sudah menjalani masa pidana selama enam bulan, ia akan mendapatkan remisi selama satu bulan. Kemudian, jika satu tahun pertama pidana, mereka akan mendapatkan remisi dua bulan. Begitu tahun kedua, mereka akan mendapatkan remisi tiga bulan dan seterusnya sampai batas maksimal enam bulan.

Namun, berbeda dengan ketentuan keppres tersebut, Wayan mengatakan Ahok akan memperoleh remisi kurang dari satu bulan. "Rencana akan dapat remisi 15 hari," ujarnya.
 
Artikel ini telah tayang di tempo.co dengan judul: Ahok Akan Dapat Remisi Saat Hari Natal, Begini Kata Pengacara
 
Sumber : tempo.co
 
 
 
 
- JAKARTA -
Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
Bukan LRT Penyebab Banjir Kalimalang, Tapi Pompa yang Kurang!

(09-04-2019 20:14:16 - Dibaca 195 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
Warga Jakarta Bersorak Saat Anies Singgung Ahok di Peresmian MRT!

(24-03-2019 18:24:34 - Dibaca 1.167 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
Jokowi Sebut Proyek MRT Keputusan Politiknya Bersama Ahok!

(23-03-2019 16:26:22 - Dibaca 253 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
Jumlah Anggota TGUPP Tak Lagi Dibatasi di Pergub Baru Anies, Mengapa?

(11-03-2019 10:23:34 - Dibaca 122 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
DPRD DKI Ini Pertanyakan Soal TGUPP Ala Anies! Apa Kontribusinya?

(09-03-2019 16:06:35 - Dibaca 231 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
Orangtua Siswa SMK di Jakbar Ungkap Pungli Formulir KJP!

(09-03-2019 15:59:02 - Dibaca 90 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
Anies akan Lapor ke Rakyat Soal Penolakan Ketua DPRD DKI Jual Saham PT Delta, Rakyat yang mana?

(07-03-2019 17:47:09 - Dibaca 377 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
Pernah Kritik Ahok Soal Dana KLB, Ternyata Anies Bangun JPO Juga Pakai Dana KLB! Apa maksudnya?

(01-03-2019 09:52:36 - Dibaca 360 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
Rencana Anies Kucurkan APBD Lewat Ormas Didukung Gerindra, Mengapa?

(16-02-2019 09:13:11 - Dibaca 497 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
Sandiaga Klaim OK OCE Ciptakan 65.000 UMKM, PDIP: Fakta di Lapangan Tidak Ada!

(15-02-2019 10:48:47 - Dibaca 331 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
Green Peace Sebut Tingkat Polusi di DKI Tinggi, Ini Kata Anies!

(15-02-2019 10:26:02 - Dibaca 103 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
Ibu ini Protes Dishub DKI Soal Razia Parkir Liar yang Tak Adil!

(30-01-2019 13:48:35 - Dibaca 150 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
PKS DKI Optimis Prabowo-Sandi Jadi Presiden dan Wakil Presiden?

(22-04-2019 21:15:08 - Dibaca 48 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
Jokowi Masih Unggul di Real Count KPU 16,4 Persen!

(22-04-2019 21:10:13 - Dibaca 71 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
BPN Minta Bupati Pro-Jokowi Lain yang Kalah Suara Untuk Mundur?

(22-04-2019 06:53:40 - Dibaca 952 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
GP Ansor Kutuk Teror Bom Srilanka!

(22-04-2019 06:45:08 - Dibaca 115 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
Hari Ini, Siswa SD Mulai Jalani USBN!

(22-04-2019 06:41:29 - Dibaca 66 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
Acara Syukuran 'Kemenangan' Jokowi, 'Siap Presiden' Jadi Banyolan?

(21-04-2019 21:59:34 - Dibaca 777 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
Prabowo Bertemu Dahlan Iskan, Bahas apa?

(21-04-2019 21:54:12 - Dibaca 194 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
Aturan Pilpres Dengan Dua Paslon: Pemenangnya adalah Peraih Suara Terbanyak!

(21-04-2019 21:48:39 - Dibaca 192 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
Teror Bom di Perayaan Paskah, Sri Lanka Berduka!

(21-04-2019 21:39:17 - Dibaca 115 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
Bambang Widjojanto Sebut Pemilu 2019 Terburuk Pasca Reformasi?

(21-04-2019 19:14:21 - Dibaca 651 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
Soal Hasutan People Power, Moeldoko: Pemerintah Akan Tindak Tegas!

(20-04-2019 19:13:01 - Dibaca 744 Kali)

Pengacara Sebut Ahok akan Mendapat Remisi Pada Hari Raya Natal 2017
Warga Kampung Deret Pejompongan Potong Tumpeng Rayakan Jokowi Menang Versi QC!

(20-04-2019 18:55:22 - Dibaca 650 Kali)

GP Ansor Kutuk Teror Bom Srilanka!
Hari Ini, Siswa SD Mulai Jalani USBN!
Acara Syukuran 'Kemenangan' Jokowi, 'Siap Presiden' Jadi Banyolan?

TERPOPULER

1. Sandiaga Cium Tangan Penjual Ayam Saat Kunjungi Pasar Agung Depok, Buat apa?

2. Sandiaga Sebut Mayoritas Masyarakat Indonesia Ingin Pemimpin Baru, Masyarakat yang mana?