Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!
Ngutip Tanpa Izin, BPN Sebut Profesor Australia Tak Penting?
Jokowi Kembali Bagi-bagi Sepeda Selepas Pilpres!



loading...

Sarangberita.com > Peristiwa
 
Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
 
12-01-2019 08:50:07 - Dibaca 394 Kali
 
 
Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Seorang oknum guru berinisial MIK ditetapkan polisi sebagai tersangka penyebar hoax tentang surat suara tercoblos. Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mengaku sedih atas kejadian tersebut.

"Yang pasti PGRI sangat menyayangkan, sedih dan kecewa karena hoax itu merusak sendi demokrasi, persatuan dan kesatuan bangsa. Kami berperang melawan hoax kepada siapa saja, sekaligus bahwa literasi digital itu penting bagi semua termasuk guru-guru," kata Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi saat dihubungi detikcom, Jumat (11/1/2018).

Unifah belum memastikan apakah MIK merupakan anggota PGRI atau bukan. Meski begitu, dia mengimbau anggota PGRI dan guru-guru lainnya tak melakukan hal serupa karena bertentangan dengan kode etik organisasi guru tersebut.


Dia menyebut selama ini PGRI juga sudah memberikan pendidikan pada anggota mereka tentang aktivitas di media sosial. Selain itu dia mengingatkan agar para anggota PGRI tak terlibat politik praktis.

"Kita beberapa kali mengadakan litersi digital. Teman-teman ini lho, gunakan jarimu secara bijaksana. Jangan sesuatu yang belum benar kepastiannya ingin men-share dan saya berharap guru jangan terlibat pada politik praktis. PGRI menjaga sekali independensi itu," ujarnya.

Unifah menjelaskan, organisasi guru termasuk PGRI mengatur hal itu dalam kode etik. Namun, PGRI tak bisa memberi sanksi jika ada anggotanya yang melanggar termasuk tersandung perbuatan melanggar hukum.

"Kalau itu adalah tanggung jawab pribadi. Sanksinya ya sanksi moral saja, jadi sanksi bagi dirinya sendiri. Kalau organisasi itu nanti dikira lebay atau apalah, yang pasti sanksi bagi dirinya sanksi moral," ucapnya.

MIK diamankan tim Polda Metro Jaya di rumahnya di Cilegon pada 6 Januari. MIK diduga ikut menyebarkan hoax 7 kontainer surat suara tercoblos lewat akun Twitter.

"Dia (tersangka) perannya buat kalimat yang dibuat sendiri di akun Twitter. Barang bukti 1 lembar capture akun Twitter, nah ini, barbuknya, jadi di Twitter dia itu ada tulisan ini (menunjukkan lembar screenshot). Jadi ada ini Twitter dia ada @dahnilanzar di atasnya, 'Harap ditindaklanjuti informasi berikut, di Tanjung Priok ada 7 kontainer yang berisi 80 juta surat suara yang sudah dicoblos. Ayo pada merapat, pasti dari Tiongkok'. Tapi di atas tulisan ini ada capture juga yang isinya viralkan, info dari sumber yang layak dipercaya dan seterusnya," papar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono

MIK dalam pemeriksaan sementara tak bisa menjelaskan kebenaran informasi 7 kontainer surat suara tercoblos. Namun MIK tetap menyebarkannya lewat Twitter. Atas perbuatannya, MIK dijerat dengan Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE serta Pasal 14 dan 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: PGRI Sedih Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- PERISTIWA -
Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Terkait FPI Demo di MK, Ini Sindiran TKN ke Prabowo!

(15-06-2019 17:44:00 - Dibaca 807 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Soal Uang 15 Ribu SGD dari Habil Marati ke Kivlan, Ini Pernyataan Polisi!

(12-06-2019 09:28:32 - Dibaca 364 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Bantah Terlibat Kerusuhan 22 Mei, Jubir Sebut Fauka dan Dahlia Tidak Masuk Struktur BPN?

(11-06-2019 21:55:59 - Dibaca 295 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Ahmad Dhani Divonis 1 Tahun Penjara, Ini Kata Fadli Zon!

(11-06-2019 21:46:27 - Dibaca 333 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Disuruh Kivlan Zen Beli Senjata, Ini Pengakuan Lengkap Tersangka Iwan!

(11-06-2019 21:39:19 - Dibaca 350 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
9 Hakim MK yang Tangani Gugatan Prabowo Dapat Pengamanan Khusus!

(10-06-2019 18:22:09 - Dibaca 417 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Megawati dan SBY Bersalaman, Ini Respon Positif TKN Jokowi!

(03-06-2019 08:50:39 - Dibaca 792 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Demi Jaga Ani Yudhoyono, Annisa Pohan Sebut SBY Rela Tidur di Lantai!

(02-06-2019 19:50:48 - Dibaca 1.636 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Saat Melayat Ani Yudhoyono, Elite Demokrat Puji Kesederhanaan Kaesang!

(02-06-2019 19:45:51 - Dibaca 1.699 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Tuntut Kivlan Zen Dibebaskan, Massa Ormas Datangi Polresta Solo?

(02-06-2019 19:41:12 - Dibaca 637 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Sandiaga dan Prabowo Tak Hadir di Pemakaman Ani Yudhoyono, Mengapa?

(02-06-2019 11:13:49 - Dibaca 3.493 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Dengan Upacara Militer, Jenazah Ani Yudhoyono akan Diterima di Halim!

(01-06-2019 13:35:52 - Dibaca 268 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Perludem Sebut Jabatan Ma'ruf di Bank Syariah Digugat ke MK Tak Tepat!

(16-06-2019 19:02:46 - Dibaca 225 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Ngutip Tanpa Izin, BPN Sebut Profesor Australia Tak Penting?

(15-06-2019 17:53:09 - Dibaca 257 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Jokowi Kembali Bagi-bagi Sepeda Selepas Pilpres!

(15-06-2019 17:48:45 - Dibaca 107 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Terkait FPI Demo di MK, Ini Sindiran TKN ke Prabowo!

(15-06-2019 17:44:00 - Dibaca 807 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Sapa Warga Bali, Jokowi Naik Mobil Pawai Bersama Iriana dan Jan Ethes!

(15-06-2019 17:37:10 - Dibaca 167 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
BPN Baru Persoalkan Status Ma'ruf Amin, Ini Sindiran Demokrat!

(13-06-2019 12:44:28 - Dibaca 811 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
KPU Dituding Prabowo Gelembungkan 22 Jutaan Suara untuk Jokowi, Ini Respon Tegas TKN!

(13-06-2019 12:39:19 - Dibaca 441 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Soal Uang 15 Ribu SGD dari Habil Marati ke Kivlan, Ini Pernyataan Polisi!

(12-06-2019 09:28:32 - Dibaca 364 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
TKN Minta Kubu 02 Buktikan Tak Terlibat Kasus Rencana Pembunuhan Wiranto Cs!

(12-06-2019 09:09:27 - Dibaca 352 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Tuntutan Prabowo di MK: Minta Menang 52 Persen dari Jokowi?

(11-06-2019 22:04:53 - Dibaca 945 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Bantah Terlibat Kerusuhan 22 Mei, Jubir Sebut Fauka dan Dahlia Tidak Masuk Struktur BPN?

(11-06-2019 21:55:59 - Dibaca 295 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Ahmad Dhani Divonis 1 Tahun Penjara, Ini Kata Fadli Zon!

(11-06-2019 21:46:27 - Dibaca 333 Kali)

Terkait FPI Demo di MK, Ini Sindiran TKN ke Prabowo!
Sapa Warga Bali, Jokowi Naik Mobil Pawai Bersama Iriana dan Jan Ethes!
BPN Baru Persoalkan Status Ma'ruf Amin, Ini Sindiran Demokrat!

TERPOPULER

1. Bagi yang Ingin Ganti Presiden, Rustam Ibrahim Minta Bandingkan Dulu Pemerintahan Anies-Sandi dengan Ahok-Djarot!

2. Prabowo-Amien Mau Ketemu Rizieq, Gerindra Sebut Koalisi Jokowi Panik?

3. Tepat 8 Bulan Menjabat, Sandi Sebut Keberhasilan yang Diraih Pemprov DKI...

4. Fahri Hamzah Protes Polisi Bersenjata Masuk UNRI Geledah Teroris, Apa maksudnya?

5. Anies Disoraki Warga di Istana Bogor, PKS Sebut Pendukung Ahok...

6. Demokrat Sebut Pendukung Ahok yang Soraki Anies Butuh Direvolusi Mentalnya?

7. Jika Jadi Presiden Rizal Ramli Akan Ubah Indonesia Dalam 3 Hari? Jadi apa?

8. Kunker ke Amerika, Sandiaga Harap Bisa Temukan Solusi Urai Macet Jakarta?

9. Sandiaga dan Prabowo Tak Hadir di Pemakaman Ani Yudhoyono, Mengapa?

10. Ani Yudhoyono Meninggal Dunia




HUKUM EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.