Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!
SBY Tak Hadir di Debat Perdana Capres, Mengapa?



loading...

Sarangberita.com > Peristiwa
 
Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
 
12-01-2019 08:50:07 - Dibaca 307 Kali
 
 
Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Seorang oknum guru berinisial MIK ditetapkan polisi sebagai tersangka penyebar hoax tentang surat suara tercoblos. Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mengaku sedih atas kejadian tersebut.

"Yang pasti PGRI sangat menyayangkan, sedih dan kecewa karena hoax itu merusak sendi demokrasi, persatuan dan kesatuan bangsa. Kami berperang melawan hoax kepada siapa saja, sekaligus bahwa literasi digital itu penting bagi semua termasuk guru-guru," kata Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi saat dihubungi detikcom, Jumat (11/1/2018).

Unifah belum memastikan apakah MIK merupakan anggota PGRI atau bukan. Meski begitu, dia mengimbau anggota PGRI dan guru-guru lainnya tak melakukan hal serupa karena bertentangan dengan kode etik organisasi guru tersebut.


Dia menyebut selama ini PGRI juga sudah memberikan pendidikan pada anggota mereka tentang aktivitas di media sosial. Selain itu dia mengingatkan agar para anggota PGRI tak terlibat politik praktis.

"Kita beberapa kali mengadakan litersi digital. Teman-teman ini lho, gunakan jarimu secara bijaksana. Jangan sesuatu yang belum benar kepastiannya ingin men-share dan saya berharap guru jangan terlibat pada politik praktis. PGRI menjaga sekali independensi itu," ujarnya.

Unifah menjelaskan, organisasi guru termasuk PGRI mengatur hal itu dalam kode etik. Namun, PGRI tak bisa memberi sanksi jika ada anggotanya yang melanggar termasuk tersandung perbuatan melanggar hukum.

"Kalau itu adalah tanggung jawab pribadi. Sanksinya ya sanksi moral saja, jadi sanksi bagi dirinya sendiri. Kalau organisasi itu nanti dikira lebay atau apalah, yang pasti sanksi bagi dirinya sanksi moral," ucapnya.

MIK diamankan tim Polda Metro Jaya di rumahnya di Cilegon pada 6 Januari. MIK diduga ikut menyebarkan hoax 7 kontainer surat suara tercoblos lewat akun Twitter.

"Dia (tersangka) perannya buat kalimat yang dibuat sendiri di akun Twitter. Barang bukti 1 lembar capture akun Twitter, nah ini, barbuknya, jadi di Twitter dia itu ada tulisan ini (menunjukkan lembar screenshot). Jadi ada ini Twitter dia ada @dahnilanzar di atasnya, 'Harap ditindaklanjuti informasi berikut, di Tanjung Priok ada 7 kontainer yang berisi 80 juta surat suara yang sudah dicoblos. Ayo pada merapat, pasti dari Tiongkok'. Tapi di atas tulisan ini ada capture juga yang isinya viralkan, info dari sumber yang layak dipercaya dan seterusnya," papar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono

MIK dalam pemeriksaan sementara tak bisa menjelaskan kebenaran informasi 7 kontainer surat suara tercoblos. Namun MIK tetap menyebarkannya lewat Twitter. Atas perbuatannya, MIK dijerat dengan Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE serta Pasal 14 dan 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: PGRI Sedih Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- PERISTIWA -
Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Soal Foto Gatot Nurmantyo di Baliho Prabowo, INi Kata BPN!

(13-01-2019 10:57:46 - Dibaca 587 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Kubu Prabowo Kompak Tak Lindungi Bagus Bawana, Mengapa?

(11-01-2019 07:41:57 - Dibaca 593 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Tersangka Bagus Bawana Sebar Hoax, Buang HP Lalu Kabur ke Sragen!

(10-01-2019 07:05:06 - Dibaca 414 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Andi Arief Sebut Hasto Cs Faksi Setan, Ini Respon Tegas TKN Jokowi!

(09-01-2019 21:16:50 - Dibaca 646 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Hoax 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos, Ketua Kornas Prabowo Diduga Tersangka?

(08-01-2019 21:29:58 - Dibaca 364 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Malang Diguncang Gempa Magnitudo 3,9!

(08-01-2019 21:23:10 - Dibaca 142 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Dituding Anak PKI, Ini Respon Santai Kaesang!

(08-01-2019 20:36:20 - Dibaca 2.039 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Polisi Ciduk Pembuat Hoax 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos!

(08-01-2019 17:46:46 - Dibaca 184 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Siapa Pengusaha Bernama Rian yang Booking Vannesa Angel Rp 80 Juta?

(08-01-2019 09:29:07 - Dibaca 281 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Andi Arief Hendak Geruduk Rumahnya, Ini Komentar Ngabalin!

(06-01-2019 15:42:36 - Dibaca 944 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Polisi Sebut Vanessa Angel Diorder oleh Pengusaha! Siapa?

(06-01-2019 08:04:44 - Dibaca 570 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Polisi Tetapkan Ketua DPC Gerindra Bondowoso Jadi Tersangka Penipuan!

(04-01-2019 20:33:02 - Dibaca 1.640 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Stres Bisa Akibatkan Masalah Gigi dan Mulut?

(18-01-2019 13:22:40 - Dibaca 33 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Jokowi Langsung Kunker ke Garut Usai Debat Capres Perdana!

(18-01-2019 09:52:03 - Dibaca 214 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
SBY Tak Hadir di Debat Perdana Capres, Mengapa?

(18-01-2019 09:45:09 - Dibaca 124 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Usai Debat Capres, Erick Thohir Sebut Jokowi Jadi Imam yang Baik!

(18-01-2019 09:38:20 - Dibaca 390 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Ini Reaksi Ganjar Soal Prabowo Sebut Jateng Lebih Besar dari Malaysia!

(18-01-2019 08:54:08 - Dibaca 2.234 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Amien Rais Kritik Cawapres Ma'ruf Amin, Ini Jawaban Tegas TKN!

(18-01-2019 08:50:04 - Dibaca 426 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Ini Gaji Fantastis Pejabat Korup RI yang Prabowo Sebut Gajinya Rendah!

(18-01-2019 08:38:14 - Dibaca 1.330 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Pernyataan Tajam Prabowo ini Langsung Dijawab Tegas Jokowi!

(18-01-2019 08:19:20 - Dibaca 260 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
BPN Tak Percayai Hasil Survei Charta Politika yang Unggulkan Jokowi, Mengapa?

(17-01-2019 09:32:24 - Dibaca 314 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Jokowi Unggul Hampir 20% di Survei, Ini Respon Positif PDIP!

(17-01-2019 09:27:00 - Dibaca 354 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Jokowi Unggul Jauh di Survei Tebaru Charta Politika!

(17-01-2019 09:23:29 - Dibaca 1.186 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Soal Kebijakan Pangan, Gerindra Sebut Jokowi Abai Undang-Undang?

(17-01-2019 05:37:23 - Dibaca 59 Kali)

Usai Debat Capres, Erick Thohir Sebut Jokowi Jadi Imam yang Baik!
Ini Reaksi Ganjar Soal Prabowo Sebut Jateng Lebih Besar dari Malaysia!
Amien Rais Kritik Cawapres Ma'ruf Amin, Ini Jawaban Tegas TKN!

TERPOPULER