Jokowi Menang di NTB-NTT-Bali, Prabowo Unggul di Sumatera di Survei Kompas!
Dugaan Ujaran Kebencian, Said Aqil Dilaporkan ke Bareskrim?
Neno Dipanggil Bawaslu Lagi, Ini Pembelaan Fadli Zon!



loading...

Sarangberita.com > Peristiwa
 
Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
 
12-01-2019 08:50:07 - Dibaca 343 Kali
 
 
Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Seorang oknum guru berinisial MIK ditetapkan polisi sebagai tersangka penyebar hoax tentang surat suara tercoblos. Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mengaku sedih atas kejadian tersebut.

"Yang pasti PGRI sangat menyayangkan, sedih dan kecewa karena hoax itu merusak sendi demokrasi, persatuan dan kesatuan bangsa. Kami berperang melawan hoax kepada siapa saja, sekaligus bahwa literasi digital itu penting bagi semua termasuk guru-guru," kata Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi saat dihubungi detikcom, Jumat (11/1/2018).

Unifah belum memastikan apakah MIK merupakan anggota PGRI atau bukan. Meski begitu, dia mengimbau anggota PGRI dan guru-guru lainnya tak melakukan hal serupa karena bertentangan dengan kode etik organisasi guru tersebut.


Dia menyebut selama ini PGRI juga sudah memberikan pendidikan pada anggota mereka tentang aktivitas di media sosial. Selain itu dia mengingatkan agar para anggota PGRI tak terlibat politik praktis.

"Kita beberapa kali mengadakan litersi digital. Teman-teman ini lho, gunakan jarimu secara bijaksana. Jangan sesuatu yang belum benar kepastiannya ingin men-share dan saya berharap guru jangan terlibat pada politik praktis. PGRI menjaga sekali independensi itu," ujarnya.

Unifah menjelaskan, organisasi guru termasuk PGRI mengatur hal itu dalam kode etik. Namun, PGRI tak bisa memberi sanksi jika ada anggotanya yang melanggar termasuk tersandung perbuatan melanggar hukum.

"Kalau itu adalah tanggung jawab pribadi. Sanksinya ya sanksi moral saja, jadi sanksi bagi dirinya sendiri. Kalau organisasi itu nanti dikira lebay atau apalah, yang pasti sanksi bagi dirinya sanksi moral," ucapnya.

MIK diamankan tim Polda Metro Jaya di rumahnya di Cilegon pada 6 Januari. MIK diduga ikut menyebarkan hoax 7 kontainer surat suara tercoblos lewat akun Twitter.

"Dia (tersangka) perannya buat kalimat yang dibuat sendiri di akun Twitter. Barang bukti 1 lembar capture akun Twitter, nah ini, barbuknya, jadi di Twitter dia itu ada tulisan ini (menunjukkan lembar screenshot). Jadi ada ini Twitter dia ada @dahnilanzar di atasnya, 'Harap ditindaklanjuti informasi berikut, di Tanjung Priok ada 7 kontainer yang berisi 80 juta surat suara yang sudah dicoblos. Ayo pada merapat, pasti dari Tiongkok'. Tapi di atas tulisan ini ada capture juga yang isinya viralkan, info dari sumber yang layak dipercaya dan seterusnya," papar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono

MIK dalam pemeriksaan sementara tak bisa menjelaskan kebenaran informasi 7 kontainer surat suara tercoblos. Namun MIK tetap menyebarkannya lewat Twitter. Atas perbuatannya, MIK dijerat dengan Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE serta Pasal 14 dan 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: PGRI Sedih Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- PERISTIWA -
Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Dugaan Ujaran Kebencian, Said Aqil Dilaporkan ke Bareskrim?

(20-03-2019 08:33:19 - Dibaca 385 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Kerabat Prabowo Kena Kasus Skimming, Ini Kata Gerindra!

(17-03-2019 16:49:39 - Dibaca 417 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Diduga Skimming BCA, Kerabat Prabowo Ditangkap Polisi!

(17-03-2019 16:43:35 - Dibaca 401 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Saat Ditanya Cita-Citanya, Pelajar SMP Ini Jawab Ingin Jokowi Jadi Presiden Lagi!

(15-03-2019 13:43:20 - Dibaca 350 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Teroris Abu Hamzah Rekrut 3 Wanita dan Dijadikan Calon Istri Kedua!

(15-03-2019 13:33:26 - Dibaca 158 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Terjaring OTT KPK, Ini Jumlah Harta yang Dimiliki Ketum PPP Romahurmuziy!

(15-03-2019 13:10:32 - Dibaca 325 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Adik Wiji Thukul Minta Prabowo Datangi Komnas HAM Untuk Jelaskan Perihal Penculikan!

(14-03-2019 14:11:42 - Dibaca 374 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Empat Bom di Rumah Terduga Teroris Sibolga Diamankan Polisi!

(13-03-2019 12:17:40 - Dibaca 119 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Ma'ruf Amin Dapat Ucapan Selamat Ultah Dari YouTuber Atta Halilintar!

(13-03-2019 11:59:21 - Dibaca 125 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Puluhan Warga Ponorogo Pindah ke Malang Karena Doktrin Kiamat?

(13-03-2019 11:27:51 - Dibaca 1.031 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Terkait Ledakan dan Penyergapan Terduga Teroris di Sibolga, Ini Kronologinya!

(12-03-2019 21:31:45 - Dibaca 208 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Polisi Bersenjata Masih Berjaga di TKP Bom Sibolga, Warga Tak Bisa Pulang!

(12-03-2019 21:04:42 - Dibaca 226 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Jokowi Menang di NTB-NTT-Bali, Prabowo Unggul di Sumatera di Survei Kompas!

(20-03-2019 09:19:40 - Dibaca 510 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Dugaan Ujaran Kebencian, Said Aqil Dilaporkan ke Bareskrim?

(20-03-2019 08:33:19 - Dibaca 385 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Neno Dipanggil Bawaslu Lagi, Ini Pembelaan Fadli Zon!

(19-03-2019 09:16:55 - Dibaca 488 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Ratna Sarumpaet Berdoa Semoga Diberi Keadilan di Sidang Putusan Sela

(19-03-2019 09:02:17 - Dibaca 128 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Saat Bobol ATM, Ramyadjie Priambodo Menyamar Jadi Perempuan Berhijab!

(18-03-2019 15:20:54 - Dibaca 699 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Prabowo Minta Pendukung Jaga TPS dan Jangan Sampai Tuyul Nyoblos?

(18-03-2019 15:09:19 - Dibaca 257 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Habibburakhman Sindir Romi di Areal Debat Cawapres, Mengapa?

(17-03-2019 19:37:49 - Dibaca 152 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Penyebar Berita Skimming Kerabat Prabowo Bakal Dipolisikan BPN?

(17-03-2019 19:20:45 - Dibaca 515 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Survei SMRC Sebut Gap Elektabilitas 01 dan 02 Makin Lebar!

(17-03-2019 19:13:26 - Dibaca 400 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Survei SMRC Ungkap Mayoritas Responden Tak Percaya Hoaks soal Jokowi!

(17-03-2019 19:07:36 - Dibaca 429 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Kerabat Prabowo Kena Kasus Skimming, Ini Kata Gerindra!

(17-03-2019 16:49:39 - Dibaca 417 Kali)

Oknum Guru Jadi Tersangka Penyebar Hoax Surat Suara, Ini Reaksi PGRI!
Diduga Skimming BCA, Kerabat Prabowo Ditangkap Polisi!

(17-03-2019 16:43:35 - Dibaca 401 Kali)

Ratna Sarumpaet Berdoa Semoga Diberi Keadilan di Sidang Putusan Sela
Saat Bobol ATM, Ramyadjie Priambodo Menyamar Jadi Perempuan Berhijab!
Prabowo Minta Pendukung Jaga TPS dan Jangan Sampai Tuyul Nyoblos?

TERPOPULER

1. Sandiaga Sebut Ditangannya dan Anies Jakarta Jauh Lebih Baik, Benarkah?

2. PAN Sebut Amien Rais Kemungkinan akan Temui Jokowi, Mau apa?

3. Eko Patrio Sebut Komedian Tak Pernah Diperhatikan Sebelum Era Anies-Sandi, Benarkah?

4. Rizieq Dorong 4 Parpol Berkoalisi Tumbangkan Jokowi di Pilpres 2019, Sanggupkah?

5. Ingin Gabung ke Jokowi, PDIP Minta PAN Tertibkan Dulu Amien Rais!

6. Terancam Dibebastugaskan Ombudsman, Ini Reaksi Anies!

7. Anies Tetap Ngotot Tidak Akan Membuka Jalan Jatibaru, Mengapa?

8. Anies Sebut Desain Trotoar era Ahok Cuma Indah di Mata tapi Tak Indah di Hati, Apa maksudnya?

9. Mangkir Dari Panggilan Pertama, Bawaslu DKI Panggil Ulang Fadli Zon dan Neno Soal Munajat 212!

10. Anak Amien Rais ini Sebut Semua yang Dikatakan Ayahnya Berdasarkan Data, Data dari mana?




HUKUM EKONOMI REGIONAL JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL
OTOMOTIF TEKNOLOGI VIDEO SEKOLAH SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.