Presiden Jokowi Bagikan Sembako Rp 600.000 Untuk Keluarga Miskin di Jabodetabek!
Malam Ini Supermoon Terbesar di 2020 Bakal Terjadi!
Update Corona 7 April: 2.738 Kasus, 204 Sembuh, 221 Meninggal!



loading...

Sarangberita.com > Peristiwa
 
Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
 
27-02-2020 12:54:17 - Dibaca 490 Kali
 
 
Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Sumber Foto : cnnindonesia.com
 
loading...
 
Begitu banyak anak-anak di halaman Gereja Santo Agustinus, di Kebon Pala, Kampung, Makasar, Jakarta Timur saat CNNIndonesia.com berkunjung pada Rabu siang (26/2). Di halaman depan, mereka bermain petak umpet. Sebagian lainnya bermain ayunan di taman gereja.

Di bagian belakang, Di halaman belakang, terpasang tenda cukup besar. Di dalamnya ada beberapa orang pengurus gereja sibuk memasak sajian makan malam.

Gereja Santo Agustinus merupakan posko pengungsian untuk warga Kampung Sawah, Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makassar, Jakarta Timur yang terdampak banjir pada Selasa lalu (25/2).

Banjir di wilayah Kampung Sawah, Kelurahan Kebon Pala tergolong parah. Di titik tertentu, ketinggian air mencapai lebih dari 2 meter.

Walhasil, tidak sedikit warga yang mengungsi ke Gereja Santo Agustinus. Tercatat ada 647 pengungsi. Seluruhnya merupakan warga RW 10 Kampung Sawah, Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.

Pihak gereja tidak menerapkan syarat macam-macam bagi warga yang ingin mengungsi. Terbuka bagi semua kalangan dan seluruh umat beragama.

Warga yang datang ke gereja hanya akan di data nama dan anggota keluarganya. Itu dilakukan guna menghitung jumlah pengungsi agar bantuan makanan dan kebutuhan pokok terdistribusi dengan baik.

"Ketika datang kemari, kami persilakan istirahat, kami tidak melihat KTP-nya, terserah mau agamanya apa, yang penting bisa selamat," ujar salah satu pengurus gereja, Suparlan.

Saat ditemui CNNIndonesia.com pada Rabu (26/2), Suparlan baru saja pulang dari pasar membeli kebutuhan makanan untuk para pengungsi. Tugasnya di posko banjir yakni sebagai tim logistik yang menyiapkan kebutuhan dapur dan kebutuhan pengungsi.

"Bolak-balik pasar untuk beli keperluan makanan dan pengungsi, ada anak balita, kita beli pampers (popok bayi), susu, semua kebutuhannya kita siapkan," katanya.


Suparlan ditemani Julius Iwan (49) sebagai tim logistik. Iwan juga pengurus gereja. Dia mengaku senang bisa membantu warga sekitar yang terdampak banjir.

"Semua di sini sukarela, kami tujuannya membantu, kalau niat baik selalu ada jalannya," katanya sambil menyiapkan gas elpiji 3 kg di dapur umum.

Koordinator dapur umum Gereja Santo Agustinus, Irenevanda juga mengaku senang bisa membantu warga yang harus meninggalkan rumahnya masing-masing akibat banjir. Dia bahkan mengaku selalu menyiapkan gereja sebagai posko ketika hujan turun.

"Pokoknya kalau hujan, langsung siap sedia untuk buka posko, beli makanan dan pasang tenda," ujarnya sambil menyiapkan sayur-sayur untuk makan malam.

Perihal pendanaan, Irene menjelaskan seluruh kebutuhan posko pengungsian menggunakan dana kas gereja.

"Semua pakai dana kas gereja, ada juga sumbangan dari luar, tapi gereja selalu menyisihkan setiap bulan," katanya.

loading...

Ratusan pengungsi ditempatkan di gedung serbaguna yang luas dan telah diberi alas karpet. Bantal dan selimut juga diberikan untuk warga yang mengungsi Gereja Santo Agustinus.

Selain itu, dokter dari puskesmas terdekat juga diminta untuk melayani pengungsi yang sakit. Mereka datang atas permintaan pihak gereja sejak warga mulai mengungsi.

Karsiem (53) mengaku terbiasa bermalam di gereja itu ketika rumahnya terendam banjir. Ia merasa nyaman tinggal di posko sebab tersedia air bersih dan listrik.

"Sering ke sini kalau banjir, pengurus gerejanya tanggap, jadi memang sudah siap," katanya.

Ia juga tidak pernah mengalami diskriminasi dari pengurus gereja meski beragama Islam. Menurut Karsiem, para pengurus gereja membantu masyarakat setempat dengan ikhlas tanpa memandang identitas.

"Enggak pernah ya dibeda-bedain, semuanya baik-baik," ujar Karsiem.

Winarti (74) juga berpendapat demikian. Di posko, ia yang sudah paruh baya selalu mendapat bantuan ketika banjir terjadi. Dia merasa nyaman mengungsi di Gereja Santo Agustinus.

"Selalu ya, mereka (pengurus gereja) selalu siap, kita baru sampai gereja, mereka sudah buka aula untuk kita," ujarnya.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul: Mengungsi Bersama, Tanpa Diskriminasi di Gereja Kebon Pala
 
Sumber : cnnindonesia.com
 
 
 
 
- PERISTIWA -
Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Malam Ini Supermoon Terbesar di 2020 Bakal Terjadi!

(07-04-2020 16:26:47 - Dibaca 1.027 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Imbas Corona, Tiga Ribu Pekerja di Sulsel Dirumahkan!

(07-04-2020 13:49:09 - Dibaca 188 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
3 Ribu Pekerja di Jabar di-PHK dan 40 Ribu Dirumahkan Akibat Corona!

(04-04-2020 14:16:09 - Dibaca 524 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Ada Dua Dokter Meninggal Karena Corona Hari Ini!

(04-04-2020 14:09:20 - Dibaca 1.258 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Soal Anggaran Rp405 T Untuk Corona, Demokrat Pertanyakan Asal-usulnya?

(01-04-2020 10:53:04 - Dibaca 641 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Pemkot Magelang Tutup Jalur Menuju Kota Untuk Cegah Corona!

(31-03-2020 21:26:47 - Dibaca 222 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Seorang PNS Setjen DPR RI Positif Corona Meninggal Dunia!

(31-03-2020 21:24:02 - Dibaca 233 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Kabar Gembira! 4 Pasien Corona di Rumah Sakit Semarang Sembuh!

(31-03-2020 16:32:01 - Dibaca 260 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Cegah Corona, Forum Putera Lamongan Minta Perantau Tak Mudik!

(31-03-2020 09:40:30 - Dibaca 192 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Tutup Jalan Keluar-Masuk Jakarta, Polda Metro Siapkan Simulasi!

(29-03-2020 15:44:09 - Dibaca 595 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Jokowi Diminta MUI Segera Lockdown Total Indonesia?

(29-03-2020 13:33:25 - Dibaca 1.058 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana Sembuh dari Corona!

(27-03-2020 19:37:26 - Dibaca 856 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Presiden Jokowi Bagikan Sembako Rp 600.000 Untuk Keluarga Miskin di Jabodetabek!

(07-04-2020 16:38:41 - Dibaca 1.276 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Malam Ini Supermoon Terbesar di 2020 Bakal Terjadi!

(07-04-2020 16:26:47 - Dibaca 1.027 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Update Corona 7 April: 2.738 Kasus, 204 Sembuh, 221 Meninggal!

(07-04-2020 16:22:27 - Dibaca 308 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Kabar Gembira! 8 Pasien Positif Corona Sembuh di RSUP Adam Malik Medan

(07-04-2020 16:20:14 - Dibaca 324 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Cegah Corona, Jakarta Resmi Berlakukan PSBB!

(07-04-2020 15:08:45 - Dibaca 365 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Imbas Corona, 150 Ribu Pekerja Hotel Telah Dirumahkan!

(07-04-2020 14:09:15 - Dibaca 86 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Imbas Corona, Tiga Ribu Pekerja di Sulsel Dirumahkan!

(07-04-2020 13:49:09 - Dibaca 188 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Update Corona 6 April: 2.491 Kasus, 192 Sembuh, 209 Meninggal!

(06-04-2020 16:30:57 - Dibaca 603 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Singapura Karantina 20 Ribu Pekerja Migran Utuk Cegah Corona!

(06-04-2020 11:50:50 - Dibaca 123 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Meski DKI Belum Berstatus PSBB, Polisi Sebut Bisa Tindak Warga!

(06-04-2020 11:44:23 - Dibaca 163 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Jaga Jarak Bukan Lagi Imbauan Tapi Sudah Perintah!

(06-04-2020 11:14:46 - Dibaca 205 Kali)

Tanpa Diskriminasi, Mengungsi Bersama di Gereja Kebon Pala!
Kewalahan Hadapi Virus Corona, China Kirim Bantuan 1.000 Ventilator ke New York!

(06-04-2020 11:08:41 - Dibaca 481 Kali)

Kabar Gembira! 8 Pasien Positif Corona Sembuh di RSUP Adam Malik Medan
Cegah Corona, Jakarta Resmi Berlakukan PSBB!
Imbas Corona, 150 Ribu Pekerja Hotel Telah Dirumahkan!

TERPOPULER

1. Sandiaga Cium Tangan Penjual Ayam Saat Kunjungi Pasar Agung Depok, Buat apa?

2. Sandiaga Sebut Mayoritas Masyarakat Indonesia Ingin Pemimpin Baru, Masyarakat yang mana?

3. Kejutan Di TPS Amien Rais, Jokowi Unggul Telak Dari Prabowo!