Jokowi Tegaskan Darurat Sipil Disiapkan Bila Keadaan Abnormal!
Soal Lockdown, Jokowi: Kita Tak Meniru Negara Lain Begitu Saja!
Kabar Gembira! 4 Pasien Corona di Rumah Sakit Semarang Sembuh!



loading...

Sarangberita.com > Peristiwa
 
Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
 
25-03-2020 11:27:04 - Dibaca 489 Kali
 
 
Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Sumber Foto : detik.com
 
loading...
 
Dalam menangani kasus corona, hanya dokter dan perawat yang bisa melakukan kontak serta berdekatan langsung dengan ODP, PDP, dan pasien positif. Para tenaga medis ini begitu berdedikasi sehingga mengorbankan hak dan ranah privasi mereka.

Salah satunya adalan tenaga medis di RS Unair. Mereka melayani dan merawat pasien mulai dari pagi hingga tengah malam hingga merasa tak enak badan.

"Jangankan orang lain, saya saja greges (tidak enak badan) soale kekeselen (kecapekan), pulangnya malam," kata Juru Bicara Tim Satgas Corona RS Unair dr Alfian Nur Rasyid SpP kepada saat dihubungi detikcom, Selasa (24/3/2020).


Karena berdekatan langsung dengan pasien positif corona, Alfian harus memindahkan anak dan istrinya ke rumah mertua. Sehingga selama empat hari dia tak bertemu keluarga kecilnya.

"Pulang empat hari ndak ketemu anak istri, karena mereka di rumah mertua saya di rumah sendiri," ujarnya.

Alfian menceritakan sebelum ada poli khusus corona, tidak ada pengaturan yang tepat sehingga ia dan tim satgas corona lainnya sempat kewalahan. Namun setelah sudah tertata, ia mulai tenang.

Komplain yang diterima dari pasien dan masyarakat tak menjadikannya sebagai hinaan. Melainkan dijadikan motivasi untuk memperbaiki diri dan RS Unair.

loading...

"Karena menurut kami sudah bagus, menurut orang lain belum tentu bagus. Kalau kebanyakan orang-orang menyatakan kurang sesuai dengan masyarakat ya kami benahi," kata Alfian.

Selain itu, kebutuhan SDM tenaga medis sempat terpontang-panting karena membludaknya pasien di poli khusus. Beruntungnya saat ini SDM yang ada sudah mencukupu.

Tapi, lanjut Alfian, kemungkinan jika semakin banyak pasien tentu saja perlu mengatur siklus pegawai. Misalkan ada yang drop atau bahkan positif tidak dianjurkan untuk bekerja.

Baca juga:
Kisah Perawat yang Tangani Pasien Corona di Rumah Sakit Italia
Hal itu sudah menjasi bagian yang diperhitungkan oleh tim satgas corona yang ada di RS Unair.

"Misalkan ada satu perawat atau dokter yang positif, ndak boleh masuk (kerja) dan kami tekankan kalau positif tidak boleh masuk, tidak usah khawatir dan cemas. Itu saya sampaikan," jelas Alfian.

Jika pun ada tenaga medis yang jatuh sakit akan dilakukan pemeriksaan seperti pasien pada umumnya. Bedanya pemeriksaan dilakukan lebih cepat, sebab harus cepat kembali bertugas.

"Karena dengan melakukan pemeriksaan lebih cepat, kalau baik-baik saja bisa kembali ke 'medan perang'. Kalau yang bersangkutan harus antre, bukan kita apa, tapi kepentingan kembali bertugas," lanjut Alfian.

"Mereka kalau kondisinya baik dengan screening hasilnya negatif, mereka ayem mereka bisa 'berperang' lagi," pungkasnya.
 
Video :
 
Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul: Cerita Dokter Tangani Pasien Corona Hingga Tak Pulang Empat Hari
 
Sumber : detik.com
 
 
 
 
- PERISTIWA -
Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Kabar Gembira! 4 Pasien Corona di Rumah Sakit Semarang Sembuh!

(31-03-2020 16:32:01 - Dibaca 117 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Cegah Corona, Forum Putera Lamongan Minta Perantau Tak Mudik!

(31-03-2020 09:40:30 - Dibaca 63 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Tutup Jalan Keluar-Masuk Jakarta, Polda Metro Siapkan Simulasi!

(29-03-2020 15:44:09 - Dibaca 502 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Jokowi Diminta MUI Segera Lockdown Total Indonesia?

(29-03-2020 13:33:25 - Dibaca 967 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana Sembuh dari Corona!

(27-03-2020 19:37:26 - Dibaca 797 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Jika Tak Ada Jaminan APD, IDI dkk Takkan Ikut Tangani Corona?

(27-03-2020 19:08:17 - Dibaca 1.392 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Warga Diminta Tak Panik Borong Telur Terkait Viral 'Telur Rebus Cegah Corona'!

(26-03-2020 20:02:04 - Dibaca 988 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Olah TKP Ledakan Ramayana Plaza Medan, Ini Hasilnya!

(25-03-2020 17:35:58 - Dibaca 396 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Seorang Remaja Meninggal Akibat dari Tawuran di Tanjung Priok!

(24-03-2020 09:40:12 - Dibaca 287 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Wakil Wali Kota Bandung Positif Corona

(23-03-2020 21:08:45 - Dibaca 299 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Seekor Ikan Paus 12 Meter Mati Terjebak di Mangrove Raja Ampat!

(23-03-2020 15:16:08 - Dibaca 355 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Guru Besar FKM UI Meninggal Dunia di RS Persahabatan!

(23-03-2020 15:10:24 - Dibaca 361 Kali)

 
- BERITA LAIN -
Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Jokowi Tegaskan Darurat Sipil Disiapkan Bila Keadaan Abnormal!

(31-03-2020 16:49:57 - Dibaca 120 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Soal Lockdown, Jokowi: Kita Tak Meniru Negara Lain Begitu Saja!

(31-03-2020 16:46:09 - Dibaca 202 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Kabar Gembira! 4 Pasien Corona di Rumah Sakit Semarang Sembuh!

(31-03-2020 16:32:01 - Dibaca 117 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Update Corona 31 Maret: 1.528 Kasus, 81 Sembuh, 136 Meninggal!

(31-03-2020 16:17:13 - Dibaca 165 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!

(31-03-2020 09:49:25 - Dibaca 177 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Cegah Corona, Forum Putera Lamongan Minta Perantau Tak Mudik!

(31-03-2020 09:40:30 - Dibaca 63 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Istana Tolak Permintaan Anies Soal Karantina Wilayah Jakarta!

(31-03-2020 09:31:19 - Dibaca 1.237 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Update Corona 29 Maret: 1.285 Kasus, 64 Sembuh, 114 Meninggal!

(29-03-2020 15:48:25 - Dibaca 2.157 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Tutup Jalan Keluar-Masuk Jakarta, Polda Metro Siapkan Simulasi!

(29-03-2020 15:44:09 - Dibaca 502 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Kebijakan Lockdown India Berujung Kacau!

(29-03-2020 15:38:28 - Dibaca 5.870 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Jokowi Diminta MUI Segera Lockdown Total Indonesia?

(29-03-2020 13:33:25 - Dibaca 967 Kali)

Tak Pulang Empat Hari, Ini Cerita Dokter Tangani Pasien Corona!
Jalani Swab Test, SBY Negatif Corona!

(29-03-2020 13:26:07 - Dibaca 194 Kali)

Update Corona 31 Maret: 1.528 Kasus, 81 Sembuh, 136 Meninggal!
PSHK Desak Anggota DPR Potong Gaji Untuk Bantu Penanganan Corona!
Cegah Corona, Forum Putera Lamongan Minta Perantau Tak Mudik!

TERPOPULER

1. Sandiaga Sebut Ditangannya dan Anies Jakarta Jauh Lebih Baik, Benarkah?

2. Ibunda Presiden Jokowi Meninggal Dunia

3. Mendagri Tegaskan Pesan Jokowi ke Anies: Lockdown Jakarta Kewenangan Pusat!

4. PAN Sebut Amien Rais Kemungkinan akan Temui Jokowi, Mau apa?

5. Eko Patrio Sebut Komedian Tak Pernah Diperhatikan Sebelum Era Anies-Sandi, Benarkah?

6. Ingin Gabung ke Jokowi, PDIP Minta PAN Tertibkan Dulu Amien Rais!

7. Rizieq Dorong 4 Parpol Berkoalisi Tumbangkan Jokowi di Pilpres 2019, Sanggupkah?

8. Kebijakan Lockdown India Berujung Kacau!

9. Terancam Dibebastugaskan Ombudsman, Ini Reaksi Anies!

10. Anies Tetap Ngotot Tidak Akan Membuka Jalan Jatibaru, Mengapa?




HIBURAN JAKARTA KESEHATAN NASIONAL LIFESTYLE POLITIK TRAVEL INTERNASIONAL OTOMOTIF TEKNOLOGI
VIDEO PENDIDIKAN SPORT INSPIRATION PROPERTI PERISTIWA FINANCE REGIONAL HUKUM & KRIMINAL EKONOMI

SARANGBERITA.COM adalah media informasi tentang segala macam berita nasional maupun internasional.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari Indonesia maupun dari luar Indonesia.